Antisipasi Pandemi Corona di Kampung Inggris Pare, Penerimaan Peserta Kursus Dipending

Antisipasi pandemi Corona di Kampung Inggris Pare perlu dilakukan. Sebagaimana yang kita tahu, virus ini memberikan dampak yang besar di dunia. Berbagai kegiatan pun ikut terpengaruh karenanya, termasuk kegiatan kursus. Sebagai bentuk antisipasi Corona, beberapa jadwal penerimaan peserta kursus baru di Kampung Inggris Pare terpaksa harus ditunda.

Tentu kita tahu bahwa pemerintah telah memutuskan untuk menghentikan proses belajar mengajar di sekolah, begitu pula dengan tempat kursus atau les. Oleh sebab itu, dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Kampung Inggris Pare menghentikan sementara penerimaan peserta kursus. Terutama untuk periode Maret 2020 hingga periode siaga yang ditentukan pemerintah berarkhir.

Corona di Kampung Inggris Pare, Penerimaan Peserta Kursus Dipending
tirto.id

Ketentuan Kursus Terkait Corona di Kampung Inggris Pare

Berdasarkan imbauan pemerintah terhadap sekolah dan lembaga pendidikan non-formal seperti tempat kursus atau les, maka kegiatan belajar mengajar ditunda.

Bila memungkinkan, melakukan kegiatan tersebut dari jarak jauh atau belajar sendiri di rumah dengan membaca materi-materi bahasa inggris secara online. Tujuannya adalah menghindarkan dari kegiatan berkumpul di keramaian untuk mengantisipasi penularan virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Kampung Inggris Pare memberitahukan bahwa sementara untuk penerimaan peserta khusus dihentikan hingga akhir Maret atau sampai batas waktu dari pemerintah.

Ini menjadi salah satu langkah pencegahan yang dilakukan dalam antisipasi pandemi Corona di Kampung Inggris Pare. Bagi anda peserta kursus yang sudah ada di Pare, dapat menyelesaikan kursus seperti biasanya. Sementara bagi peserta yang belum ke Pare atau belum mendaftar, maka dipending dulu. Sampai ada pengumuman kapan diperbolehkan datang ke Pare secara resmi oleh pejabat daerah setempat.

corona di kampung inggris pare

Berdasarkan surat edaran dari pemerintah desa Tulungrejo – Pare setempat, bahwa semua lembaga kursus diharapkan tidak menerima peserta kursus dulu khususnya Periode kursus periode 25 Maret 2020 ini. Bagi yang sudah terlanjur memesan tiket kereta api atau pesawat, silahkan di-reschedule ke waktu ke depan, saran kami yaitu setelah lebaran (periode Juni-Juli). Bagi Anda yang sudah melakukan pendaftaran untuk Periode Maret April ini bila ingin merubah jadwal kursusnya bisa menhubungi admin kami.

 

Mengenal Apa itu Virus Corona

Virus Corona merupakan salah satu jenis baru yang berasal dari Coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapapun, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil, bahkan ibu menyusui.

Pertama kalinya infeksi virus Covid-19 ini ditemukan di Kota Wuhan, China akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menular dengan cepat dan sudah menyebar ke wilayah lain di China dan beberapa negara, termasuk di negara Indonesia.

Penyakit yang disebabkan Covid-19 ini bisa mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai mengakibatkan kematian.

Mulanya akan menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Tetapi virus ini juga bisa mengakibatkan infeksi pernapasan berat seperti pneumonia atau infeksi paru-paru, MERS hingga SARS.

Mengenal Corona bisa menambah pengetahuan anda akan bahaya dari virus yang sampai saat ini belum ada obatnya ini. Virus ini memiliki beberapa gejala yang bisa anda ketahui.

Gejala Covid-19

Infeksi dari virus Corona dapat mengakibatkan orang yang menderitanya mengalami gejala flu. Seperti pilek, demam, batuk, sakit kepala dan sakit tenggorokan.

Ada pula gejala berupa infeksi pernapasan berat seperti batuk berdahak dan berdarah, demam tinggi, sesak nafas dan nyeri pada bagian dada.

Meski demikian, ada tiga gejala umum yang dapat menjadi tanda-tanda bahwa seseorang terinfeksi virus Corona. Pertama, demam dengan kondisi tubuh suhu diatas 38 derajat celcius. Lalu sesak nafas dan mengalami batuk.

Menurut berbagai penelitian, gejala yang ditimbulkan oleh Covid-19 akan muncul 2 hari hingga dua minggu sesudah terpapar oleh virus Corona.

Penyebab dan Cara Penularannya

Seperti yang sudah disimpan di awal, infeksi virus Corona disebabkan oleh Coronavirus. Ini adalah kelompok virus yang menginfeksi bagian sistem pernafasan. Ada dugaan virus Corona mulanya ditularkan dari hewan ke manusia.

Tetapi diketahui bahwa virus Corona juga bisa menular dari manusia ke manusia. Ada beberapa cara seseorang bisa tertular Covid-19 diantaranya adalah:

  • Memegang mulut atau hidung tanpa cuci tangan terlebih dahulu sesudah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur dari penderita Covid-19.
  • Bersin dan batuk atau cipratan ludah dari penderita yang terinfeksi Covid-19 tak sengaja terhirup.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19 seperti berjabat tangan dan bersentuhan.

Virus Corona ini bisa menginfeksi siapapun. Namun efeknya akan berbahaya atau fatal jika terjadi pada ibu hamil, orang lanjut usia, orang yang sedang sakit dan orang dengan daya tubuh lemah.

Oleh sebab itu, untuk mencegah penyebaran Corona di Kampung Inggris Pare, maka sementara waktu kursus dan penerimaan peserta dipending.

Kapan Perlu ke Dokter

Jika anda mengalami gejala infeksi virus Corona seperti yang sudah disebutkan, khususnya bila muncul dua minggu sesudah pulang dari daerah dengan kasus Covid-19 atau kontak fisik dengan penderita, maka inilah saatnya anda harus menghubungi dokter.

Jika kemungkinan anda terpapar virus Corona tapi tidak mengalami gejala apapun, anda tidak perlu pergi ke rumah sakit. Tinggal di rumah selama 14 hari dan batasi kontak dengan orang lain.

Agar bisa menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, maka dokter menanyakan gejala yang dialami. Selain itu, dokter juga akan bertanya apakah pasien pergi ke daerah yang punya kasus infeksi virus Corona sebelum muncul gejala tersebut.

Untuk memastikan diagnosis, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berupa uji sampel darah. Usap tenggorokan agar bisa meneliti sampel dahak dan rontgen dada untuk mendeteksi cairan yang ada di paru-paru.

Pengobatan Virus Corona

Untuk mencegah penyebaran virus diantaranya adalah memberikan obat pereda nyeri dan demam yang aman dari penderita. Penderita menjalani perawatan di rumah sakit yang telah ditunjuk.

Menganjurkan penderita banyak minum air putih agar bisa menjaga kadar cairan tubuh dan beristirahat yang cukup.

Pencegahan Virus Corona

Karena sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi Covid-19, maka cara terbaik untuk melakukan pencegahan yaitu dengan menghindari faktor yang dapat menyebabkan anda terinfeksi oleh virus ini.

Gunakan masker ketika beraktivitas di keramaian atau di tempat umum. Hindari bepergian ke tempat umum yang ramai pengunjung. Rutin cuci tangan menggunakan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 60% sesudah beraktivitas di luar rumah.

Jangan menyentuh mulut, mata dan hidung sebelum cuci tangan. Hindari kontak dengan hewan, khususnya hewan liar. Masak daging hingga matang sebelum dikonsumsi.

Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu ketika batuk atau bersin. Lalu buang tisu ke tempat sampah. Hindari dekat dengan orang yang batuk demam atau pilek. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh serta kebersihan lingkungan di sekitar anda.

Dengan ditundanya penerimaan peserta kursus 25 Maret ini, maka kami ikut berupaya mencegah perluasan pandemi Corona di Kampung Inggris Pare. Mari kita bersama-sama untuk mencegah penyebaran Corona dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan. Semoga upaya yang kita lakukan semua membuahkan hasil. Amiin.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.