Inilah 10 Jurusan Yang Kerja Di Bank, Paling Diminati dan Banyak Direkrut

Sektor perbankan merupakan salah satu sektor menjanjikan dalam aspek gaji maupun sebagai penunjang karir masa depan. Setiap tahun, berbagai bank swasta maupun BUMN membuka banyak lowongan bagi para pekerja. Pasalnya, bank merupakan satu-satunya sektor perusahaan yang umumnya menerima calon pegawai dari semua jurusan perkuliahan. Namun, terdapat 10 jurusan yang kerja di bank paling banyak dan diminati.

10 jurusan yang kerja di bank

Menjadi pegawai bank bukan hanya gaji yang menjanjikan, prospek karir lebih bagus juga terjamin. Selain itu, sektor perbankan merupakan sektor perusahaan yang tidak akan pernah mengalami kebangkrutan karena sekarang ini semua orang masih membutuhkannya. Beberapa jurusan perkuliahan yang memiliki pegawai terbanyak di bank patut untuk diketahui oleh calon pencari kerja. Berikut beberapa jurusan yang kerja di bank, mari simak ulasannya:

1. Jurusan Perbankan Syariah

Jurusan yang satu ini cukup terbilang muda kehadirannya di dalam ruang lingkup universitas di dalam negeri. Permintaan pekerja dari sektor perbankan syariah yang meningkat beberapa dekade di Indonesia membuat jurusan ini menjadi jurusan yang diminati oleh calon mahasiswa dan juga perusahaan sektor bank. 

Semakin tingginya sektor perbankan syariah, membuat banyak universitas negeri maupun swasta melahirkan banyak lulusan yang siap untuk menjadi calon pekerja bank syariah. Pada dasarnya, program studi pada jurusan ini tidak begitu berbeda dengan jurusan umum. Perbedaan yang paling signifikan adalah digunakannya dasar-dasar hukum Islam di dalam metode pengaplikasiannya.

2. Jurusan Manajemen

Jurusan yang kerja di bank dan paling banyak mengeluarkan lulusan adalah jurusan Manajemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang berpeluang luas untuk bekerja di bank. Fokus utama jurusan Manajemen yang mempelajari tentang analisis dan teknik pengolahan uang, menjadi aspek vital dalam suatu perusahaan perbankan.

Bagi para mahasiswa lulusan jurusan Manajemen, ada beberapa posisi strategis di dalam bank yang dapat menjadi informasi. Seperti marketing, manajemen keuangan, manajemen SDM dan lain-lain. Di Indonesia, sudah banyak universitas yang memiliki akreditasi terbaik bagi jurusan manajemen. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan banyak perusahaan dalam merekrut calon pegawainya.

3. Jurusan Akuntansi

Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan dari jurusan Akuntansi memiliki kesempatan yang lebih mudah bekerja pada perusahaan sektor bank. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akuntansi dalam perusahaan adalah aspek yang sangat vital dalam keberlangsungan perusahaan. Menjadi auditor keuangan perusahaan adalah suatu posisi yang strategis dan jenjang karir terjamin baik di masa depan.

Peranan penting pegawai yang berasal dari lulusan jurusan Akuntansi adalah untuk dapat menstabilkan keuangan perusahaan, yang mana hal tersebut menjadi hal yang sensitif dan rentan. Kemampuan auditor yang baik, berpengaruh pada reputasi perusahaan di mata masyarakat. Maka dari itu, perusahaan bank berbondong-bondong membuka lowongan pekerjaan untuk jurusan ini.

4. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional atau HI menjadi jurusan yang dapat diterima untuk lulusannya bekerja dalam sektor bank. Biasanya, ruang lingkup program studi HI hanya berkaitan dengan hubungan luar negeri antar negara. Namun, kemampuan mempelajari ekonomi mikro dan makro dalam sudut pandang negara atau perusahaan membuat jurusan ini menjadi diminati oleh perusahaan bank.

Tidak hanya kemampuan menganalisis ekonomi mikro dan makro saja. Lulusan jurusan HI juga mampu untuk beradaptasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang diberikan. Seperti halnya studi mengenai keuangan bank dapat direlasikan dengan keadaan keuangan dalam negeri dengan keuangan luar negeri. Maka dari itu, jurusan ini menjadi jurusan strategis untuk lulusannya dapat bekerja di bank.

5. Jurusan Psikologi

Kemampuan untuk menganalisis aspek SDM dalam perusahaan bank swasta maupun BUMN, membuat jurusan Psikologi menjadi jurusan paling strategis berikutnya. Salah satu contoh pekerjaan yang paling umum bagi lulusan jurusan ini adalah HRD atau Human Resources Department. Para pekerja dari jurusan Psikologi dapat menjadi jembatan antara perusahaan dan pegawainya.

6. Jurusan Hukum

Jurusan yang kerja di bank selanjutnya adalah jurusan Hukum. Perusahaan perbankan tentu tidak terlepas dari aspek legalitas dan perizinan. Maka dari itu, lulusan jurusan Hukum menjadi jurusan strategis dan paling banyak dicari oleh perusahaan perbankan. Keuangan menjadi aspek paling vital dalam perbankan, selain itu pula keuangan menajdi suatu hal yang sensitif dan rentan sehingga nasehat hukum sangat dibutuhkan.

7. Jurusan Komunikasi

Jurusan Komunikasi menjadi jurusan yang lulusannya paling banyak dicari oleh bank. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan menyampaikan informasi atau pesan secara efektif yang sudah dipelajari oleh pelajar jurusan ini. Pada sebuah perusahaan perbankan, divisi teller dan marketing adalah dua aspek yang menjadi ujung tombak yang menentukan reputasi bank.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan bagi para teller dan marketing untuk dapat menarik nasabah bank. Jika komunikasi baik, maka kemungkinan bank mendapatkan keuntungan dari nasabah akan meningkat. Maka dari itu, jurusan komunikasi menjadi jurusan yang penting dan lowongan calon pegawai bank selalu dibuka setiap tahun.

8. Jurusan Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Jurusan Perbankan Syariah. Jika Ekonomi Syariah mempelajari secara umum mengenai ekonomi keseluruhan secara syariah yang dapat diaplikasikan untuk berbagai sektor, maka jurusan Perbankan Syariah lebih spesifik pada perbankan. Jurusan Ekonomi Syariah, menjadi jurusan yang paling banyak peminatnya belakangan ini.

Hal tersebut dipengaruhi banyaknya bank syariah yang mulai bermunculan di Indonesia. Selain itu, banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong beralih dari bank konvensional ke bank syariah membuat jurusan ini sangat diminati. Untuk program studi,  para mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah harus lebih menguasai banyak aspek tentang perekonomian berbasis syariah yang sangat berguna di sektor bank.

9. Jurusan Teknik Informatika

Bagi sektor bank, membutuhkan pegawai dari jurusan Teknik Informatika adalah keharusan yang berpengaruh pada kelangsungan reputasi bank di masyarakat. Pembuatan website dan program-program bank menjadi pekerjaan para pegawai lulusan Teknik Informatika. Membuat desain tampilan untuk aplikasi dan produk-produk digital suatu bank juga menjadi tanggung jawab pegawai jurusan Teknik Informatika.

Maka dari itu, perusahaan perbankan banyak merekrut para lulusan Teknik Informatika agar dapat memenuhi kebutuhan divisi bank. Tidak hanya peran penting di dalam perusahaan perbankan, para pegawai jurusan Teknik Informatika juga menjadi salah satu divisi yang menghasilkan gaji yang tinggi. Tentunya, hal tersebut diimbangi dengan beban kerja masing-masing.

10. Jurusan Keuangan

Jurusan yang paling banyak diminati oleh perusahaan di sektor perbankan adalah jurusan Keuangan. Masih dari akar yang sama yaitu dari sisi ekonomi, jurusan Keuangan lebih spesifik untuk mengerjakan job desc yang berhubungan dengan keuangan. Contohnya keuangan perusahaan dan matematika keuangan. Perusahaan perbankan sudah pasti berhubungan dengan uang, maka dari itu pegawai lulusan jurusan ini sangat dicari untuk direkrut.

Prospek pekerjaan jurusan Keuangan yang lebih spesifik, membuat jurusan ini memegang peran penting dalam perusahaan. Karena pegawai yang berasal dari jurusan Keuangan diwajibkan memiliki kemampuan soft skills dan kemampuan teoritis yang harus seimbang. Hal tersebut bertujuan agar fungsi pegawai di perusahaan lebih optimal dan meminimalisasi kesalahan.

Itulah informasi 10 jurusan yang kerja di bank dan patut diketahui oleh para calon pekerja yang tertarik dalam bidang perbankan. Untuk calon mahasiswa, informasi tersebut juga bermanfaat untuk menjadi pertimbangan ketika memilih jurusan saat kuliah. Bekerja di bank banyak diinginkan semua orang, karena selain gajinya yang tinggi, prospek karir di masa depan juga terjamin.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar