Contoh Usaha yang Menjanjikan di Desa, Tertarik Mencoba?

Contoh Usaha yang Menjanjikan di Desa, Tertarik Mencoba?

Ada banyak usaha yang menjanjikan di desa untuk Anda coba demi mendapatkan penghasilan yang cukup menguntungkan. Kebutuhan akan penghasilan dan uang membuat orang memutar otak untuk mendapatkan penghasilan.

Maka dari itu banyak orang yang mencari pekerjaan. Bukan hanya orang perkotaan saja melainkan orang desa juga. Akan tetapi karena keterbatasan pekerjaan di desa, maka orang-orang sedikit kesulitan mencari pekerjaan. Akhirnya mereka memilih untuk merantau ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan.

Contoh Usaha yang Menjanjikan di Desa

Meskipun lapangan pekerjaan di desa lebih sedikit, bukan berarti tidak ada harapan untuk memperoleh pekerjaan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya yaitu membuka suatu usaha. Usaha dapat memberikan keuntungan yang lumayan banyak.

Selain itu dengan membuka usaha maka akan memunculkan lapangan pekerjaan baru di desa. Sehingga orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan dapat bekerja di usaha tersebut tanpa perlu jauh-jauh ke kota atau ke daerah lainnya. Banyak bentuk usaha yang menjanjikan di desa yang dapat Anda dijalankan, mulai dari usaha minuman, makanan, usaha jasa, dan lain sebagainya.

Dalam memulai usaha baru tentunya memang tidak akan mudah. Ada banyak rintangan yang akan menghadang, mulai dari usaha tidak laku hingga mengalami rugi bahkan bangkrut. Meskipun begitu bukan berarti usaha Anda gagal, bisa jadi usaha Anda hanya kurang dirancang dengan baik.

Oleh karena itu, setiap kali Anda gagal menjalankan usaha cobalah untuk mengevaluasi apa penyebab kegagalan dan apa saja kekurangan dari usaha Anda. Dari hasilnya, Anda dapat mendirikan kembali usaha Anda dengan menghindari kesalahan yang sama dan rencana yang lebih matang. Hasilnya usaha Anda akan berkembang sedikit demi sedikit. Dengan ini Anda tidak perlu takut akan memulai usaha baru.

Kembali ke topik usaha yang menjanjikan di desa, mungkin Anda bingung usaha apa yang dijalankan di desa. Hal ini juga mengingat bahwa di desa tidak seramai di kota. Namun, hal ini justru bisa menjadi keuntungan sendiri dalam membuka usaha di desa. Biasanya di kota banyak usaha yang seragam sehingga saingannya juga lebih banyak.

Sedangkan di desa saingan usaha pasti lebih sedikit sehingga peluang lakunya lebih banyak. Selain itu, karena ada banyak makanan di kota yang tidak dijual di desa maka Anda dapat memanfaatkannya dengan menjual berbagai makanan yang sebelumnya belum dijual di desa.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha yang menjanjikan di desa berikut ini adalah beberapa ide usaha yang dapat Anda coba:

1. Warung Makan

Usaha yang pertama yaitu warung makan. Tidak perlu dengan desain yang mewah dan menu-menu mewah, cukup menu yang sederhana asalkan enak. Jangan pula mematok harga yang mahal, karena kebanyakan orang tidak akan mau membeli makanan yang harganya mahal atau sama dengan harga di kota-kota besar.

Bagi mereka tentunya membeli makanan yang mahal hanya akan membuang-buang uang, apalagi untuk orang biasa. Karena itu, patokkan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat, namun tetap perhatikan harganya. Jangan sampai usaha mengalami kerugian karena salah dalam mematok harga.

Untuk mengurangi pengeluaran dalam berbelanja untuk usaha warung makan, Anda juga dapat melakukan alternatif lain. Seperti memutuskan untuk berlangganan pada suatu supplier atau bekerja sama dengan usaha lain seperti petani sayur atau peternak. Dengan ini tentunya Anda bisa mendapatkan potongan harga atau mendapatkan harga yang lebih kecil.

Contoh menu yang dapat Anda jual seperti berbagai olahan ayam, bebek, ikan, sayur, dan berbagai jenis nasi seperti nasi putih, nasi jagung, nasi tiwul, dan nasi merah. Dengan banyaknya pilihan menu dan harga yang terjangkau pastinya akan menarik pengunjung lebih banyak.

2. Es Kelapa Muda

Usaha yang menjanjikan di desa yang kedua yaitu usaha minuman es kelapa. Minuman ini mungkin cukup simple dan mudah untuk dibuat sendiri. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjadikannya peluang usaha. Di desa sendiri memang cukup banyak ditemukan pohon kelapa yang memungkinkan orang untuk memetik kelapa muda sendiri pada pohon miliknya.

Akan tetapi, proses pemetikannya tentunya susah apalagi mengingat pohonnya yang tinggi menjulang. Selain itu, untuk membuka kelapanya juga membutuhkan usaha yang ekstra. Karena ini pastinya orang-orang akan memilih untuk membeli es kelapa langsung daripada memetiknya sendiri.

Selain itu, untuk menambah peluang laku, Anda dapat menjualnya di sore hari saat bulan puasa, dimana orang-orang akan banyak mencari menu berbuka yang segar. Anda juga dapat sekalian menjual es buah atau es campur dengan berbagai isian seperti buah kelapa, melon, apel, buah naga, semangka, rumput laut, jelly, dan isian lainnya.

3. Sate Ayam atau Kambing

Sate adalah salah satu kuliner yang cukup banyak ditemukan. Anda dapat mencoba membuka usaha sate baik sate ayam atau kambing dengan konsep makan lesehan agar lebih menarik. Anda juga dapat menambahkan lontong atau nasi sebagai pendamping makan.

Untuk sate ayam sendiri mungkin lebih sering dinikmati dengan lontong dan bumbu kacang. Sedangkan sate kambing dapat dinikmati dengan nasi.

4. Angkringan

Usaha yang menjanjikan di desa selanjutnya yaitu membuka angkringan. Siapa, sih, yang tidak mengenal angkringan? Warung kecil yang biasanya ada di pinggir jalan ini pastinya selalu ramai dikunjungi.

Hal ini karena menunya yang beragam dan harga yang tergolong murah sehingga banyak menjadi pilihan orang untuk sarapan bahkan makan malam. Beragam menu yang dapat Anda sajikan seperti nasi kucing, soto, nasi bungkus, beragam minuman dan tak lupa gorengan. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan tempura, sate usus, sosis, camilan, dan lain sebagainya.

5. Cafe

Cafe atau tempat ngopi yang estetik dan modern tentunya masih jarang ditemukan di desa-desa. Oleh karena itu Anda dapat mencoba membuka usaha ini. Anda juga dapat memadukan cafe estetik dengan pemandangan khas desa seperti di dekat persawahan, tempat dengan view pegunungan, dan dekat dengan tempat wisata.

Selain menarik pengunjung dari daerah setempat, tentunya cafe Anda akan dikunjungi oleh pengunjung lainnya bahkan dari luar daerah untuk menikmati pemandangan yang disajikan. Cafe Anda pastinya terjamin laku dan mendatangkan banyak keuntungan.

6. Ternak Lele

Selain membuka usaha yang menjanjikan di desa bidang kuliner, Anda juga dapat membuka usaha peternakan, salah satunya yaitu ternak lele. Di desa biasanya banyak orang yang memelihara ternak seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Untuk ternak lele atau ikan pastinya jarang orang yang melakukannya.

Karena itu, Anda dapat memanfaatkannya dengan ternak lele. Nantinya lele hasil panen dapat dijual ke pasar atau ke tetangga di desa. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan lele kepada berbagai rumah makan, apalagi jika rumah makan tersebut menyediakan olahan lele.

Bisa jadi juga bahwa rumah makan tersebut akan memutuskan untuk berlangganan sehingga setidaknya Anda sudah memiliki langganan yang akan menjamin penghasilan kedepannya. Jika sudah seperti ini, Anda pun juga harus memastikan lele dalam keadaan yang sehat, aman dikonsumsi dan ukurannya sesuai dengan kriteria rumah makan.

7. Homestay atau Penginapan

Usaha yang menjanjikan di desa dengan menyediakan homestay ini cocok dilakukan untuk Anda yang berada di sekitar tempat wisata yang populer. Misalnya di sekitar pantai, puncak dan wisata lainnya. Di desa sendiri memang banyak wisata alam yang tidak bisa ditemui di kota-kota besar.

Karena itu tempat wisata tersebut pastinya akan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Tak jarang pengunjung akan mencari homestay atau penginapan yang terdekat dengan tempat wisata untuk menginap. Hal ini biasanya karena mereka ingin berlibur dan tidak puas hanya mengunjungi tempat wisata tersebut satu kali saja.

Selain itu, mereka juga akan mengunjungi wisata di sekitarnya pada hari berikutnya sehingga harus menginap. Anda dapat memanfaatkan kesempatan bagus ini untuk menyediakan homestay yang layak, bagus, dan menarik sehingga mendapat perhatian pengunjung.

8. Toko Oleh-oleh

Usaha yang menjanjikan di desa selanjutnya yaitu membuka toko oleh-oleh. Usaha ini juga cocok untuk Anda buka di daerah tempat wisata karena akan banyak dikunjungi oleh pengunjung. Mereka pun pastinya akan mampir dan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asal.

Anda dapat menyediakan berbagai olahan khas daerah dan juga berbagai souvenir yang unik seperti gelang, kalung, tas, gantungan kunci, maupun pakaian yang akan mengingatkan pengunjung akan wisata yang pernah mereka kunjungi. Contoh olahan yang dapat Anda jual seperti dodol, aneka keripik, bakpia, wingko, aneka camilan, hingga buah-buahan yang menjadi khas daerahnya.

9. Petani Sayur dan Buah

Petani adalah salah satu profesi mayoritas orang desa. Kebanyakan orang desa apalagi di dataran tinggi biasanya banyak menanam sayuran. Anda dapat mencoba menanam sayur seperti sawi, kubis, wortel, kentang, kapri, selada, dan berbagai sayuran lainnya lalu menjualnya.

Selain itu, Anda juga dapat membuka usaha perkebunan buah-buahan seperti jeruk, salak, mangga, pisang atau jika Anda berada di dataran tinggi, Anda dapat menanam apel, stroberi, alpukat, pir dan buah lainnya. Usaha yang menjanjikan di desa ini pasti mampu berjalan.

Perkebunan buah ini juga dapat menjadi peluang untuk tempat wisata yaitu seperti wisata petik apel, stroberi, atau buah lainnya. Pastinya banyak pengunjung yang tertarik untuk merasakan sensasi memanen atau memetik buah langsung dari kebunnya. Hal ini tentunya akan menambah penghasilan sekaligus dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

10. Mebel

Kebutuhan akan barang-barang mebel seperti meja, kursi, atau lemari pastinya selalu ada. Karena itu, untuk Anda yang memiliki keahlian dalam hal mebel bisa membuka usaha mebel. Anda dapat membuat berbagai barang seperti meja kursi lalu menjualnya.

Selain itu Anda juga dapat menerima pesanan dari orang-orang untuk membuatkan kebutuhannya sesuai dengan keinginan mereka. Anda juga dapat bertanya pada pelanggan apakah ada request khusus mengenai mebel yang akan dibuatkan. Dengan ini mereka pasti akan senang dengan usaha Anda dan memiliki penilaian yang bagus.

Usaha yang menjanjikan di desa satu ini pasti akan memberikan keuntungan.

11. Bengkel

Usaha selanjutnya yaitu membuka bengkel, baik motor maupun mobil. Namun pastikan juga bahwa Anda dan kru benar-benar fasih dalam menangani masalah pada motor maupun mobil. Hal ini agar kendaraan yang rusak tidak akan semakin parah. Anda juga dapat sekalian menjual berbagai kebutuhan kendaraan seperti oli, ban dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda dapat sekalian menawarkan jasa cuci motor atau mobil. Ini mengingat bahwa di desa sendiri tidak memiliki jalanan yang mulus sepenuhnya. Terkadang ada jalanan yang penuh akan lumpur atau tanah sehingga jika dilewati akan membuat kendaraan kotor.

Maka tak heran jika banyak pemilik kendaraan memilih menggunakan jasa cuci kendaraan untuk membersihkannya.

12. Tempat Print dan Fotocopy

Jika Anda berada di sekitar sekolah baik SMP atau SMA maka usaha yang menjanjikan di desa yang dapat Anda buka adalah tempat print dan fotocopy. Hal ini karena tentunya siswa-siswi bahkan guru akan memiliki berbagai keperluan untuk print materi atau memfotocopynya. Karena itu usaha Anda pastinya akan laku.

Selain print dan fotocopy, Anda juga dapat sekalian menjual berbagai alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol, buku, penggaris, buku gambar, dan keperluan lainnya.

13. Jasa Rias Pengantin

Usaha yang menjanjikan di desa selanjutnya yaitu dengan membuka jasa rias, baik rias pengantin maupun untuk keperluan rias lainnya seperti untuk wisuda atau acara pertunangan. Tentunya di desa pun orang juga banyak membutuhkan jasa rias.

Anda dapat membuat riasan yang modern dan kekinian sehingga akan banyak menarik orang bahkan anak muda sekalipun. Riasan make up yang biasa tentunya sudah dianggap jadul dan ketinggalan zaman sehingga orang-orang akan enggan menggunakannya.

Kemudian Anda juga dapat menyediakan sewa pakaiannya sekalian, bahkan dapat Anda tambah dengan sewa keperluan tenda, karpet, sound system dan lain sebagainya. Untuk jenis pakaiannya juga dapat seperti pakaian pengantin baik modern atau tradisional, kebaya, gaun, kemeja, jas dan lain sebagainya.

Jadi selain menggunakan jasa make up pelanggan dapat sekalian menyewa berbagai keperluan tenda, sound system, dan lainnya.

14. Klinik

Usaha yang menjanjikan di desa selanjutnya jika Anda seorang dokter adalah dengan membuat klinik sendiri. Hal ini karena kebanyakan orang lebih memilih pergi ke klinik untuk memeriksakan diri ketika sakit daripada pergi ke puskesmas atau rumah sakit. Hal ini lantaran biasanya biaya di klinik lebih murah.

Selain itu nantinya obat yang akan diberikan juga sama saja. Karena ini klinik Anda pastinya akan ramai dikunjungi apalagi jika di daerah Anda masih jarang klinik atau rumah sakit. Namun, Anda harus tetap serius dalam menangani pasien. Anda harus mendiagnosa pasien dan memberikan pengobatan yang tepat serta jangan sampai Anda melakukan malpraktek atau hukuman akan menanti Anda.

15. Toko Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan pokok dan tak pernah surut peminatnya. Dengan menjual berbagai ragam model pakaian tentunya toko Anda akan menjadi usaha yang menjanjikan di desa. Anda dapat menyediakan berbagai pakaian baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Beragam pakaian tersebut seperti pakaian muslim, pakaian santai, kaos, celana, kemeja, seragam, baju batik, daster, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan berbagai kerudung dengan jenis yang beragam seperti pashmina, kerudung segi empat maupun kerudung jadi. Mukena dan sajadah dengan berbagai warna, ukuran, dan motif juga dapat Anda sediakan.

Itulah beberapa usaha yang menjanjikan di desa rekomendasi dari VisitPare.com yang dapat Anda coba jalani. Tentu dalam memulainya Anda akan mengalami kesusahan, tetapi Anda tidak boleh menyerah. Terus berusaha dan pantang menyerah adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *