10 Universitas Swasta Terbaik di Medan

10 Universitas Swasta Terbaik di Medan

Kota Medan menjadi daerah yang terus berkembang dalam bidang pendidikan. Tidak heran jika banyak bermunculan universitas swasta terbaik di Medan dengan akreditasi B dan A. Keberadaan universitas-universitas tersebut merupakan angin segar bagi calon mahasiswa di Sumatera Utara yang hendak mencari perguruan tinggi. Terlebih ada beragam pilihan program studi.

10 Universitas Swasta Terbaik di Medan yang Bisa Kamu Pilih

Universitas swasta di Kota Medan bukan hanya dipenuhi oleh masyarakat lokal saja, namun juga mahasiswa-mahasiswa dari luar daerah. Banyak yang berbondong-bondong datang ke Medan untuk mengenyam pendidikan di universitas terbaiknya. Bagi para calon mahasiswa yang masih kebingungan, berikut diberikan rekomendasi 10 perguruan tinggi dengan sistem pendidikan yang unggul:

1. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

Universitas pertama yang namanya sudah dikenal di semua penjuru Medan adalah Universitas Islam Sumatera. UISU merupakan perguruan tinggi paling tua sebab didirikan pada tanggal 7 Januari 1951. Para calon mahasiswa tingkat sarjana dapat memilih 26 program studi dari 9 macam fakultas yang tersedia.

UISU juga menyediakan pembelajaran bagi mahasiswa tingkat magister dengan tiga macam program studi. Sedangkan untuk tingkat doktoral hanya tersedia satu program studi. Universitas Islam Sumatera Utara sudah membuktikan keunggulannya dengan mendapatkan akreditasi B. Jika ingin mendaftar, bisa melalui jalur online atau langsung.

2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

UMSU memang patut dimasukkan dalam daftar universitas swasta terbaik di Medan yang selanjutnya. Karena bukan hanya unggul mengenai jumlah mahasiswanya saja, namun juga beragam prestasi sudah didapatkan. Hal inilah yang membuat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil mendapatkan akreditasi A.

Para calon mahasiswa tidak perlu kebingungan memilih jurusan jika ingin mendaftar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Ada 9 fakultas, mulai dari Agama Islam hingga Hukum yang ditunjang dengan dosen-dosen mumpuni. UMSU menerapkan dua metode pendaftaran, yakni berbasis komputer dan tes tulis.

3. Universitas Medan Area (UMA)

Sejak resmi berdiri di tahun 1984, Universitas Medan Area terus berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Tidak mengherankan jika banyak mahasiswa yang ingin belajar di sana, termasuk dari luar daerah. UMA memberikan fasilitas yang sangat lengkap guna mendukung proses pembelajaran. Hingga akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi B di tahun 2020.

UMA menyediakan 7 fakultas yang dapat kita pilih, yaitu Sains dan Teknologi, Psikologi, Isipol, Teknik, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, serta Hukum. Para mahasiswa dapat memilih satu dari 21 program studi yang rinciannya sebagai berikut:

  • sarjana (S1): 16 program studi.
  • pascasarjana (S1): 4 program studi.
  • doktor (S3): 1 program studi, yakni Ilmu Pertanian.

4. Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Ketika berbicara tentang universitas swasta terbaik di Medan, maka wajib memasukkan Universitas HKBP Nommensen ke dalamnya. Karena perguruan tinggi yang berdiri 7 Oktober 1954 ini memiliki program kerja sama dengan universitas di Asia, Eropa, bahkan Amerika. Beberapa programnya adalah:

  • Scholarship.
  • Student exchange.
  • Join research.
  • Studi banding dosen.

Untuk para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di UHN, bisa memilih 33 program studi dari 11 fakultas yang tersedia. UHN telah memperoleh akreditasi B dan menyediakan pembelajaran bagi tingkat sarjana juga pascasarjana. Kampusnya berada di dua lokasi, yakni Medan dan Pematang Siantar.

5. Universitas Potensi Utama

Awal didirikan, nama dari universitas ini adalah Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat Potensi Utama dengan fokus kursus Bahasa Inggris dan komputer. Lalu berganti STMIK di tahun 2013 dan satu tahun setelahnya menjadi universitas. Berkat naungan Yayasan Potensi Utama Medan, perguruan tinggi ini terus mengalami perkembangan.

Para mahasiswa yang belajar di Universitas Potensi Utama akan belajar dari dosen-dosen berkompeten. Selain itu, ada berbagai jurusan yang dapat kita pilih sesuai dengan kemampuan juga bakat. Beberapa fakultas yang ada di Universitas Potensi Utama yaitu:

  • Hukum.
  • Seni dan desain.
  • Ilmu politik dan kependidikan.
  • Teknik dan ilmu komputer.
  • Ekonomi dan bisnis.

6. Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB)

Mengapa UNPAB layak masuk ke dalam rekomendasi ketika mencari universitas swasta terbaik di Medan? Sebab tidak hanya terfokus untuk pengembangan ilmu pengetahuan saja. Namun tetap menjaga nilai-nilai religius guna mencetak mahasiswa yang dapat bermanfaat tanpa melupakan nilai tradisional dan modern.

Oleh BAN PT, Universitas Pembangunan Panca Budi telah memiliki titel sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi B. Kampusnya sendiri berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Sei Sikambing, Medan. Tiga tingkat pendidikan yang tersedia adalah diploma, sarjana, dan pascasarjana. Para mahasiswa dapat memilih satu dari ketujuh fakultas dan 12 macam jurusan.

7. Universitas Katolik Santo Thomas

Bagi masyarakat beragama Katolik yang ada di daerah Medan, bisa memilih Universitas Katolik Santo Thomas untuk melanjutkan pendidikan. Sejak berdiri pada tanggal 20 Juni 1984 di lokasi Jalan S. Parman 107, UNIKA Santo Thomas terus mengalami perkembangan. Bahkan saat ini diklaim yang paling baik untuk perguruan tinggi agama Katolik.

Fasilitas yang tersedia di Universitas Katolik Santo Thomas sangat lengkap guna mendukung semua kegiatan dalam kampus. Tersedia 6 macam fakultas dengan 18 program studi yang bisa kita jadikan pilihan saat mendaftar. Metode pendaftarannya bisa lewat website resminya atau datang ke kampus dengan biaya Rp350.000.

8. Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Universitas swasta terbaik di Medan selanjutnya yang wajib para calon mahasiswa pertimbangkan adalah Universitas Prima Indonesia. Sebelum seperti sekarang, UNPRI pada tahun 2001 awalnya didirikan sebagai akademi kebidanan dan keperawatan. Lalu berubah menjadi sekolah tinggi di tahun 2002.

Setelah menjadi universitas, UNPRI terus berkembang dan berhasil meraih akreditasi B. Lokasi kampusnya sendiri tersebar dan berbeda-beda tempat. Hingga saat ini ada empat bangunan kampus milik UNPRI. Lulusan Universitas Prima Indonesia akan menjadi tenaga yang memiliki kompetensi dengan peluang kerja yang luas.

Baca Juga: Profil dan Jurusan Universitas Ciputra Terfavorit

9. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMNAW)

Jadilah mahasiswa yang bermanfaat dan memiliki nilai-nilai religius tinggi dengan memilih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Perguruan tinggi yang didirikan pada 18 Mei 1958 tersebut menjamin tenaga pengajar yang sudah berkompeten. Terlebih di tahun 2017 BAN PT memberikannya akreditasi B.

Para calon mahasiswa dari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah dapat memilih satu dari 6 fakultas berikut:

  • Keguruan Ilmu Pendidikan.
  • Hukum.
  • Pertanian.
  • Agama Islam.
  • Ekonomi.
  • Teknik.

10. Universitas Darma Agung (UDA)

Universitas swasta terbaik di Medan terakhir adalah Universitas Darma Agung. Sejak awal Tumpal Dorianus Pardede mengelolanya, UDA terus meningkatkan kualitas tenaga pengajar. Setiap tanggal 16 Oktober adalah peringatan dies natalis dari UDA. Universitas ini telah terakreditasi B dengan program sebagai berikut:

  • Sarana dan Prasarana.
  • Profesi.
  • Diploma.
  • Sarjana.
  • Pascasarjana.

Baca Juga: 6 Universitas di Cirebon Terbaik dan Jurusannya

Demikian adalah universitas swasta terbaik di Medan yang dapat menjadi referensi para calon mahasiswa sebagai pertimbangan jika ingin melanjutkan pendidikan. Setiap perguruan tinggi memiliki fokus dan keunggulan program masing-masing. Meskipun sering menjadi alternatif perguruan tinggi negeri, sebenarnya kualitas dari universitas swasta tidak bisa kita sepelekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *