10 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Melalui Smartphone

10 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Melalui Smartphone

Di masa persaingan seperti saat ini, mempelajari bahasa asing menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Mampu menguasai bahasa asing, khususnya bahasa populer seperti Inggris, Mandarin, Perancis dan lainnya juga akan membuat kesempatan terbuka lebar. Kini, mempelajari bahasa dapat dilakukan melalui aplikasi sehingga lebih mudah.

10 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Gratis Buat Digunakan

Berikut daftar aplikasi untuk belajar bahasa yang dapat dicoba.

1. Duolingo

Aplikasi untuk belajar bahasa satu ini memang sudah banyak diketahui serta sering digunakan oleh berbagai orang dari mana saja . Duolingo menyediakan pelajaran berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa Navajo. Pengguna pun dapat mengaksesnya secara gratis melalui smartphone.

Saat pertama kali membuka aplikasi ini, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu untuk menyimpan progress belajar supaya tidak hilang nantinya. Kemudian, pengguna akan dihadapkan pada level belajar mana yang sudah dikuasai.

Nantinya, pelajaran bahasa di Duolingo berupa menghafal kosa kata, mendengarkan suara, berbicara dengan tepat, mengartikan dan juga menulis. Lalu, akan ada hadiah tertentu setiap pengguna berhasil menyelesaikan pelajaran. Lama-kelamaan, level kesulitan pun semakin naik dan kemampuan bahasa Inggris juga semakin meningkat.

2. LingoDeer

Berikutnya adalah aplikasi LingoDeer. Diketahui, aplikasi ini juga mirip dengan sebelumnya yaitu dapat digunakan melalui smartphone dengan mudah. Di sini, pengguna dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan cara belajar intensif setiap hari dengan cara yang sederhana.

Pengguna dapat belajar mengenai tata bahasa, cara pengucapan, menulis aksara, membuat kalimat, berlatih bicara dan sebagainya. Terdapat pula latihan yang diperuntukkan bagi pengguna guna mengetahui tingkat pemahamannya setelah belajar.

Adapun bahasa-bahasa yang bisa dipelajari dari aplikasi ini yaitu bahasa Inggris, Jepang, Korea, dan juga Mandarin. Pengguna dapat belajar dengan cara yang menyenangkan seperti sedang bermain game. Kemudian, dengan belajar bahasa melalui aplikasi ini sekitar 10 menit per hari maka kemampuan pun semakin terasah dengan sendirinya.

3. Memrise

Kemudian, aplikasi untuk belajar bahasa yang tak kalah bagus yaitu Memrise. Aplikasi ini menyediakan berbagai bahasa asing yang dapat dipelajari. Contohnya adalah bahasa Inggris, Belanda, Turki, Rusia Korea dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena berbentuk aplikasi dan bisa digunakan di smartphone maka belajar bahasa melalui Memrise pun dapat dilakukan dimana saja.

Lalu, cara belajar melalui aplikasi ini juga cukup menyenangkan sehingga pengguna tidak sadar bahwa dirinya sedang belajar. Contohnya yaitu adanya game yang bisa dimainkan, kemudian ada potongan video, mengunduh kursus dan lainnya.

Pengguna juga dapat merekam suara sendiri untuk memperbaiki ucapan secara terus menerus. Lalu, pengguna juga dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata dengan cara yang tidak membosankan.

4. Speekoo

Speeko adalah aplikasi yang bagi pengguna yang ingin mempelajari berbagai bahasa seperti Perancis, Mandarin, Jepang  dan sebagainya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa kita pakai dengan gratis.

Terdapat lebih dari 20 level yang bisa kita pelajari secara bertahap. Dalam setiap levelnya ada 12  pelajaran yang harus terselesaikan untuk naik level. Tampilannya pun simpel dan mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun.

5. Busuu

Lebih lanjut, aplikasi untuk belajar bahasa lainnya ialah Busuu. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memilih untuk mempelajari berbagai bahasa seperti Inggris, Portugis, Italia, Arab dan sebagainya. Kemudian, pengguna juga dapat memilih kursus mana yang sesuai dengan level pelajarannya saat ini.

Aplikasi ini dapat memiliki konten yang dapat kita akses secara gratis dan ada pula yang berbayar. Fitur yang ada di aplikasi ini yaitu percakapan, rencana belajar, pelatihan kosakata tinjauan tata bahasa dan lainnya. Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan sertifikat resmi dari Busuu apabila telah menyelesaikan pembelajarannya.

6. Rosetta Stone

Selanjutnya adalah aplikasi bernama Rosetta Stone. Di aplikasi ini tersedia berbagai pilihan pelatihan bahasa asing seperti  Jerman, Spanyol, Korea, Inggris dan masih banyak lagi. Pengguna juga dapat belajar secara online maupun offline. Rosetta Stone juga mempunyai berbagai fitur salah satunya adalah berbicara dengan aksen yang benar.

Kemudian, fitur lainnya yang ada antara lain menyesuaikan jadwal belajar, adanya terjemahan dari kata yang kita pelajari, melatih pendengaran bahasa dan lainnya. Jika pengguna fokus untuk berlatih kemampuan berbicara dalam bahasa asing maka dapat memilih aplikasi ini. Untuk menggunakannya, pengguna dapat berlangganan dengan beberapa pilihan waktu.

7. Mondly

Ada lagi aplikasi belajar bahasa yang dapat kita gunakan sebagai pemula, yaitu Mondly. Terdapat lebih dari tiga puluh bahasa yang dapat kita pelajari di sini. Kemudian, pengguna juga dapat berlatih percakapan dengan mudah. Selain itu, terdapat pula sekitar lima ribu kata serta ungkapan yang dapat kita pelajari.

Keunggulan  berikutnya dari aplikasi ini adalah memiliki audio yang jernih serta professional. Dengan begitu, suara yang dapat terdengar oleh pengguna di sini pun menjadi lebih jelas. Pengguna pun dapat mempelajari perihal konjugasi kata kerja.

Pembelajaran yang ada di aplikasi Mondly adalah per paket. Dengan begitu, pengguna dapat memilih paket mana yang sesuai dengan levelnya.

8. Drops

Aplikasi untuk belajar bahasa berikutnya yaitu Drops. Pengguna dapat memilih untuk mempelajari berbagai bahasa seperti Korea, Mandarin, Thailand dan lain-lain. Di sini, pengguna dapat belajar tanpa bosan karena metode pembelajarannya yaitu menggunakan visual. Pengguna pun dapat belajar dari awal hingga kemampuannya meningkat.

Terdapat berbagai game mikro yang dapat kita mainkan dengan mudah di sini. Dengan begitu, pengguna pun dapat berlatih kosa kata, membaca dan menulis dengan mudah. Selain itu, terdapat pula paket lengkap yang tersedia dengan gratis kepada penggunanya.

9. Learn 50 Languages

Kemudian, aplikasi lain yang bisa kita manfaatkan untuk mempelajari bahasa baru yaitu Learn 50 Languages. Di sini, pengguna dapat memilih berbagai bahasa dan mempelajarinya secara otodidak melalui smartphone. Terdapat sekitar seratus pelajaran yang tersedia bagi pengguna dan dapat kita pelajari secara bertahap.

Kemudian, ada pula kalimat pendek serta kosa kata dasar yang dapat bisa kita pelajari dalam waktu yang singkat. Di sini juga terdapat beberapa simulasi percakapan misalnya saat berada di restoran, rumah sakit dan lainnya. Pengguna pun dapat mempelajarinya dengan seksama sesuai kondisi dan lokasi tersebut.

10. Beelinguapp

Kemudian, ada Beelinguapp yang menyediakan berbagai cerita dari banyak bahasa untuk pengguna. Jadi, di aplikasi ini pengguna dapat belajar membaca cerita serta mendengarkannya dari dua bahasa yang saling berdampingan. Bahasanya juga dapat kita pilih sendiri.

Pengguna juga dapat mendalami dan mengganti bahasa yang ada sesuai dengan keinginan. Dengan rajin membaca serta mendengarkan melalui aplikasi ini maka kemampuan berbahasa asing pun semakin meningkat dengan cepat. Hal ini karena cara belajarnya tidak membosankan dan juga sederhana.

Kalau kamu ingin belajar bahasa inggris, kunjungi saja visitpare ya.

Demikianlah beberapa aplikasi untuk belajar bahasa yang dapat kita coba. Aplikasi tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Selain itu, ada aplikasi yang bisa kita pakai  tanpa harus membayar serta ada pula yang harus berlangganan. Dengan rajin belajar menggunakan aplikasi kurang lebih sekitar sepuluh menit per hari secara teratur  maka kemampuan bahasa asing pengguna pun akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.