10 Tugas Admin Marketing di Perusahaan, Beserta Kualifikasi dan Gajinya

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan jasa admin marketing semakin meningkat. Pasalnya, makin banyak perusahaan yang saat ini membutuhkan jasa satu ini. Peran jasa administrasi marketing dibutuhkan agar perusahaan memiliki strategi penjualan untuk bersaing dengan matang. Lantas, seperti apa pekerjaan atau tugas admin marketing di perusahaan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Apa Itu Pekerjaan Admin Marketing

Admin marketing yaitu individu yang bertugas untuk mempersiapkan serta melakukan pemasaran secara tepat sasaran. Tentunya hal yang dilakukan oleh admin marketing harus sesuai gol pemasaran yang telah ditetapkan.

Untuk tugas utamanya, admin marketing harus mempersiapkan strategi penjualan yang efektif. Baik melalui platform digital atau berjualan secara offline.Selain itu, biasanya admin marketing sering berkutat dengan rekapan order, pencatatan penjualan, bahkan berinteraksi langsung dengan konsumen.

Tugas Admin Marketing

Seperti yang dijelaskan pada poin di atas, tugas admin marketing yaitu mempersiapkan dan melakukan pemasaran dengan strategi tepat. Meski demikian, tugas-tugas ini biasanya disesuaikan lagi sesuai kebutuhan dari perusahaan. Untuk mewujudkan pemasaran yang efektif, admin marketing melakukan beberapa tugas di bawah ini :

1. Mengelola Data Penjualan

Admin marketing harus menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penjualan melalui beberapa tugas. Misalnya pencatatan keluar masuk barang atau data penjualan harian. Admin marketing juga bertugas memeriksa status data penjualan yang sudah atau belum masuk secara teliti.

Kemudian, Admin marketing membuat tagihan atau tindak lanjut dari penjualan yang belum masuk dalam sistem. Jika ada masalah teknis pada sistem, segera dilaporkan ke supervisor atau sesuai ketentuan perusahaan.

2.Mengecek Ulang Data yang Dimasukkan

Data yang telah dimasukkan dalam data penjualan dan lain-lain harus diperiksa kembali untuk menghindari kesalahan. Jangan ada kesalahan data sekecil apapun, karena akan mempengaruhi penghitungan data lainnya. Jika ada perbedaan data dengan invoice, segera lakukan cross check dengan konsumen.

3. Melakukan riset pasar

Seorang admin marketing juga bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar. Tepatnya, mempelajari apa tren terkini di pasaran saat ini. Nantinya hasil riset ini akan menjadi data yang dibutuhkan untuk menyusun strategi penjualan. Hasil riset ini juga akan dipakai untuk mempermudah kampanye promosi oleh tim pemasaran.

Riset pasar ini diperoleh dari menganalisa laporan bisnis, atau melakukan survey. Admin marketing juga dapat memperoleh data dengan melakukan focus group discussion. Biasanya akan ada tim administrator yang mengumpulkan data-data ini. Sementara admin hanya bertugas menafsirkan data riset yang telah dikumpulkan.

4. Menciptakan serta mengaplikasikan strategi pemasaran

Merencanakan, menguji, serta menerapkan strategi penjualan adalah tugas lainnya dari admin marketing. Selain itu, admin juga bertugas untuk membuat atau memperbaiki image dari perusahaan. Tugas tersebut dilakukan bersamaan dengan menjangkau pelanggan baru. Terkadang, ada yang ditugaskan juga untuk memperkirakan anggaran project yang dirancang.

5. Mengelola Database Pelanggan

Membuat serta mengelola Database pelanggan juga merupakan tugas admin marketing. Database merupakan data yang amat penting untuk perusahaan. Pasalnya, database ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan setia. Misalnya memberi diskon saat ulang tahun, retargeting pelanggan agar membeli produk lagi, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itulah, Database merupakan sarana perusahaan untuk memberikan pelayanan yang sesuai keinginan pelanggan. Jika data ini tidak dikelola dengan baik, maka akan lebih sulit menjalin keakraban brand dengan pelanggan.

6. Membantu kinerja tim Public Relations

Tim public relations atau disingkat PR merupakan bagian yang harus erat hubungannya dengan tim marketing. Pasalnya dua tim ini bekerja secara sinergi untuk mempromosikan perusahaan dan produknya dengan baik ke konsumen. Tim PR bertugas untuk berkomunikasi dengan berbagai kalangan. Misalnya staf, vendor, manajemen, media atau platform digital, bahkan ke pelanggan.

Tugas admin marketing adalah membantu tim PR melaksanakan tugas tersebut dengan menyediakan informasi detail. Selain itu, admin marketing membantu tim PR untuk mempromosikan citra perusahaan yang positif dan menaikkan brand awareness.

7. Melakukan Penjualan

Tidak hanya mempersiapkan strategi saja, admin marketing juga terjun langsung di penjualan. Baik berpartisipasi secara aktif maupun pasif. Proses penjualan yang biasa dilakukan admin marketing adalah ;

  • menerima orderan dari konsumen dan mencatat data transaksinya
  • melihat jumlah stok dari produk dan update jumlahnya di toko online atau offline
  • mencetak surat order atau invoice lalu menyampaikan orderannya pada bagian gudang dan produksi
  • Berkoordinasi serta memberikan informasi orderan secara detail untuk proses pengiriman.

8. Promosi Produk

Selanjutnya admin marketing bertugas untuk melakukan promosi pada pelanggan. Admin marketing harus memaksimalkan media sosial untuk melakukan promosi. Misalnya menawarkan produk melalui DM atau newsletter. Untuk membuat konten promosi, Admin marketing bisa berkoordinasi dengan desainer grafis dan PR.

9. Upload Produk

Pada beberapa perusahaan, upload produk juga merupakan tugas admin marketing. Mengunggah produk tersebut bisa dilakukan di website atau media sosial brand. Selain mengunggah produk, admin juga harus memberikan caption informatif dan menarik. Tidak hanya itu, admin juga kerap update stok dan melayani orderan via marketplace.

10. Berinteraksi dengan Konsumen

Tak jarang admin marketing harus berinteraksi dengan konsumen terkait produk. Misalnya ada banyak pertanyaan dari konsumen mengenai produk. Admin marketing harus menjawab dengan mengedukasi konsumen dengan cara yang baik dan benar. Jawab pertanyaan secara lengkap sesuai pertanyaannya dengan ramah.

Jika ada banyak pertanyaan yang datang, berarti penjelasan produk yang ada di platform digital atau brosur belumlah lengkap. Artinya, admin marketing harus melengkapi informasi tersebut di platform digital atau brosur.

Selain itu, admin marketing juga bertugas menyampaikan ke konsumen jika ada promo. Baik melalui whatsapp, email, atau media sosial lainnya.

Kualifikasi Admin Marketing dan Kisaran Gajinya

Mengingat tugasnya yang sangat penting, biasanya perusahaan meletakkan ekspektasi tinggi untuk pelamar admin marketing. Pasalnya, admin marketing merupakan individu yang memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Selain itu, admin marketing haruslah kreatif dan dinamis dalam bekerja. Jadi, kualifikasi yang biasanya recruiter tetapkan untuk mencari seorang admin marketing adalah :

  • Memiliki pemahaman yang baik mengenai prinsip pemasaran serta manajemen kantor
  • Dapat mengoperasikan Ms Office, aplikasi online (misalnya Google Adwords), serta software pemasaran dengan baik.
  • Multitasking (dapat menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus dalam tenggat waktu berdekatan)
  • berpengalaman dalam melakukan riset pasar keterampilan komunikasi interpersonal yang sangat baik
  • Disiplin, teliti, jujur, serta bertanggung jawab dalam pekerjaan.
  • Biasanya harus memiliki gelar dari program studi ilmu komunikasi, marketing, atau bisnis. Namun, tidak menutup kemungkinan gelar lain bisa melamar tergantung perusahaannya.   

Dengan kualifikasi seperti itu, gaji yang akan didapatkan oleh seorang admin marketing biasanya cukup pantas. Rata-rata admin marketing akan mendapatkan gaji kisaran 3 jutaan setiap bulannya. Tentu saja tergantung dari besaran UMR dan perusahaannya.

Itulah tugas admin marketing, kualifikasi, beserta besaran gajinya. Ada baiknya sebelum melamar posisi ini, harus tahu dulu mengenai pekerjaannya secara mendalam. Tugas-tugas di atas bisa jadi berbeda tergantung perusahaannya. semoga informasi di atas bermanfaat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar