23 Aplikasi Matematika untuk Belajar dan Menyelesaikan Soal

Aplikasi Matematika – Pelajaran atau soal yang memiliki rumus terkadang akan membuat pusing, namun zaman sekarang semua dirasa akan semakin mudah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, termasuk menyelesaikan soal matematika menggunakan aplikasi matematika . Bermodalkan ponsel saja sudah dapat menyelesaikan soal matematika, lho!

Beberapa aplikasi dapat diunduh dan dipasang pada ponsel untuk mengerjakan beberapa soal matematika yang dirasa sangat susah, di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa rekomendasi app nya, yang bisa membantu dalam pengerjaan soal-soal matematika:

Daftar 23 Aplikasi Matematika yang Bisa Digunakan

aplikasi matematika
aplikasi matematika

1. Math Tricks

 

Math Trick merupakan salah satu aplikasi matematika yang bisa digunakan untuk mengerjakan soal yang terbilang rumit, Math Tricks ini akan mengajari pengguna untuk menjawab soal matematika bersamaan dengan rumus yang ditampilkan pada aplikasi.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Math Trick ini bisa mengerjakan soal dengan cepat, selain itu akan terdapat 15 level terdiri dari skor mulai dari 0 – 650, dalam menjalankan aplikasi, interfacenya tentu sangat mudah sehingga bisa digunakan oleh yang awam sekalipun.

Selain itu, Math Tricks juga  akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memecahkan soal yang dianggap susah dan rumit.

2. Photomath 

Sesuai namanya, Photomath memungkinkan pengguna dapat memakai aplikasi ini dengan cara memotret soal dengan ponsel saja, kemudian akan muncul jawaban dari soal yang di foto tersebut.

Terbilang sangat mudah dan praktis bukan untuk menyelesaikan soal matematika dengan aplikasi ini?

Photomath tidak hanya bisa memberikan jawaban, akan tetapi pengguna akan mendapat pembahasan dalam menjawab soal matematika tersebut secara detail, beserta cara dan proses pengerjaannya, sehingga pengguna akan bisa lebih paham tentang cara penyelesaian soal.

3. Qanda

Math Tricks

Aplikasi berikutnya Qanda, merupakan aplikasi yang bisa menyelesaikan masalah matematika hanya dengan memotretkan soal menggunakan kamera ponsel. Kemudian, aplikasi Qanda ini akan memindai soal dan menampilkan jawabannya secara otomatis.

Selain itu, aplikasi ini menghadirkan guru yang ahli dalam menjelaskan berbagai soal yang sulit sekalipun. Jadi, penjelasan dari setiap soal ini dijelaskan oleh orang ahli di bidang matematika, jadi pengguna akan semakin yakin bahwa Qanda ini bisa digunakan untuk memecahkan soal matematika. Selain itu, aplikasi matematika yang satu ini tidak berbayar alias gratis.

4. Mathway

Berikutnya aplikasi Mathway yang memungkinkan pengguna bisa memakainya untuk menjawab soal matematika yang paling mudah sampai yang sulit sekalipun.

Cara menggunakannya tentu sangat mudah, pengguna hanya cukup dengan memasukan soal dari matematika yang ingin dikerjakan tersebut ke dalam aplikasi.

Kemudian aplikasi yang satu ini secara otomatis akan memberikan jawaban dengan cepat dan dengan tahap penyelesaian dengan detail. Jadi, pengguna akan paham tentang cara penyelesaian soal tersebut.

5. Math Kids – RV App Studios

Sesuai namanya, Math Kids, app ini cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Meskipun begitu, orang dewasa juga bisa menggunakannya, karena materi matematika didalamnya masih mencakup materi matematika dasar.

Math Kids ini memiliki tema game, lalu akan mengajarkan pengguna tentang menghitung, maka akan ada kesan menyenangkan dan seru dalam penggunaannya, apalagi jika digunakan oleh anak usia dini.

Orang tua bisa memilih aplikasi yang satu ini untuk mengajari anak tentang matematika, apalagi anak-anak sangat senang dalam bermain game.

Jadi mereka tidak akan bosan dalam mempelajari matematika berbentuk game ini. Tentunya anak akan belajar mengenai matematika dengan mandiri dan tentunya dengan cara yang mengasyikan.

6. Socratic

Berikutnya merupakan aplikasi yang mampu memberikan pelajaran kepada pengguna tentang matematika. Selain itu, Socratic juga menyediakan materi matematika seperti pembahasan geometri, biologi, sampai sastra.

Aplikasi ini juga mampu mengerjakan soal matematika dengan cepat, pengguna cukup memotret soal dengan kamera saja, kemudian akan muncul jawaban beserta penjelasannya dengan detail. Pengguna bisa memperhatikan tentang bagaimana proses penyelesaian dari soal tersebut.

7. Math Games – GunjanApps Studios

Aplikasi yang satu ini dikhususkan untuk anak-anak yang pertama kali belajar berhitung. Fitur yang terdapat dalam Math Games ini berupa permainan yang tentunya berbasis matematika, belajar tentang menjumlahkan, mengurangi, membagi, serta perkalian.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak hanya memberikan materi atau kuis matematika yang pembahasannya terkesan membosankan, akan tetapi terdapat berbagai macam puzzle klasik seperti Sudoku.

Tentunya tidak akan membuat Anda bosan dalam menggunakan aplikasi yang satu ini, terkhusus anak-anak.

8. Graphing Calculator + Math, Algebra  dan Calculus

Aplikasi berikutnya yaitu Graphing Calculator yang memiliki fitur seperti kalkulator dengan tampilan grafik yang tentunya dapat digunakan untuk menghitung trigonometri, logaritma, dan subjek materi pelajaran matematika lainnya.

Tentunya dengan adanya aplikasi ini, akan membantu para pengguna dalam mengerjakan soal matematika.

9. Math Puzzle

Berikutnya ada Math Puzzle, tema dari aplikasi ini adalah bermain game, tentunya aplikasi ini sangat cocok untuk yang sedang belajar matematika dengan cara yang unik dan tentunya tidak membuat bosan. Cara mainnya hanya cukup menghubungkan berbagai angka serta mengoperasikan di layar agar hasilnya sesuai angka yang terdapat di bagian atas.

Cara penggunaan aplikasi yang satu ini sangat mudah, namun isi dalam permainan ini akan memberikan pelatihan terkait matematika. Jadi, pengguna bisa belajar sambil bermain game sambil mengasah pengetahuan akan penghitungan yang merupakan bagian dari ilmu matematika tersebut.

10. AutoMath

AutoMath

Aplikasi matematika berikutnya ialah AutoMath, cara menjawab soal matematika menggunakannya cukup dengan memotret soal saja, mudah bukan? Tentunya lebih simpel dan sangat mudah untuk digunakan.

Selain itu, AutoMath ini terbilang memiliki fitur yang lengkap, setidaknya terdiri dari 250 rumus matematika yang bisa digunakan. Akan tetapi, AutoMath ini tidak bisa membaca tulisan tangan, maka hanya bisa membaca tulisan yang di buat di komputer saja.

AutoMath ini dapat diunduh melalui Play Store dengan gratis tentunya, selain itu AutoMath  juga mudah digunakan dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, jadi tidak memakan penyimpaan terlalu banyak.

11. Math Master

Aplikasi berikutnya ialah Math Master, memiliki tema game yang tentunya tidak membuat bosan pengguna dengan soal matematika. Nantinya pengguna bermain game yang tentunya dengan berbagai soal matematika yang ada.

Nah, cara kerjanya, jadi semakin tinggi level permainan maka akan semakin susah soal yang diberikan.

Aplikasi ini sangat cocok bagi orang yang ingin mengasah kemampuan matematika. Mengusung konsep soal matematika sambil bermain game, tentunya akan semakin melatih beberapa materi yang tadinya susah namun bisa diselesaikan dengan cara yang asyik.

Aplikasi ini terbilang sangat ringan digunakan, sebab memiliki ukuran yang sangat kecil.

12. MyScript Calculator

Berikutnya ialah MyScript Calculator yang bisa membantu mengerjakan soal matematika dengan tidak perlu menulis dengan keyboard HP.

Akan tetapi cukup dengan mencoret-coret layar ponsel saja seperti menggambar sesuatu. Setelah mencoret, maka tulisan tersebut akan berubah menjadi persamaan matematika dengan otomatis.

MyScript Calulator ini akan membantu Anda dalam mengerjakan soal eksponensial, matematika dasar, trigonometri, dan logaritma.

Sayangnya, aplikasi ini juga memiliki fitur dalam pengerjaan soal yang terbilang masih sangat terbatas dan tidak secanggih aplikasi lainnya yang telah dijelaskan.

13. MalMath

Aplikasi matematika berikutnya ialah MalMath, tentunya MalMath dapat menjawab soal matematika dengan cepat dan detail. Selain itu, MalMath ini juga memberikan tutorial tentang cara menggunakan aplikasi.

Di dalam aplikasi ini, terdapat  sebuah virtual keyboard yang sudah dilengkapi dengan berbagai simbol matematika yang nantinya digunakan untuk memasukkan rumus matematika.

Bagi pengguna yang baru saja memakai aplikasi ini, tidak perlu khawatir jika mengalami kesusahan. Sebab, MalMath memberikan fitur tutorial yang dapat pengguna ikuti cara dan bagaimana menggunakannya.

14. WolframAlpha

WolframAlpha

Berikutnya aplikasi WolframAlpha yang memiliki kelebihan pada bidang trigonometri. Banyak sekali cara untuk memecahkan segala soal yang berkaitan dengan trigonometri oleh aplikasi yang satu ini.

Menariknya, WolframAlpha bukan hanya menjadi aplikasi matematika saja, namun juga menyediakan materi-materi lainnya yang tak kalah penting untuk dipelajari.

Pelajaran yang bisa terselesaikan oleh WolframAlpha adala kimia, fisika, biologi, dan mata pelajaran yang lainnya.

Akan tetapi, aplikasi yang satu ini tidak gratis alias berbayar, jadi pengguna harus mengeluarkan dana untuk membeli  WolframAlpha melalui Playstore juga App Store.

15. Cymath

Mengerjakan soal yang dianggap susah bisa menggunakan aplikasi matematika yang satu ini, caranya sangat mudah. Pengguna hanya memotret soal lalu dimasukan ke dalam aplikasi yang satu ini, maka hasilnya akan muncul.

Selain itu, Cymath juga mampu mengerjakan segala macam soal matematika seperti kalkulus, aljabar dengan berbagai tingkat kesulitan soal.

Tentunya penjelasan dari aplikasi ini sangat detail, jadi pengguna bisa sekalian menyimak tentang bagaimana cara penyelesaian soal. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil, sehingga tidak terlalu memakan penyimpanan ponsel terlalu banyak, memiliki ukuran 2,6 MB saja.

16. Microsoft Math Solver

Ya benar, sesuai namanya, app ini dibuat oleh Microsoft. Aplikasi Microsoft Math Solver ini mampu mengerjakan soal matematika dengan berbagai jenis, seperti aljabar, aritmatika, kalkulus, trigonometri, statistik, dan jenis materi yang lainnya.

Cara menggunakan Microsoft Math Solver juga tentunya sangat mudah, pengguna bisa menuliskan soal. Selain itu, Anda juga  juga bisa memotret soal matematika yang ingin diketahui jawabannya.

Math Solver sebagai salah satu aplikasi matematika yang satu ini memiliki fitur yang canggih, sebab ketika menulis soal atau memotret soal secara otomatis akan mengenali soal matematika tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga akan menjelaskan langkah-langkah dalam proses penyelesaian soal dengan grafik yang tentunya interaktif. Lebih hebatnya lagi, Microsoft Math Solver bisa didapatkan dengan gratis.

17. Mathematics

Selanjutnya adalah Mathematics, interface dari app nya seperti kalkulator sehingga sangat cocok digunakan untuk belajar. Cara menggunakannya sangat mudah, pengguna hanya perlu memasukan soal matematika dengan kalkulator yang tertera pada aplikasi Mathematics ini.

Setelah itu, aplikasi ini secara otomatis akan menjawab soal dan memecahkan soal tersebut.

Berbagai soal dan pertanyaan seputar matematika akan terjawab dengan aplikasi yang satu ini, seperti Cos, Sin, Linear, sampai dengan Vektor. Akan tetapi, Mathematics sayangnya tidak tersedia dalam versi bahasa Indonesia.

18. Symbolab 

Aplikasi berikutnya ialah Symbolab yang memungkinkan para pengguna bisa memakai aplikasi yang satu ini untuk mengerjakan dan mempelajari berbagai soal matematika dari yang dasar sampai yang sulit sekalipun.

Cara memakai Symbolab ini tentunya sangat mudah, sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Soal yang dianggap sudah bisa dimasukan ke aplikasi Symbolab, lalu akan muncul jawabannya dengan disertai penjelasan yang detail tentunya.

19. Brilliant

Aplikasi matematika berikutnya ialah Brilliant, tentunya menjadi salah satu app yang cocok digunakan untuk yang memiliki pemikiran yang lumayan cemerlang, sebab dalam aplikasi ini tidak membahas ilmu atau matematika dasar.

Aplikasi ini membahas mengenai Quantum Computing, Neural Networks, Algebra, kimia, dan cabang ilmu yang lainnya.

Briliant setidaknya memiliki lebih dari 60 interactive course, sehingga akan memberikan pembelajaran yang lumayan untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan.

Pengguna bisa belajar secara mandiri atau sekedar ingin memecahkan soal yang dirasa cukup susah, maka Briliant bisa dicoba sebagai solusinya.

20. Maths Formulas Free

Maths Formulas Free

Aplikasi matematika berikutnya ialah Maths Formulas Free, jika sedang ingin belajar mengenai rumus dan memperdalam berbagai rumus matematika, maka Maths Formulas Free  merupakan pilihan yang tepat.

Sebab, aplikasi ini memiliki banyak rumus matematika, terdiri dari rumus matematika dasar sampai rumus yang paling sulit sekalipun ada.

Namun, sayangnya interfacenya tidak bisa menampilkan bahasa Indonesia. Tapi tenang, sebab Math Formulas Free ini sudah dilengkapi dengan fitur berupa kalkulator serta alat hitung lainnya, tentunya dapat membantu dan mempermudah dalam pengerjaan soal matematika.

21. Math Formula with Practice

Math Formula with Practice memiliki tampilan yang cukup sederhana, ditambah dengan interface yang mudah untuk digunakan oleh semua kalangan.

Aplikasi Math Formula with Practice ini memiliki berbagai rumus seperti geometri, algebra, trigonometri, kalkulus, dan beberapa contoh bagaimana cara pengerjaan soal.

Aplikasi matematika ini dirasa sangat cocok digunakan untuk memecahkan soal matematika, selain itu bisa digunakan untuk belajar secara mandiri. Jadi, pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk memecahkan soal matematika yang ada.

Selain itu, Math Formula with Practice juga bisa didapatkan secara gratis, lho!

22. All Math Formula

Aplikasi yang ini sangat cocok digunakan untuk belajar matematika, itu karena dalam All Math Formula, sudah dilengkapi dengan rumus yang bisa dipelajari.

Aplikasi All Math Formula ini merupakan aplikasi offline, maka pengguna hanya cukup mendownload sekali saja dan tidak memerlukan kuota internet yang terlalu berlebih.

Selain rumus, All Math Formula juga akan memberikan materi pelajaran mengenai beberapa subjek yang sering ditanyakan mengenai matematika.

Jadi para pengguna bisa belajar mengenai rumus matematika dan soal yang berkaitan dengan matematika lainnya. Selain penggunaan aplikasi ini offline, juga cara penggunaan yang mudah, tidak ribet, ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar, ditambah dengan interfacenya yang nyaman.

23. Little Panda Math Genius

Little Panda Math Genius

Little Panda Math Genius sangat cocok digunakan untuk mengajarkan anak tentang matematika yang paling dasar, sekaligus istilah matematika dan istilah yang lainnya dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, aplikasi ini akan memberikan pembelajaran yang interaktif dan tidak membuat anak bosan.

Permainan yang ditawarkan oleh Little Panda Math Genius ini cocok digunakan oleh anak-anak usia 4 tahun. Itu dikarenakan aplikasi ini belajar mengenai matematika dasar, yaitu tentang menghitung dan matematika dasar lainnya. Namun sayangnya, tidak ada materi pembagian dan perkalian.

Itulah 23 aplikasi matematika yang VisitPare.com lansir diatas bisa digunakan untuk mengerjakan soal sambil belajar secara mandiri untuk semua kalangan. Selain itu, di atas juga sudah dijabarkan mengenai rekomendasi aplikasi untuk anak kecil yang dibalut menjadi sebuah game atau permainan. Selamat mencoba!

Rate this post

Tinggalkan komentar