8 Jurusan Universitas Pertahanan yang Wajib Kamu Tahu

Dari namanya kamu sudah dapat menyimpulkan bahwa universitas ini sarat akan kedisiplinan tinggi. Jurusan Universitas Pertahanan memang beda dari kampus lain karena menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pertahanan.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Sarjana, Magister dan Doktor ditujukan kepada perwira TNI. Bukan hanya TNI saja, tapi masyarakat umum dapat pula mengenyam pendidikan di sana.

Lebih Dekat dengan Universitas Pertahanan

Universitas Pertahanan memiliki 4 fakultas di jenjang sarjana yang dapat kamu pilih jika telah lulus SMA atau sederajat. Kerennya lagi, di universitas ini terdapat kursus Warfare and Strategy Course.

Kursus ini memberi pelajaran tentang peningkatan pemahaman dan keahlian menerapkan teori strategi dalam berperang. Pengetahuan semacam ini untuk para perwira TNI agar lebih tangguh mengatur strategi jika berada dalam kondisi perang.

Kerjasama dilakukan dengan lembaga pendidikan luar negeri US Defence University, Norwich University dan masih banyak lagi yang lain. Program studi Jurusan Universitas Pertahanan dalam kampus ini juga tak main-main.

Pilihan lengkap dengan banyak pilihan menarik yang memudahkan kamu untuk menetapkan sesuai minat. Ulasan lengkap dapat kamu dapatkan dalam artikel ini.

Jurusan Universitas Pertahanan, Mana yang Sesuai Minatmu?

Setiap program studi yang ditawarkan memiliki ketertarikan luar biasa. Kamu dapat memilih mana yang paling sesuai minat dan bakatmu agar benar-benar menyukainya. Di bawah ini ulasan yang dapat kamu ketahui tentang Universitas Pertahanan.

Fakultas Kedokteran Militer

Fakultas ini hanya mencakup satu jenis yaitu Pendidikan Kedokteran. Ini sangat cocok buat kamu yang tertarik masuk ke dalam dunia medis dengan banyak keunggulan. Fakultas juga mengusung visi yang bagus untuk para mahasiswanya.

Visi yang dimaksud adalah program studi terbaik di bidang Pendidikan Kedokteran yang berbasis pertahanan kesehatan nasional. Visi yang luar biasa sekali dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Adapun program pendidikan jurusan Universitas Pertahanan mencakup pendidikan agama, gizi dan kesehatan, etika kedokteran dan hukum Kesehatan serta masih banyak lagi. Sangat menarik dengan visi yang luar biasa.

Fakultas Farmasi Militer

Fakultas ini berguna sebagai pemberian perlindungan terhadap segala hal tentang obat-obatan. Selain itu penguasaan pemenuhan obat dan menguasai teknologi sains farmasi. Sains mencakup obat, vaksin hingga alat kesehatan guna memenuhi kebutuhan bidang medis.

Fakultas Farmasi Militer dengan sumber daya manusia terlatih dan Mumuni. Tak lupa memiliki keahlian spesifik sehingga peran tenaga kesehatan dapat dilakukan penerapannya untuk hasil yang lebih optimal.

Program kuliah meliputi analisis farmasi dasar, farmakologi 1, kolaborasi tenaga kesehatan dan masih banyak lagi. Jika sekiranya kamu tertarik, farmasi menjadi pilihan tepat untuk melanjutkan pendidikanmu.

Fakultas Mipa Militer

Dalam usaha melestarikan nilai kebangsaan maka dibutuhkan penelitian secara optimal. Di fakultas ini kamu dapat memilih beberapa program studi yang tentu disesuaikan minatmu.

  • Sarjana Matematika, dengan program kuliah aljabar matriks, matematika dasar, kalkulus integral dan yang lainnya. Program studi ini merupakan satu-satunya di Indonesia dengan penguasaan perkembangan ilmu pengetahuan dengan basis riset, rekayasa bidang militer.
  • Sarjana Kimia, yang mengedepankan ilmu kimia yang disinergikan dengan aplikasi bidang pertahanan baik non militer ataupun militer.
  • Sarjana Fisika dengan program studi antara lain desain dan sistem daya gerak, advanced material design dan fisika dasar.
  • Sarjana Biologi, mempelajari bidang ilmu hayati yang melingkupi manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan. Selain itu pembelajaran akan ekologi dan jasad renik (virus, bakteri, jamur, dan algae). Hal ini berkaitan erat dengan bidang kemiliteran dan sistem pertahanan negara.

Baik yang suka hitung-hitungan dan hafalan semuanya tersedia lengkap di sini.

Fakultas Teknik Militer

Tujuan setiap fakultas secara umum untuk menciptakan generasi muda yang unggul dalam tingkat nasional hingga internasional. Dengan melestarikan nilai-nilai kebangsaan untuk pertahanan secara optimal. Jurusan Universitas Pertahanan dalam cakupan ini adalah:

  • Sarjana Teknik Sipil dengan program kuliah di antaranya kimia dasar, kalkulus dan menggambar teknik. Bagaimana merancang, membangun, mengkreasikan infrastruktur dan bangunan dalam berbagai struktur terencana.
  • Sarjana Teknik Informatika yang masuk dalam Pendidikan Pancasila, dasar pemrograman dan masih banyak lagi yang lain. Teknik Informatika mengaplikasikan beberapa hal penting yaitu rekayasa aplikasi perangkat lunak, sistem komputer, dan teknologi informasi.
  • Sarjana Teknik Elektro dengan program studi antara lain kalkulus, algoritma dan pemrograman hingga rangkaian listrik dan masih banyak lagi yang lain. Tenik yang terkoordinir untuk perancangan rekayasa elektro dalam berbagai metode.
  • Sarjana Teknik Mesin, mencakup kalkulus, kimia dasar dan fisika dasar serta masih banyak yang lain.

Keempat jurusan di fakultas ini idola sekali, jika tertarik memilih yang sekiranya memang benar-benar kamu sukai. Pemahaman yang bagus dengan sistem Pendidikan berkualitas akan menjadikan kamu sebagai orang yang berkulitas mumpuni.

Strategi Pertahanan

Jurusan Universitas Pertahanan selanjutnya adalah Fakultas Strategi Pertahanan. Peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan dalam banyak bidang, salah satunya dengan ikut event akademis. Event ini diikuti baik dalam skala nasional hingga internasional.

Hal ini untuk meningkatkan kualitas semaksimal mungkin untuk generasi lebih kompeten. Terdapat 7 pilihan program studi yang dapat kamu pilih di fakultas ini.

Fakultas Manajemen Pertahanan

Terdapat pada jenjang magister untuk tiga bidang studi. Pada jenjang S2 ini terdapat program kuliah yaitu Manajemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan dan Ketahanan Energi. Semuanya berkualitas bagus dengan akreditasi A.

Perlu kamu ketahui jika masuk kampus ini kamu tak perlu khawatir akan biaya karena semua gratis. Universitas merupakan perguruan tinggi yang memang diselenggarakan pemerintah sehingga biaya ditanggung penuh oleh negara.

Fakultas Keamanan Nasional

Untuk jenjang S2 terdapat Manajemen Bencana, Keamanan Maritim dan Damai serta Resolusi Konflik. Adapun doktor untuk program studi Ilmu Pertahanan.

Begitu banyak pilihan di universitas ini sehingga kamu tak perlu bingung mana yang akan dimasuki. Sekali lagi sesuaikan dengan minat dan bakatmu agar pilihan benar dan semangat menjalaninya.

Teknologi Pertahanan

Jurusan Universitas Pertahanan ini memiliki pilihan jenjang studi untuk S2 atau bidang magister. Pilihan yang sangat bagus dengan kualitas Fakultas Teknologi Pertahanan andalan yaitu Industri Pertahanan, Penginderaan, Persenjataan dan Daya Gerak.

Terdapat pula beasiswa yang ditawarkan sangat sesuai dan memang penting untuk kalangan siswa. Adanya beasiswa akan memberi semangat tinggi agar belajar semakin giat an maksimal. Strategi dan pembelajaran diharapkan akan sesuai dengan perencanaan secara utuh.

Tempat dari kampus keren ini adalah di Sentul Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di Komplek Indonesia Peace and Security Center. Kampus bagus dengan kualitas andalan yang dapat memberimu banyak wawasan baru.

Tentu dengan mengetahui berbagai universitas, berbagai program studi dan berbagai hal yang terkait kampus membuatmu dapat membuka mata lebar. Mana yang kira-kira cocok dengan kesukaanmu, pilih saja langsung. Tentu tanpa mengabaikan banyak syarat dan ketentuan di sana.

Selalu utamakan kualitas ketika memilih melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Jurusan Universitas Pertahanan memberi kamu kesempatan mengambil peluang terbaik di kampus keren ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.