8 Daftar Aplikasi Bimbel Online Gratis Beragam Pilihan

8 Daftar Aplikasi Bimbel Online Gratis Beragam Pilihan

Setiap orang tua tentunya menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, salah satunya melakukan bimbingan belajar atau bimbel. Kini banyak juga bermunculan bimbel online yang bahkan sangat mempermudah uang, waktu, dan dapat dilakukan melalui smartphone saja.

Baca Juga: 8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Android dan PC

Tentunya tidak boleh asal-asalan untuk menentukan aplikasi bimbel online gratis yang akan meningkatkan pembelajaran.

8 Daftar Aplikasi Bimbel Online Gratis

Memang ada berbagai pilihan platform bimbingan belajar yang mulai terkenal, namun biasanya akan memakan beberapa biaya tambahan. Akan tetapi, biasanya harga yang dimiliki bimbingan belajar lebih rendah dibandingkan yang dilakukan secara langsung. Pembahasan kali ini akan menarik karena dapat mengetahui daftar aplikasi bimbel online gratis yang direkomendasikan antara lain:

1. Duolingo: Language Lessons

Aplikasi pertama yang direkomendasikan mungkin bagi beberapa orang telah mengetahuinya atau bahkan menggunakannya yaitu Duolingo. Pengguna simbol burung hantu ini memberikan pengajaran yang menyenangkan secara khusus untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Selain itu, ada berbagai macam bahasa yang dapat dipilih seperti Inggris, Perancis, Dutch, dan sebagainya.

Di dalam aplikasi ini juga dapat diatur target pencapaian pengguna untuk dapat menguasai suatu bahasa tertentu. Setiap waktu yang dijadwalkan juga akan diberikan pengingat agar penggunanya tidak lupa untuk mengerjakan tugas dan belajar kosa kata yang baru. Ada berbagai orang yang menggunakan aplikasi ini sehingga antar pengguna dapat saling berinteraksi dari asal yang berbeda.

Bagi yang tertarik untuk menambahkan Duolingo sebagai salah satu aplikasi bimbel online gratis untuk kebahasaan, pilihan tersebut tepat. Pasalnya setiap pengguna juga dapat mempelajari berbagai bahasa dan tidak terbatas hanya belajar satu jenis untuk satu waktu saja. Desain yang berwarna dan pembelajaran juga dimulai dari dasar, sehingga akan lebih membantu pemula.

Sebagai tambahan informasi juga bahwa Duolingo dapat digunakan oleh anak-anak karena memakai gambar juga dalam desain aplikasinya. Di Play Store, Duolingo memperoleh penilaian rata-rata 4.7 bintang dari 12 juta ulasan yang tersedia. Kapasitas pengunduhannya juga sangat ramah yakni 23 MB saja yang dibutuhkan sebagai penyimpanan memori di smartphone pengguna.

2. Edison – Edukasi Online

Kemunculannya sejak tahun 2021 mungkin masih kita anggap baru dalam aplikasi bimbel online gratis di Indonesia. Akan tetapi, penilaiannya cukup terbilang baik yaitu 4.7 bintang yang merujuk pada ulasan sangat bagus pada suatu aplikasi. Eduon memberikan beragam menu seperti materi pembelajaran, rangkuman materi, dan latihan soal yang membuat adalah pengajar berpengalaman.

3. Ruangguru: Bimbel SD SMP SMA

Beralih ke aplikasi bimbel online gratis berikutnya yaitu ada Ruangguru yang belakangan ini cukup populer karena banyak kita lihat di media sosial. Nah bagi yang belum mengetahuinya, Ruangguru merupakan salah satu pilihan bimbel online yang dapat kita gunakan di berbagai macam perangkat. Untuk menggunakannya secara berkala, aplikasi ini memang butuh biaya tambahan di sesi berikutnya.

Akan tetapi, bagi pengguna yang ingin melakukan trial secara gratis untuk melihat kesesuaian cara pembelajarannya mungkin dapat mencoba. Selain itu, sangat mudah untuk menggunakannya karena Ruangguru memiliki bank soal dan video penjelasan. Setiap kelas juga tersedia dan di dalamnya akan terbagi menjadi beberapa bab sesuai dengan kurikulum di sekolah.

4. Eduka System – Materi dan Latihan Soal SMA UNBK Asik

Setelah sebelumnya membahas mengenai aplikasi bimbel online gratis untuk berbagai kelas mulai SD hingga SMA. Ada Eduka System sebagai salah satu aplikasi yang fokus untuk membantu para siswa SMA mampu mengerjakan UTBK menuju kampus impian. Sebelumnya Eduka System hanya mendirikan website melalui media sosial saja, namun kini merambah aplikasi.

Sejak tahun 2020 aplikasi Eduka System telah unduh sebanyak 100 ribu kali dengan penilaian sempurna 5 bintang dari 5 ribu ulasan. Tentunya angka ini sangat tinggi dan memperlihatkan bahwa memang bagus untuk kita gunakan dan rekomendasikan. Beberapa fitur yang tersedia di dalamnya seperti rangkuman atau catatan super lengkap, bank soal berkualitas, tryout, dan pembahasan soal.

Selain itu, pengguna juga memperoleh layanan untuk melakukan tes sesuai kepribadian dan jurusan kuliah yang sesuai dirinya. Sebenarnya Eduka System memiliki versi premium, namun pengguna dengan versi basic dapat memakainya juga secara leluasa. Bahkan menurut keterangan di Play Store, aplikasi ini tidak memiliki biaya tambahan apapun dan terbuka secara gratis. 

5. Rumah Belajar Oleh Kemendikbud

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu sekelas Kementerian Pendidikan dan Budaya ingin mendorong para siswa untuk dapat belajar dengan mudah. Hal ini juga sekaligus menjadi usaha dalam pemerataan pendidikan Indonesia yang terbatas pada faktor wilayah dan teknologi. Rumah Belajar yang Kemendikbud kembangkan ini berdiri pada tahun 2018 dengan pembaruan terakhir di 2020.

Rumah Belajar dapat menjadi salah satu aplikasi bimbel online gratis untuk berbagai usia, khususnya tingkat usia sekolah dasar atau menengah. Di dalamnya ada fitur pembelajaran tambahan seperti laboratorium visual, peta budaya, kelas online, dan sebagainya untuk meningkatkan kemampuan. Selain itu, untuk mengunduhnya juga sangat mudah, gratis, dan memakan 11 MB memori saja.

6. Bimbel SMARRT – Smart and Free Learning Solution

Selanjutnya ada bimbingan belajar yang bermula di tahun 2018 oleh Bedigital konektivitas Asia yaitu SMART yang hadir untuk menjadi solusi pintar dalam pembelajaran. Aplikasi ini khusus mereka buat bagi siswa sekolah menengah yang akan melewati masa Ujian Nasional dan juga SBMPTN. Berbagai fitur di dalamnya meliputi video konsep pembelajaran, kuis untuk melatih konsep, dan live streaming.

Bahkan aplikasi bimbel online gratis satu ini telah memiliki 4.3 bintang yang termasuk dalam kategori baik. Tertarik untuk menggunakannya? Pastikan sisihkan dahulu setidaknya 13 MB ruang penyimpanan dalam smartphone sebelum mengunduhnya. Selain itu, Bimbel SMARRT memang terjamin gratis atau tanpa pungutan biaya apapun mulai dari pengunduhan hingga penggunaannya.

7. Zenius – Ganti Cara Belajar 

Berikutnya adalah Zenius yang sangat khas dengan logo aplikasinya berwarna ungu dan menyajikan berbagai fiturnya untuk siswa di tingkat SMA. Sebelum merilis aplikasi, Zenius fokus pada persiapan dalam SBMPTN dan juga ujian masuk seleksi perguruan tinggi. Selain itu, aplikasi yang ada sejak tahun 2004 ini mulai melebarkan sayapnya membuat video pembelajaran sesuai kurikulum.

8. Belajar Online Gratis – Advernesia

Aplikasi bimbel online gratis berikutnya yang Advernesia kembangkan yang hanya membutuhkan memori sebesar 10 MB yang tergolong ringan. Tujuan pembuatan aplikasi ini mengkombinasikan pembelajaran dengan cara yang menarik sesuai sub kategori yang kita inginkan. Tambahan informasi juga bahwa Advernesia dapat kita unduh dan gunakan secara gratis 100% tanpa biaya.

Kemudian untuk sub kategori yang Advernesia miliki meliputi aplikasi matematika, tutorial komputer, dan teknologi internet. Di bimbel luar biasanya untuk course matematika dan komputer akan lebih mahal, namun di Advernesia dapat kita peroleh secara gratis. Selain itu, setiap kategori dapat menyesuaikan dengan tingkat sekolah atau usia anak mulai kelas 4 SD hingga perguruan tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi bimbel online gratis yang dapat kita coba secara langsung dan tersedia di Store pada smartphone. Setiap orang tentunya memiliki konsep dan jenis pembelajaran yang cocok serta dapat menyesuaikan dengan preferensi yang kita butuhkan. Oleh karena itu, pilih bimbingan belajar yang kita anggap sesuai agar hasil yang kita peroleh juga ikut maksimal nantinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.