Deretan Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa, Mudah dan Minim Modal

Saat ini, untuk memulai merintis sebuah bisnis tidak perlu menunggu sampai lulus kuliah. Pasalnya, ketika masih kuliah pun Anda dapat mulai merintis serta mengembangkan bisnis. Tidak perlu cemas harus mengeluarkan modal yang besar untuk memulai, sekarang ini sudah banyak peluang usaha kekinian yang hanya membutuhkan modal minim. Ya, para mahasiswa bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menekuni salah satu pilihan ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa berikut ini!

Sebagai seorang mahasiswa, Anda tentunya dituntut agar menjadi aktif di dalam berbagai bidang. Bukan hanya di dalam bidang akademik, akan tetapi juga dalam bidang non-akademik. Ya, kedua bidang tersebut termasuk hal yang mempunyai pengeluaran besar bagi seorang mahasiswa. Semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan, maka kian banyak juga uang yang bakal terkuras. Sehingga, tidak jarang pula uang saku bulanan akan digunakan lebih banyak dan sudah habis sebelum waktunya.

Nah, ketika jatah uang saku bulanan sudah lenyap sebelum waktunya, kemungkinan terdapat sebagai mahasiswa yang merasa tak enak untuk meminta uang tambahan pada orangtuanya. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa harus jadi kreatif demi mencari sumber uang sebagai tambahan. Sehingga mereka harus pintar-pintar mencari peluang bisnis untuk mahasiswa.

bisnis yang cocok untuk mahasiswa
pixabay.com

Ide Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa, Gampang Dilakukan

Di kalangan mahasiswa sendiri, merintis bisnis selama masa perkuliahan masih berlangsung adalah suatu hal yang tak asing lagi. Mahasiswa mempunyai waktu kuliah yang fleksibel. Banyak mahasiswa yang bakal mengisi waktu longgar tersebut dengan berbagai macam kegiatan, termasuk melakukan bisnis.

Kemungkinan Anda merupakan salah satu diantara mahasiswa yang hendak merintis sebuah bisnis. Anda mungkin masih bingung ingin memulainya dengan usaha apa serta masih mencari-cari ide bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa dan gampang untuk dilakukan. Mencari ide serta peluang bisnis untuk mahasiswa sendiri bukanlah hal yang sulit, asal Anda memiliki niat dan giat untuk selalu berusaha. Dengan begitu, apa yang sudah Anda lakukan bakal memperoleh hasil terbaik.

Sangat banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa yang mudah dan tidak membutuhkan modal besar, akan tetapi berpotensi memperoleh banyak keuntungan. Bisnis mahasiswa tidak hanya menambah uang saku saja, namun juga sebagai modal dan pengalaman yang bisa menjadi pilihan usai lulus kuliah nanti. Dengan melakukan bisnis, mahasiswa tidak lagi merasa pusing dengan urusan keuangan sebelum lulus.

Selain itu Anda juga tidak akan pusing untuk mencari-cari pekerjaan sesudah lulus kuliah, karena sudah mempunyai bisnis sendiri. Terdapat beberapa bisnis yang dapat Anda lakoni sebagai mahasiswa. Anda bisa memilih ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa sesuai dengan minat, bakat, maupun keterampilan yang Anda miliki. Yuk, langsung saja simak ide bisnis untuk mahasiswa yang mudah, minim modal, dan menjanjikan berikut ini!

Bisnis Pulsa Elektrik

Banyak mahasiswa yang memilih bisnis pulsa elektrik guna mengawali belajar untuk melakukan bisnis. Pasalnya, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Selain gampang untuk Anda melakukan, bisnis pulsa elektrik bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan jika Anda mengelolanya dengan baik.

Dalam sekali penjualan pulsa, keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 500 hingga Rp 1500. Akan tetapi, bisnis pulsa elektrik ini bukan tanpa resiko, ya. Karena Anda harus siap dengan konsekuensi adanya hutang untuk pembayaran pulsanya. Apalagi jika pelanggan itu merupakan teman atau kenalan. Sehingga, sebelum Anda merintis bisnis ini, silahkan memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuknya lebih dulu.

Les Privat

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang berpotensi menghasilkan pendapatan besar yaitu membuka jasa les privat. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan mahasiswa dengan jurusan kependidikan. Nah, apabila Ana adalah mahasiswa jurusan non-kependidikan, jangan khawatir, Anda tetap bisa untuk menjalankan bisnis les privat ini. Target pasarnya yakni siswa sekolah, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat.

Anda dapat memperoleh penghasilan langsung dari sesi mengajar yang sudah Anda selesaikan. Akan tetapi, tidak sedikit orang tua murid juga membayar untuk beberapa pertemuan dalam satu bulan.

Penulis

Alternatif bisnis lain yang juga mudah untuk dijalani mahasiswa yakni dengan menjadi seorang penulis lepas atau freelance. Menjadi penulis juga dapat dibilang sebagai peluang bisnis online yang cukup menjanjikan. Ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini sangat cocok bagi Anda yang hobi menuliskan ide serta gagasan.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor. Cukup dengan bermodalkan ide yang kreatif, laptop atau komputer, serta jaringan internet, Anda sudah bisa memulai untuk menulis. Lantas, dari manakah pekerjaan penulis ini berasa? Silahkan mencari situs untuk pekerja lepas. Di sana, banyak orang yang mencari jasa penulis. Anda dapat mendaftarkan diri kemudian memperoleh pekerjaan.

Fotografer

Memiliki kamera namun lebih kerap mengganggu lantaran tidak sering Anda pergunakan? Kini, Anda dapat memanfaatkannya untuk mulai menghasilkan cuan, lho. Menjadi seorang fotografer merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan apabila Anda mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Tawarkan jasa Anda pada momen seperti wisuda, foto bersama untuk organisasi, dan sebagainya.

Apabila menginginkan penghasilan yang lebih besar, maka cobalah untuk mengambil job fotografer pada acara wedding. Biaya yang diberikan untuk Anda biasanya lebih besar daripada saat foto wisuda. Kemudian, selain terima pesanan langsung, Anda pun bisa menjual hasil karya fotografi di sebuah situs, seperti shutterstock.

Jasa Penerjemah

Menjadi seorang jasa penerjemah juga merupakan ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa mampu berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Apabila Anda punya kemampuan itu, maka jangan ragu untuk menjadikannya ladang yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bisnis jasa penerjemah ini merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan.

Terlebih apabila Anda berasal dari mahasiswa jurusan bahasa, peluang bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa tersebut bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Ide bisnis jasa penerjemah ini tidak mengeluarkan modal sama sekali. Sehingga pas untuk mahasiswa yang hendak menambah uang saku melalui berbisnis.

Reseller

Menjadi seorang reseller juga merupakan pilihan bisnis yang cocok untuk mahasiswa, gampang, dan tidak membutuhkan modal besar. Bisni reseller ini dapat Anda mulai dengan modal yang sangat ringan dan Anda tidak perlu ribet untuk mencari produk yang akan dijual. Selain itu, saat ini juga sudah banyak platform online yang dapat Anda manfaatkan sebagai seorang reseller untuk berjualan.

Online Shop

Mahasiswa sangat besar minatnya terhadap belanja online. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini dengan membuka online shop. Caranya juga tidaklah sulit. Pemasaran produk yang Anda jual bisa Anda lakukan lewat media sosial maupun marketplace. Untuk memulai bisnis online shop ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Pasalnya Anda bisa menjadi seorang dropshipper atau reseller.

Menjual Pakaian

Mahasiswa juga mengikuti perkembangan trend fashion. Terlebih ketika hendak pergi ke kampus, mereka cukup memperhatikan outfitnya. Anda bisa menjual berbagai model pakaian kekinian yang jadi tren dan kerap dipakai oleh mahasiswa. Menjual pakaian dengan harga murah tetapi tetap berkualitas. Dijamin, bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini bakal laris manis.

Menjual Sarapan

Biasanya, untuk mahasiswa yang harus berkuliah pagi tidak sempat sarapan. Nah, hal ini bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis yang mudah dan menjanjikan untuk mahasiswa, yaitu dengan menjual sarapan di dekat kampus atau ruang kelas mereka. Terlebih kantin kampus belum buka ketika pagi hari. Jualan sarapan pada mahasiswa merupakan bisnis yang mudah dan perlu Anda coba.

Menjual Buku Bekas

Tentunya, mahasiswa butuh buku-buku akademik demi menunjang kegiatan perkuliahannya. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan cara menjual buku-buku bekas. Mahasiswa cenderung membeli dengan harga yang terjangkau, sehingga berjualan buku bekas dengan harga murah tanpa mengorbankan fungsinya bakal laris di kalangan para mahasiswa.

Anda bisa mendapatkan buku bekas lewat pengumpul buku maupun kakak tingkat yang sudah tidak memikirkannya lagi. Kemudian jual kembali buku bekas itu pada mahasiswa yang membutuhkan.

Pemandu Wisata

Apakah kota tempat Anda menimba ilmu mempunyai banyak destinasi wisata? Apabila iya, maka Ana bisa menjadikannya ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ya, Anda dapat memperoleh manfaat finansial dari para turis yang berkunjung. Bagaimana caranya?

Jadilah seorang pemandu wisata untuk para turis yang mengunjungi tempat wisata tersebut. Anda dapat melakukan pekerjaan ini saat akhir minggu atau hari libur. Sehingga, Anda tidak perlu mengorbankan waktu kuliah atau hadir di kelas. Jika Anda mempunyai kemampuan berbahasa asing, maka bakal menjadi nilai plus Sehingga, Anda bisa memandu para turis dari mancanegara. Otomatis, pendapatan Anda bakal lebih banyak.

Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website merupakan ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa jurusan seperti sistem informasi, ilmu komputer, atau informatika. Di dalam perkuliahan, Anda akan mendapat materi untuk membuat sebuah website, bukan? Nah, silahkan memanfaatkan ilmu Anda untuk menghasilkan cuan. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan website pada teman-teman yang tengah mengerjakan skripsi. Anda juga bisa jadi freelancer untuk membangun sebuah website.

Perawatan Hewan

Anda suka merawat anjing atau kucing? Tawarkan jasa merawat hewan seperti yang sudah disebutkan tersebut. Anda dapat memulai bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini dengan cara mempromosikan jasa Anda di sosial media. Apabila Anda memperoleh pelanggan dalam jumlah banyak, Anda bisa mengajak teman Anda untuk menjalankan bisnis merawat hewan ini bersama.

Bisnis pet grooming ini masih mempunyai peluang usaha yang bagus. Pasalnya, banyak orang yang sibuk, sehingga tidak sempat untuk merawat hewan piaraannya.

Bisnis Print Online

Mahasiswa senantiasa padat dengan kegiatan kampus serta tugas. Kadang, mereka tidak punya waktu untuk mencetak tugas dari dosen. Jika Anda mahasiswa yang mempunyai printer, membuka jasa print online di kalangan mahasiswa ini patut Anda jajal.

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini cukup menjanjikan, mengingat terkadang mahasiswa tidak mempunyai waktu untuk datang ke tempat print. Sediakan jasa pengiriman juga supaya mahasiswa kian tertarik untuk memakai jasa print online Anda.

Jasa Desain

Contoh bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya yaitu jasa desain. Apabila Anda merupakan mahasiswa dengan jurusan Teknologi Informasi, banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Desain banyak dibutuhkan untuk usaha maupun event-event kampus. Sehingga, membuka jasa desain merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang pantas Anda coba.

Bisnis Catering

Mahasiswa banyak mempunyai event. Pada tiap-tiap eventnya, biasanya mahasiswa butuh konsumsi makanan. Anda bisa menawarkan jasa catering kepada mahasiswa yang tengah mempunyai event.

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa dapat Anda lakukan tanpa modal, lho. Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak catering yang mana Anda bagian untuk memasarkan, kemudian produksinya oleh pihak catering. Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi Anda tak perlu keluar modal.

Menjadi Asisten Dosen

Untuk Anda yang menginginkan uang saku tambahan, menjadi asisten dosen juga bisa Anda lakukan sebagai ide bisnis yang mudah dan menjanjikan untuk mahasiswa. Dosen biasanya bakal memberi fee terhadap mahasiswanya yang sudah membantu menyelesaikan tugasnya.

Jasa Servis Laptop atau Komputer

Membuka jasa servis laptop atau komputer merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang cukup potensial. Pasalnya, laptop dan komputer sudah jadi kebutuhan untuk mahasiswa. Sayangnya, tidak sedikit mahasiswa yang tidak dapat memperbaiki laptopnya apabila terjadi kerusakan.

Jika Anda punya keterampilan di dalam dunia software dan hardware, maka jasa servis komputer atau laptop bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang.

Menjual Barang Bekas (Preloved)

Sekarang ini, jualan barang bekas atau preloved merupakan bisnis yang sedang jadi trend. Preloved merupakan kegiatan jual beli barang bekas. Karena, pada barang-barang tertentu, orang-orang cenderung pilih membeli barang bekas lantaran harganya lebih murah.

Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini apabila mempunyai barang-barang yang sedang trend dan dicari banyak orang. Hanya dengan mengiklankannya lewat sosial media atau rekan satu kampus, membuat bisnis preloved Anda bisa berkembang pesat.

Bisnis Jasa Pengiriman

Ide bisnis yang mudah dan menjanjikan untuk mahasiswa selanjutnya yaitu usaha yang memanfaatkan motor, berupa bisnis jasa pengiriman. Anda bisa mengantarkan barang yang terdapat di sekitar kampus. Bisnis pengiriman ini adalah usaha yang terbilang cukup menguntungkan lantaran tidak butuh modal yang banyak. Dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman tersebut, hal paling penting harus memiliki kendaraan serta kenal baik dengan wilayah pengiriman.

Jasa Tour and Travel

Bagi mahasiswa yang gemar berwisata dan melakukan travelling, serta bisa merencanakan perjalanan wisata. Anda dapat memulai bisnis jasa tour and travel ke destinasi wisata, baik dalam negeri maupun luar negeri. Bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini memberi keuntungan double, yakni keuntungan berupa cuan serta keuntungan bisa ikut untuk merasakan wisata. Usaha jasa tour and travel bisa Anda mulai dengan mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa yang hendak liburan. Bahkan dapat Anda kembangkan dengan membuka layanan tour untuk orang umum.

Bisnis Online Programer Web dan Blogger

Bagi mahasiswa jurusan TI (Teknologi Informasi), terdapat bisnis online yang sangat cocok untuk Anda lakoni. Jasa yang ditawarkan berkaitan dengan mata kuliah yang Anda pelajari, yakni bisnis online programmer web dan blogger. Anda bisa membuat situs, blog, maupun e-commerce yang bisa memberikan pemasukan pasif.

Terdapat banyak cara monetize blog, seperti pasang iklan, ikut PPC (Pay-Per-Click), atau menjual produk dari blog. Apabila situs atau blog itu banyak pengunjungnya dan memperoleh tempat di hati audiens, berikan penawaran terhadap perusahaan yang punya relevansi dengan konten yang dimuat guna melakukan iklan pada halaman pembaca. Sehingga, perusahaan itu bakal dikenal pembaca situs atau blog dan Anda memperoleh keuntungan dari bisnis yang mudah dan menjanjikan untuk mahasiswa ini.

Jualan Cemilan atau Makanan Ringan

Bidang kuliner bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal. Salah satu produk kuliner yang cocok untuk Anda jual sebagai mahasiswa yaitu makanan ringan. Ya, zaman sekarang produk makanan ringan ini banyak diminati oleh semua orang dan gampang untuk Anda jual via online.

Berbagai ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa telah dibahas Visitpare.com, sehingga bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berwirausaha. Jangan lupa sertakan effort yang tinggi agar bisnis menjadi lebih maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *