9 Aplikasi Matematika Untuk SMA, Mudah Banget!

Aplikasi matematika SMA – dapat menjadi alat bantu bagi para siswa untuk belajar materi matematika dari handphone pribadi masing-masing. Dengan kemudahan itulah yang membuat siswa dapat menggunakannya di manapun dan kapanpun.

Ini dikarenakan matematika masih menjadi momok yang ditakuti para siswa sekolah. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA, hampir semua mengeluhkan hal yang sama tentang pelajaran ini. Untung saja sekarang terdapat aplikasi matematika SMA yang dapat membantu kesulitan tersebut.

Pilihan Aplikasi yang Akan Membantu Belajar Materi Matematika

Aplikasi matematika SMA
Aplikasi matematika SMA

Berbagai macam aplikasi untuk belajar matematika ini bisa digunakan untuk berbagai kalangan, tidak terpatok untuk pemula saja, namun bisa juga digunakan oleh para pelajar ilmu matematika tingkat lanjut. Berikut pilihannya:

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

1.  Math Trick

 

Math trick merupakan aplikasi rumus matematika SMA pertama yang akan sangat membantu dalam mengerjakan soal-soal matematika. Ketika diharuskan mengerjakan dengan menyertakan rumus, maka sangat cocok untuk memilih aplikasi ini.

Dengan menggunakan Math trick, soal-soal yang menggunakan rumus yang sangat banyak dan rumit akan disederhanakan sehingga dapat lebih mudah dikerjakan.

Bukan hanya menyajikan rumus-rumus sederhana saja, Math Trick juga membagikan pembelajaran matematika dengan menggunakan berbagai rumus dan akan  membuat penggunanya dapat dengan cepat menghitung dan menyelesaikan berbagai soal-soal matematika.

Pada aplikasi ini juga terdapat 15 level yang terdiri dari skor atau nilai dimulai dari 0-650. Sehingga pengguna akan semangat untuk mengerjakan berbagai soal yang tersedia.

2. Myscript Calculator

Selain Math Trick yang telah dijelaskan di atas, MyScript Calculator dapat pula dijadikan sebagai referensi tambahan bagi para pelajar matematika.

Aplikasi ini memiliki ciri khas tersendiri yang cukup berbeda dengan aplikasi-aplikasi pembelajaran matematika SMA lainnya. Keunikan itu terdapat pada cara penggunaannya.

Jadi, untuk mengoperasikan MyScript Calculator para pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengetik pada keyboard, melainkan hanya dengan langsung menuliskan apa saja yang diinginkan di layer ponsel menggunakan jari atau alat semacamnya.

Nantinya hasil tulisan langsung tersebut dapat langsung diterjemahkan dan diubah menjadi perhitungan matematika yang sesuai dengan pengetikan akademik.

Tentu saja dengan kemudahan tersebut akan sangat membantu para siswa yang memiliki kesulitan dalam menggunakan sistem penulisan rumus matematika yang tepat sesuai standar yang ada.

Namun kemampuan dari menerjemahkan tulisan tangan dari aplikasi ini masih terbatas dalam materi-materi soal matematika yang cukup dasar. Rumus-rumus yang dapat dikerjakan antara lain yaitu matematika dasar, trigonometri, logaritma dan eksponensial.

Dengan harga tersebut, pengguna akan menikmati berbagai kemudahan dalam mengerjakan rumus-rumus matematika dengan mudah.

3. Aplikasi Mathway

Math Tricks

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi matematika SMA yang sangat rekomen untuk digunakan karena memiliki sistem yang tidak hanya sekedar memberikan jawaban saja.

Mathway dapat dijadikan untuk membantu belajar dan mengerjakan soal-soal mulai dari matematika dasar, kalkulus, algoritma, bahkan hingga materi kimia.

Semua materi tersebut dapat dipelajari secara gratis dengan solusi yang detail. Tidak heran kalau aplikasi ini telah banyak digunakan oleh para pembelajar matematika.

Tampilan dari aplikasi Mathway cukup sederhana, sehingga mudah untuk digunakan oleh semua orang. Dalam aplikasi ini akan memberikan tips mengerjakan soal-soal matematika secara bertingkat, dari yang mudah hingga sulit.

Cara mengoperasikan aplikasi ini sangatlah mudah. Mathway merupakan aplikasi matematika sama yang difoto langsung ada jawabannya. Yap, benar sekali. Hanya dengan memfoto soal yang tidak dipahami dan ingin ditanyakan.

Setelah itu, Mathway akan mengoperasikan kerjanya dan memberikan jawaban lengkap dengan cara penyelesaiannya.

4. Photomath – Camera Calculator

Hampir mirip dengan aplikasi Mathway, sistem operasi Photomath yaitu dengan cara mengambil foto soal-soal yang ingin dikerjakan, dan seketika muncul jawabannya.

Dengan cara kerja yang praktis seperti ini, tentu saja akan mempermudah siswa untuk dapat mengerjakan tugas-tugasnya tentang materi matematika.

Dikarenakan cangkupan penyelesaian materi pada aplikasi ini cukup luas, penggunaannya tidak hanya sebatas untuk siswa SMA saja, tapi juga dapat digunakan oleh mahasiswa di kelas universitas.

Photomath banyak diminati karena mudah digunakan dan termasuk aplikasi matematika sama yang difoto langsung ada jawabannya yang banyak dicari oleh para pelajar.

5.  Aplikasi MalMath

Aplikasi MalMath

Selanjutnya yaitu aplikasi untuk belajar dan mengerjakan matematika dengan nama Malmath. Aplikasi ini dapat membantu untuk memberi jawaban soal matematika tingkat SMA maupun kuliah.

Pada aplikasi ini dilengkapi dengan tutorial bagi para pengguna awal untuk mempermudah pemahamannya. Selain itu, kelebihan dari MalMath yaitu terdapat pada keyboard yang menampilkan simbol-simbol matematika yang dapat digunakan.

Untuk pembelajaran, aplikasi ini juga sangat bisa diandalkan karena MalMath akan memberikan berbagai cara agar penggunanya dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

Anda dapat melihat langkah demi langkah dalam pengerjaan soal matematika yang telah dimasukan tadi.

6.  Math Puzzle

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi seseorang yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan.

Ada banyak cara untuk membuat belajar menjadi nuansa yang menyenangkan, salah satunya yaitu bermain puzzle. Sejak dahulu, belajar sambil bermain dipercaya dapat mempermudah untuk memahami materi yang kurang dipahami.

Math Puzzle apps merupakan sebuah aplikasi permainan yang berorientasi pada pembelajaran matematika.

Untuk mempermainkannya sangatlah mudah, di mana aplikasi ini hanya menawarkan satu metode saja, yaitu pemain diminta untuk menyambungkan angka-angka dan simbol-simbol operasi matematika di layar.

Dengan menghubungkan angka dan simbol yang benar, nantinya akan membentuk suatu rumus untuk yang dapat menyelesaikan soal yang sudah terpampang di paling atas.

Permainan Math Puzzle memiliki tingkatan level yang berbeda. Tentu saja jika semakin tinggi level yang dijalani pemain, maka semakin sulit dan kompleks pula soal dan angka-angka yang harus disesuaikan tadi.

Sudah dikatakan bahwa permainan ini tidaklah terlalu susah dan tidak juga mudah untuk dipelajari dan diselesaikan.

Namun jika sudah berhasil untuk mengerjakan satu soal, maka dapat dipastikan akan membuat rasa penasaran untuk ke soal berikutnya.

Dan tentu saja nantinya para siswa akan terbiasa mengerjakan soal di sekolah karena telah sering mengerjakannya di Math Puzzle.

7. Socratic

Socratic

Socratic diperkirakan akan menjadi aplikasi yang digemari para pelajar karena kemudahan yang ditawarkannya.

Bagi pengguna yang ingin mengerjakan  soal matematikanya hanya tinggal memfotonya dan nantinya akan ada bantuan jawabannya.

Socratic merupakan aplikasi yang telah dilengkapi dengan fitur artificial intelligence (AI) yang dapat secara akurat akan membaca dan menerjemahkan soal matematika hasil fotonya.

8. Qanda

Aplikasi selanjutnya adalah Qanda yang dapat diinstal dan digunakan pada ponsel pribadi. Dengan memiliki dasar yang hampir sama dengan aplikasi lainnya, Qanda akan dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan matematika dengan cukup cepat.

Bahkan aplikasi ini menjanjikan akan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan hanya dengan waktu lima detik saja. Tentu saja aplikasi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi sangat cocok bagi para pelajar.

Teknologi artificial intelligence (AI) akan mengenali dan menyelesaikan soal-soal yang diarahkan pada kamera ponsel Anda.

Namun apabila jawaban tidak ditemukan, Anda tidak usah risau. Pada aplikasi Qanda terdapat fitur bertanya langsung kepada guru TOP mengenai permasalahannya dan akan dijawab dalam waktu sekitar delapan menit saja.

Selain itu, terdapat pula fitur kalkulator rumus yang akan menampilkan bagaimana cara menemukan jawaban berdasarkan rumus.

9. Cymath

Cymath

Cymath akan menyelesaikan soal matematika dengan terbilang cepat hanya dalam hitungan detik saja. Kelebihannya, Cymath akan memberitahu bagaimana rumus suatu soal dapat diselesaikan. Jadi Anda tidak hanya menerima jawaban saja, namun bisa juga mengamatinya.

Menggunakan Cymath dapat dengan dua cara. Pertama, ketik aja soalnya pada aplikasi ini. Cara kedua sangatlah mudah, Anda hanya perlu memfoto soalnya saja dan biarkan Cymath bekerja.

Jadi itulah tadi 9  yang telah dijelaskan VisitPare.com secara terperinci. Tentu saja setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun secara umum aplikasi tersebut sangatlah baik dan akan dengan mudah membantu para penggunanya dalam menyelesaikan permasalahan soal-soal matematika.

Rate this post

Tinggalkan komentar