Gaji TKI Arab Saudi dan Syarat Kerjanya

Banyak orang mengetahui bahwa gaji TKI Arab Saudi sangatlah besar. Tidak heran sejak dulu banyak orang berbondong – bondong ingin bekerja sebagai TKI ke tanah Arab. Tidak sedikit pula yang pulang dengan membawa kekayaan untuk keluarganya. Hingga saat ini pun makin banyak orang yang ingin bekerja jadi TKI.

Pilihan Bidang Kerja dan Gaji TKI Arab Saudi

Masyarakat mengenal pekerjaan TKI hanya menjadi asisten rumah tangga. Padahal ada banyak pilihan jenis pekerjaan lainnya yang dapat mereka pilih. Tentunya membutuhkan kemampuan khusus, bahkan bisa juga harus menyertakan sertifikat keahlian. Walaupun demikian, gaji yang didapatkan sudah pasti tinggi.

Bacaan Lainnya

Baca juga : Gaji Beauty Advisor

Pilihan Bidang Kerja dan Gaji TKI Arab Saudi

1. Akuntan

Akuntan adalah pekerjaan di dunia keuangan yang tugasnya membuat laporan keuangan, menghitung, dan melakukan pengawasan. Ia bekerja untuk lembaga, instansi, atau perusahaan baik itu kecil, menengah maupun besar. Dunia akan selalu membutuhkan tenaga akuntan selagi masih ada perusahaan yang berkembang.

Gaji seorang akuntan ketika ia menjadi TKI Arab Saudi adalah 10600 SAR atau sekitar 41 juta per bulan. Ini merupakan nominal yang fantastis, terlebih lagi jika mengingat biaya hidup di Arab Saudi yang tidak terlalu tinggi. Jadi pekerja akuntan bisa menabung sisa gaji mereka untuk keluarga di tanah air.

2. Auditor Internal

Selain akuntan, ada juga profesi lain di dunia keuangan yaitu auditor internal. Tugas seorang auditor internal adalah menyiapkan dan melaksanakan rencana kerja audit. Kemudian ia juga bertugas untuk menetapkan frekuensi audit atau pemeriksaan keuangan pada perusahaan atau lembaga. 

Auditor internal juga memiliki tugas lain yaitu melakukan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko terhadap kebijakan perusahaan. Melalui tugasnya yang berat ini, TKI pada profesi internal audit mendapatkan gaji sebesar 15100 SAR atau hampir 60 juta per bulan.

3. Resepsionis

Bagi orang yang senang dengan keramahan dan melayani orang lain maka bisa mendaftarkan diri menjadi resepsionis. Tugasnya adalah menerima dan meneliti segala informasi mengenai tamu yang datang berkunjung. Resepsionis ini bisa bekerja di gedung mana saja, baik itu hotel, perkantoran, atau lainnya.

Gaji seorang resepsionis mulai dari 7560 SAR atau dalam rupiah sama dengan 29 juta per bulan. Namun nominal pendapatan ini juga tergantung dengan perusahaan tempat bekerja. Data hanya menunjukkan secara rata-rata, artinya Anda bisa dapat gaji lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari 29 juta per bulan ini.

4. Sekretaris

Sekretaris identik dengan tugas penulisan dan catat mencatat dokumen. Namun tahukah Anda bahwa sekretaris mengemban tugas lebih dari itu. Salah satu contohnya ialah menjaga dokumen dan segala informasi rahasia perusahaan dengan baik. Jadi jangan sampai informasi penting tersebar ke publik.

Selain itu seorang sekretaris juga bertugas mengatur dan mencatat hasil rapat, menerima dan meneruskan panggilan, serta melakukan pencatatan administrasi. Untuk beban kerja seperti ini, sekretaris di Arab Saudi akan mendapatkan gaji rata-rata 7020 SAR atau sekitar 27 juta per bulan.

5. Graphic Designer

Graphic designer merupakan profesi yang kini mulai terkenal di seluruh jajaran dunia, termasuk Indonesia. Gaji seorang graphic designer mandiri saja sudah bisa mencapai 2 digit atau puluhan juta. Tugasnya tentu membuat design tertentu sesuai permintaan klien atau perusahaan.

Di Arab Saudi sendiri, seorang graphic designer akan mendapatkan gaji sekitar 9670 SAR atau 38 juta per bulan. Itupun jika Anda bekerja di bawah naungan perusahaan yang artinya nominal bisa leih besar lagi apabila juga melayani klien lain. 

6. Pilot

Pasti banyak orang yang cita-cita masa kecilnya menjadi pilot dan ingin melihat seluruh dunia dari atas. Anda dapat mewujudkan cita cita itu di Arab Saudi dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia. Gaji seorang pilot TKI Indonesia juga tidak kalah tinggi, yaitu sekitar 28300 SAR atau 112 juta per bulan.

Namun ketahuilah bahwa untuk bisa menjadi pilot harus masuk ke sekolah penerbangan lebih dulu. Kemudian mendapatkan lisensi penerbangan yang bisa berlaku untuk beberapa bulan. Anda jga tidak bisa langsung menjadi pilot komersial ada beberapa jenjang karir yang harus dilalui lebih dulu.

7. Pramugari

Selain pilot, ada juga pramugari yang juga bergaji besar di Arab Saudi. Tugasnya ialah memastikan penerbangan berjalan dengan aman dan nyaman bagi penumpang. Selain itu juga memastikan bahwa di pesawat sudah tersedia berbagai kebutuhan emergency, seperti obat-obatan dan lain sebagainya.

Pramugari di Arab Saudi akan mendapat gaji berkisar 10700 SAR atau 42 juta per bulan. Tentunya ini di luar berbagai tunjangan yang biasa pramugari dapatkan. Misal seperti seragam kerja, koper, tunjangan transportasi, akomodasi, dan lain sebagainya.

8. Arsitek

Apakah Anda merupakan orang yang senang menggambar atau merancang sebuah bangunan? Atau bahkan sudah menyelesaikan studi arsitek dan ingin berkarir di luar negeri? Cobalah daftar sebagai TKI di Arab Saudi untuk profesi arsitek, sudah pasti akan mendapatkan gaji tinggi dan apresiasi kerja.

Arab Saudi sendiri sangat menghargai pekerjaan arsitek karena sudah menciptakan berbagai karya seni melalui bangunan. Untuk gajinya sendiri sekitar 18600 SAR atau 73 juta per bulan, tentu ini masih dalam hitungan rata-rata. Artinya Anda berkesempatan mendapatkan gaji lebih dari itu.

9. Teller

Semua negara pasti memiliki bank, baik itu bank nasional dan bank daerah. Jika Anda tidak berhasil mendaftarkan diri jadi teller di berbagai bank Indonesia maka cobalah ke Arab Saudi. Gajinya terhitung lebih besar yaitu sekitar 23 juta per bulan. Selain itu jenjang pekerjaannya juga menjanjikan loh.

Perihal tugas kerjanya sudah pasti sama seperti teller pada umumnya yaitu membantu nasabah melakukan transaksi. Selain itu Anda juga akan menerima uang cash, cek, atau berbagai bentuk pembayaran sah lainnya. Seorang teller juga perlu memverifikasi data nasabah dan dokumennya.

10. Manager Cabang Bank

Bagi orang yang sudah sukses menjadi teller di Indonesia dan ingin naik jabatan menjadi manajer sekaligus pindah tempat kerja maka bisa ikut TKI ke Arab Saudi. Seorang manajer cabang bank di Arab Saudi akan mendapatkan gaji sekitar 110 juta per bulan di luar tunjangan.

Setiap posisi manajer sudah pasti akan mendapat tambahan tunjangan kerja. Jadi nominal gaji yang akan Anda terima bisa lebih besar. Selain itu melalui nominal gaji besar ini maka kehidupan di Arab Saudi pun bisa lebih baik. Misalnya tinggal di apartemen berkelas, memiliki kendaraan pribadi dan lainnya.

Persentase Kenaikan Gaji TKI Arab Saudi Tahunan

Setiap negara pasti mengalami inflasi dan ini harusnya sejalan dengan kenaikan gaji. Itulah yang terjadi di Arab Saudi, setiap tahunnya akan mengalami kenaikan gaji sekitar 8%. Artinya semakin lama Anda bekerja maka semakin banyak pula gaji yang akan diterima.

Persentase Kenaikan Gaji TKI Arab Saudi Tahunan

Namun terkadang persentase kenaikan gaji ini bisa jadi 6% per bulan tergantung berbagai kondisi. Itupun tidak berlaku di seluruh divisi atau bidang kerja. Jadi mungkin saja bidang kerja yang Anda pilih saat ini tidak mengalami kenaikan gaji setiap tahunnya atau bisa juga ada kenaikan gaji namun dalam nominal kecil.

Di samping itu ada pula gaji TKI Arab Saudi atau upah kerja per jam yang mana juga berlaku di beberapa negara besar lainnya. Upah per jam di Arab Saudi ini ialah sekitar 300 ribu dan memiliki rumus tersendiri untuk menghitungnya. Jadi setiap pekerjaan memiliki standar upah per jam yang berbeda.

Syarat Kerja Gaji TKI Arab Saudi

Setelah melihat berbagai jenis pekerjaan dan rata-rata kenaikan upah di atas pasti Anda semakin tergiur ingin bekerja sebagai TKI. Jika memang sudah yakin dengan keputusannya maka bisa langsung mengumpulkan syarat yang ada.berikut penjelasan lebih lengkap mengenai persyaratan untuk daftar TKI Arab Saudi.

1. Syarat Dokumen Pribadi

Persyaratan dokumen pribadi meliputi data diri seperti akta kelahiran, KTP, Ijazah, dan status perkawinan. Semuanya perlu Anda sediakan dalam bentuk asli dan fotokopi. Kemudian jangan lupa juga untuk membuat surat keterangan izin bekerja dari keluarga demi keamanan diri pada saat bekerja.

Untuk status perkawinan, pendaftar TKI bisa menunjukkannya melalui buku nikah, baik dalam bentuk asli atau fotokopi. Selain itu calon TKI juga perlu melampirkan surat kompetensi kerja yang tentunya harus berhubungan dengan lowongan kerja yang Anda lamar.

2. Paspor dan Visa Kerja

Selepas mengumpulkan persyaratan dokumen identitas diri maka kini lanjut ke dokumen negara. Ada dua dokumen yang harus Anda siapkan yaitu paspor dan visa kerja. Untuk membuat paspor bisa langsung melalui kantor kedutaan dan membayar sejumlah uang administrasi.

Sama halnya dengan visa kerja, namun biasanya pembuatan visa kerja ini lebih rmit dan membutuhkan waktu lama. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan visa terpercaya, biasanya sudah satu paket dengan jasa agen penyalur TKI di Arab Saudi.

3. Perjanjian Kerja Resmi dan Kartu TKLN

Selanjutnya calon TKI harus menyiapkan perjanjian kerja resmi yang hanya dikeluarkan oleh perusahaan tujuan. Misalnya ingin melamar pekerjaan di bank swasta sebagai teller, maka harus mengurus surat perjanjian kerja resmi lebih dulu sebelum berangkat.

Selain itu ada pula kartu TKLN atau Tenaga Kerja Luar Negeri. Dokumen ini dikeluarkan langsung oleh kementerian luar negeri dan biaya pembuatannya itu sekitar 1.5 juta -3 juta per orang. Namun pembuatannya sendiri cukup singkat, hanya dalam hitungan menit sehingga tidak perlu menunggu.

4. Mendaftarkan Diri ke Disnaker Terdekat

Setelah semua persyaratan terkumpul maka kini tinggal mendaftarkan diri dan menyerahkan dokumen ke disnaker setempat. Namun biasanya para TKI Arab Saudi lebih memilih menggunakan jasa penyalur TKI resmi dan terpercaya. Artinya mereka juga tidak perlu mengurus segala dokumen dan tata caranya sendiri.

Namun menggunakan jasa seperti ini tentu butuh dana lebih besar lagi. Jadi jika Anda tidak menyediakan dana lebih maka hanya bisa mengurus sendiri ke disnaker. Caranya pun mudah, datang ke kantor disnaker daerah dan katakan ingin mendaftar menjadi TKI di Arab Saudi.

Demikian tentang gaji TKI Arab Saudi yang banyak orang tanyakan. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi baru bagi anak muda dan golongan masyarakat lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi mental dan biaya hidup apabila yakin ingin bekerja di negeri Arab Saudi.