13 Aplikasi Pinjaman Uang Aman dan Terpercaya, Apa Saja?

13 Aplikasi Pinjaman Uang Aman dan Terpercaya, Apa Saja?

Aplikasi Pinjaman Uang – kini menjadi alternatif bagi sebagian orang yang membutuhkan dana darurat. Platform pinjaman berbasis aplikasi ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan pinjaman konvensional.

Itu sebabnya, tidak heran jika aplikasi pinjaman uang kini banyak bermunculan dengan berbagai penawaran yang menarik. Selain itu, proses pendaftaran dan pencairannya juga cepat dan mudah.

Rekomendasi Aplikasi Pinjam Uang Aman dan Terpercaya

Aplikasi Pinjaman Uang
Aplikasi Pinjaman Uang

Dibawah ini ialah beberapa rekomendasi aplikasi pinjaman uang terpercaya yang bisa dicoba, syarat dan kriterianya cukup beragam sehingga nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan dana keperluan.

1. Cash Wagon

Cash Wagon merupakan salah satu pinjaman uang online tanpa agunan dan slip gaji. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan berkisar diantara Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000. Untuk pinjaman kedua dan seterusnya, limit bisa dinaikkan sampai Rp. 5.000.000.

Adapun syarat-syarat untuk mengajukannya yakni berusia minimal 22 tahun dan maksimal 60 tahun, memiliki penghasilan tetap dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Selanjutnya pemohon diminta mengisi formulir berisi data diri secara lengkap dan rekening bank.

Jumlah pinjaman yang telah disebutkan di atas bisa dicairkan dalam waktu kurang lebih 30 menit  dengan tenor pinjaman mulai dari 10, 20 sampai 30 hari.

Meski menawarkan proses yang mudah dan cepat, namun pinjaman ini memiliki waktu pelunasan yang tergolong cukup singkat. Selain itu, pinjaman hanya berlaku dan bisa diakses untuk masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek saja.

2. Tunai Kita

Tidak jauh berbeda dengan Cash Wagon, Tunai Kita juga termasuk aplikasi pinjaman uang tanpa agunan khusus untuk wilayah Jabodetabek. Calon nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari  Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000 .

Adapun tenor pelunasan minimal yang bisa dipilih yakni 10 hari dan maksimal 30 hari dengan bunga sebesar 0,95% dari jumlah pinjaman yang diajukan tiap satu harinya.

Calon nasabah paling sedikit berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat mengajukan pinjaman dengan syarat utama berupa KTP dan rekening bank lokal di wilayah Jabodetabek.

Selanjutnya mengenai dokumen yang dibutuhkan diantaranya yakni data diri lengkap, informasi pekerjaan, informasi akun Facebook dan informasi pekerjaan yang dijalani.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Aplikasi pinjam uang ini termasuk jenis aplikasi lokal dengan tenor yang singkat sehingga kurang cocok digunakan untuk pengajuan pinjaman dalam jumlah besar untuk kebutuhan  yang lama.

3. Uang Teman

Uang Teman

Uang Teman merupakan pinjaman uang yang bisa diakses oleh peminjam dari seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini menerapkan sistem pelunasan yang terdiri dari jumlah pinjaman pokok dan total biaya layanan yang dibebankan.

Adapun jenis pinjaman yang ditawarkan ialah:

A. Pinjaman Sekali Bayar

Sesuai dengan namanya, produk pinjaman ini menawarkan pinjaman yang nantinya harus dilunasi dalam sekali bayar. Pelunasan tersebut sudah termasuk total biaya layanan yang dibebankan.

Dalam layanan ini, pemohon bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 1.500.000 – Rp. 3.000.000 dengan tenor pinjaman berkisar diantara 60 – 70 hari. Selanjutnya mengenai besaran bunga yang diterapkan yakni 0,8% setiap harinya.

B. Pinjaman Cicilan

Produk pinjaman kedua yang ditawarkan ialah pinjaman cicilan dengan nominal pinjaman mulai dari Rp. 3.000.000 – Rp. 20.000.000. Tenor pelunasan untuk produk pinjaman ini tergolong cukup panjang yakni 3 dan 6 bulan.

Mengenai bunga yang ditetapkan yakni berkisar 15% – 18% per bulan atau setara 0,5% – 0,65% per harinya.

Untuk mengajukan kedua jenis pinjaman tersebut, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • WNI yang berdomisili di wilayah cakupan Uang Teman yakni Jabodetabek, Yogyakarta dan Surabaya
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat mengajukan pinjaman
  • Memiliki penghasilan tetap minimal Rp. 2.300.000 untuk wilayah Jabodetabek dan Rp. 2.000.000 untuk wilayah Yogyakarta dan Surabaya
  • Menggunakan rekening sesuai dengan nama peminjam
  • Melengkapi formulir pendaftaran yang terdiri dari data diri secara lengkap dan informasi bank

4. Dana Bijak

Dana Bijak merupakan salah satu aplikasi pinjaman uang yang menawarkan layanan kredit tanpa agunan (KTA) jumlah kecil dalam tenor waktu pelunasan yang tergolong singkat.

Nasabah diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri nominal dana dan tenor pelunasannya.

Adapun minimal pinjaman yang bisa diajukan yakni Rp. 500.000 dan maksimal adalah Rp. 3.000.000 dengan tenor pelunasan paling lama 30 hari. Pinjaman ini dapat diajukan kapan dan dimana saja selama 24 jam dengan proses yang mudah dan cepat.

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan melalui aplikasi ataupun situs website resmi dana bijak dengan beberapa syarat-syarat seperti:

  • WNI berusia 21 sampai 55 tahun
  • Berdomisili di wilayah Jabodetabek
  • Memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon yang aktif
  • Memiliki pendapatan tetap minimal Rp. 2.500.000 tiap bulan
  • Memiliki rekening tabungan atas nama pribadi untuk keperluan transfer

Setelah beberapa syarat terpenuhi, maka dibutuhkan beberapa dokumen sebagai syarat verifikasi seperti scan KTP, scan rekening 3 bulan terakhir dan foto diri. Setelah proses verifikasi disetujui, maka pinjaman bisa segera cair dalam waktu dekat.

Dana Bijak menawarkan 4 sistem poin yakni Silver, Gold, Platinum dan Diamond yang bisa dikumpulkan oleh seluruh nasabah.

Semakin banyak poin yang terkumpul, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan bunga rendah hingga 0,4% ataupun limit pinjaman sampai Rp. 10.000.000 dengan tenor pelunasan maksimal sampai dengan 3 bulan.

5. Pinjam Gampang

Pinjam Gampang

Pinjam Gampang ialah aplikasi pinjaman online yang bisa diakses 24 jam dengan prose pengajuan dan pencairan yang mudah dan cepat. Pemohon cukup menyiapkan KTP dan kartu rekening sebelum mengajukan pinjaman.

Adapun persyaratan yang ditetapkan yakni:

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki pendapatan tetap
  • Berdomisili di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung dan Surabaya.

Melalui aplikasi Pinjam Gampang, pemohon bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 650.000 – Rp. 5.000.000 dengan tenor yang cukup singkat yakni berkisar mulai dari 7 – 14 hari.

Dengan begitu, pemohon bisa mempertimbangkan terlebih dahulu hal ini sebelum mengajukan pinjaman.

6. Win Win

Win Win merupakan aplikasi pinjaman uang yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan akan dana darurat. Cukup dengan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi beberapa dokumen seperti KTP, slip gaji dan buku tabungan bagian depan.

Setelah semua berkas terkumpul, maka staff Win Win akan melakukan verifikasi dan pengiriman dana akan dilakukan maksimal 1 hari kerja. bahkan, proses bisa lebih cepat yakni maksimal 4 jam bagi peminjam yang sebelumnya pernah menggunakan Win Win.

Limit kredit yang ditawarkan mulai dari Rp. 1.500.000 – Rp. 2.000.000 dengan jangka waktu pelunasan 10 – 30 hari. Bunga dihitung sebesar 0,99% dengan perhitungan pokok pinjaman ditambah (1+0,99%) hari.

Tanggal jatuh tempo pelunasan pinjaman ini biasanya disesuaikan berdasarkan tanggal persetujuan dan pencairan kredit.

Sejauh ini, layanan pinjaman Win Win masih terbatas beberapa kota saja seperti Jabodetabek, Bandung, Karawang, Semarang, Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Pasuruan.

7. Kredit Pintar

Aplikasi pinjaman online tanpa KTP atau slip gaji selanjutnya yakni Kredit Pintar. Melalui aplikasi ini, calon nasabah cukup menyiapkan KTP dan mengisi formulir pengajuan pinjaman yang berisi informasi data diri dan rekening bank yang digunakan.

Adapun syarat pengajuannya yakni berdomisili di Indonesia, berusia minimal 18 tahun jika belum menikah, 22 tahun jika sudah menikah dan maksimal 60 tahun serta menggunakan rekening bank atas nama peminjam.

Jumlah pinjaman yang diajukan tergolong fleksibel karena tidak ada batasan minimal sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, tenor waktu pelunasan juga cukup bervariatif, mulai dari 14, 30 sampai dengan 3 bulan.

Hampir sama dengan kebanyakan platform pinjaman uang lainnya, Kredit Pintar juga menerapkan bunga yang cukup tinggi dan biaya admin yang yang harus dibayarkan di awal sehingga mengurangi nominal pinjaman pokok yang akan dicairkan.

Kredit Pintar juga sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai platform pinjaman dana resmi. Selain itu, proses pendaftaran dan berbagai aktivitas dalam aplikasi ini tidak dipungut biaya sepeserpun sehingga tidak perlu khawatir akan penipuan.

Berbeda dengan aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, Kredit Pintar ini bisa digunakan oleh peminjam dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

8. Dan Rupiah

Dan Rupiah

Dana Rupiah adalah aplikasi pinjaman uang yang memungkinkan peminjam memperoleh dana secara cepat dan mudah. Tanpa harus mengantri atau melewati proses yang rumit, aplikasi ini bisa memproses pinjaman dalam hitungan menit.

Syarat pengajuan pinjaman ini cukup mudah yakni WNI minimal berusia 18 tahun, memiliki KTP dan rekening bank dengan nama peminjam.

Keunggulan yang dapat diperoleh ketika menggunakan aplikasi ini ialah memperoleh pinjaman tanpa jaminan, limit pinjaman fleksibel dengan jumlah maksimal Rp 25 juta, proses pinjaman cepat, cara pembayaran mudah dan privasi yang terjamin.

Peminjam bisa mengajukan limit mulai dari Rp. 400.000 dengan tenor pinjaman yang cukup panjang yakni lebih dari 91 hari. Dengan begitu, aplikasi Dana Rupiah ini cocok digunakan untuk pengajuan pinjaman jangka panjang.

Selanjutnya mengenai biaya APR yang ditetapkan per tahun yakni sebesar 10,5%. jumlah tersebut dibayarkan bersamaan dengan pelunasan pinjaman pokok.

9. Tunaiku

Tunaiku termasuk jenis pinjaman tanpa agunan yang dikelola oleh pihak perbankan. Produk pinjaman ini mulai dikembangkan oleh PT. Bank Amar Indonesia Tbk sejak tahun 2014 lalu.

Pinjaman ini kerap kali dianggap sebagai pinjaman ilegal karena keberadannya tidak termasuk dalam jenis pinjaman P2P Lending, melainkan tergabung dalam salah satu produk perbankan di Indonesia.

Mengingat jenisnya ialah pinjaman tanpa jaminan, maka syarat utama yang harus dipenuhi oleh nasabah hanya KTP saja.

Selain itu, beberapa syarat lain yang harus diperhatikan yakni kepemilikan rekening atas nama pribadi dan kelengkapan formulir saat pendaftaran.

Pinjaman ini dapat diakses oleh seluruh warga negara Indonesia dan tidak ada cakupan wilayah atau domisili di dalamnya. Adapun minimal usia pengajuan yakni 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat mengajukan pinjaman.

Besaran pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp. 2.000.000 dengan tenor waktu pelunasan selama 6 bulan dan maksimal Rp. 20.000.000 dengan tenor waktu pelunasan selama 20 bulan.

Sebelum mengajukan pinjaman tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti diantaranya yakni:

  • Adanya penetapan biaya admin sebesar Rp. 540.000
  • Suku bunga yang ditetapkan sebesar 2% untuk setiap bulannya
  • Gratis biaya pelunasan apabila melakukan pelunasan lebih awal
  • Biaya keterlambatan yang ditetapkan sebesar Rp. 150.000 tiap bulannya

10. Kredivo

Kredivo

Kredivo merupakan salah satu pinjaman online yang kini banyak dikenal oleh masyarakat luas, hal ini dikarenakan sistem promosinya yang dilakukan sangat masif melalui berbagai platform media sosial di Indonesia.

Adapun produk pinjaman uang yang ditawarkan yakni pinjaman dana secara tunai dan kredit cicilan belanja tanpa kartu kredit. Produk pinjaman yang ditawarkan memiliki tenor cicilan selama 3, 6 sampai 12 bulan dengan suku bunga 2,6% per bulan dan 53,36% per tahunnya.

Selanjutnya mengenai limit pinjaman maksimal yang bisa diajukan oleh nasabah ialah Rp. 30.000.000. syarat pengajuannya juga mudah yakni cukup dengan KTP saja, tanpa memerlukan slip gaji.

11. Akulaku

Akulaku merupakan platform pinjaman online yang bisa diakses dengan mudah dan cepat. Nasabah bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp. 15.000.000 dengan tenor cicilan mulai dari 3,6 sampai 12 bulan.

Untuk setiap bulannya, aplikasi pinjaman ini akan mematok biaya admin sebesar 1% dan bunga sebesar 1,5% dari total pinjaman yang diajukan.

Adapun beberapa keuntungan yang dapat diperoleh ketika mengajukan pinjaman dengan akulaku ialah sebagai berikut:

  • Persyaratan yang mudah yakni cukup dengan KTP dan tidak adanya jaminan di dalamnya
  • Limit pinjaman yang ditawarkan cukup besar yakni mencapai Rp. 15.000.000 dengan tenor pelunasan maksimal yang cukup panjang yakni 15 bulan
  • Proses pencairan yang cepat yakni hanya dalam hitungan menit saja
  • Aman dan terpercaya karena aplikasi ini telah terdaftar secara resmi dalam OJK

12. Julo

Aplikasi pinjaman online yang dikelola oleh PT. Julo Teknologi Finansial sejak tahun 2016 lalu. Melalui Julo, nasabah dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 15.000.000 dengan minimum tenor selama 61 hari dan maksimal 270 hari.

Selanjutnya mengenai besaran bunga yang ditetapkan yakni berkisar antara 4-9% untuk setiap bulannya. Besaran bunga tersebut setara dengan 0,1% jika dihitung dalam satuan hari.

Adapun salah satu keuntungan yang akan diperoleh dari pinjaman ini ialah adanya sistem cashback yang diberikan kepada nasabah yang membayar cicilan awal untuk setiap tahunnya.

Hal ini menjadi salah satu hal menarik yang membedakan dengan platform kredit lainnya. Namun, penetapan bunga yang cukup tinggi dibandingkan bunga bank kerap kali memberatkan nasabah ketika ingin melunasinya.

13. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat termasuk platform pinjaman online tanpa jaminan dan syarat dengan nominal maksimal mencapai Rp. 5.000.000 dan tenor maksimal selama 1 tahun. Semua proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online melalui aplikasi.

Dokumen yang dibutuhkan berupa KTP dan formulir pendaftaran yang harus lengkap seperti informasi data diri, rekening ataupun pekerjaan yang dimiliki. Proses pendaftaran dan verifikasi biasanya hanya memakan waktu 15 menit saja.

Setiap nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 10.000.000 dengan tenor waktu pelunasan mulai dari 91 – 365 hari. Mengenai besaran bunga yang ditetapkan yakni berkisar 24% untuk setiap tahunnya.

Jenis pinjaman ini dikemas dalam sistem aplikasi yang canggih dan mudah untuk digunakan sehingga jangkauannya cukup luas.

Demikianlah refrensi dari VisitPare.com tentang 13 aplikasi pinjaman uang terbaik dan terpercaya yang bisa digunakan ketika membutuhkan dana darurat dalam waktu yang singkat. Dari beberapa platform di atas, nantinya bisa dipilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.