13 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya Resmi di Indonesia

13 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya Resmi di Indonesia

Aplikasi pinjaman online terpercaya – di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis yakni pinjaman tanpa agunan dan pinjaman dengan jaminan barang tertentu. Mengenali kedua jenis pinjaman ini sangat penting sebelum mengajukan pinjaman.

Hal tersebut dikarenakan setiap pinjaman tentunya memiliki kriteria dan karakteristik masing-masing sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan.

Aplikasi Pinjam Uang Aman dan Terpercaya Tanpa Agunan

Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya
Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Jenis aplikasi pinjaman online pertama yakni pinjaman tanpa agunan atau pinjaman tanpa jaminan. Disebut sebagai pinjaman tanpa agunan karena hanya membutuhkan KTP saja sebagai syarat pendaftaran dan pengajuannya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pinjaman tanpa agunan terpercaya di Indonesia:

1. Indodana

Indodana merupakan pinjaman online resmi tanpa agunan yang pertama kali hadir di Indonesia di bawah PT. Dana Artha Teknologi. Hadir sejak tahun 2017 dengan dua produk pinjaman yakni pinjaman dana tunai dan paylater.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Nasabah bisa mengajukan pinjaman dana tunai maksimal sebesar Rp. 8.000.000 dengan tenor pelunasan yang fleksibel mulai dari 1-6 bulan atau bisa disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan. Proses pendaftaran dan pencairan juga tergolong cepat.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan pinjaman ialah:

A. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus dipenuhi yakni tercatat sebagai WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP sebagai syarat utama untuk mengajukan limit pinjaman.

Dengan begitu, pinjaman ini tidak bisa digunakan oleh WNA ataupun WNI yang belum memiliki KTP.

B. Berusia 20 – 65 tahun

Selain tercatat sebagai WNI atau telah memiliki KTP, nasabah paling tidak berusia 20 tahun dan maksimal 65 tahun yang terhitung ketika mengajukan pinjaman.

C. Memiliki Penghasilan tetap sebesar Rp. 3.500.000

Syarat ketiga yang harus dipenuhi yakni memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimal Rp. 3.500.000 setiap bulannya. Hal ini bisa dibuktikan dengan akun internet banking ataupun slip gaji ketika proses pendaftaran.

Selain ketiga syarat di atas, nasabah juga harus memiliki rekening atas nama pribadi untuk mencairkan limit kredit yang diajukan. Setelah semuanya terpenuhi, maka pinjaman bisa langsung diproses paling lambat  selama 1 x 24 jam.

2. Dana Rupiah

Dana Rupiah

Pinjaman online tanpa agunan selanjutnya yakni Dana Rupiah. Platform pinjaman ini menawarkan limit kredit maksimal senilai Rp. 25.000.000 yang dapat diakses secara cepat yakni berkisar diantara 15 menit – 1 jam.

Platform ini menetapkan sistem bunga tahunan sebesar 10,5% dari total pinjaman yang dibayarkan bersamaan dengan pinjaman pokok. Selanjutnya mengenai tenor atau waktu pelunasan yang ditetapkan ialah 91 hari.

Semua proses pendaftaran berupa screening dokumen, verifikasi dan konfirmasi dilakukan secara online melalui aplikasi. Setelah semua proses berhasil dilakukan, maka uang bisa segera berada dalam genggaman tangan.

Syarat pengajuannya juga tidak terlalu sulit yakni cukup dengan scan KTP dan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Dalam hal ini, calon nasabah paling tidak berusia 18 tahun atau sudah memiliki KTP.

3. Tunaiku

Tunaiku juga termasuk aplikasi pinjaman online terpercaya tanpa agunan yang menawarkan limit kredit dengan cukup besar yakni mencapai Rp. 20.000.000. Nominal tersebut bisa diajukan dengan tenor waktu pelunasan maksimal selama 20 bulan.

Sebagai pinjaman tanpa agunan, Tunaiku termasuk platform yang menetapkan bunga rendah yakni berkisar 3-4% dari jumlah pinjaman pokok untuk setiap bulannya. Selain itu, terdapat pula sanksi atau biaya keterlambatan bagi nasabah yang telat membayar.

Adapun syarat-syarat pengajuan limit kredit melalui aplikasi Tunaiku ialah sebagai berikut:

A. WNI berusia 21-55 tahun

Syarat pertama yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman melalui Tunaiku ialah tercatat sebagai WNI setidaknya berusia 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55 tahun saat mengajukan pinjaman.

Hal ini dibuktikan dengan kepemilikan KTP yang dijadikan sebagai syarat utama saat mengajukan limit kredit.

B. Memiliki Rekening Bank dalam Negeri

Syarat selanjutnya yakni calon nasabah diharuskan memiliki rekening bank dalam negeri atas nama pribadi yang nantinya digunakan untuk mencairkan limit pinjaman.

Dengan begitu, calon nasabah yang belum memiliki rekening bank dalam negeri tidak bisa mengakses pinjaman ini.

Itulah 2 syarat mudah yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman melalui Tunaiku. Salah satu hal menarik yang dimiliki dari sistem layanan Tunaiku ialah tidak adanya batasan gaji minimal yang ditetapkan ketika ingin mengajukan pinjaman.

4. Tunai Kita

Tunai Kita merupakan pinjaman tanpa agunan yang menawarkan 2 layanan pinjaman menarik yakni pinjaman sekali bayar dan sistem cicilan. Platform ini kerap disamakan atau dengan Tunaiku mengingat kemiripan namanya.

Produk layanan pertama yang ditawarkan yakni pinjaman sekali bayar dengan limit mulai dari Rp. 400.000 – Rp. 4.000.000.

Selanjutnya, untuk produk kedua yakni pinjaman cicilan dengan limit sebesar Rp. 4.000.000 – Rp. 20.000.000 dengan tenor pelunasan mulai dari 3 – 6 bulan.

Untuk mengajukan dua pinjaman tersebut, nasabah harus memenuhi beberapa syarat seperti berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, memiliki KTP yang digunakan sebagai syarat utama dan memiliki rekening bank dalam negeri atas nama pribadi.

Ketika semua syarat telah terpenuhi, maka proses pendaftaran dan verifikasi bisa segera diproses. Semua proses dilakukan secara online melalui aplikasi secara gratis atau tanpa dikenai biaya sepeserpun.

5. Ada Kami

Ada Kami merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa dijadikan solusi ketika membutuhkan pinjaman tanpa agunan dalam waktu cepat dan singkat. Platform ini menawarkan dua jenis produk pinjaman yakni pinjaman harian dan pinjaman cicilan.

Untuk pinjaman harian, plafon pinjaman yang tersedia maksimal mencapai Rp. 3.000.000 dengan tenor pelunasan mulai dari 14, 21 dan 28 hari.

Selanjutnya untuk pinjaman cicilan memiliki limit maksimal sebesar Rp. 10.000.000 dengan tenor pelunasan mulai dari 2, 3, 6 dan 12 bulan.

Syarat-syaratnya juga tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pinjaman online lainnya yakni WNI berusia 21-50 tahun, memiliki KTP dan rekening atas nama sendiri.

6. Kredit Pintar

Kredit Pintar

Kredit Pintar termasuk dalam jenis aplikasi pinjaman online terpercaya tanpa agunan yang menawarkan plafon pinjaman hingga Rp. 20.000.000. Pinjaman tersebut bisa diajukan dengan tenor mulai dari 91 – 360 hari.

Plafon pinjaman bisa terus ditingkatkan ketika nasabah memiliki track record atau riwayat pelunasan yang baik. Itu sebabnya, semakin cepat melakukan pelunasan maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa diperoleh.

Adapun sistem bunga yang ditetapkan yakni bunga tahunan sebesar 11% dari jumlah pinjaman pokok yang diajukan.

Sama halnya dengan pinjaman online tanpa agunan lainnya, cukup dengan KTP dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, maka pinjaman bisa segera diproses dan dicairkan.

Semua proses pengajuannya dilakukan secara online, sedangkan untuk proses pencairannya paling lambat yakni 1 x 24 jam dalam hari kerja.

7. KTA Kilat

Sesuai dengan namanya, KTA Kilat merupakan pinjaman online tanpa agunan yang menawarkan proses pencairan yang cepat. Sejauh ini, pencairan pinjaman bisa dilakukan mulai dari 2 – 48 jam setelah proses pengajuan dilakukan.

Syarat utama yang dibutuhkan hanya KTP dan kelengkapan formulir pendaftaran berupa data diri, pekerjaan dan rekening bank yang digunakan untuk pencairan limit.

KTA Kilat menawarkan plafon pinjaman maksimal sebesar Rp. 8.000.000 dengan tenor pelunasan mulai dari 91 – 180 hari. Adapun besaran APR yang ditetapkan untuk setiap tahunnya yakni sebesar 19% dari jumlah pinjaman pokok yang diajukan.

8. Pinjaman Go

Pinjaman Go adalah aplikasi pinjaman online yang menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp .1.200.000 – Rp. 6.000.000.

Tidak jauh berbeda dengan KTA Kilat, tenor waktu pelunasan yang ditetapkan juga tergolong cukup singkat yakni berkisar diantara 91 – 120 hari saja. Selain itu, nasabah akan dibebankan bunga tahunan sebesar 15% dari total pinjaman pokok yang diajukan.

Proses pendaftaran dan verifikasi data dilakukan secara online, selanjutnya mengenai proses pencairan dana biasanya akan diproses paling lambat 1 x 24 jam.

Itulah 8 rekomendasi aplikasi pinjaman online terpercaya tanpa agunan yang bisa dijadikan referensi sekaligus bahan pertimbangan.

Dari beberapa platform pinjaman diatas tentunya terdapat kriteria dan ketetapan yang berbeda sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan.

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya Untuk Mahasiswa

Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Selain aplikasi pinjaman tanpa agunan terpercaya yang telah disebutkan di atas, terdapat pula aplikasi pinjaman terpercaya yang cocok digunakan oleh mahasiswa. Simak Informasi di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya.

1. Cicil

Cicil merupakan aplikasi pinjaman online terpercaya yang memiliki target atau sasaran utama mahasiswa. Aplikasi ini telah terdaftar sebagai aplikasi pinjaman resmi di bawah naungan OJK.

Plafon pinjaman maksimal yang bisa diajukan melalui aplikasi ini sebesar Rp. 30.000.000 dengan tenor atau waktu pelunasan maksimal selama 3 tahun. Jumlah limit dan tenor pelunasan tersebut tergolong cukup kompetitif di kalangan mahasiswa.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa karena syarat pengajuannya tidak membutuhkan slip gaji layaknya kebanyakan pinjaman online pada umumnya.

Sistem pelunasan yang ditetapkan juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan sistem pembayaran di kampus ataupun sistem pembayaran dana pendidikan lainnya.

Salah satu hal menarik yang bisa diperoleh ketika menggunakan aplikasi Cicil ialah berkesempatan mengembangkan diri melalui pekerjaan sampingan yang ditawarkan dengan menjadi influencer, content creator ataupun sekedar mengisi survei.

Dengan pekerjaan tersebut, nasabah bisa mendapatkan intensif mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 100.000 untuk setiap proyek yang dikerjakan. Melalui pekerjaan tersebut nantinya juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mencicil atau melunasi pinjaman.

2. Danacita

Danacita

Aplikasi pinjaman online yang cocok digunakan oleh mahasiswa selanjutnya yakni Danacita. Aplikasi in hadir untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan atau membutuhkan dana darurat dalam bidang pendidikan.

Pinjaman yang diajukan nantinya bisa digunakan untuk membayar dana pendidikan seperti misalnya uang SPP sekolah, kuliah ataupun biaya kursus.

Setiap nasabah berkesempatan untuk mengajukan limit maksimal sebesar Rp. 200.000.000. Selanjutnya mengenai tenor pelunasan yang ditetapkan juga cukup bervariatif yakni mulai dari 6, 12, 18 sampai 24 bulan.

Meski tidak menetapkan bunga layaknya pinjaman online lainnya, namun platform ini menetapkan biaya persetujuan sebesar 3% dan biaya platform sebesar 0-1,75% dari total pinjaman pokok yang telah mendapatkan persetujuan.

Dengan limit kredit yang tergolong kompetitif, maka tidak heran jika Danacita kerap digunakan sebagai alternatif lain ketika membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan pendidikan.

3. Dana Didik

Dana Didik termasuk platform pinjaman yang dikelola oleh P2P Lending (Peer to Peer Lending) yang menawarkan pinjaman dana dalam bidang pendidikan.

Meski tidak terdaftar dalam OJK, namun keberadaannya telah terintegrasi secara langsung oleh Kominfo dan Ristekdikti. Itu sebabnya, calon nasabah tidak perlu khawatir akan kredibilitasnya.

Sejauh ini, Dana Didik telah tercatat berhasil menyalurkan sekitar Rp. 9 Miliar dana pendidikan untuk membantu mahasiswa di Indonesia.

Adapun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan Dana Didik ialah sebagai berikut:

l Tidak Adanya Penetapan Suku Bunga

Berbeda dengan kebanyakan pinjaman online pada umumnya, Dana Didik tidak menetapkan suku bunga sehingga penggunaannya sangat cocok bagi kalangan mahasiswa.

l Biaya Pelunasan Ringan

Berhubung tidak menetapkan suku bunga, maka Dana Didik menetapkan biaya pelunasan yang dibayarkan bersamaan dengan pinjaman pokok.

Adapun besaran biaya pelunasan yang ditetapkan untuk pinjaman di bawah Rp. 2.000.000 ialah sebesar 10%. selanjutnya, untuk pinjaman lebih dari Rp. 10.000.000, maka biaya pelunasan yang dibebankan mencapai 30%.

l Tenor Waktu Pelunasan yang Cukup Panjang

Dana Didik juga menawarkan tenor pelunasan yang fleksibel dan tergolong cukup panjang yakni mencapai 30 bulan pasca kelulusan.

4. Pintek

Pintek merupakan aplikasi pinjaman online terpercaya yang memiliki fokus untuk menyalurkan pinjaman dana pendidikan.

Nantinya, nasabah bisa menggunakan pinjaman ini  untuk memenuhi berbagai kebutuhan dana pendidikan seperti SPP, kuliah ataupun kursus.

Bahkan, seiring dengan perkembangannya, Pintek juga menyediakan pinjaman pengembangan modal kerja. Terdapat 2 layanan yang bisa digunakan ketika mengajukan pinjaman yakni:

A. Pintek Reguler

Layanan Pintek Reguler bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikan seperti SPP, uang pangkal ataupun uang semester.

Layanan ini sangat cocok digunakan bagi kalangan pelajar atau mahasiswa karena proses pengajuan yang mudah dan cepat disertai skema pinjaman yang fleksibel atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan akan dana pendidikan.

B. Pintek Pro

Layanan selanjutnya ialah Pintek Pro yang bisa digunakan untuk menyalurkan pinjaman dalam bidang penyaluran kerja, pengembangan karir ataupun keperawatan.

Untuk jenis layanan kedua ini cocok digunakan ketika nasabah telah lulus menempuh pendidikan atau sedang mengembangkan usaha.

Hal tersebut dikarenakan jenis layanan ini sangat memungkinkan jika pelunasannya dilakukan setelah memperoleh pekerjaan dan pendapatan tetap.

5. Koin Pintar

Koin Pintar

Koin Pintar termasuk pinjaman online tanpa KTP dan jaminan yang cocok digunakan oleh mahasiswa. Penyaluran pinjaman yang dilakukan tidak hanya seputar dana pendidikan, melainkan juga dana pengembangan usaha dan UMKM.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ini adalah WNI usia minimal 20 yang telah memiliki KTP, melampirkan Kartu Keluarga (KK) dan mutasi rekening atas nama pribadi selama 3 bulan terakhir.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka proses pengajuan dan pencairan dana akan diproses selambat-lambatnya dalam 3 hari kerja.

Untuk pinjaman dana pendidikan bisa digunakan untuk pembayaran SMA, kuliah S1, S2 ataupun S3. Selain itu, bisa juga digunakan dalam pembayaran pendidikan non formal seperti kursus ataupun pelatihan.

Adapun besaran pinjaman yang bisa diajukan yakni mulai dari Rp. 5.000.000 – Rp. 200.000.000. Mengenai besaran bunga yang ditetapkan yakni berkisar mulai dari 9 – 12,5% sesuai dengan besaran pinjaman pokok yang diajukan.

Selanjutnya, tenor cicilan yang ditetapkan yakni 6 bulan sampai 6 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi dari VisitPare.com tentang aplikasi pinjaman online terpercaya di Indonesia tanpa agunan sekaligus pinjaman yang cocok digunakan mahasiswa. Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi ketika suatu saat nanti membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *