33 Aplikasi Investasi yang paling aman untuk pemula

33 Aplikasi Investasi yang paling aman untuk pemula

Aplikasi Investasi – Investasi sekarang ini memang lebih mudah dijalankan, cukup dengan melalui smartphone saja. Akan tetapi harus berhati-hati dalam menentukan pilihan aplikasi investasi. Pastikan bahwa aplikasi yang dipilih tersebut sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia.

Biasanya bagi pemula memang sedikit mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan. Alasannya karena banyaknya aplikasi yang bermunculan di Google Play Store. Meskipun hal ini wajar terjadi, namun tetaplah jadi investor yang cerdas.

Deretan Aplikasi Investasi yang Paling Aman untuk Pemula 

Aplikasi Investasi
Aplikasi Investasi

Beberapa orang yang masih dalam tahap pemula dan ingin memulai investasi maka tidak perlu takut. Selama banyak informasi yang bisa diakses, maka tidak akan menyulitkan bagi investor untuk bisa meraih keuntungan dari investasi yang dilakukan tersebut.

Berikut ini beberapa aplikasi investasi yang paling aman bagi pemula di antaranya:

1. Bareksa 

Bareksa 

Bareksa adalah aplikasi keuangan yang dapat dipilih, karena Bariksa juga menjadi marketplace finansial maupun investasi terintegrasi pertama kalinya di Indonesia. Keamanan tersebut juga lebih terjamin karena sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2016 yang lalu.

Aplikasi ini menjual beberapa produk reksadana yang dapat dikatakan sangat lengkap. Baik itu dari manajer investasi yang sudah terpercaya di Indonesia maupun menguasai pangsa pasar dengan jumlah investasi investor reksa dana yang cukup besar di negara Indonesia.

Tidak berhenti disitu saja, mereka ternyata juga menjadi mitra distribusi yang sudah dipercaya oleh pihak kementerian keuangan Republik Indonesia dalam menjual surat berharga negara atau SBN ritel secara online.

Untuk investasi baru Bariksa ini sangat cocok bagi diri seseorang yang ingin membeli jual beli emas karena ini adalah investasi yang paling tepat. Bareksa itu sendiri menyediakan transaksi jual beli emas online yang lebih mudah diakses.

2. Aplikasi Bibit 

Bibit disebut sebagai aplikasi investasi yang mempunyai slogan “investasi reksadana secara otomatis”. Jika menggunakan aplikasi ini maka tidak perlu berpikir berulang kali, karena sudah terdaftar di OJK.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Reksadana merupakan jenis investasi keuangan yang terdiri dari beberapa kumpulan uang yang dikumpulkan di banyak investor. Setelah itu diinvestasikan dalam bentuk instrumen pasar uang, saham, obligasi atau aset lainnya.

3. Aplikasi stockbit 

Jika berencana ingin melakukan investasi saham yang aman, maka stockbit juga menjadi aplikasi paling direkomendasikan karena sudah diawasi dan terdaftar oleh OJK. Pihak dari stockbit itu sendiri juga mempercayai bahwa investasi saham tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas saja.

Akan tetapi di berbagai kalangan bisa menggunakan aplikasi ini untuk berinvestasi. Stockbit sudah dilengkapi dengan data finansial beserta fitur kelas profesional yang memberikan dukungan investasi bagi semua orang.

4. Aplikasi Koinworks 

Koinwork dapat dijadikan sebagai aplikasi investasi yang cukup populer dan hal ini sudah ada sejak tahun 2016 yang lalu. Koinwork terkenal sebagai perusahaan P2P atau peer to peer lending yang saat ini telah berkembang menjadi super financial pertama kalinya.

Aplikasi ini juga mempunyai pengguna aktif lebih dari 600.000. Penjelasan secara sederhana P2P lending adalah platform berbasis internet yang memiliki fungsi seperti marketplace daring. Dengan melalui plafon inilah maka pendana maupun peminjam data dapat saling berinteraksi.

Tujuannya agar bisa memenuhi kebutuhan dana finansial. P2P lending juga seringkali disebut sebagai fintech lending. Pihak dari peminjam pada biasanya membutuhkan dana supaya bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Seperti pendidikan, bisnis, bahkan sampai kesehatan.

Pendana juga dapat melakukan investasi uang yang dimilikinya supaya dapat dialokasikan untuk kebutuhan peminjam. Bahkan hal ini dapat dikatakan sebagai investasi yang sangat menjanjikan. Keunggulan yang dimiliki oleh investasi ini yaitu bunganya yang tinggi.

Selain itu juga memiliki keamanan yang terjamin. Perlu diketahui bahwa aplikasi koinwork ini merupakan dana pengembalian yang dapat diterima untuk setiap tahunnya. Bahkan hal ini bisa mencapai hingga 21,32%.

5. Aplikasi Pluang 

Aplikasi Pluang 

Aplikasi investasi yang terjamin keamanan selanjutnya yaitu Pluang. Ini adalah aplikasi yang aman karena terdaftar di OJK. Ada beberapa instrumen keuangan yang dapat dijadikan sebagai investasi dan persiapan masa depan. Seperti aset, kripto, investasi emas, bahkan sampai dengan reksadana.

Jika membicarakan perihal keamanan, investor tidak perlu meragukan dari aplikasi Pluang ini. Segala jenis transaksi finansial yang dilakukan pada aplikasi investasi ini telah terjamin keamanannya.

Tidak sampai di situ saja, Pluang ini juga sudah menjalankan kerjasama bersama dengan beberapa perusahaan teknologi yang terkemuka di Indonesia. Kerjasama tersebut dilakukan untuk menjual produk investasi peluang yang ada di aplikasi maupun platform.

Misalnya seperti buka emas dari Bukalapak, gold investasi yang berasal dari go-jek, maupun emas dari dana. Apabila tertarik ingin melakukan investasi dengan cara yang mudah maka aplikasi Pluang menjadi cara yang paling direkomendasikan.

6. Investasi Amarta 

Pada awal tahun 2010, Amarta ini adalah microfinance yang pada akhirnya berhasil menjadi perusahaan P2P lending di tahun 2016. Amarta merupakan perusahaan P2P lending yang saat ini sedang berfokus untuk pendanaan UMKM yang ada di pelosok daerah.

Terutama yang seringkali mengalami kendala akses kredit perbankan. Amarta pada akhirnya meluncurkan layanan berupa investasi yang menggunakan skema crowdfunding. Layanan yang diberikan oleh Amarta ini telah tersedia di marketplace aplikasi sejak 22 Juli 2021.

Investasi yang menggunakan sistem ini memang dilakukan menggunakan nominal pendanaan yang sangat murah yaitu Rp100.000. Hal ini berlaku untuk kelipatan sesuai dari jumlah total platform maupun tenor yang tersedia.

Untuk informasi lebih lanjutnya, Amarta ini merupakan pioner P2P lending yang bisa beradaptasi terhadap sistem grameen bank yaitu dari Muhammad Yunus. Selama ini Amarta lebih berfokus terhadap penyaluran dana investor untuk perempuan yang menjadi pengusaha mikro.

7. P2p Lending 

P2P lending juga disebut sebagai pendanaan dibandingkan dengan investasi. Akan tetapi p2p lending sama-sama menguntungkan seperti berinvestasi. Bahkan investor juga dapat mengembangkan aset menggunakan sistem yang hampir sama seperti obligasi.

Dengan aplikasi inilah maka memberikan keuntungan bagi pelaku investor dan memungkinkan bagi pengguna yang mendanai pelaku UMKM. Selain itu juga membutuhkan modal dalam mengembangkan bisnis.

Perlu diketahui bahwa modal rakyat masuk sebagai aplikasi p2p lending legal, karena sudah memperoleh izin dari OJK. Sehingga dari segi keamanan sudah pasti terjamin dan tidak lagi diragukan.

Investor dapat menyalurkan dana minimal 25 di awal dan keuntungan yang bisa diperoleh kisaran 18% per tahunnya. Untuk modal rakyat juga tersedia asuransi supaya dapat mengamankan dana sebesar 70% sampai 95%.

Dengan begitu maka investor dapat mendanai tanpa harus khawatir dana yang hilang. Untuk aplikasi ini bisa diunduh melalui App Store Google Play Store maupun app galeri.

8. Aplikasi Indogold 

Jika berminat untuk menabung emas dengan aplikasi Indogold, maka dapat melakukannya dengan cara jual beli emas, mencicil emas, bahkan sampai menggadaikan emas untuk keperluan tertentu. Aplikasi ini sangat aman karena sudah diawasi oleh OJK secara langsung.

Sementara Indogold yang ada di Indonesia sudah ada sejak 1978 yang lalu. Ketika aplikasi investasi bermunculan, Indogold ini mulai beradaptasi dengan cara membuat aplikasi secara khusus. Untuk investasi emas bagi yang ingin memiliki emas maka dapat mencicil mulai dari Rp10.000 saja.

Untuk emas tersebut akan dikirimkan ke dalam bentuk fisik pada saat telah mencapai harga yang disesuaikan. Emas tersebut ditransaksikan pada Indogold dan sudah terjamin keasliannya, karena mempunyai sertifikat.

Apabila ingin menjualnya kembali maka bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu juga tersedia fasilitas jual emas pada sesama investor. Dengan begitu maka tidak perlu merasa bingung lagi untuk mencari pembeli.

9. Aplikasi iPod 

Jenis aplikasi ini sangat menguntungkan bagi para pelaku investor, karena iPod ini mempunyai indopremier yang telah dikembangkan sejak tahun 2007 yang lalu. Selain itu Ipod juga menyediakan transaksi berupa Reksadana, saham atau ETF.

Dengan begitu maka investor dapat melakukan pendaftaran secara khusus ketika ingin melakukan pembelian saham syariah. Tidak hanya transaksi saham pada umumnya saja. Namun juga dapat melakukan pemesanan saham.

Para investor diharuskan supaya bisa melakukan pemesanan sesuai dengan jangka waktu pemesanan. Sehingga jangan pernah melewatkan tanggalnya. Dengan aplikasi iPod inilah maka dapat melakukan pembelian saham beserta instrumen investasi yang lainnya.

Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar yaitu minimal Rp100.000. Dengan modal yang minim, maka sudah bisa melakukan investasi.

10. Aplikasi Tanamduit 

Aplikasi Tanamduit 

Aplikasi selanjutnya yang sudah diberikan izin OJK yaitu Tanamduit. Melalui aplikasi inilah maka siapapun dapat mulai melakukan investasi SBN, Reksadana, emas dan asuransi.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Tanamduit telah berulang kali menjadi Mitra yang terpilih secara resmi oleh pihak pemerintah. Misalnya untuk pemesanan SBM seperti saving Bond ritel maupun obligasi ritel Indonesia.

Dari sini juga tersedia fitur pertanyaan agar investor dapat mengetahui profil risiko yang dimilikinya. Selain itu ada juga fitur yang digunakan untuk proses belajar bagi investor yang sedang memulai investasi.

Tidak sampai di situ, investor juga dapat melakukan investasi menggunakan modal dana minimal Rp10.000. Dengan ketentuan inilah maka siapapun bisa menentukan pilihan jenis instrumen mana yang paling menarik dan pastinya menguntungkan bagi pelaku investasi.

11. Aplikasi Laku Emas 

Laku emas merupakan jenis aplikasi investasi secara khusus yang digunakan untuk melakukan transaksi emas di negara Indonesia. Hal ini sudah memperoleh izin OJK. Berkat adanya aplikasi inilah maka dapat melakukan pembelian atau menjual emas, mencicil emas.

Bahkan sampai melakukan gadai emas. Ketika ingin digunakan keperluan tertentu investor juga bisa melakukan transfer emas ke sesama pengguna akun yang terdapat di Laku Emas. Sementara aplikasi ini mempunyai beberapa ATM yang berfungsi untuk menarik emas secara langsung.

Namun sayangnya untuk ATM ini tidak mudah dijumpai di beberapa kota, karena hanya di Jakarta saja yang tersedia. Dengan adanya mesin ATM tarik emas ini maka tidak perlu menunggu terlalu lama ketika ingin mengambil emas yang dimilikinya.

Jika ingin memulai transaksi emas melalui aplikasi Laku Emas ini maka dapat memulainya dengan modal Rp50.000. Ternyata laku emas juga telah menjalin kerjasama dengan marketplace Indonesia supaya dapat memasarkan emas lebih mudah kepada ada pihak investor.

12. Hsb Investasi 

Sebagian besar dari para masyarakat memang masih asing dengan kemunculan HSB investasi. Hal ini merupakan produk komoditi berjangka energi dan indeks saham serta mata uang asing atau forex. Dengan menjalankan investasi inilah, diharapkan investor bisa lebih yakin dan paham.

Secara legalitas HSB Investasi ini sudah mengantongi legalitas BAPPEBTI dari Kementerian Perdagangan. Bahkan sudah terdaftar sebagai anggota dari bursa komoditi dan ICDX beserta lembaga kliring Indonesia atau IC.

Untuk seluruh transaksi yang dilakukan oleh HSB ini tercatat di dalam bursa komoditi maupun derivatif Indonesia. Para investor bisa memanfaatkan fitur CITRA pada saat ingin melakukan pengecekan transaksi secara transparan.

Tidak sampai disitu saja, dana yang berasal dari nasabah pun juga dapat terjamin keamanannya, karena tersimpan di dalam akun yang terpisah namun atas nama dari nasabah. Nama tersebut tidak digabungkan dengan dana koperasi yang dimiliki oleh perusahaan.

Sementara aplikasi HSB investasi telah menerapkan sistem reward setiap kali melakukan transaksi minimal 0,2 lot. Hal ini akan diberikan poin yang bisa ditarik pada setiap minggunya. HSB investasi memang tidak meminta komisi pada setiap transaksi yang dilakukan.

Bahkan untuk aplikasi investasi yang dilakukan secara gratis ini telah memberikan akses secara cuma-cuma pada setiap Trader yang berkeinginan untuk melakukan pengujian keterampilan. Khususnya perihal investasi sebelum memutuskan untuk memulai trading.

Dengan aplikasi ini maka ada baiknya jika mencobanya terlebih dahulu dengan menggunakan akun demo yang telah disediakan.

13. Aplikasi Land X 

Aplikasi selanjutnya yaitu Land X yang mana ini adalah aplikasi yang memberikan pelayanan untuk produk saham, Reksadana dan emas. Serta memberikan pelayanan aplikasi di bidang properti. Pihak investor bisa menemukan berbagai rumah maupun bangunan yang terdapat pada aplikasi.

Hal ini diterapkan sistem patungan di dalam investasi. Contohnya terdapat rumah yang dijual seharga 300 juta dan harga 1 saham adalah 3 juta. Otomatis investor tidak perlu mengeluarkan uang 300 juta.

Melainkan aplikasi ini lebih memungkinkan bagi investor agar melakukan pembelian beberapa lot  saham saja dari properti tersebut. Perihal legalitas memang tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena telah terdaftar di OJK.

Selain itu aplikasi ini juga melakukan seluruh proses transaksi secara transparan dan terbuka. Investor bisa mengakses informasi dengan lengkap berhubungan dengan perusahaan properti yang telah terdaftar di dalam aplikasi tersebut.

Untuk saham yang dibeli melalui salah satu aplikasi investasi yang ada di Indonesia maka sudah terjamin karena telah tercatat secara legal di kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

14. Tokopedia Investasi 

Tokopedia menjadi Unicorn e-commerce yang ada di Indonesia karena layanan investasi reksadana yang ditawarkan. Ternyata Tokopedia juga berafiliasi bersama dengan bareksa. Hal ini dikarenakan Tokopedia menjadi agen penjual efek reksa dana. Sehingga Tokopedia menghadirkan fitur investasi.

Layanan yang diberikan juga aman dan terpercaya karena sudah mempunyai lisensi aperd dari pihak OJK. Layanan inilah yang bisa dijadikan sebagai alternatif bagi aplikasi investasi, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Modal utama yang bisa dimasukkan yaitu hanya 10.000 saja.

15. Ovo Invest 

Ovo Invest 

Untuk aplikasi investasi terbaik ojk seperti invest ini bisa memberikan kesempatan kepada setiap penggunanya agar dapat membuka investasi bersama dengan Mitra yang terpercaya. Pengguna dapat melakukan investasi reksadana online dan dapat memulai investasi dengan setoran kecil.

Untuk setoran awal Rp10.000 minimalnya. Untuk dana investasi tersebut bisa ditarik kapanpun tanpa terkena biaya admin.

16. Bukalapak 

Bukalapak bisa membantu para investor dalam mengelola portofolio secara nyaman dan aman. Untuk aplikasi ini dapat membantu orang melakukan investasi optimal. Namun hal ini tergantung dari segi produk pilihan yang dipilih sesuai profil risiko dari pihak investornya.

17. Gojek Go Investasi 

Aplikasi investasi legal selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai investasi, khususnya bagi pemula yaitu Go Investasi Investor. Melalui aplikasi ini dapat menabung emas dan memberikan banyak layanan yang cukup menguntungkan.

Dengan aplikasi inilah maka investor merasa sangat terbantu karena mempunyai banyak waktu untuk memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik mungkin aplikasi emas.

18. Aplikasi Tamasia 

Tamasia merupakan aplikasi yang dapat memberikan kebebasan untuk setiap penggunanya dalam melakukan jual-beli maupun menyimpan emas. Dengan harga mulai dari Rp10.000 tersebut dapat dijual, dikirim ke semua bagian Indonesia, maupun dicetak fisik.

19. Buka Emas

BukaEmas ini bisa dijumpai pada aplikasi Bukalapak yang mana dengan aplikasi inilah maka investor dapat melakukan transaksi jual-beli emas secara digital. Caranya dengan menggunakan fasilitas penitipan. Agar dapat menggunakan fitur ini maka harus memiliki akun Bukalapak terlebih dahulu.

20. Investasi Emas Tokopedia 

Investasi Emas Tokopedia 

Bersama dengan Tokopedia maka investor bisa menggunakan aplikasi investasi emas mulai dari Rp5.000. Aplikasi ini sudah terpercaya dan aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika membeli emas maka tinggal membuka halaman Tokopedia emas di situs resminya.

21. RTI Business 

Aplikasi investasi ini dapat membantu investor dalam mengetahui update terbaru seputar pasar saham yang ada di Indonesia. Seperti data finansial, grafik kuota, harga, analitik statistik penting aksi perusahaan atau yang lainnya.

22. Mirae Asset Sekuritas 

Aplikasi online trading ini menawarkan banyak fitur yang cukup menarik dan dapat digunakan ketika sudah melakukan login menggunakan password atau user ID. Bagi pengguna smartphone maka bisa menggunakan Neo hots.

23. Mandiri Sekuritas 

Ketika ingin membeli sekuritas di perusahaan ini maka ada beberapa pilihan yaitu seperti Syariah, program reguler, maupun full service. Investor dapat membayar setoran ketika membuka akun untuk pertama kalinya yaitu untuk masyarakat umum 5 juta. Mahasiswa 2 juta dan full service 1 juta.

24. MNC sekuritas 

Aplikasi MNC mengharuskan para investor akan memenuhi syarat beserta ketentuan yang diberlakukan. Untuk setiap sekuritas saham harus pasti mempunyai kebijakan yang beragam. Jika ingin memiliki saham pada MNC sekuritas maka harus memberikan setoran awal sebesar Rp100.000.

25. Aplikasi E-Mas 

Aplikasi ini telah berhasil menjadi platform yang paling banyak diminati oleh para masyarakat. Jenis aplikasi ini hampir sama seperti platform tanamduit yaitu sama-sama mengakomodasi investasi reksadana, asuransi daring, saham online, bahkan sampai Surat Berharga Negara.

26. BCA best mobile 

BCA Best Mobile termasuk sebagai aplikasi investasi saham terbaik dan terpercaya yang berasal dari PT BCA sekuritas. Aplikasi ini menyediakan fitur berupa quick order yang lebih memudahkan pihak investor ketika melakukan transaksi jual-beli saham dengan praktis dan cepat.

27. Ipotfund 

iPod ini terkenal sebagai aplikasi yang dapat bekerjasama dengan 42 manajer investasi. Kabar baiknya Ipotfund ini memberikan penawaran sebanyak 259 produk reksadana.

28. Aplikasi Bions 

Bagi investor pemula sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Bions ini, karena mempunyai tampilan yang sangat menarik dan ramah. Setoran awal yang harus dipenuhi yaitu sebesar 1 juta.

29. Aplikasi BRI sekuritas 

Sangat cocok bagi investor yang baru pertama kali ingin mencoba bagaimana rasanya melakukan investasi dengan setoran awal yang cukup murah yaitu untuk Hybrid sebesar 5 juta. Sementara untuk layanan online sebesar 1 juta.

30. Poems id 

Ini merupakan saham yang berasal dari Singapura. Investor dapat melakukan pendaftaran dengan cara langsung mengunjungi website. Kemudian barulah menentukan pilihan jenis rekening reguler maupun Syariah.

31. Most 

Bagi investor yang masih sangat awam dalam dunia investasi maka harus paham betul bagaimana cara untuk berinvestasi. Untuk itu ini adalah aplikasi yang direkomendasikan. Terlebih lagi aplikasi ini sudah memfasilitasi beberapa pelatihan tatap muka atau online perihal analisis saham profesional.

32. Phillip Sekuritas 

Melalui aplikasi Phillips ini maka investor dapat secara langsung melakukan pembelian reksadana. Dengan aplikasi ini maka investor bisa mengetahui bagaimana pertimbangan dalam memulai investasi saham.

33. Sinarmas 

Sinarmas dapat dikatakan sebagai aplikasi saham komunitas online investor. Tidak dapat melakukan pembelian saham saja, namun juga dapat melakukan diskusi perihal perkembangan perekonomian yang berhubungan dengan saham perusahaan.

Dalam menemukan aplikasi investasi yang terbaik dan terpercaya memang bukan perkara yang mudah dilakukan. Terlebih lagi banyaknya pilihan yang bisa dijumpai di Google Play Store. Berdasarkan informasi di atas dari VisitPare.com mengharapkan tidak salah dalam menentukan aplikasi untuk berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.