9 Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran di HP Android dan Laptop

9 Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran di HP Android dan Laptop

Apakah sudah tahu kalau ada aplikasi pembuat jadwal pelajaran yang akan membantu kegiatan belajar lebih nyaman? Jadwal tidak perlu lagi ditulis manual, tapi menggunakan fitur aplikasi. Jadwal yang tersimpan secara digital lebih mudah diakses dari mana saja.

Tidak perlu khawatir lagi jadwal bentrok atau catatan tertinggal, sebab aplikasi akan memberikan notifikasi. Masing-masing waktu pelajaran juga bisa dicatat dengan jelas. Semuanya tertata rapi dan belajar semakin nyaman.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat jadwal tersedia di perangkat ponsel android dan laptop. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan pembuat jadwal pelajaran. Masing-masing juga mempunyai fitur pendukung yang berbeda. Berikut diulas beberapa aplikasi dari kedua perangkat tersebut:

6 Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Pelajaran di HP Android

Sekarang tidak perlu lagi khawatir tugas sekolah terlewat karena lupa mencatat jadwal pelajaran. Gunakan aplikasi pembuat jadwal pelajaran yang lebih praktis dan mudah. Untuk smartphone android, berikut beberapa aplikasi yang bisa dicoba:

1. ClassUp

Aplikasi pertama ini cocok untuk semua jenjang pendidikan, bisa yang masih sekolah dan kuliah. ClassUp sangat tepat kamu pakai menyusun jadwal pelajaran agar tidak terlewat. Apalagi ukurannya tidak membuat storage penuh, yakni 9 MB.

Dalam ClassUp, pengguna bisa menentukan sendiri model jadwal pelajaran agar tampak menarik. Jadi, tidak hanya kamu catat seperti biasa, tapi dapat kamu atur juga warna kolom dan latar belakangnya. Dapat pula mencatat jadwal-jadwal lain.

Pengguna dapat mengaktifkan notifikasi di ClassUp untuk mengingatkan setiap kali ada jadwal ujian. Jadwal yang sudah dibuat bisa di-share ke teman sekelas. Ada pula fitur widget agar jadwal bisa tampil di homescreen.

2. Jadwal Sekolah — Task4U

Berikutnya adalah Jadwal Sekolah yang cocok untuk semua kalangan. Fungsinya untuk membuat jadwal pelajaran, baik bagi siswa pribadi, guru, hingga mahasiswa. Ukuran dari aplikasi ini 3,3 MB dengan total unduh di Play Store mencapai 10.000.

Interface yang dimiliki Jadwal Sekolah sangat sederhana. Semuanya bisa mencatat jadwal secara mudah. Fitur edit juga tersedia jika terdapat mata pelajaran atau waktu yang harus kamu ganti.

Pengguna dapat menambahkan catatan penting, seperti ujian di hari tertentu. Agar tidak lupa, fitur notifikasi bisa kamu nyalakan. Menariknya lagi, Jadwal Sekolah mendukung penyimpanan cloud, sehingga mudah kamu akses di semua perangkat.

3. Timetable

Timetable termasuk dalam aplikasi pembuat jadwal pelajaran selanjutnya yang tak kalah praktis. Tidak perlu menyiapkan kertas dan spidol seperti dahulu. Kecanggihan aplikasi berukuran 1,7 MB ini akan membantu pengguna mengatur jadwalnya dalam waktu cepat.

Warna kotak di masing-masing hari dan mata pelajaran bisa kamu ubah sesuai keinginan pengguna. Selain itu, ada pula fitur untuk menambahkan memo dan waktu ujian. Timetable akan memberikan notifikasi jika ada jadwal penting.

Timetable memiliki antarmuka yang interaktif. Pengguna dapat nyaman belajar tanpa ada pekerjaan rumah yang terlewat. Fitur menarik lainnya yaitu auto mute saat masuk jam pembelajaran di sekolah.

4. Class Timetable

Membuat jadwal pelajaran tidak lagi merepotkan berkat adanya Class Timetable. Aplikasi yang kompatibel untuk smartphone android tersebut hanya berukuran 1,4 MB. Fiturnya lengkap, tidak heran kalau sudah banyak orang mengunduhnya, hingga satu juta kali.

Pengguna bisa membuat beberapa jadwal sekaligus, ada yang kamu kelompokkan berdasarkan hari atau mata pelajarannya. Setiap kolom kamu bedakan dengan pilihan warna menarik. Bukan hanya untuk siswa sekolah, tapi Class Timetable cocok pula bagi mahasiswa yang lebih padat jadwalnya.

Untuk melihat jadwal yang sudah kamu buat, tinggal geser layar ke kanan dan kiri. Notifikasi bisa diaktifkan supaya tidak ada tugas penting terlewat. Class Timetable juga homescreen support, sehingga jadwal terlihat jelas saat membuka HP pertama kali.

5. To-Do List: Planner & Reminder

Jika ingin mendapatkan fitur lebih lengkap dari membuat jadwal, gunakan To-Do List. Semua fiturnya gratis dan hanya berukuran 19 MB. Sejak hadirnya di Play Store tahun 2020, sudah banyak orang mengunduhnya sebanyak lima juta kali.

Pengguna dapat membuat jadwal pelajaran dengan pemilihan tema yang menarik. Cocok pula kamu pakai untuk mencatat rencana-rencana harian dan mingguan. Nantinya akan muncul tanda di kalender, sehingga tidak lupa jika ada ujian.

Pengguna bisa menyalakan alarm di To-Do List untuk mengingatkan tugas penting. Dukungan widget membuat aplikasi ini bisa tampil di homescreen. Selain itu, fitur sinkronisasi dengan Google Drive membuat jadwal pelajaran lebih mudah kamu akses.

6. Jadwal Saya

Bagi pengguna smartphone android, kami rekomendasikan aplikasi Jadwal Saya untuk menyusun jadwal pelajaran secara cepat. Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, cocok menggunakannya. Apalagi ukurannya hanya 15 MB dengan fitur yang lengkap.

Pembuatan jadwal sangat mudah dengan memasukkan mata pelajaran sesuai harinya. Kemudian setiap kolom kamu bedakan warnanya. Bisa menambahkan jam agar tidak terlewat di masing-masing pembelajaran.

Proses edit juga mudah jika sewaktu-waktu ada perubahan jadwal. Lebih menarik, pengguna dapat menambahkan foto ke dalamnya. Otomatis proses belajar menjadi nyaman tanpa ada jadwal yang bentrok dengan rencana pribadi.

3 Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Pelajaran di Laptop

Untuk laptop, fitur aplikasi pembuat jadwal pelajaran lebih kompleks daripada di smartphone. Penggunaannya pun lebih besar, tidak hanya untuk jadwal pribadi. Beberapa aplikasi di laptop yang cukup populer yaitu:

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel tentu sudah banyak mengenalnya sebagai platform yang berfungsi untuk menginput data dalam bentuk lajur. Sangat tepat untuk kamu pakai membuat jadwal pelajaran dan memilahnya. Dalam Ms. Excel bisa menentukan mata pelajaran beserta jamnya sesuai guru maupun hari.

Jadwal pelajaran yang kamu buat di Ms. Excel tidak hanya untuk keperluan pribadi. Biasanya bisa kamu susun di sekolah-sekolah yang jumlah kelasnya banyak. Meskipun secara manual, Ms. Excel cukup mudah untuk kamu jalankan.

Dalam software ini pengguna juga bisa menambahkan jadwal tugas dengan membuat kolom baru di samping jadwal. Lajur dapat kamu kreasikan sendiri, baik warna dan font. Karena fungsi tersebut, Ms. Excel cocok dipakai di semua jenjang pendidikan.

2. Asc Timetables

Aplikasi pembuat jadwal pelajaran di laptop yang cocok kamu gunakan untuk semua jenjang adalah Asc Timetables. Pengguna bisa mengisi kolom-kolom yang tampilannya seperti di Microsoft Excel. Tidak ada lagi jadwal yang bentrok maupun tugas terlewat.

Pengguna dapat mengoperasikan Asc Timetables sesuai kebutuhan. Jadwal bisa dibagi sesuai hari atau masing-masing bidang studi dipisah. Sebagai aplikasi di laptop, antarmukanya sederhana, sehingga semua bisa menggunakannya.

3. JPKE Free

Jika membutuhkan aplikasi yang mendukung pembuatan jadwal pelajaran lebih besar, JPKE cocok untuk kamu pilih. Aplikasi tersebut bisa kamu pakai hingga 60 kelas dengan kapasitas guru dan pelajaran mencapai 150. Pada semua mata pelajaran, terdapat 4 kode berbeda.

Versi free dari JPKE sudah tersedia dengan sajian fitur yang tidak kalah lengkap. Proses pembuatan jadwal pelajaran akan lebih efektif dan efisien menggunakan JPKE. Jika untuk keperluan sekolah, JPKE dapat merekam jam mengajar guru dan rekap masing-masing pelajaran.

Itulah beberapa aplikasi pembuat jadwal pelajaran yang bisa kamu gunakan di HP android dan laptop. Jika menjalankan aplikasi di HP, otomatis memudahkan mobilitas, tapi ada keterbatasan fitur. Sedangkan aplikasi di laptop cocok menyusun jadwal besar, tapi hasilnya harus di print kalau ingin mudah mengeceknya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bimbel gratis kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *