Gaji Lulusan Teknik Kimia dan Pilihan Karirnya

Banyak orang tidak mengetahui bahwa gaji lulusan teknik kimia terbilang besar. Terlebih lagi jika bekerja di perusahaan besar dan meniti karir sejak dini. Selain itu ada banyak perusahaan yang juga sangat membutuhkan tenaga dari para lulusan teknik kimia ini. Artinya kesempatan bekerja lun semakin tinggi. 

Mengenal Gaji Lulusan Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan cabang ilmu yang di dalamnya mempelajari tentan ilmu alam, eksperimen kimia, serta fisika. Selain itu ada pula ilmu biologi, matematika, ekonomi, dan juga desain. Ini merupakan ilmu yang mempelajari rekayasa teknik, pengelolaan bahan mentah, hingga barang setengah jadi menjadi barang jadi. 

Bacaan Lainnya

Mengenal Gaji Lulusan Teknik Kimia

Dalam praktiknya, jurusan teknik kimia ini lebih banyak dibutuhkan untuk keperluan rancangan pabrik. Misalnya seperti pabrik kimia, biproses, pabrik pangan, dan sejenisnya. Tentunya jurusan ini pun mempelajari berbagai proses pemeliharaan kimia di dalam pabrik sehingga bisa bekerja lebih cepat dan efisien.

Selama perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan berbagai pilihan mata kuliah. Misalnya mengenai kimia, fisika dasar, kalkulus, matematika teknik kimia, dan lainnya. Ada juga mikrobiologi industri, teknik reaksi kimia, dan mekanika fluida. Pada tahun akhir akan ada mata kuliah industri kimia keberlanjutan.

Berapa Rentang Gaji Lulusan Teknik Kimia

Seorang lulusan teknik kimia bisa mendapatkan gaji sekitar 2.7 juta – 10.7 juta per bulan. Namun apabila bekerja sebagai teknisi teknik kimia maka gajinya sekitar 2 juta – 5.2 juta per bulan. Kemudian bisa mendapat kenaikan gaji ketika sudah 5 tahun bekerja sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Berapa Rentang Gaji Lulusan Teknik Kimia

Namun sayangnya melalui gaji yang terbilang besar ini, masih sangat jarang calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusannya. Padahal lapangan pekerjaannya oun luas, bahkan para lulusan bisa membuka agensi kosmetik. Selain itu masih ada banyak lagi peluang karir untuk alumni teknik kimia ini.

Lulusan teknik kimia pun dapat berkarir di luar negeri. Terlebih lagi jika mengambil studi spesialis dan menambah pengalaman. Tentu Anda memahami berbagai keunggulan bisa bekerja di luar negeri. Salah satunya adalah gaji dan kesejahteraan pekerja bisa lebih menjanjikan.

Pilihan dan Jenjang Karir Lulusan Teknik Kimia

Sebelumnya penulis telah menyampaikan bahwa lulusan teknik kimia memiliki berbagai pilihan karir. Prospeknya pun juga menjanjikan, bisa mendapatkan fasilitas kemudian naik jabatan.  Berikut beberapa pilihan karir bagi lulusan teknik kimia yang bisa menjadi pertimbangan.

Baca juga : Gaji lulusan kehutanan

Pilihan dan Jenjang Karir Lulusan Teknik Kimia

1. Industri Pangan

Kehadiran tenaga kerja teknik kimia di industri pangan adalah hal yang lumrah. Lulusan teknik kimia akan menggunakan ilmu sifat fisis, mikrobiologi, dan hubungannya dengan kimia. Hal ini berlaku sejak proses perencanaan, uji coba, dan pengolahan produk makanannya.

Selain itu, jasa teknik kimia juga bertanggung jawab dalam proses pengolahan limbah produksi. Pastikan pabrik tidak membuang limbah produksi, terutama bahan dasar kimia, secara sembarangan. Tentu hasilnya bisa mencemari lingkungan dan pabrik mendapat denda atau menanggung biaya ganti rugi yang besar.

2. Quality Control

Bekerja sebagai quality control juga bukan hal yang asing bagi lulusan teknik kimia. Tugas pekerjaannya adalah memastikan standar dan kriteria dasar setiap produk. Standar itu harus terpenuhi dengan baik ketika uji coba. Selain itu tenaga quality control juga melakukan uji kualitas setiap produk.

Ketika terjadi kendala atau ketidaksesuaian maka petugas quality control juga bertanggung jawab. Kemudian melakukan evaluasi serta perbaikan untuk uji coba selanjutnya. Rata rata gaji seorang quality control di pabrik sekitar 7 juta per bulan, bisa lebih tinggi apabila berada di posisi manajer.

3. Industri Kosmetik

Industri kosmetik sangat membutuhkan tenaga teknik kimia. Kosmetik ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu skincare dan make up. Tentu keduanya berasal dari perpaduan bahan kimia sehingga tercipta berbagai produk bermanfaat untuk kulit dan kecantikan.

Bekerja di industri kosmetik sebagai lulusan teknik kimia bisa berada di posisi apa saja. Mulai dari research and development, quality control, dan lain sebagainya. Biasanya posisi yang cocok untuk lulusan teknik kimia di industri ini adalah research and development atau pengembangan produk.

4. Manufacturing Engineering

Manufacture engineering memiliki tanggung jawab seperti merancang dan mengembangkan hasil produksi sesuai jadwal SOP yang berlaku. Selain itu ia juga meneliti dan mengirimkan hasil produksinya sesuai dengan anggaran dan rencana yang telah disiapkan.

Berdasarkan tugas kerja itu maka seorang lulusan teknik kimia yang tertarik dengan pekerjaan ini harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Selain itu ia pun juga harus pandai dalam merancang anggaran serta komunikasi ke berbagai divisi yang berhubungan. Perihal gajinya sendiri cukup menarik yaitu sekitar 18 juta per bulan.

5. Research and Development

Bidang pekerjaan yang lebih di kenal sebagai R&D ini memiliki tanggung jawab dalam penelitian. Adapun topik penelitiannya adalah berkisar lada produk dari perusahaan. Penelitiannya pun dilakukan secara lengkap, mulai dari perancangan ide produk baru, pembuatan formula, hingga uji coba. 

R&D juga bertugas mendesain atau merancang ulang suatu produk sehingga terbarukan. Berdasarkan hal itu maka tenaga Research and Development ini harus memiliki kemampuan analisa, problem solving, pemikiran yang kreatif. Tentu semua tugas dan kualifikasi pekerjaannya sebanding dengan gaji besarnya yaitu sekitar 4 – 9 juta per bulan.

6. Pertambangan dan Perminyakan

Tahukah Anda bahwa ternyata seorang lulusan teknik kimia juga bisa bekerja di bidang pertambangan dan perminyakan. Selama masa perkuliahan pun mempelajari tentang termodinamika dan mekanika fluida. Selain itu ada pula mata kuliah lain yang dapat bermanfaat dalam bidang pekerjaan ini.

Di samping bertanggung jawab langsung dalam pengeboran minyak, lulusan teknik kimia juga mengkalkulasi atau menghitung. Kalkulasi ini berhubungan dengan proses pengeboran minyak atau aktivitas pertambangan. Melalui tugas itu maka penting sekali untuk memiliki kemampuan analisis yang baik.

Kompetensi Skill Untuk Lulusan Teknik Kimia

Setelah mengetahui gaji lulusan teknik kimia dan pilihan karirnya maka ketahui pula kompetensi skill. Kompetensi ini bisa juga diartikan sebagai keahlian yang harus Anda miliki. Melalui berbagai keahlian ini maka proses pencarian kerja juga bisa jadi lebih mudah.

Kompetensi Skill Untuk Lulusan Teknik Kimia

1. Kemampuan Menerapkan Ilmu Matematika dan Sains

Hal paling penting adalah pekerjaan harus bisa menerapkan ilmu matematika dan sains serta kimia dengan baik. Ketiga ilmu itu sendiri sangat penting untuk berbagai bidang pekerjaan. Ilmu matematika itu sendiri juga bisa Anda terapkan dalam kehidupan pribadi, demikian pula dengan sains, kimia, dan fisika.

Selain ketiga ilmu ini, seorang lulusan teknik kimia juga perlu pandai ilmu mengenai rekayasa. Ini berhubungan dengan pengembangan produk atau tugas pekerjaan lainnya. Melalui kemampuan rekayasa yang baik maka Anda juga bisa menerapkan ilmu lainnya secara baik dalam praktek kerja.

2. Kemampuan Merancang dan Melakukan Percobaan

Jurusan teknik kimia tidak akan jauh dari yang namanya uji coba, baik itu produk atau percobaan teori baru. Demikian pula di ranah pekerjaan, Anda akan lebih sering berhadapan dengan uji coba. Maka dari itu penting bagi lulusan teknik kimia memiliki kemampuan merancang dan melakukan percobaan.

Merancang percobaan ini misalnya seperti menyusun langkah-langkah benar untuk melakukan percobaan. Melalui pembuatan panduan itu maka diharapkan percobaan berjalan lancar, aman, dan mencapai tujuan atau hasil yang peneliti inginkan. Selain itu juga berguna untuk menghindari kegagalan.

3. Kerja Team dan Disiplin

Dalam dunia kerja, apapun itu bidang pekerjaannya, pasti akan bekerja secara team. Artinya Anda harus bisa bekerja sama dengan orang lain. Ini tidak hanya kerja secara kelompok melainkan juga membantu tugas teman sehingga pekerjaan team pun selesai dengan baik.

Selain kerja kelompok, bekerja di bidang kimia juga membutuhkan sifat disiplin yang kuat. Ini tidak hanya berhubungan dengan jam serta peraturan di tempat kerja namun juga proses bekerjanya. Dalam dunia kimia terdapat banyak aturan yang harus Anda taati dengan baik sehingga tidak menimbulkan kecelakaan.

4. Bertanggung Jawab dan Profesional

Sebagaimana pekerjaan pada umumnya, setiap pekerja wajib menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas masalah yang terjadi. Terlebih lagi jika mengingat setiap uji coba pasti ada kemungkinan gagal atau kecelakaan. Apabila hal itu terjadi maka peneliti atau tenaga teknik kimia harus bertanggung jawab.

Kemudian lulusan teknik kimia juga harus menjadi pribadi yang profesional. Artinya tidak mudah mencampurkan urusan pertemanan dengan pekerjaan. Selain itu profesional juga berlaku dalam hal pengambilan keputusan. Pastikan Anda bisa mempertimbangkan masing-masing opsi secara baik.

Cara Meningkatkan Gaji Lulusan Teknik Kimia

Setiap orang pasti ingin mendapatkan gaji tinggi sehingga akan melakukan apa saja. Anda juga bisa meniru hal itu dan melakukan berbagai hal yang bisa memicu kenaikan gaji atau jabatan. Misalnya seperti memperbanyak keahlian, pengetahuan, sertifikasi, dan lainnya seperti penjelasan berikut.

Cara Meningkatkan Gaji Lulusan Teknik Kimia

1. Perbanyak Keahlian dan Pengetahuan

Memperbanyak keahlian dan pengetahuan adalah hal yang wajib bagi setiap pekerja. Ini yang akan menjadi modal utama Anda dalam mencari gaji lebih tinggi. Pengetahuan lebih banyak itu bisa didapatkan melalui banyak hal. Misalnya belajar project baru atau mengambil pelatihan di luar kantor.

Demikian juga dengan keahlian, biasanya ini akan mudah hadir ketika sering melakukan uji coba. Uji coba itu sendiri bisa meliputi apa saja, baik itu uji coba produk perusahaan atau project sendiri. Agenda uji coba itu sendiri juga bisa menambahkan banyak ilmu baru ke pengetahuan Anda.

2. Memiliki Banyak Pengalaman

Pengalaman bisa datang dari mana saja, tidak hanya bekerja dari satu tempat ke yang lainnya. Misal seperti mengikuti pelatihan di luar kantor, melakukan uji coba tentang hal tertentu, atau mendapat project dari teman peneliti lain. Itu bisa menjadi catatan pengalaman Anda dan bekal naik jabatan atau gaji.

Tentunya recruiter akan melihat kerja keras Anda melalui portofolio yang penuh. Pengalaman yang pekerja miliki juga akan bermanfaat untuk perusahaan. Misalnya seperti pekerja yang sudah berpengalaman tentu akan lebih mudah melakukan berbagai tugas R&D di perusahaan baru.

Demikian tentang gaji lulusan teknik kimia yang bisa menjadi informasi menarik. Melalui penjelasan ini maka ada banyak pilihan karir lainnya yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Semoga dapat membantu menentukan pilihan dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk jenjang karir banyak orang.