7+ Jenis dan Gaji Sales Promotion Girls di Indonesia

Pekerjaan dan gaji sales promotion girls mungkin sudah menjadi perbincangan biasa di ranah publik. Pasalnya pekerjaan ini pun seringkali menjadi awal karir dari banyak wanita di Indonesia. Gajinya juga terbilang besar, terlebih lagi bisa mendapatkan bonus secara bulanan atau tahunan.

Baca juga : Gaji Pegawai Sicepat Express

Bacaan Lainnya

Gaji Sales Promotion Girls : Mengenal Profesi SPG Lebih Dekat

Sales Promotion Girls atau biasanya disebut sebagai SPG adalah sebuah pekerjaan yang berada di bidang penjualan dan pemasaran. Tugasnya untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Sebagaimana namanya, profesi ini khusus untuk wanita, namun pria juga bisa dan namanya adalah SPB.

Mengenal Profesi SPG Lebih Dekat

Biasanya pekerjaan SPG ini menggunakan sistem kontrak dan hanya aktif pada saat ada event. Posisi kerja ini juga biasanya memiliki tanggungan target. Baik itu yang berlaku saat event atau target bulanan. Tidak heran bila setiap kandidat SPG harus memiliki kemampuan sales yang kuat.

SPG sendiri juga merupakan salah satu cara atau strategi pemasaran secara langsung ke pelanggan. Berdasarkan hal itu maka pekerjaan ini memang menuntut pekerja untuk berpenampilan yang menarik dan berkaitan dengan produknya. Selain itu, seorang SPG juga harus mengetahui segala informasi tentang produknya.

Gaji Sales Promotion Girls dan Tugasnya

Sebelumnya penulis sempat menyampaikan bahwa aku seorang SPG bisa jadi tinggi dan juga mendapatkan bonus. Agar bisa menilai besar kecilnya gaji dengan adil maka Anda juga perlu mengetahui berbagai tugas kerjanya. Berikut panduan atau penjelasan lebih jelas tentang tugas kerja SPG.

Gaji Sales Promotion Girls dan Tugasnya

1. Berapa Gaji Sales Promotion Girls

Secara umum, gaji SPG sangatlah tinggi sekitar 500 ribu per jam. Apabila Anda bekerja selama 4 jam 3 hari maka tinggal hitung saja kelipatannya. Pastinya sangat besar, melebihi gaji pekerja kantoran dengan sistem kerja monoton. Namun ada juga beberapa perusahaan yang memiliki perhitungan gaji SPG berbeda.

Misalnya seperti menggunakan sistem akumulasi event di setiap bulannya. Bisa juga hanya beberapa ratus ribu untuk satu hari, atau memakai sistem gaji lainnya. Terlepas dari hal itu, pendapatan untuk pekerjaan ini tetaplah tinggi. Pasalnya tugas kerja dan kualifikasinya pun berat.

2. Menarik Perhatian Customer dan Membangun Kepercayaan

Tentunya Anda sering bertemu dengan para SPG ketika berada dalam sebuah event atau di mall. Mereka biasa tampil di posisi paling depan sebuah produk. Itu adalah keharusan dan bagian dari tugas karena wajib mampu menarik perhatian pelanggan. Baik itu dari segi penampilan atau kemampuan sales.

Adapun SOP yang berlaku untuk tugas ini adalah berpenampilan menarik, ramah, dan murah senyum. Ketika hal ini sudah berhasil mereka lakukan maka selanjutnya adalah menawarkan produk. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai trik terbaik bermain dengan psikologi pelanggan agar bisa berhasil menjual produk.

3. Menjelaskan Deskripsi Produk

Selama menawarkan produk, SPG harus menjelaskan informasi dan keunggulan produk dengan baik. Artinya informasi yang mereka sampaikan harus lengkap serta menyampaikan dengan sederhana. Jangan berbicara terlalu cepat atau menggunakan kata-kata yang tidak umum.

Kemudian juga harus menjelaskan setiap rinci atau detail produk yang pelanggan tidak pahami. Hal ini bisa membantu SPG dan pelanggan dalam membuat hubungan kepercayaan yang baik. Jika hubungan itu sudah terbangun maka proses selanjutnya jadi bisa lebih mudah.

4. Memberikan Penawaran Favorit

Setiap perusahaan dan produk pasti memberikan briefing tentang penawaran produk. Berawal dari briefing ini maka SPG perlu memodifikasi kata-kata penyampaiannya sehingga bisa lebih menarik. Namun jangan lupakan tentang keuntungan bagi perusahaan, jangan sampai membuat penawaran yang merugikan.

Jika SPG ingin memberikan penawaran yang berbeda, alangkah baiknya konsultasi lebih dulu pada SPV. Kemudian SPG akan mendapatkan informasi baru yang menjadi acuan untuk membuat penawaran ke pelanggan. Jadi tidak menimbulkan kerugian atau kesalahpahaman di kedua belah pihak.

5. Mencatat Hasil Penjualan

Ketika sudah berhasil terjadi penjualan maka SPG harus mencatat transaksi itu. Tentunya ini akan menjadi catatan untuk perusahaan dan dokumentasi pribadi. Pencatatan ini sendiri mencakup informasi barang yang terjual, jenis produk, banyaknya jumlah produk, dan total keseluruhan harga.

Biasanya perusahaan sudah memberikan format pencatatan sehingga SPG hanya perlu mengikutinya saja. Kemudian hasil pencatatan itu akan diserahkan ke atasan sebagai laporan kerja. Di sisi lain, ada beberapa perusahaan yang mempertimbangkan ini sebagai penentuan nominal gajinya.

6. Melaksanakan Tugas Sesuai Prosedur yang Berlaku

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki SOP aa atau Standar Operasional Kerja di setiap divisi termasuk SPG. SOP seorang SPG sendiri terbagi menjadi beberapa macam, misalnya seperti melakukan pemesanan produk untuk pelanggan, menyapa pelanggan, dan lain sebagainya.

Seorang SPG tentu harus mengikuti SOP yang berlaku agar tidak menimbulkan kesalahan. Pasalnya kesalahan atas dasar keluputan SOP ini sangat fatal. Bisa membuat citra perusahaan buruk, menimbulkan kesalahpahaman dengan pelanggan, dan memutuskan hubungan kepercayaan antara brand dengan pelanggan.

Berbagai Jenis Jabatan dan Gaji Sales Promotion Girls

Tahukah Anda bahwa ternyata pekerjaan SPG terbagi ke dalam beberapa jenis. Misalnya seperti SPG reguler, SPG event, event reguler, beauty advisor, dan masih banyak lagi. Pembagian jenis ini tentu berdasarkan tugas dan bidang kerjanya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenisnya.

Berbagai Jenis Jabatan

1. SPG Reguler

SPG reguler merupakan jenis pegawai tetap dengan proses seleksi seperti pekerjaan lain. Mengingat ini adalah SPG tetap maka tugas kerjanya pun beda dengan SPG event. Seorang SPG tetap memiliki tugas yang hampir menyeluruh di bidang promosi, pemasaran, dan penjualan produk. 

Adapun contoh tugasnya adalah seperti memajang produk di etalase toko, mendata produk yang ada, membersihkan produk, dan tentu melayani pembeli. Jenis SPG ini juga harus mengikuti aturan yang berlaku di tempat kerjanya. Perihal gaji Sales Promotion Girls Reguler ini ialah sesuai dengan standar UMR.

2. SPG Event

SPG Event merupakan pekerjaan yang lebih profesional karena perusahaan akan memberikan pelatihan khusus sebelum terjun ke lapangan. Sistem kerjanya juga beda dengan SPG reguler yaitu menggunakan hitungan jam, bukan hari. Biasanya SPG event hanya bekerja 4 – 6 jam per hari dan hanya pada saat event berlangsung.

Berdasarkan hal itu maka artinya SPG Event tidak bekerja apabila tidak ada event. Biasanya event itu sendiri berlangsung di mall atau acara besar tertentu seperti konser dan pameran. Untuk tugasnya sendiri meliputi membagikan brosur, menjual produk, dan mengenalkan produk ke calon pelanggan.

3. SPG Reguler Event

Ada pula jenis SPG reguler event yang merupakan gabungan dari SPG reguler dan event. Jenis satu ini memiliki tugas membantu SPG reguler dan mengikuti event sesuai arahan perintah perusahaan. Statusnya adalah karyawan tetap namun memiliki sistem gaji bulanan + gaji event.

Tugas seorang SPG reguler event tentunay sama dengan kedua jenis di atas. Biasanya SPG reguler event juga menggunakan sistem shift sehingga bergantian dengan temannya. Mengingat bahwa jenis SPG ini mengemban dua tugas sekaligus maka karyawan harus siap dengan segala tanggung jawabnya.

4. Beauty Advisor

Pernah mendengar profesi beauty advisor? Pada dasarnya itu merupakan pekerjaan SPG namun berada dalam bidang kecantikan. Seorang beauty advisor bertugas untuk membantu pelanggan untuk menemukan produk kecantikan sesuai kebutuhan mereka. 

Artinya seorang beauty advisor harus mengerti banyak hal yang berhubungan dengan kecantikan. Misalnya kulit kering harus menggunakan produk A atau info lainnya. Untuk gajinya sendiri mulai dari 2 jutaan hingga 5 juta tergantung jabatan atau jenjang karirnya.

5. Demonstrator

Selain SPG yang menjual produk, ada juga posisi demonstrator. Tugasnya adalah mendemonstrasikan produk dari perusahaan ke pelanggan atau calon pembeli. Proses demonstrasi atau mempraktikkan cara pakai produk ini bisa terjadi secara fisik atau online, terlebih lagi jika mengingat bahwa kini berada di era digital.

Seorang demonstrator harus bisa mengetahui cara kerja produk, informasi, manfaat, dan kenapa pelanggan harus memiliki produk itu. Melalui informasi seperti itu maka pelanggan akan tertarik dan membelinya. Sistem gaji demonstrator sendiri bisa dengan hitungan jam atau gaji pokok.

6. Event Staff

Sebelumnya ada jenis SPG event, kini tersedia lagi event staff. Posisi event staff ini biasanya bekerja di acara besar seperti konsel, pameran, atau festival. Seorang event staff tidak akan bekerja sendiri melainkan perusahaan akan mengirimkan beberapa orang di dalam satu event.

Tugas seorang Event Staff adalah membantu berjalannya acara, mempromosikan produk atau jasa, dan memberikan informasi terkait acara. Kemudian ia juga harus membantu pelanggan untuk menemukan produk yang cocok sesuai dengan kebutuhannya. Untuk gajinya sendiri bisa sekitar 2 jutaan.

7. Merchandiser

Pekerjaan SPG tidak selamanya harus tampil di depan umum, contohnya seperti jenis merchandiser ini. Merchandiser ini sendiri adalah seseorang yang bertugas untuk mengatur tata letak produk di sebuah toko. Tujuannya agar pelanggan bisa tertarik lebih cepat terhadap produk tersebut.

Jenis pekerjaan SPG sau ini cocok untuk orang yang tidak mahir berbicara di depan umum. Dalam pelaksanaan kerjanya, ia akan bekerja sama dengan sales atau tim penjualan. Biasanya pekerjaan ini menganut sistem gaji pokok bulanan, bisa juga mendapatkan bonus apabila berhasil melampaui target.

8. Mystery Shopper

Masih ada satu lagi jenis SPG yang belum banyak orang ketahui yaitu Mystery Shopper. Posisi kerja ini merupakan orang  yang melakukan survei penjualan secara anonim atas nama perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kinerja SPG dan kualitas layanan pada pelanggan di sebuah toko.

Mystery shopper datang ke sebuah toko sebagai pelanggan biasa di mana SPG bekerja. Kemudian ia akan membuat laporan mengenai pengalaman berbelanja mereka. Tentunya laporan itu termasuk bagaimana SPG melayani kemampuan mereka menjelaskan produk, dan lain sebagainya.

Keahlian Penting Untuk Gaji Sales Promotion Girls

Seorang SPG tentunya harus memiliki berbagai keahlian untuk bisa melakukan tugas mereka dengan baik. Adapun beberapa keahlian atau kemampuan penting ialah seperti komunikasi, skill menjual barang, mengetahui informasi produk dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lebih lanjut untuk setiap poin.

Keahlian Penting Untuk

1. Kemampuan Komunikasi 

Kemampuan komunikasi sudah pasti menjadi hal yang penting bagi setiap SPG. Pasalnya mereka akan berhadapan dengan orang baru yang banyak. Mereka harus bisa menyampaikan informasi produk secara sederhana agar pelanggan bisa mudah mengerti dan tertarik untuk membeli produk.

Kemampuan komunikasi ini juga mencakup ke rekan kerja. Tujuannya adalah untuk menghindari konflik atau kendala dengan rekan. Tentunya Anda juga paham bahwa mengalami masalah atau miskomunikasi dengan rekan kerja akan membuat suasana jadi tidak nyaman. 

2. Kemampuan Menjual

Berawal dari kemampuan komunikasi, maka lambat laun SPG akan mahir menjual produk. Pada dasarnya kemampuan menjual ini sendiri juga harus mengalami pelatihan lagi secara rutin. Misalnya seperti memahami cara membuat produk jadi lebih menarik atau mempengaruhi pelanggan untuk membeli.

Melalui kemampuan menjual inilah, seorang SPG bisa mendapatkan banyak bonus. Semakin bagus keahlian yang mereka miliki maka akan semakin besar pula bonus yang mereka terima. SPG bisa belajar kemampuan menjual ini dari berbagai sumber, seperti youtube, mentor, instagram, atau buku.

3. Pengetahuan Produk

Kemampuan mengetahui dan menguasai informasi tentang produk juga merupakan hal penting. Seorang SPG harus memiliki keahlian mengingat banyak informasi karena seringkali spesifikasi produk tidak semudah yang Anda bayangkan. Pengetahuan produk ini juga sangat penting sebagai bahan promosi.

Seorang SPG juga tentunya harus mengetahui segala informasi produk secara hafal di luar kepala. Tidak lucu apabila SPG mencontek dari HP ketika sedang menawarkan ke pelanggan. Walaupun hal itu bukan masalah besar namun jangan Anda jadikan sebagai kebiasaan karena akan berdampak buruk.

4. Bekerja dalam Tim

Serang SPG tidak hanya bekerja sendiri, ada beberapa kondisi tertentu di mana ia harus bekerja secara tim. Misalnya seperti sama-sama bekerja keras semaksimal mungkin untuk mencapai target. Tugas itu tentunya membutuhkan skill kerja sama tim yang baik. Misalnya dengan tidak menjadi egois.

Kemampuan bekerja dalam tim ini juga bisa mempengaruhi hubungan pertemanan dengan rekan kerja. Ketika seorang pekerja tidak bisa bekerja dalam tim maka ia akan memberatkan timnya. Kemudian lambat laun rekan kerja yang lain menjadi lebih kesal dan mulai terjadi konflik internal.

5. Keterampilan Interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah skill membangun dan menjaga hubungan antara satu orang dengan yang lain. Artinya ini merupakan hubungan dua pihak, bukan satu dengan kelompok. Secara contoh nyata ialah seperti SPG dengan pelanggan, tentunya SPG harus menjaga hubungan di antara mereka.

Hal ini akan berpengaruh dengan citra perusahaan. Ketika SPG tidak memiliki hubungan yang erat dengan pelanggan maka ia akan pergi ke brand lain. Lambat laun itu akan menjadi ancaman serius untuk bisnis perusahaan. Maka dari itu pasti setiap perusahaan mencari SPG dengan kemampuan interpersonal.

6. Bisa Menghadapi Tantangan

Pada dasarnya setiap pekerjaan uga akan memiliki tantangannya masing-masing. Untuk pekerjaan SPG sendiri memiliki tantangan besar di bagian target. Target penjualan ini menjadi hal wajib yang harus SPG penuhi. Terkadang ada beberapa perusahaan yang memasang target tinggi sehingga menyulitkan SPG.

Untuk bisa menyelesaikan masalah itu maka seorang SPG juga harus terbiasa dengan tantangan. Kemampuan ini juga akan sangat berguna dalam keseharian mereka. Misalnya seperti menghadapi pelanggan yang sulit membeli produk, pelanggan yang rese, dan berbagai pengalaman kerja lainnya.

Demikian tentang gaji Sales Promotion Girls atau SPG yang bisa Anda ketahui. Semoga pengetahuan baru ini bisa memberikan informasi yang Anda butuhkan. Jika ingin menjadi seorang SPG, jangan lupa untuk memaksimalkan kemampuan komunikasi dan menjual. Kemudian juga menjaga penampilan agar menarik.