Patut Dijajal! 13 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Merintis usaha memang tidaklah mudah. Pasalnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan usaha kita mengalami pasang surut. Salah satunya adalah pesaing yang tinggi. Maka dari itulah, peluang usaha yang belum banyak pesaing selalu diminati.

Sejatinya, pesaing usaha kita tidak selamanya menjadi negatif dan memberikan dampak buruk. Beberapa pebisnis, menjadikan pesaing sebagai motivasi.

Adanya pesaing ini membuat sejumlah pebisnis lebih bersemangat dalam mengembangkan dan memajukan usahanya. Bahkan, tak jarang pula karena banyaknya persaingan usaha yang ketat, membuat sejumlah pebisnis mampu menciptakan dan mengeluarkan inovasi baru.

Patut Dijajal! 13 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing
pexels.com

13 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Semakin kita memiliki kemauan untuk bergerak dalam menjalankan sebuah usaha, bukan tidak mungkin jika usaha tersebut memberikan hasil serta keuntungan maksimal. Namun, ketika kita memulai atau memantapkan niat untuk merintis usaha, itu artinya harus siap dengan pesaing.

Umumnya, semakin populer jenis usaha yang kita buka, maka semakin sulit bagi kita untuk mengembangkannya. Kecuali jika usaha kita memiliki nilai dan keunikan tersendiri.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah banyak ide usaha yang bisa kita jalani. Bahkan, peluang usaha ini masih minim pesaing, sehingga memudahkan kita untuk mengembangkannya.

Kira-kira apa saja peluang usaha tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari simak daftar peluang usaha yang belum banyak pesaing.

1. Buka Katering Sehat

Salah satu peluang usaha yang bisa kita coba yakni katering sehat. Seiring dengan semakin tingginya kesadaran orang-orang dalam menjaga kesehatan, menu makanan sehat menjadi pilihan.

Katering sehat ini bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan makanan sehat yang dikonsumsi setiap harinya. Maka dari itulah, tak heran jika katering sehat banyak peminatnya.

Alasan lainnya kenapa katering sehat ini selalu orang cari, hal ini juga berkaitan dengan kesibukan atau aktivitas yang padat. Masak sendiri memang menjadi solusi bagi kita untuk mendapatkan makanan sehat.

Akan tetapi, jika sudah memiliki jadwal yang padat dan sibuk, beberapa orang tidak memiliki waktu luang untuk memasak. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang lebih memilih membeli makanan dari pihak penyedia katering sehat.

Selain itu, supaya katering sehat tersebut laku dan selalu masyarakat minati, jangan lupa untuk selalu memperhatikan semua aspek kesehatan. Misalnya saja seperti kandungan gizi, kebersihan, hingga kemasan yang terjaga kualitasnya.

Menguntungkannya lagi, kita bisa mematok harga yang lebih tinggi ketika menjajakan katering sehat ini. Pasalnya, sebagian masyarakat sudah menyadarinya jika makanan yang sehat seringkali membutuhkan biaya yang lebih.

2. Usaha Online Teaching

Peluang usaha lainnya yakni online teaching. Online teaching merupakan sistem pendidikan dan pengajaran yang dilakukan secara online.

Semenjak pandemi Covid-19, kehidupan manusia menjadi berubah. Tidak hanya dari segi sosial, maupun ekonomi saja akan tetapi perubahan juga terjadi dalam dunia pendidikan.

Sistem pendidikan yang tadinya dilakukan secara tatap muka atau langsung, kini berubah secara online atau daring. Karena keterbatasan ruang gerak serta kemampuan teknologi yang semakin canggih, online teaching menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Bahkan, masih belum banyak orang yang merintis ide usaha semacam ini. Untuk memulai usaha ini, kita bisa memilih satu bidang yang sekiranya sangat kita kuasai.

Misalnya saja, jika ahli dalam bidang ilmu akuntansi dan pembukuan keuangan, farmasi, dan lainnya, maka bisa membuka side job sebagai seorang pengajar dalam bidang ilmu tersebut. Kita bisa memberikan materi belajar secara online dengan waktu dan tempat yang fleksibel.

Tak hanya itu saja, jika memiliki keterampilan dan pengalaman menjadi seorang penulis yang produktif, bisa juga menjadikan kemampuan tersebut sebagai modal bisnis online teaching.

3. Berjualan Kue Cantik Ala Korea

Peluang usaha yang belum banyak pesaing lainnya yakni berjualan kue cantik ala Korea. Sudah menjadi rahasia umum, jika Korea telah menjadi salah satu budaya yang sangat populer.

Baik itu dari segi pakaian, musik, drama, hingga berbagai jenis makanannya. Banyak orang yang menyukai makanan-makanan Korea, salah satunya adalah kue cantik ala Korea.

Kue-kue cantik ala Korea ini memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Sehingga siapa saja akan menyukainya.

Menguntungkannya lagi, kita tidak perlu mempersiapkan modal yang terlalu besar. Selain itu, bagi yang tertarik dengan peluang usaha yang satu ini tetapi belum bisa membuatnya janganlah khawatir.

Pasalnya, kita bisa melihat berbagai tutorial untuk membuat kue tersebut. Beberapa kue ala Korea ini mungkin saja memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit pada proses pembuatannya.  Namun, hal tersebut juga setara dengan harga kue yang cukup mahal di pasaran.

4. Internet Marketing

Saat ini pemasaran produk maupun jasa tidak hanya dilakukan secara offline saja. Akan tetapi pemasaran melalui internet menjadi metode marketing yang lebih efektif dan efisien.

Bahkan, pemasaran melalui internet ini menjadi pemimpin marketing di masa mendatang. Bagi siapa saja yang memiliki kemampuan beradaptasi dan mempersiapkan dirinya dengan pola kerja digital yang semakin canggih, akan memiliki peluang usaha lebih besar.

Pasalnya, kemampuan menguasai internet marketing ini menjadi salah satu skill yang paling banyak dicari. Bahkan, tidak hanya menjadi peluang usaha yang jarang pesaingnya saja.

Akan tetapi, peluang usaha ini juga menjadi salah satu usaha yang potensial. Kemampuan internet marketing ini sangatlah luas.

Mulai dari Search Engine Optimization atau SEO, web development, content marketing, pay per click, manajemen media sosial yang efektif dan interaktif, maupun peluang usaha lainnya.

5. Cloud Kitchen

Cloud kitchen merupakan salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing. Akhir-akhir ini, usaha kuliner memiliki istilah yang baru yakni cloud kitchen.

Konsep usaha cloud kitchen ini memberikan solusi usaha terbaik karena pengusaha kuliner tidak perlu lagi menyediakan tempat dine in. Dengan begitu, akan semakin murah dalam segi modal.

Pemilik usaha hanya perlu melakukan penawaran secara online saja. Setelah itu, jasa pengirim instan akan melakukan pengantaran dan menuju ke lokasi pembeli.

Hingga saat ini peluang usaha tersebut masih terbilang sedikit. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu peluang usaha yang sukses untuk dicoba.

6. Translating Service

Jika menguasai berbagai macam bahasa di dunia, hal ini bisa menjadi salah satu peluang usaha. Pasalnya, kita bisa menjadi penerjemah online atau membuka usaha translating service.

Masifnya dunia usaha yang mengembangkan usahanya hingga batasan negara, membuat kebutuhan penerjemah online semakin meningkat. Pasalnya, akan semakin banyak dokumen yang perlu diterjemahkan.

Dengan kata lain, semakin banyak penerjemah online yang dibutuhkan. Tak hanya itu saja, saat ini berbagai konten website sudah berisi dengan informasi-informasi serta penawaran yang menggunakan berbagai macam bahasa.

Hal ini membuat kebutuhan layanan penerjemah untuk mengartikannya. Selain itu, memiliki kemampuan berbagai bahasa juga menjadi peluang bagus untuk mengasah dan mengembangkan diri, jadi tidak hanya sekedar peluang usaha saja.

7. Usaha Baju Bekas

Bila saat ini sedang mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing, maka usaha baju bekas bisa menjadi pilihan. Dalam merintis usaha yang satu ini, kita tidak perlu membutuhkan modal yang besar.

Bahkan, kita bisa menawarkan baju bekas milik sendiri yang layak pakai dan masih mengikuti trend. Usaha ini akan semakin menjanjikan jika baju bekas yang kita tawarkan bermerek.

Peminat baju bekas ini umumnya adalah pelajar dan mahasiswa. Dimana mereka ingin menggunakan pakaian yang bagus dan modis, tetapi ingin menghemat pengeluaran.

Supaya peluang usaha ini semakin menguntungkan, kita bisa menawarkannya melalui media sosial maupun platform online lainnya. Dengan demikian, usaha baju bekas tersebut lebih cepat dikenal orang.

8. App Developer

Sebenarnya, usaha app developer ini termasuk ke dalam jenis usaha yang kurang booming. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan dan permintaan pengembang aplikasi atau app developer ini semakin meningkat.

Hal ini tak lepas dari ketergantungan manusia dengan ponsel canggih seperti Android. Keberadaan aplikasi menjadi hal yang penting dan memiliki peran besar.

Tak hanya itu saja, keseharian atau kehidupan manusia saat ini sudah sangat familiar dengan realitas virtual. Hal inilah yang kemudian menjadikan pengembang aplikasi atau app developer semakin diminati pasar.

Untuk merintis usaha ini, tentunya membutuhkan beberapa skill khusus. Seperti halnya familiar dengan IT, memiliki pemahaman yang bagus terhadap rumus pengkodean program komputer maupun teknologi. Jika kita menekuni peluang usaha ini, bukan tidak mungkin juga menjadi ide usaha yang menjanjikan.

9. Berjualan Barang Daur Ulang

Siapa bilang, barang bekas hanya menjadi sampah yang membuat lingkungan tercemar? Nyatanya, barang bekas bisa memiliki nilai jual yang tinggi hanya dengan sedikit olahan.

Menariknya lagi, berjualan barang daur ulang ini menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing. Bagi siapa saja yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, menekuni peluang usaha ini bisa menjadi pilihan tepat.

Bahkan, modal yang kita butuhkan tidak terlalu banyak. Pasalnya, kita hanya perlu memanfaatkan limbah-limbah bahan baku bekas saja untuk membuat barang yang berguna.

Menariknya lagi, bisa peluang usaha ini kita tekuni, bisa mendatangkan keuntungan yang lebih. Lebihnya lagi, kita tidak hanya memanfaatkan peluang usaha saja, akan tetapi juga menyelamatkan lingkungan dari sampah.

Dalam memajukan usaha ini pun tidak sendiri. Kita juga bisa mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk turut berpartisipasi, sehingga kita dapat sekaligus mendukung perekonomian.

10. Konsultan

Siapa pun yang memiliki pengetahuan luas tentang sesuatu dan bersemangat dalam bidang tersebut, bisa menjadi konsultan online profesional. Tidak hanya menjadi peluang usaha yang minim pesaing saja, akan tetapi konsultan online ini juga bisa menjadi usaha menjanjikan.

Terdapat beberapa bidang yang sangat populer dan membutuhkan jasa konsultan. Misalnya saja seperti bisnis, media sosial, sumber daya manusia, marketing, komunikasi, kepemimpinan, keuangan, dan masih banyak lagi bidang lainnya.

Selain itu, memilih peluang usaha sebagai seorang konsultan ini juga sangat menguntungkan. Bahkan, saking pentingnya jasa konsultan ini, tak jarang perusahaan rela membayar mahal.

Untuk memulai mengembangkan usaha ini, tidak perlu langsung merekrut karyawan. Kita bisa memulainya dengan diri sendiri terlebih dahulu. Jika usaha tersebut sudah semakin maju, barulah kita mengembangkannya dan merekrut konsultan lainnya untuk turut bergabung.

11. Menawarkan Paket Sayuran

Salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing lainnya yakni menawarkan dan menjual paket sayuran. Tidak dapat kita pungkiri, kebutuhan sayuran dalam kehidupan masyarakat begitu tinggi.

Selain itu, masyarakat juga lebih suka dengan sayuran yang sehat dan berkualitas. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi peluang untuk mulai merintis usaha paket sayuran.

Menariknya lagi, kita tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulai usaha ini. Kita hanya perlu mengombinasikan bahan sayuran berkualitas sebagai dasar masakan favorit masyarakat.

Supaya usaha ini semakin dilirik orang, bisa juga untuk menambahkan jasa pesan antar. Dengan begitu, kita semakin mudah dalam mencapai pembeli yang potensial.

Untuk mendapatkan aneka sayuran ini pun juga sangat mudah. Kita bisa menanamnya sendiri di pekarangan atau memanfaatkan lahan kosong. Alternatif lainnya, kita bisa mengajak petani sayur untuk menjalin kerja sama dengan kita.

12. Bookkeeping

Penggunaan internet saat ini sudah semakin meningkat. Hal inilah yang kemudian membuat sistem kerja remote semakin berkembang.

Tak mengherankan jika kebutuhan pembukuan keuangan pun mengalami peningkatan yang sama. Ini, bisa menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Peluang usaha ini sangat cocok bagi para praktisi akuntansi. Pasalnya, mereka bisa membangun usaha sendiri sebagai online bookkeeper.

Peluang usaha ini menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi siapa saja akuntan yang menginginkan otonomi untuk mengelola keuangannya sendiri. Untuk memulai usaha ini tak membutuhkan cara yang ribet.

Kemudian, supaya usaha tersebut semakin lancar dan cepat, kita bisa memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan pembukuan keuangan yang kita kelola. Bahkan, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi yang powerfull.

Dengan begitu, kita bisa memiliki alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif . Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi melalui media sosial maupun platform online lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan usaha Anda dan semakin memperbanyak klien. Tak perlu merekrut karyawan saat awal mula usaha ini berjalan, kita bisa memulainya dengan menawarkan jasa dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Bila sudah banyak pelanggan, kita akan semakin mudah untuk mengembangkannya.

13. Menawarkan dan Menjual Minuman Sehat

Menawarkan dan menjual minuman sehat juga bisa menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing. Minuman sehat ini bisa berupa jamu, atau tonik dari rempah-rempah.

Tak dapat kita pungkiri, jika kebutuhan perihal minuman kesehatan ini berawal dari masyarakat. Terutama mereka-mereka yang berupaya untuk mencukupi nutrisi penambah daya tahan tubuh.

Kita bisa membuat konsep usaha yang lebih modern tanpa mengurangi atau merusak kualitas serta efektivitas minuman kesehatan tersebut. Sebagai contoh, kita bisa menawarkan pilihan minuman kesehatan tersebut tanpa menggunakan gula. Pilihan lainnya, bisa menggunakan kemasan yang unik tetapi tetap aman.

Sebagian besar peluang usaha yang sudah kita sebutkan di atas, merupakan usaha berbasis online. Maka dari itulah, ada baiknya untuk selalu memastikan usaha-usaha tersebut menggunakan mekanisme online yang tepat.

Selain itu, mengembangkan peluang usaha tersebut sangatlah mudah jika sesuai dengan passion yang kita miliki. Itu sebabnya, pilihlah peluang usaha yang sekiranya sesuai dengan bidang dan passion kita.

Dengan begitu, kita bisa memiliki perencanaan dan strategi yang matang karena penuh kesiapan. Tak kalah penting, peluang usaha yang belum banyak pesaing ini bukan berarti tidak ada tantangannya. Supaya kita tetap bertahan dalam menjalankan usaha tersebut dan bisa berkembang dengan pesat, pastikan untuk selalu siap dan sigap dengan segala kemungkinan. Dapatkan banyak informasi terkait bisnis juga wirausaha hanya di Visitpare.com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *