21 Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik Dan Ideal untuk Pemula

Aplikasi Edit Video di Laptop – Saat ini konten video semakin bertebaran dan bahkan bisa menjadi sumber pemasukan untuk sebagian orang. Jika termasuk salah satu yang berminat menjadi youtuber, vlogger, atau pengguna Instagram yang aktif memposting konten video, aplikasi edit video di laptop sangat dibutuhkan.

Ada banyak pilihan aplikasi gratis yang fitur-fiturnya sudah bisa menangani kebutuhan editing dasar untuk hasil yang sederhana namun tetap keren. Ada juga aplikasi berbayar dengan serangkaian fitur premium untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti film atau web series.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Laptop untuk Pemula

Aplikasi Edit Video di Laptop
Aplikasi Edit Video di Laptop

Mulai tertarik untuk merambah dunia digital dengan menciptakan berbagai konten video lucu, menarik, atau mengedukasi? Maka inilah 21 pilihan aplikasi edit video yang cocok untuk para pemula karena menawarkan kemudahan dalam navigasinya:

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi pertama datang dari perusahaan raksasa Adobe yang sudah lama berkecimpung di bidang perangkat lunak khusus animasi, grafis, video, dan pengembangan web.

Adobe Premiere Pro sendiri hadir sebagai salah satu aplikasi edit video canggih dengan salah satu fitur unggulan bernama Lumetri Color. Fitur ini bisa digunakan untuk memanipulasi serta menyesuaikan warna pada klip dengan hasil setara photoshop kelas atas.

Aplikasi ini dilengkapi dukungan 360 VR, 4K, multi-cam, koleksi gaya dan warna teks, serta ribuan efek keren. Antarmuka aplikasi ini tergolong mudah digunakan dan fleksibel termasuk untuk pengguna baru.

Adobe Premiere Pro bisa dinikmati secara gratis sekitar seminggu karena saat uji coba 7 dan setelahnya tersedia opsi berlangganan per bulan.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

2. Sony Vegas Pro

Aplikasi edit video kedua datang dari Sony dengan nama Sony Vegas Pro, yang bisa diinstal ke Windows versi 7 hingga XP. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga para editor pemula dan amatir pun bisa menggunakannya.

Ada banyak template bawaan siap pakai yang bisa digunakan untuk kebutuhan editing cepat dan tanpa ribet bersama dengan serangkaian fitur keren lain seperti:

  • Multitrack video
  • Preview real-time
  • Edit audio bawaan klip video
  • FX masking
  • Efek tiga dimensi
  • 360 derajat video
  • Dukungan warna HDR
  • Picture-in-Picture
  • Dukungan LUT
  • Stabilisasi video
  • Pelacakan gerak
  • Crossfades otomatis

3. Shotcut

Shotcut menjadi salah satu aplikasi edit video laptop yang bagus untuk editor newbie karena antarmukanya yang mudah dipahami.

Meskipun gratis, Shotcut memiliki serangkaian fitur handal yang intuitif seperti real time preview, timeline, koleksi efek dan filter, add teks, koleksi musik, mendukung berbagai format, dan edit audio (sesuaikan bass, treble, balance, band pass, dan lainnya).

4. Corel Video Studio

Fitur pelacakan gerak menjadi salah satu andalan dari Corel Video Studio bersama dengan dukungan format 4K, video 360 derajat, dan kustomisasi interface. Ada juga fitur canggih seperti stop motion animasi, time-lapse, dan strobe effects.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk kebutuhan editing berbagai jenis video mulai dari konten Instagram hingga vlog harian. Perangkat lunak ini kompatibel dengan laptop yang memiliki processor Intel Core i3 atau lebih tinggi dan dengan RAM minimal 4 GB.

5. Corel VideoStudio Ultimate

Aplikasi edit video di laptop lainnya adalah Corel VideoStudio Ultimate yang memiliki fitur unggulan bernama Color Correction yang bisa mengatur tone warna dari klip video agar menjadi lebih cantik.

Fitur lainnya termasuk koleksi stiker aneka tema, trimming, cutting, splitting, rotate, filter, dan daftar musik gratis.

6. AVS Video Editor

Software ini memiliki user interface yang cocok untuk editor pemula dan cocok juga untuk semi-pro karena fitur-fiturnya yang lengkap. Hasil akhir video yang diedit dengan aplikasi ini dijamin tidak terlihat amatir karena tanpa watermark.

AVS Video Editor bisa digunakan untuk memangkas durasi, memotong, dan menambahkan klip, serta mengubah format video.

Hasil pengeditan bisa disimpan langsung ke laptop atau dipindah ke DVD serta disk Blu-ray. Tak hanya berfungsi untuk edit video, AVS juga bisa membantu membuat slide show dengan tambahan lagu/musik dan teks.

7. iMyFone Filme

Salah satu fitur andalan dan unggulan dari iMyFone Filme adalah Fast Video Mode. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit klip video original menjadi indah dengan pilihan template siap pakai yang beragam.

Tapi jika Anda ingin melakukan pengeditan secara manual, misalnya memotong klip tertentu, menambahkan klip lain, mengubah kecepatan video, atau memberikan efek hanya pada bagian tertentu, maka bisa memilih opsi Basic Editing.

Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat laptop seperti berikut:

  • Windows 7, 8.1, dan 10
  • Processor Intel i3 atau di atasnya
  • RAM minimal 4 GB
  • Penyimpanan 10 GB
  • Graphics Intel HD 5000 atau lebih, AMD Radeon R5, atau NVIDIA GeForce GTX 700

8. Filmora 9

Jika yang Anda cari adalah aplikasi edit video laptop Windows yang memiliki UI sederhana, tergolong aplikasi standar, namun juga menawarkan hasil edit berkualitas, maka Filmora 9 dari developer Wondershare adalah salah satu pilihannya.

Desain aplikasi ini intuitif dengan fitur-fitur keren seperti transisi, overlay, daftar musik, ubah latar belakang, koleksi filter, elemen gerakan, GIF, dengan dukungan format 4K, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menambahkan judul video dengan aneka pilihan font termasuk 3D. Bagi para pemula yang masih sangat awam dengan fitur-fitur pengeditan, Filmora menyediakan Easy Mode yang bisa mengubah klip asli menjadi lebih keren hanya dengan satu kali klik.

9. Pinnacle

Aplikasi edit video di laptop ini menawarkan harga langganan yang murah namun dengan fitur lengkap mulai dari overlay, multi-track, animated slideshow, PIP, chroma key, slow/fast motion, multi object, efek transisi, dan photo editing.

Jika ingin menambahkan teks, tersedia fitur title dan subtitle dalam berbagai gaya dan warna font.

10. Openshot

Openshot

Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi laptop mulai dari Windows dan Linux hingga sekelas MacBook berbagai tipe.

Openshot dilengkapi dengan fitur dasar drag and drop yang sangat mudah dioperasikan, dan salah satu kelebihan utamanya adalah gratis digunakan plus tanpa watermark. Sejumlah fitur andalan lainnya termasuk:

  • Hamparan dan pengkomposisian gambar
  • Tambahkan judul secara manual
  • Template judul
  • Subtitle animasi 3 dimensi
  • Panning, zooming, scrolling, dan snapping
  • Mixing audio
  • Multi-layer video
  • Live preview
  • Rotasi, skala, potong, dan pangkas klip

11. Lightworks

Lightworks merupakan software edit video modern yang banyak direkomendasikan oleh para Youtuber. Fitur-fiturnya tergolong lengkap mulai dari konversi video, ganti latar belakang, impor dan expor, blackmagic, multi-cam editing, trimming, multi-layer video, dan potong serta ubah klip tertentu.

Aplikasi ini bisa diakses secara free untuk fitur basic dan tersedia opsi berbayar untuk editing ala profesional dengan serangkaian fitur yang lebih lengkap seperti green screen.

12. VSDC

Versi dasar/gratis dari perangkat lunak VSDC sudah termasuk mumpuni untuk kebutuhan edit video di laptop berkat serangkaian fitur modern. Misalnya, daftar musik, voice over, pengeditan audio, hingga koreksi warna untuk klip video.

Bagi para pemula yang masih minim sklip dan ingin memproses pengeditan dalam waktu cepat dengan mudah bisa memanfaatkan koleksi filter dan efek yang mirip seperti pada aplikasi Instagram.

Tersedia juga fitur keren dari aplikasi edit video di laptop ini yang bisa menyembunyikan objek, mengaburkan latar belakang dengan sekali klik, menambahkan elemen tertentu, dan sebagainya.

13. Blender

Jika yang Anda cari adalah aplikasi edit laptop ringan, maka Blender adalah salah satu pilihan yang tepat.

Fitur yang ditawarkan cocok untuk penggunaan dasar seperti potong, tambahkan, dan atur klip video, hingga fitur lebih canggih seperti audio mixing, live preview, syncing, waveform visualization, dan scrubbing.

14. Final Cut

Aplikasi ini cocok untuk pemula karena fitur-fiturnya mudah digunakan dan dengan tata letak yang tidak membingungkan, baik yang versi free maupun pro. Sederet fitur menarik yang dimilikinya termasuk:

  • Multicam yang bisa menyinkronkan 64 angle sekaligus.
  • Advanced color grading untuk pengeditan video biasa atau pun HDR.
  • HDR on Pro Display XDR.
  • Workflow extension.
  • Pengeditan video format 360 derajat
  • Smart conform yang cocok untuk konten video media sosial dengan rasio horizontal, square, dan lainnya.
  • Metal engine yang bisa mengoptimalkan grafis video.

15. Hitfilm Express

Perangkat lunak ini kaya fitur dan bisa di download untuk perangkat laptop serta pc dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi edit video di laptop Hitfilm Express bisa mengubah rekaman video sederhana menjadi keren dengan efek 3D dan musik. Aplikasi ini juga disertai juga dengan fitur Share untuk langsung memposting hasil editing ke media sosial seperti YouTube.

Hitfilm Express versi gratis memiliki fitur yang tidak kalah canggih dari aplikasi berbayar, seperti fitur pengeditan 360 derajat, format video 4K, dan ratusan stok efek menawan.

16. Beecut

Beecut adalah alternatif lain untuk aplikasi edit video di laptop yang cocok bagi para konten kreator pemula. Sejumlah fitur keren yang ditawarkannya termasuk efek transisi, opening template video, add elemen, dan dubbing. Fitur lain yang menarik adalah input media, subtitle, zoom, dan chroma cutout.

17. Windows Movie Maker

Tersedia khusus untuk laptop dengan sistem operasi Windows, Windows Movie Maker bisa diandalkan untuk alat pengedit video sekaligus pengubah kumpulan foto menjadi video indah.

Bisa juga ditambahan judul dan subtitle, efek, serta musik. Tersedia juga fitur transisi, koleksi font, fade in/out, dan koreksi warna.

18. VirtualDub

Meskipun antarmukanya tampak sederhana, namun VirtualDub sangat bisa diandalkan untuk memproses file video berukuran besar. Bahkan, bisa ditambah dengan efek atau filter yang diambil dari sumber pihak ketiga.

Alat pengeditan dasar juga tersedia seperti cut, trim, split, deshake, preview real time, title, dan sebagainya. Dua istilah paling tepat untuk menggambarkan aplikasi edit video ini adalah sederhana dan handal.

19. EaseUS

Aplikasi EaseUS bisa digunakan untuk memutar, memotong, dan menggabungkan klip video dengan mudah. Fitur efek, transisi, dan color grading juga tersedia bersama dengan fitur berbagai langsung ke media sosial seperti YouTube dan Instagram.

EaseUS bisa digunakan pada perangkat dengan spesifikasi:

  • Processor 500 MHz atau lebih
  • Windows 7, 8, 10
  • RAM 1 GB
  • ROM 1 GB

20. Avidemux

Avidemux pilihan lain dalam daftar aplikasi edit video di laptop untuk pemula yang hadir dengan antarmuka sederhana yang mudah di navigasikan. Aplikasi ini lintas platform dan gratis yang bisa diinstall ke BSD, Windows, Linux, serta macOS.

Anda bisa menggunakan Avidemux untuk melakukan tugas editing dasar seperti pemotongan dan penggabungan klip video, hingga sederet tugas yang lebih kompleks seperti menambahkan filter atau efek, pengkodean, dan mengubah format.

21. CyberLink PowerDirector

Aplikasi ini juga menjadi salah satu yang banyak dipilih para konten kreator untuk memperbaiki, memotong, atau menambahkan klip video. Ribuan efek dan filter juga tersedia bersama dengan alat pengeditan intuitif lain seperti tema animasi, transisi, efek judul, dan PIP.

Sederet aplikasi edit video di laptop di atas yang di rekomendasikan VisitPare.com semoga membantu Anda dalam menciptakan konten-konten video yang menarik karena fitur-fiturnya yang lengkap dan handal. Hampir seluruhnya memiliki tampilan antarmuka sederhana dan kompatibel dengan Windows.

Rate this post

Tinggalkan komentar