Alasan Memilih Peluang Wirausaha Produk Pangan dan Ide Usahanya

Peluang wirausaha produk pangan kini semakin besar dan memiliki banyak peminat sehingga dapat mendatangkan banyak keuntungan. Selama ada manusia yang masih hidup dan memerlukan makanan, maka peluang usaha di bidang ini tidak akan mati.

Usaha ini juga termasuk usaha yang mudah dan sederhana akan tetapi tetap mendatangkan keuntungan yang besar. Karena itu kini banyak anak muda yang memulai berwirausaha produk makanan ataupun minuman yang berbagai jenis.

Peluang Wirausaha Produk Pangan
unsplash.com

Alasan Memilih Peluang Wirausaha Produk Pangan, Ide Usaha, dan Tips Memaksimalkan Menjalankan Peluang Usaha

Usaha kuliner memang tidak mengenal krisis, hal ini karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus selalu terpenuhi bagi setiap orang. Oleh sebab itu kini usaha kuliner kian menjamur dengan berbagai olahan yang dijual.

Mulai dari makanan tradisional, modern, hingga makanan luar negeri dapat menjadi peluang wirausaha produk pangan. Usaha kuliner juga tidak memerlukan modal yang sangat besar, karena inilah kuliner dapat menjadi usaha yang cocok dijalani oleh pengusaha pemula.

Dengan modal yang tidak terlalu besar ini mungkin usaha yang Anda jalankan awalnya juga tidak akan terlalu besar, namun seiring dengan berjalannya usaha, maka usaha Anda dapat memberi keuntungan. Keuntungan inilah yang nantinya dapat mengembangkan usaha sehingga usaha Anda akan semakin sukses dan besar.

Alasan Memilih Wirausaha Produk Pangan

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang memilih peluang wirausaha produk pangan daripada dengan produk lainnya. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

Modal yang Lebih Terjangkau

Salah satu hal yang menjadi kendala ketika akan menjalankan sebuah usaha adalah modal. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa setiap akan memulai usaha maka harus mengeluarkan modal yang banyak hingga berjuta-juta. Padahal tidak semuanya demikian.

Untuk memulai bisnis kuliner, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Dengan modal secukupnya, bahkan modal di bawah 500 ribu pun sudah cukup untuk membuka usaha produk pangan. Dengan modal tersebut Anda dapat mendapatkan keuntungan yang lumayan yang dapat diputar kembali menjadi modal.

Banyak Ide Produk

Alasan yang kedua yaitu banyaknya ide jualan produk, mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya juga karena mengingat banyaknya jenis makanan yang dapat dikonsumsi dan disukai oleh orang-orang.

Persaingan yang Lebih Sedikit

Ada banyak pengusaha makanan di luar, oleh karena itu Anda harus memilih untuk berwirausaha pangan yang belum banyak dilakukan oleh orang. Dengan begini maka persaingan akan semakin lebih rendah sehingga Anda tidak perlu merasa takut tersaingi.

Banyak Pilihan Proses Pemasaran

Proses pemasaran produk juga beragam, apalagi sekarang zaman modern yang serba online. Anda dapat menjual produknya secara online maupun offline. Dengan begini pun target pasar akan semakin luas sehingga dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat menjualnya di rumah ataupun menitipkan produk Anda di warung-warung besar sehingga peluang untuk lakunya juga semakin besar.

Strategi Promosi yang Mudah

Kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang paling mudah dalam segi pemasaran dan promosi. Cukup dengan smartphone saja Anda sudah dapat melakukan promosi.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan berbagai sosial media yang Anda miliki. Anda dapat membuat pamflet semenarik mungkin tentang produk Anda dana membagikannya ke teman-teman Anda atau di posting ke media sosial agar dapat dilihat oleh banyak orang.

Ide Usaha Makanan Ringan

Makanan ringan adalah salah satu jenis makanan  yang dapat menjadi peluang wirausaha produk pangan. Berikut ini adalah beberapa idenya:

  1. Makaroni

Ide usaha yang pertama yaitu makaroni. Makaroni sendiri memiliki berbagai jenis yang berbeda dan juga beragam cara pengolahannya. Ada yang digoreng, mac and cheese, atau makaroni yang dipanggang. Anda juga dapat membuatnya dengan berbagai rasa mulai dari pedas, asin, manis, dan berbagai rasa lainnya. Makanan ringan inipun pastinya akan laku dan digemari banyak orang.

  1. Cireng

Siapa sih yang yang tidak mengenal cireng? Makanan dari tepung aci yang digoreng ini pastinya menjadi jajanan favorit anak kecil dan juga orang dewasa. Anda dapat menjadikannya sebagai peluang wirausaha produk pangan dengan berjualan cireng berbagai bumbu yang dapat menambah cita rasa.

Selain menjualnya matang, Anda juga bisa menjualnya dalam keadaan masih mentah atau siap goreng. Jadinya nanti pembeli harus menggorengnya sendiri untuk menikmatinya.

  1. Aneka Keripik

Anda dapat membuka usaha berbagai keripik seperti singkong, ubi, pisang, hingga keripik tempe. Namun, Anda juga harus memperhatikan pengemasannya karena keripik ini dapat menjadi alot jika terlalu lama terkena angin. Selain itu, bentuknya juga mudah remuk jika tertimpa benda lainnya yang lebih keras atau berat.

  1. Aneka Gorengan

Peluang wirausaha produk pangan selanjutnya yaitu menjual gorengan seperti nugget, tempura, bakso, ayam dan berbagai gorengan lainnya. Usaha ini pastinya akan laku dan digemari oleh ibu-ibu karena dapat menjadi alternatif lauk yang simple.

  1. Basreng

Basreng yaitu kependekan dari bakso goreng yang merupakan cemilan orang-orang dari berbagai kalangan usia. Anda dapat mencoba menjual basreng dengan aneka rasa dan varian yang menarik untuk dicicipi.

  1. Usus Krispi

Mungkin banyak orang yang tidak menyukai usus ayam, tetapi ditangan yang tepat usus ini dapat diolah menjadi makanan ringan yang gurih dan enak. Rasanya yang unik dan enak disertai dengan pemasaran yang tepat akan membuat usus crispy memiliki nilai jual dan cukup menguntungkan.

Ide Usaha Makanan Berat

Selain menjual makanan ringan, makanan berat juga bisa menjadi peluang wirausaha produk pangan yang cukup menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Nasi Mentai

Saat ini usaha kuliner nasi mentai masih cukup menjanjikan, meskipun ada banyak kompetitornya. Anda pun harus memastikan bahwa nasi mentai usaha Anda memiliki rasa yang enak serta memiliki ciri khas. Selain itu, perhatikan kehigienisan dari segi pengemasannya maupun makanannya.

  1. Bakso dan Mie Ayam

Makanan ini mungkin terdengar biasa saja, namun peluang usaha dari makanan ini sangat menguntungkan. Akan tetapi Anda harus pintar-pintar dalam berjualan. Buatah bakso dan mie ayam jualan Anda lebih enak dan dan menarik daripada kompetitor. Hal ini juga mengingat sudah banyak orang yang menjual makanan ini.

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng mungkin dinilai makanan yang sepele dan dapat dibuat oleh semua orang, akan tetapi bukan berarti Anda tidak bisa membuka usaha nasi goreng. Biasanya orang hanya membuat nasi goreng yang biasa dan sederhana. Oleh karena itu Anda dapat menyediakan nasi goreng berbagai jenis dengan toping yang beragam agar semakin menarik pelanggan.

  1. Seblak

Makanan pedas ini tentunya memiliki banyak penggemar. Anda pun dapat memanfaatkannya menjadi peluang wirausaha produk pangan. Anda dapat menjadikan seblak dengan berbagai toping dan tingkat kepedasan yang berbeda agar dapat menarik pelanggan.

  1. Nasi Paketan

Maksud dari nasi paketan yaitu seperti nasi beserta dengan lauknya yang ditempatkan dalam sebuah wadah. Nasi ini tentunya akan laku dipasaran, apalagi jika disertai dengan lauk yang enak dan menarik. Anda juga dapat menerima pesanan untuk sejumlah acara tertentu baik besar atau kecil sehingga dapat menambah keuntungan bagi Anda.

  1. Ayam Geprek

Ide usaha kuliner lainnya yaitu dengan usaha ayam geprek. Sensasi ayam yang crispy dengan pedasnya sambal tentunya akan menjadi favorit banyak orang. Selain itu Anda juga dapat menyediakan versi original untuk pelanggan yang tidak suka pedas dan juga dapat menentukan level kepedasan sambal.

Ide Usaha Makanan Tradisional

Makanan tradisional juga dapat menjadi peluang wirausaha produk pangan yang menjanjikan. Seiring dengan kemajuan zaman makanan tradisional mungkin kini semakin terlupakan dan jarang ditemui. Anda pun dapat memanfaatkannya dengan membuka usaha makanan tradisional dari berbagai daerah. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Klepon

Makanan tradisional yang pertama adalah klepon. Kue berwarna hijau yang berisi gula merah ini tentunya lezat dan menjadi kesukaan banyak orang. Agar semakin menarik, Anda dapat membuat klepon dengan berbagai varian isian dan juga berbagai warna. Selain itu perhatikan juga kemasannya. Anda harus tetap membuat klepon yang enak dan higienis serta dengan kemasan yang menarik.

  1. Getuk

Makanan yang umumnya terbuat dari singkong rebus dengan kelapa ini memiliki cita rasa yang khas. Selain membuatnya dari singkong, Anda juga dapat membuatnya dari bahan lain seperti ubi ungu sehingga nantinya getuk akan berwarna ungu yang menarik. Anda juga dapat mengganti gula pasir yang biasa digunakan menjadi gula jawa atau gula merah sehingga menciptakan rasa manis yang lain.

  1. Kue Putu

Kue tradisional ini dapat menjadi peluang wirausaha produk pangan yang cukup menjanjikan. Hal ini juga karena adanya faktor tidak semua orang bisa membuatnya. Selain membuat kue putu yang biasa, Anda juga dapat memodifikasinya dengan berbagai hal seperti toping coklat sehingga membuat rasanya semakin enak dan terkesan moderen.

  1. Lemper

Lemper adalah olahan ketan dengan isian abon yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Perpaduan rasa ketan dan abon yang unik dan lezat tentunya tidak dapat ditemui pada jajanan lainnya. Tentunya tidak semua orang dapat membuat makanan satu ini, karena itu Anda dapat menjadikannya peluang usaha.

  1. Dodol

Dodol adalah makanan tradisional yang sudah cukup popular. Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh bagi orang yang sedang berkunjung ke desa. Anda dapat menjadikannya usaha dengan memodifikasi rasanya menjadi beraneka rasa seperti rasa buah-buahan atau cokelat. Dengan ini maka dodol akan semakin menarik dan memiliki kesan modern.

Ide Usaha Minuman

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi peluang wirausaha produk pangan yang menguntungkan, lho. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Minuman Boba

Siapa yang tak kenal dengan minuman satu ini? Minuman yang sempat viral ini tentunya memiliki banyak penggemar di seluruh tempat. Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk menjual minuman boba.

Anda dapat membuat variasi lain yang berbeda dengan minuman boba yang sudah-sudah agar pelanggan tidak merasa bosan dan tertarik dengan minuman Anda. Selain itu Anda juga dapat membuat bobanya yang unik dan lebih sehat agar dapat menjadi ciri khas dari minuman Anda.

  1. Jamu

Meskipun terlihat kuno dan tradisional, jamu juga bisa Anda jadikan sebagai peluang wirausaha produk pangan, lho. Tipsnya Anda harus membuat jamunya lebih menarik dengan kemasan dan rasa yang beragam. Meskipun begitu Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas dan manfaatnya juga. Jadi selain menjual jamu yang enak, Anda juga menjual jamu yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Jus Buah dan Sayur

Jus adalah minuman yang sehat dan tidak akan terlupakan. Anda dapat menjadikan peluang usaha dengan menjual beraneka jus buah. Selain itu, Anda dapat mengkombinasikan beberapa buah untuk dijus menjadi satu sehingga menimbulkan cita rasa yang baru dan unik.

Selain buah, Anda juga dapat menjual berbagai jus sayuran yang menyehatkan, contohnya yaitu jus wortel. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan rasanya, jangan sampai rasa dari jus yang Anda buat aneh atau tidak enak.

  1. Es Coklat

Tidak perlu Anda ragukan lagi bahwa minuman coklat adalah kegemaran banyak orang. Anda dapat menjadikannya usaha dengan menjualnya dengan berbagai rasa coklat. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan berbagai bahan lainnya sebagai pelengkap atau topping.

  1. Minuman Soda

Minuman bersoda tentunya menjadi kesukaan banyak orang. Anda dapat menjadikannya peluang wirausaha produk pangan dengan menjual berbagai macam minuman bersoda. Anda juga bisa mengkombinasikan minuman bersoda dengan aneka rasa sirup dan bahan pelengkap seperti nata de coco.

Tips Memaksimalkan Menjalankan Peluang Usaha

Setelah memiliki berbagai peluang wirausaha produk pangan maka tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan usaha yang Anda jalankan agar semakin maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

Pilih Tempat Usaha yang Strategis

Jika Anda melakukan usaha dengan sistem membuka rumah makan atau restoran maka pastikanlah untuk menggunakan tempat yang ramai dan strategis. Hal ini agar usaha Anda dapat terlihat oleh banyak orang dan mudah menemukannya. Hal ini tentunya juga dapat mempengaruhi penghasilan Anda nantinya.

Memaksimalkan Promosi

Promosi adalah hal yang penting dan wajib dilakukan oleh para pelaku usaha. Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk kepada orang lain agar mereka tertarik dan mau membeli produk Anda. Ada banyak sekali bentuk dari promosi, baik secara offline maupun online.

Anda harus memaksimalkannya agar nantinya dapat memberikan hasil yang memuaskan pula. Secara offline, Anda dapat membuat selebaran yang berisi tentang produk Anda dan kontak Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat spanduk bahkan baliho jika usaha Anda sudah berkembang lebih besar.

Promosi secara online, maka Anda dapat memanfaatkan berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Dengan begini maka informasi soal produk Anda kan tersebar lebih cepat dan produk Anda akan banyak dikenali oleh orang-orang.

Pilih Franchise yang Sudah Ternama

Jika Anda ingin melakukan usaha tetapi tidak bisa memulai dengan brand sendiri maka solusinya adalah Anda dapat menjalankan bisnis franchise. Dengan begitu pun Anda tidak perlu repot mengembangkan produknya dari nol.

Gunakan Kemasan yang Menarik

Kemasan yang menarik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha Anda. Akibatnya akan ada lebih banyak orang yang tertarik dan ingin mencobanya. Selain itu, kemasan ini juga dapat menjadi identitas atau tanda pengenal khas dari usaha Anda, sehingga dapat lebih mudah dikenali.

Karena itu untuk memaksimalkan peluang wirausaha produk pangan Anda dapat membuat kemasan yang menarik dan berbeda dengan usaha lainnya. Bagaimana? Sudah siap menjemput keuntungan dengan ide-ide bisnis yang sudah VisitPare.com bahas kali ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.