10 Contoh Sikap Rela Berkorban yang Mudah Ditemui

Semakin kesini semakin banyak orang yang menjadikan sikap untuk rela berkorban menjadi hal yang penting dalam sebuah pertimbangan. Hanya saja, terkadang beberapa orang merasa bingung sehingga mencari tahu tentang contoh sikap rela berkorban yang mudah ditemui di sekitar. Apalagi jika sikap tersebut bisa membantu dalam membuat sebuah keputusan.

10 Contoh Sikap Rela Berkorban

Jenis sikap seperti rela berkorban apalagi tidak hanya untuk seseorang namun orang banyak memang semakin dibutuhkan pada masa sekarang. Ditambah lagi, sebenarnya sikap seperti mengorbankan diri sendiri untuk keperluan yang lebih banyak bisa mendatangkan beberapa keuntungan dalam waktu lama. Sementara untuk beberapa contoh sikapnya, silahkan simak di bawah ini:

1. Memilih Tetap Belajar

Pertama, ada sebuah contoh sikap rela berkorban  yang menarik dan wajib untuk diketahui terutama bagi yang belum pernah mencoba sebelumnya. Sikap ini bisa dicoba dengan cukup mudah bahkan disesuaikan dengan situasi yang ada misalnya ketika memiliki kewajiban khusus untuk belajar. Sementara itu, ada sebuah ajakan menggoda untuk bermain di luar.

Untuk sikap yang pertama ini, setiap orang bisa mencoba untuk memikirkan apa yang ingin dicapai terutama ketika berniat untuk belajar. Terkadang anak-anak harus siap untuk memilih tetap belajar dan melakukan proses pengorbanan untuk kepentingan keluarga atau setidaknya keinginan orang tua. Walaupun di sisi lain, godaan dari teman tidak sulit diabaikan.

2. Meminjamkan Alat Tulis

Sementara itu, untuk contoh dari sikap yang menunjukkan bahwa seseorang rela berkorban ini, dapat ditemui bahkan dalam kehidupan di sekolah. Misalnya saja, ada beberapa siswa yang mungkin terbiasa dalam menggunakan alat tulis lebih dari satu karena ingin menjadikannya sebagai cadangan. Sedangkan beberapa siswa yang lainnya tidak memiliki alat tulis tersebut.

Terutama ketika berada dalam situasi yang membutuhkan, setiap orang bisa mencoba untuk meminjamkan alat tulis apalagi yang lebih yang dimiliki. Bahkan jika ternyata hanya ada sebuah pulpen atau pensil yang dimiliki, bisa mencoba untuk meminjamkannya pada teman yang memang membutuhkan. Selain itu, ada juga yang bisa meminjamkannya dalam waktu lama.

3. Menggantikan Teman Piket

Sikap yang berikutnya ini secara garis besar tidak terbatas pada kondisi dan kehidupan sekolah namun juga bisa dipraktikkan sesuka hati. Misalnya saja, terkadang ada beberapa teman yang mengalami kesulitan atau terjebak pada sebuah situasi sehingga tidak bisa memenuhi kewajiban piketnya. Nantinya, hanya perlu mencoba untuk menggantikan piket yang ada di jadwal.

4. Membantu Memberikan Makanan

Tidak kalah baik dan direkomendasikan untuk dicoba secara langsung, sikap yang keempat ini sebenarnya bisa memberikan efek yang begitu besar. Terutama pada masa sekarang ini, masih banyak ditemukan beberapa orang yang kurang beruntung yang mungkin membutuhkan bantuan dari orang lain. Apalagi jika bantuan yang dimaksudkan berkaitan dengan kondisi khusus finansial.

Sebenarnya jenis sikap yang berikutnya ini akan menunjukkan contoh rela berkorban ketika dilakukan pada situasi yang tepat sesuai dengan kondisi. Misalnya saja, ada yang membutuhkan makanan yang lebih karena memang belum sarapan atau tidak ada uang yang cukup membeli makanan. Sikap ini bisa dilakukan dengan memberikan makanan atau berbagai saja.

5. Mengutamakan Gotong Royong

Untuk jenis sikap yang tidak kalah menarik yang lainnya ini, setiap orang juga bisa mencoba untuk mempraktekkannya dengan cukup mudah. Namun tetap saja, banyak ditemukan beberapa orang yang justru memilih untuk bersikap abai dan mementingkan kepentingan lainnya yang tidak penting. Padahal terkadang, kepentingan yang bersama harus lebih didahulukan untuk dikerjakan.

Sikap rela berkorban ini bisa ditunjukkan oleh setiap orang baik yang baru berusia muda maupun yang sudah tua dan berpengalaman. Secara rutin, biasanya setiap desa ataupun beberapa tempat tertentu mengadakan acara yang khusus untuk membersihkan desa dengan cara gotong royong. Pastikan untuk selalu ada kecuali memang tidak ada kondisi darurat.

6. Mempersilahkan Orang Lain Duduk

Selanjutnya, ada sebuah sikap yang sebenarnya tampak sederhana namun bisa memberikan kenyamanan bahkan kebahagiaan bagi beberapa orang yang memang membutuhkan. Untuk contoh sikap rela berkorban  ini, setiap orang bisa mencoba untuk memberikan kesempatan bagi yang membutuhkan untuk duduk di kursi. Situasi ini biasanya akan ditemukan di kendaraan umum setiap hari.

Meskipun begitu, jika memang ingin mencoba sebuah sikap untuk rela berkorban seperti ini, maka sebaiknya perhatikan subjek yang akan ditolong. Sebaiknya utamakan beberapa orang yang memang berada dalam keadaan yang khusus seperti ibu yang sedang hamil atau anak-anak dan lansia.

7. Rajin Ikut Pos Ronda

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa contoh sikap rela berkorban  ketujuh ini bisa menjadi hal yang wajib dilakukan beberapa orang. Apalagi jika ternyata masih tinggal di sebuah lingkungan dengan aturan yang konvensional dengan menetapkan jadwal pos ronda yang termasuk ketat. Jika memang terlibat pos ronda, maka jangan sampai meninggalkan kewajiban.

Walaupun begitu, sebenarnya ada sebuah tindakan yang menarik dan bisa membantu orang lain yang bisa dilakukan terutama ketika ada waktu luang. Kali ini, setiap orang bisa mencoba untuk rajin berpartisipasi dalam agenda pos ronda di desa bahkan ketika bukan jadwalnya. Terutama lagi, jika ada yang berkendala untuk hadir dalam jadwalnya.

8. Mengutarakan Banyak Kebenaran

Jangan sampai ketinggalan untuk diketahui pula sejak awal, ada contoh sikap rela berkorban yang lainnya yang menarik jika ingin mencoba langsung. Sebenarnya sikap yang berikutnya ini mungkin bisa memberikan kondisi bahaya bagi beberapa orang terutama ketika berkaitan dengan urusan politik negara. Namun terkadang kebenaran adalah hal terpenting untuk diperhatikan dan dibagikan.

Jenis sikap ini bisa dicoba dengan cukup mudah asalkan setiap orang sudah memiliki sumber yang lengkap namun juga cukup kredibel. Selain itu, ketika ada keramaian mengenai desas desus yang mungkin tidak bisa dipastikan kebenarannya, maka waktunya untuk mengungkapkan sebuah kebenaran. Walaupun tampak tidak terlihat di awal, kebenaran bisa berperan besar.

9. Memberikan Jalan yang Luang

Sementara itu, untuk contoh sikap rela berkorban  yang selanjutnya ini cocok dicoba dan dipraktekkan langsung ketika sedang berada di jalan. Untuk beberapa orang yang sedang menggunakan kendaraan, bisa mencoba untuk memberikan kesempatan kepada pihak lain jika ingin menyebrang terlebih dahulu. Apalagi jika ada kondisi yang ramai dan dipenuhi dengan kemacetan.

10. Memungut Sampah Berserakan

Kemudian ada juga sebuah sikap yang menunjukkan adanya karakte rela berkorban yang mungkin bisa dicoba baik oleh anak-anak maupun dewasa. Setiap orang hanya perlu membantu untuk membersihkan beberapa wilayah yang kotor karena tumpukan sampah demi kebersihan dan kenyamanan bersama nantinya. Bahkan sikap ini bisa dicoba dengan mengambil sampah di jalanan.

Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa contoh sikap rela berkorban seperti di atas tentunya bisa membantu dalam mempraktikkan di lingkungan sekitar. Apalagi beberapa contoh tindakan yang sudah dijelaskan tersebut bisa dicoba untuk pertama kalinya tanpa merasa bingung atau tidak sesuai nantinya. Selain itu, ada juga yang bisa dicoba di lingkungan keluarga.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar