13 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik di Laptop dan HP

13 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik di Laptop dan HP

Aplikasi Edit Foto Android – Menggunakan aplikasi edit foto Android adalah salah satu alternatif pilihan paling praktis untuk membuat gambar hasil jepretan kamera ponsel tampak lebih memukau. Apalagi, cara mengoperasikan aplikasi photo editor, pengguna Android tidak perlu memiliki keahlian editing khusus.

Seiring dengan perkembangan zaman, software photo editor di Play Store juga semakin banyak. Dengan begitu, pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android memiliki pilihan lebih beragam. Jadi, bisa memilih salah satu software yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi ponsel.

Kumpulan Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Aplikasi Edit Foto Android
Aplikasi Edit Foto Android

Bingung dalam memilih aplikasi photo editor paling bagus untuk digunakan pada ponsel Android? Di bawah ini adalah daftar dari beberapa software terbaik yang dapat dijadikan bahan pertimbangan:

1. Picsart Photo & Video Editor

Aplikasi besutan PicsArt, Inc. ini hadir dengan berbagai fitur menarik untuk memudah aktivitas mengedit foto maupun video melalui perangkat ponsel Android. Selain tools editor dasar, Picsart juga dibekali fitur pembuat kolase, pembuat stiker gratis, efek dan filter artistik, hingga alat menggambar.

Untuk membuat foto biasa menjadi luar biasa, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur foto editor dari Picsart. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghilangkan objek tidak diinginkan yang merusak tampilan foto, hingga menghapus dan mengganti background foto.

Dengan Picsart, siapa saja dapat mengubah foto hasil jepretan kamera smartphone menjadi karya seni yang indah secara cepat dan mudah. Selain dapat difungsikan sebagai photo editor, Picsart juga bisa menjadi alternatif pilihan mengedit video dan mengasah bakat seni, seperti membuat Doodle.

2. Canva: Desain, Foto, dan Video

Nikmati kemudahan mengedit foto dengan fitur lengkap Canva. Selain bisa digunakan mengedit foto, aplikasi yang dikembangkan oleh Canva ini juga cukup ampuh untuk mengedit video hingga membuat desain grafis. Tidak mengherankan kalau Canva sangat diminati pengguna ponsel Android.

Canva merupakan salah satu aplikasi foto dan video editor populer yang bisa digunakan secara gratis, tanpa iklan, dan tanpa watermark. Selain fitur dasar, seperti crop, rotate, dan enhance warna, Canva juga mengusung ragam fitur menarik lain, termasuk pembuat kolase, dan filter keren.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Selain bisa dimanfaatkan sebagai photo editor, Canva juga dapat dijadikan solusi praktis untuk mendesain logo atraktif. Bahkan, meskipun pengguna tidak memiliki keahlian di bidang desain sama sekali. Dari segi fitur, Canva memang bisa dikatakan multifungsi dan sangat layak untuk dimiliki.

3. Photo Lab Picture Editor & Art

Aplikasi edit foto Android dari Linerock Investment LTD ini bisa menjadi solusi menciptakan gambar berkualitas tinggi dengan tampilan artistik. Photo Lab memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan aneka tools dan fitur secara gratis, termasuk menambahkan filter, efek, dan bingkai.

Selain fitur editing dasar, Photo Lab juga mempunyai fitur keren lain, seperti:

  • Tersedia lebih dari 50 preset.
  • Bingkai foto kekinian.
  • Terdapat 900+ efek foto realistis.
  • Montase foto wajah menjadi berbagai karakter, seperti bajak laut dan sebagainya.
  • Berbagai filter keren, seperti Oil Painting, Neon Glow, Black & White, dan lainnya.
  • Kolase foto.

4. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Siapa yang tidak mengenal salah satu aplikasi photo editor terbaik versi smartphone dari Adobe ini? Lightroom memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar kapan dan dimana saja secara praktis. Sebagaimana aplikasi besutan Adobe lainnya, Lightroom juga dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni.

Aplikasi pengedit foto grati ini bisa menjadi solusi mengedit gambar secara mudah, memperbaiki warna, menambah efek atau filter foto, mengoreksi lensa, hingga edit background. Lightroom tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan premium. Pengguna bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk aplikasi edit foto Android gratis ini, pengguna tetap bisa menikmati banyak fitur, seperti kamera pro, edit warna agar foto tampak lebih memukau, mengubah pencahayaan, hingga menambahkan filter kekinian.

Sementara itu, jika upgrade ke versi premium, maka pengguna dapat mengakses fitur handal, seperti:

  • Preset eksklusif.
  • Prasetel berbasis teknologi AI.
  • Healing brush.
  • Penyesuaian selektif dengan stylus.
  • Geometri.
  • Mendukung format RAW.
  • Adobe Sensei.
  • Batch.
  • Adobe Creative Cloud Storage.

5. Editor Foto – Foto Grid

Aplikasi edit foto Android yang wajib dimasukkan dalam bucket list selanjutnya adalah Foto Grid. Software handy besutan InShot Inc. ini memungkinkan para penggunanya untuk mengedit foto seperti seorang editor profesional. Apalagi, dengan dukungan fitur kekinian dari Foto Grid.

Sebagai salah satu pengedit foto paling terkenal, Foto Grid hadir dengan ragam fitur terbaik, seperti puluhan efek dan filter, kolase foto instan, cartoon maker 3D, paparan ganda & light fx, menambahkan teks, highlight, dan berbagi foto ke berbagai platform chat maupun sosial media.

Menariknya lagi, Foto Grid juga dibekali fitur edit foto untuk tubuh. Jadi, kalau pengguna merasa insecure dengan salah satu bagian tubuhnya, maka dapat diedit agar tampak lebih sempurna. Misalnya membuat kaki tampak lebih panjang dan jenjang, melangsingkan tubuh, dan banyak lagi.

6. VSCO

VSCO

Aplikasi editor foto dan video yang diprakarsai VSCO ini adalah salah satu editor terbaik yang telah dibekali fitur mumpuni untuk mendukung kegiatan para kreator. Kabar baiknya adalah, bahwa aplikasi ini dapat diakses dan digunakan oleh pengguna ponsel Android secara gratis.

Di bawah ini adalah fitur-fitur unggul dari VSCO:

  • Tersedia lebih dari 200+ preset.
  • Terdapat ragam opsi filter dan efek keren.
  • Fitur editor tingkat lanjut, seperti Split Tone dan HSL.
  • Jadikan foto lebih estetik dengan frame atau bingkai.

7. Kolase Foto – Edit Foto & Grid

Aplikasi pengedit gambar dari Photo Editor & Collage Maker ini menawarkan ratusan layout, stiker, dan teks kekinian yang akan memanjakan para penggunanya. Apalagi, Kolase Foto tersedia dalam versi gratis. Jadi, sangat recommended bagi yang sedang mencari aplikasi photo editor free.

Kolase Foto memungkinkan pengguna menggabungkan gambar dalam sebuah kolase keren secara instan. Selain itu, pengguna juga bebas untuk mengakses fitur-fitur handal, seperti bingkai, memangkas gambar, mengedit gambar, menambahkan filter dan teks, hingga background blur.

Khawatir kalau kualitas hasil editan foto tidak sesuai ekspektasi? Jangan khawatir, sebab foto yang diedit melalui Kolase Foto memiliki resolusi tinggi seperti gambar originalnya. Jadi, pengguna bisa membagikan gambar ke berbagai aplikasi sosial media yang dimiliki dengan lebih percaya diri.

8. Snapseed

Software photo editor handy dari Google LLC ini memungkinkan pengguna ponsel Android untuk mendapatkan foto berkualitas profesional. Snapseed merupakan editor foto dengan 29 fitur dan filter, seperti HDR, Healing, Struktur, Kuas, Perspektif, Crop, Rotate, Vignette, Teks, Frame, dan lainnya.

Bagi pecinta aktivitas foto selfie, pengguna bisa memanfaatkan fitur Drama untuk menambahkan suasana mencekam, atau Film Berbintik untuk mendapatkan tampilan realistis seperti film modern. Sementara itu, untuk menciptakan foto retro, pengguna bisa menggunakan fitur Retrolux.

Snapseed juga mengusung fitur Pengembangan RAW, sehingga dapat disesuaikan dengan file foto yang diedit. Pengguna juga bisa mengekspor gambar dengan format JPG. Untuk menikmati semua fitur yang tersedia di Snapseed, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun  alias gratis.

9. Blend: Background Eraser, Photo Editor & Design

Blend Background Eraser

Aplikasi handy ini merupakan solusi ampuh dalam mengedit foto agar kelihatan lebih atraktif. Blend adalah software editor foto, desain grafis, dan membuat poster untuk kepentingan bisnis. Melalui Blend, pengguna juga dapat mengubah dan menghapus background secara otomatis.

Di samping itu, Blend juga akan memberikan banyak benefit untuk pengguna, di antaranya adalah:

  • Menyediakan 1000+ template berkualitas tinggi.
  • Menghapus dan mengganti background foto.
  • Menambahkan teks.
  • Tersedia berbagai opsi stickers keren.
  • Membuat poster, banner, dan desain grafis.

10. Photo Editor

Sedang mencari aplikasi edit foto Android berukuran ringan? Aplikasi besutan dev.macgyver ini bisa menjadi pilihan terbaik. Photo Editor merupakan aplikasi pengedit foto dengan fitur-fitur mengagumkan, termasuk warna, kurva & level, efek, tambah teks dan gambar, bingkai, dan lainnya.

Di Photo Editor, pengguna juga bisa mengubah ukuran, melakukan crop, geometris, rotasi, dan koreksi gambar. Pengguna dapat mengedit tampilan foto hanya dengan sekali sentuhan. Di samping itu, pengguna juga bisa mengedit bahkan menghapus metadata, seperti XMP, IPTC, dan JPEG.

Photo Editor mendukung cukup banyak format file, seperti PNG, JPEG, GIF, WebP, dan bahkan PDF. Kalau merasa file foto hasil editan terlalu besar, pengguna dapat melakukan kompres ke ZIP. Setelah itu, barulah simpan atau bagikan ke media sosial maupun platform chat favorit.

11. Photoshop Express: Editor Foto

13 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik di Laptop dan HP

Aplikasi Photoshop versi mini dari Adobe ini sekarang telah hadir di Google Play Store. Pengguna Android dapat menginstal aplikasi andalan Photoshop ini sebagai alternatif pilihan mengedit foto dan rasakan kemudahan mentransformasi foto secara mudah hanya dengan berbekal smartphone saja.

Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan Photoshop Express? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Koreksi perspektif untuk memperbaiki posisi gambar yang miring.
  • Menghilangkan noise supaya detail foto tampak semakin tajam.
  • Blur untuk mengganti background maupun mengalihkan fokus subjek tertentu.
  • Membuat dan membagikan kompilasi foto berkualitas HD.
  • Tersedia ratusan filter dan efek untuk memperindah tampilan foto.
  • Menghapus noda dan bintik pada foto selfie.
  • Mendukung berbagai format foto, termasuk TIFF dan RAW.
  • Pengeditan selektif.
  • Perbaikan tingkat lanjut untuk menghapus objek tidak diinginkan.

12. Background Eraser

Membutuhkan aplikasi untuk memangkas foto atau membuat background transparan agar tampilan visual foto terlihat semakin mengagumkan? Background Eraser bisa jadi alternatif pilihan. Sementara itu, gambar yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai stempel.

Background Eraser hadir dengan berbagai macam fitur mumpuni, seperti Mode Otomatis, Mode Ekstrak, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

13. Pixlr – Free Photo Editor

Dapatkan kemudahan mengedit foto, membuat kolase, hingga menambahkan stiker keren hanya di aplikasi Pixlr. Photo editor gratis ini hadir dengan antarmuka user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Pengguna bahkan tidak perlu membuat akun untuk menggunakan aplikasi ini.

Pixlr menyediakan lebih dari dua juta kombinasi efek, filter, dan overlays. Selain itu, Pixlr juga menawarkan ragam manfaat bagi pengguna, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat kolase foto.
  • Fitur Auto Fix untuk menyesuaikan warna.
  • Double Exposure.
  • Tersedia fitur untuk membuat kulit tampak lebih mulus, memutihkan gigi, dan sebagainya.
  • Efek keren.
  • Menambahkan teks dengan font berbeda.
  • Memangkas dan memperkecil ukuran gambar sebelum disimpan.

Nikmati kemudahan mengedit gambar favorit dengan aplikasi edit foto Android populer untuk menghasilkan foto lebih estetik dan berkualitas seperti yang diulas VisitPare.com. Apalagi, sebagian aplikasi tersebut juga tersedia dalam versi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.