Presentasi Video: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Presentasi Video: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Ada berbagai jenis presentasi video yang mungkin belum diketahui banyak orang. secara umum, tentu saja ini berupa cara untuk mengkomunikasikan sebuah gagasan kepada pihak lain. Atau juga memperkenalkan suatu produk melalui bantuan rekaman gambar dan suara.

Dalam pembuatan sebuah video tersebut, juga tak luput dari berbagai proses editing. Mulai dari pengambilan gambar, atau juga proses penyuntingan lain. Sehingga, nantinya informasi akan lebih padat namun tepat sasaran.

Mengenal Presentasi Video

Pembahasan pertama, tentu saja berkaitan dengan pengenalan apa itu presentasi video. Melihat dari namanya saja, berarti dalam melakukan presentasi digunakan video sebagai komunikasi penyampaian ide. Sehingga mudah untuk diterima oleh orang lain.

Lalu hal yang ingin disampaikan dalam bentuk video ini, bisa berisi apa saja. Misalnya saja adanya gambar, terdapatnya rekaman suara atau juga lainnya. Semua hal tersebut, bisa diedit untuk dibuat semenarik mungkin demi informasi yang di dalamnya tidak salah diartikan.

8 Jenis Presentasi Video

Berikutnya akan dipaparkan secara singkat berkaitan dengan sejumlah jenis presentasi video yang ada. Tentunya dengan hal ini, masing-masing dari pengguna akan mengetahui berbagai jenis dari presentasi yang ditampilkan. Terkhususnya, dalam bentuk penyampaian berupa sejumlah video menarik dan kreatif.

Kemudian terdapat berbagai macam jenisnya. Semuanya, juga dibagi berdasarkan masing-masing tujuan penggunaan atau keperluan. Maka dari itu cukup simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

1. Presentasi Video Informasi

Jenis presentasi video pertama adalah untuk video informasi. Dimana, hal tersebut memiliki tujuan untuk menyampaikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh sejumlah audiens. Tentunya, bagi siapa saja yang lebih peka dengan berbagai informasi yang ada.

Maka dari itu, pada jenis presentasi ini murni berisi berbagai informasi. Misalnya saja laporan terkait dengan cuaca atau kondisi alam sekaligus juga bagaimana kondisi sosial dalam di masyarakat. Contoh nyatanya saja, untuk jenis video informasi ini berupa film dokumenter. 

2. Presentasi Video Edukasi

Jenis presentasi video kedua yaitu berupa edukasi sesuai dengan namanya. Berarti tujuan daripada pembuatan dari sebuah video untuk dipresentasikan ini adalah memberikan pengajaran atau edukasi. Selain itu, juga biasa dimanfaatkan dalam hal pembelajaran di semua jenjang pendidikan.

Tujuan yang ingin didapatkan dengan hal tersebut adalah demi membangun suasana yang lebih baik saat pembelajaran. Sekaligus, juga bisa digunakan ketika menggunakan berbagai macam pembelajaran. Misalnya, tatap muka dan daring jadi tidak terbatas hanya pada pembelajaran di dalam kelas saja.

3. Presentasi Video Berita

Berikutnya juga ada jenis presentasi video berupa berita. Dimana, hal tersebut berarti menjelaskan atau menggambarkan berkaitan dengan sebuah berita peristiwa atau kejadian yang terjadi. Sekaligus, juga televisi menjadi media yang cukup sering untuk menampilkan berbagai macam berita tersebut.

Sementara banyak juga yang mengira jika bentuk presentasi video berita ini hampir sama dengan informasi. Walau penyampaian yang di berikan hampir sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah berdasarkan keadaannya. Dimana, berita lebih bersifat aktual bukan hanya berupa pengetahuan seperti halnya informasi.

4. Presentasi Video Penjualan

Kemudian juga ada jenis presentasi video berupa penjualan. Tentunya umum di gunakan untuk kalangan bisnis dengan tujuan memperoleh berbagai keuntungan dalam jumlah maksimal. Sehingga, penggunaan media di khususkan untuk presentasi ini untuk mengenalkan produk.

Lalu berbagai presentasi tersebut juga lebih terstruktur dengan adanya elemen yang menarik demi minat konsumen. Tujuannya, agar setiap audience merasa tertarik untuk mengenal lebih dalam berkaitan dengan produk yang di promosikan. Sekaligus juga meningkatkan jual beli dari suatu barang.

5. Presentasi Video Promosi

Jangan lupakan jenis presentasi video promosi yang juga hampir mirip berkait dengan video penjualan. Hanya saja, dari segi karakteristik dan tujuannya tidak seluruhnya sama. Di karenakan, untuk video promosi ini tidak seperti penjualan untuk menaikkan penjualan.

Karena, secara umum bentuk dari video promosi tersebut bermanfaat dalam hal memaparkan program. Lalu juga menjelaskan bagaimana gerakan sosial yang terjadi di masyarakat. Atau juga untuk memperkenalkan suatu konsep berupa produk baru yang ada.

6. Presentasi Video Pitching

Jenis presentasi untuk video selanjutnya, berupa video pitching. Umumnya juga di kenal dengan istilah lain berupa video persuasi yaitu sebagai kumpulan video dengan tujuan untuk mengajak atau menarik investor. Dengan kata lain ini, juga umum di gunakan untuk bisnis.

Keuntungan utama yang di dapatkan dengan video presentasi ini, tentu saja memaparkan berbagai kelebihan. Hal tersebut, nantinya sejumlah informasi yang di berikan ini bisa di teliti lebih lanjut dan membuat investor ingin untuk berinvestasi. Sehingga, perkembangan bisnis akan terlihat lebih maju ke arah positif.

7. Presentasi Video Dokumenter

Kemudian juga ada jenisnya berupa presentasi dengan bentuk video dokumenter. Tentunya sesuai dengan namanya, berarti kejadian yang terjadi secara nyata dalam kehidupan seseorang. Ciri utama dalam pembentukan video dokumenter ini sendiri, berupa sajian berbagai fakta yang ada.

Sekaligus juga, berkaitan dengan berbagai peristiwa, tokoh lokasi dan juga orang yang terlibat. Maka dari itu, setiap video dokumenter haruslah asli atau tanpa karangan dan bumbu-bumbu yang tidak di perlukan. Karena, hal tersebut harus merekam bagaimana kejadian sebenarnya.

8. Presentasi Video Cerita

Jenis terakhir berupa video cerita. Dimana dari segi tujuan, adalah untuk menjelaskan atau memberitahukan berkaitan dengan sebuah cerita yang ada. Kemudian untuk hal ini mungkin banyak di temukan dalam kehidupan misalnya saja musik video.

Dengan penjelasan ini dapat di tarik kesimpulan jika jenis presentasi cerita ini sendiri berupa alur atau kisah sebuah cerita. Sementara jenis cerita yang di sampaikan ini, tidak ada keterikatan. Misalnya saja di perbolehkan bentuk cerita karangan atau juga memang yang terjadi.

Fungsi dari Presentasi Video

Setelah memahami berbagai jenis daripada presentasi video yang ada, tentu juga harus paham apa tujuannya. Di sini, berarti berbicara fungsi atau kegunaan daripada pembuatan dari berbagai jenis video tersebut. Tentu saja hal ini di sesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara dari segi fungsi, sebenarnya tidak berbeda jauh. Karena secara umum semuanya memiliki kegunaan yang sama dalam hal penyampaian berupa fakta informasi dan lainnya. Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

  • Menyampaikan Informasi. Fungsi pertama dari hal tersebut tentunya adalah dalam penyampaian informasi. Karena bisa saja informasi yang terkandung di dalam sebuah video ini bersifat rahasia atau juga penting. Sehingga di butuhkan alat berupa video dalam menyampaikannya.
  • Mempengaruhi. Fungsi berikutnya adalah untuk mempengaruhi audiens. Di karenakan pembuat video tersebut berkeinginan agar pihak yang mendengarnya ini terpengaruh. Lalu, melakukan hal yang di inginkan ini juga dapat berupa berbagai hal yang ingin di sampaikan oleh pembuat video tersebut.
  • Menginspirasi. Jangan lupakan jika ternyata kegunaan dari presentasi video adalah untuk mempengaruhi atau inspirasi. Karena dengan adanya hal ini dapat memberikan arahan bagi pihak lain untuk melakukan sebuah tindakan yang di inginkan. Dengan mendengar atau juga melihat informasi yang di sampaikan melalui video.

Itulah berbagai penjelasan berkaitan dengan jenis presentasi video. Dengan hal tersebut, dipastikan bahwasanya berbagai hal yang disampaikan ini akan dianggap berguna untuk pihak tujuan. Juga dibuat berdasarkan masing-masing keperluan.

Namun bukan berarti semua informasi yang di sampaikan dalam bentuk video ini di lakukan secara bebas. Tetapi tetap mengenalkan secara dasar prinsip 5W 1H, yaitu untuk mengurutkan agar informasi atau juga pengenalan produk dapat mudah di mengerti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *