10 Tips Masuk STAN yang Jarang Diperhatikan

10 Tips Masuk STAN yang Jarang Diperhatikan

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) termasuk jenjang sekolah tinggi yang sangat diminati. Sebab selama masa kuliah tidak ada biaya apapun yang dibebankan kepada mahasiswa. Menariknya setelah lulus semua mahasiswa bisa bekerja di Instansi pemerintah. Banyak orang yang ingin masuk STAN, sehingga kami harus buat artikel tips masuk STAN.

10 Tips Masuk STAN yang Wajib Siswa Tahu

Peluang seperti ini yang membuat calon mahasiswa ingin lulus di sekolah tersebut. Ada beberapa tips masuk STAN yang bisa kamu coba jika ingin lulus semua tes masuk sekolah tersebut. 

Dengan menerapkan semua tips ini peluang untuk bisa lulus tes semakin besar. Lalu apa saja tips yang bisa dicoba oleh para pelajar agar bisa lulus di sekolah bergengsi itu? Yuk simak ulasan berikut

Niat dan Optimis

Hal pertama yang perlu dilakukan pelajar adalah niat dan selalu optimis untuk bisa masuk di sekolah tersebut. Ini sangat penting karena cita-cita seperti membuat kamu tidak ragu dan mengeluarkan seluruh kemampuan di dalam diri. 

Tanamakan di dalam diri bahwa kamu mampu dan bisa lulus di sekolah Kedinasan tersebut. Dengan seperti ini maka akan memunculkan tekad untuk bisa serius dalam mengikuti berbagai seleksi yang dilaksanakan. 

Pemetaan Soal

Untuk bisa masuk ke sekolah ini, kamu harus memahami soal apa saja yang akan dipelajari berikut pemetaannya. Di tahap seleksi ini kamu akan mengerjakan TPA, TBI dan TKD. Tes Potensi Akademik (TPA)  dalam waktu 40 menit, Tes Bahasa Inggris (TBI) 30 soal selama 20 menit dan 100 soal untuk Tes Kemampuan Dasar (TKD). 

Pemetaan ini merupakan hal dasar yang harus kamu ketahui dan pahami juga minimal soal yang dikerjakan. STAN menerapkan sistem persentase jumlah soal yang dikerjakan. Misalnya TPA, TBI atau TKD itu berapa persen dari jumlah soal yang ada. 

Time Management

Time management sangat dibutuhkan saat kamu mengerjakan soal di STAN. Rata-rata satu soal yang ada di tahap seleksi ini membutuhkan waktu kurang dari 1 menit saja. 

Karena itu kamu harus bisa membagi waktu untuk mengerjakan setiap soal yang dikerjakan. Dengan demikian ketika ada soal yang sulit bisa kamu lewati terlebih dahulu ketika nanti mengerjakan. 

Jika perlu selama proses belajar kamu belajar soal tersebut dengan durasi waktu. Dengan seperti ini maka kamu juga berlatih mengerjakan soal sesuai waktu yang ditetapkan. 

Belajar Kelompok

Belajar kelompok juga bisa jadi opsi untuk bisa sukses dan masuk di sekolah kedinasan terbaik ini. Kamu bisa mencari dan berkumpul dengan teman satu sekolah yang punya niatan masuk ke sekolah tersebut. 

Sebenarnya tidak terbatas pada teman satu sekolah tetapi bisa juga di luar sekolah juga boleh. Dengan catatan semua siswanya punya niatan untuk masuk di sekolah idaman setiap mahasiswa ini. 

Hal seperti ini sangat efektif dan bisa membuat kamu bisa belajar ketika ada soal yang belum dipahami. Kamu bisa meminta teman untuk mengajari bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. 

Mengikuti Try Out 

Banyak sekali try out yang di adakan untuk kamu yang mau mengikuti ujian tahap seleksinya. Untuk try out juga bisa di pilih baik yang secara online atau offline di berbagai tempat. 

Dalam memilih try out sebaiknya yang sudah populer saja agar hasil yang di dapatkan maksimal. Untuk biaya tidak jadi masalah karena lebih baik biaya mahal berkualitas daripada murah tetapi hasilnya minim. 

Jika ada dua try out yang sama-sama bagus maka carilah yang biayanya murah dan bisa di angsur. Model pembelajaran dan pembayaran seperti ini sangat efektif agar tidak berat di biaya. 

Selalu Berlatih Mengerjakan Soal

Tujuan mengikuti try out agar kamu bisa terbantu ketika ada soal yang belum di pahami. Namun ini semua akan nihil jika tidak di iringi dengan berlatih mengerjakan soal yang akan di buat ujian.

Proses berlatih ini umumnya di lakukan di rumah dan pastikan di lakukan secara berkala. Kamu bisa mengatur waktu terkait jam berapa saja mengerjakan soal setiap hari atau per dua harinya. 

Semakin sering kamu berlatih semakin cepat soal-soal tersebut bisa kamu kerjakan. Dalam berlatih soal sebaiknya di iringi dengan waktu agar kamu bisa mengukur kemampuan diri. 

Selalu Update Informasi

Tips masuk STAN selanjutnya yaitu sembari mengerjakan soal, kamu juga harus rajin mencari berbagai informasi tentang ujian masuk STAN. Informasi ini bisa kamu dapatkan dengan mengakses internet lewat smartphone tau PC. 

Bentuk informasi ini bisa beragam mulai dari waktu tahap seleksi, apa saja syaratnya dan lain-lain. Proses ini sangat penting dan pastikan selalu cek di situs resmi di takutkan ada perubahan jadwal tes. 

Informasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari soal-soal terbaru yang di share di internet. Dari soal ini nantinya kamu bisa di buat untuk berlatih dan terus mengasah kemampuan. 

Menjaga Kesehatan

Dengan padatnya waktu belajar juga harus di imbangi dengan tetap menjaga kesehatan tubuh. Ini sangat penting karena saat kamu sakit maka tidak bisa mengikuti tahap seleksi STAN. 

Untuk menjaga kesehatan bisa di lakukan dengan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Pastikan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat tinggi agar imun tubuh tetap kuat. 

Selain itu kamu juga bisa mengimbangi dengan olahraga baik di pagi atau sore hari. Bentuk olahraganya bisa bermacam-macam mulai berjalan kaki, berlari, bersepeda atau olahraga yang lainnya. 

Mengatur Strategi yang Benar

Mengerjakan soal di tahap seleksi STAN berbeda dengan ujian pada umumnya. Di ujian ini ada bentuk penilaian di mana soal yang benar mendapat nilai 4, tidak di jawab 0 dan salah -1. 

Dengan penilaian semacam ini maka perlu adanya strategi khusus dan jangan asal menjawab saja. Sehingga ketika kamu ragu-ragu sebaiknya soal tersebut di kosongi saja agar tidak di kurangi -1. 

Namun ketika kamu sudah yakin maka bisa menjawab soal dan pastikan melingkari jawaban yang benar. Hal ini juga perlu di atur dengan adanya waktu yang terbatas saat mengerjakan setiap soal. 

Ikut Les Privat Secara Khusus

Meski ada sistem belajar try out namun perlu di imbangi dengan les privat untuk materi tertentu. Misalnya saja mengikuti les untuk kamu yang tingkat penguasaan bahasa Inggrisnya lemah.

Ini tidak bisa terus mengandalkan try out karena soal yang di berikan terus berkembang dan tingkatannya lebih tinggi. Untuk itu penguasaan bahasa asing ini perlu di tingkatkan dengan mengikuti les secara khusus. 

Jika waktunya terbatas kamu bisa les privat dengan durasi waktu yang lebih panjang. Jika umumnya waktu les hanya 3 jam maka kamu bisa ambil 5 jam agar bisa menguasai saat mengerjakan soal. 

Baca Juga: 6 Kursus Masuk STAN Terpercaya dan Berpengalaman

Dari sekian tips masuk STAN ini bisa kamu terapkan semua langkah-langkah di atas. Kamu tidak perlu memikirkan biaya karena jika sudah lulus kamu akan mendapatkan hasilnya. 

Namun selama proses belajar sebelum tahap seleksi pastikan untuk selalu menjaga kesehatan. Jika semua usaha ini sudah di lakukan maka tugas selanjutnya adalah berdoa agar kamu bisa sukses dan masuk di STAN. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *