[LENGKAP] Jurusan Universitas Mercu Buana dan Penjelasannya

Jurusan apa yang ingin kamu pilih ketika akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi? Tidak perlu bingung karena banyak pilihan jurusan Universitas Mercu Buana yang menarik untuk kamu masuki. Mulai dari ekonomi hingga desain ilmu kreatif, semuanya tersedia.

Perguruan tinggi yang terletak di Jakarta ini memang memberi penawaran menarik pada banyak jurusan. Buat kamu yang sedang mencari-cari kampus baru, dapat dijadikan rekomendasi paling valid.

Mengenal Lebih Jauh Universitas Mercu Buana

Kampus keren ini berdiri sejak tahun 1985, tepatnya di tanggal 22 Oktober. Pendirinya adalah Bapak Probosutedjo yang terkenal sebagai pengusaha kawakan. Pada awal berdiri, kampus ini memiliki 3 fakultas pilihan.

  • Fakultas Teknik yang terdiri dari 2 jurusan, yaitu Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil.
  • Fakultas Ekonomi dengan 2 pilihan jurusan yaitu Agrobisnis atau Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Agronomi atau Jurusan Budidaya Pertanian.
  • Fakultas Ekonomi memiliki 2 jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen.

Tiga fakultas yang menjadi cikal bakal berdirinya sebuah universitas membutuhkan proses untuk diakui. Semakin ke sini pertumbuhan universitas ini makin baik dan mulai berkembang ke program studi jurusan lain.

Selain itu bertambah dengan program magister dalam banyak pilihan. Di antaranya adalah Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Teknik Sipil dan lain sebagainya. Perkembangan bagua inilah pada akhirnya membuka program doktor khusus untuk program doktor manajemen.

Berdasar penilaian perkembangan yang signifikan bagus universitas jurusan Universitas Mercu Buana memperoleh akreditasi A yang berarti unggul. Akreditasi diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Pilihan Lengkap Jurusan Universitas Mercu Buana, Mana yang Sesuai Minatmu?

Apakah kamu masih bingung memilih jurusan di Universitas Mercu Buana? Apabila demikian adanya, mungkin kamu perlu mengetahui lebih jauh jurusan apa saja yang ada di kampus tersebut. Sebetulnya banyak pilihan, tinggal mana yang sesuai dengan minat dan passionmu.

Agar informasi lengkap kamu ketahu, dapat langsung disimak yang berikut ini.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Terdapat dua pilihan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini yaitu Akuntansi dan Manajemen Perusahaan. Tentu jurusan ini buat kamu yang tertarik menjelajahi dunia bisnis secara lebih lengkap dan profesional.

Selain mencakup manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen lain yang sangat berguna dalam bisnis. Pendidikan profesi akuntansi juga disediakan dan kamu dapat memilih untuk kelanjutan akademik.

Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas ini biasa disingkat dengan Fikom UMB yang memiliki banyak prestasi. Terdapat pilihan jurusan jurusan Universitas Mercu Buana lengkap yaitu Public Relation di antaranya studi public speaking, fotografi dokumentasi, komunikasi massa dan masih banyak lagi.

Kemudian ada Broadcasting yang berkecimpung di bidang TV Programming, New Media and Society dan masih banyak lagi yang lain. Terdapat pula pilihan Marketing Communication yang berhubungan dengan Digital Marcomm, Media Planning and Media Buying dan tentunya masih banyak lagi.

Fakultas Psikologi

Fakultas psikologi sangat menarik bagi kamu yang memang tertarik pada hal yang berbau psikologi. Dari kualitas kampus ini sangat mumpuni dan tak perlu diragukan lagi. Akreditasi fakultas bernilai B dan telah meraih banyak prestasi dalam berbagai bidang.

Lebih fokus lagi Fakultas Psikologi membahas berbagai hal tentang kepemimpinan, psikometri, kesehatan gangguan mental dan masih banyak lagi yang lain. Jika ingin mengetahui seluk beluk lebih dalam, langsung masuk ke program studi ini saja.

Fakultas Desain dan Seni Kreatif

Gen milenial banyak yang menyukai berbagai jurusan terkait kreasi dan seni. Universitas Mercu Buana memiliki hal tersebut di Fakultas Desain dan Seni Kreatif. Jika kamu suka mendesain produk, dapat memilih jurusan Desain Produk.

Namun, apabila lebih suka jurusan Universitas Mercu Buana di bidang interior, masuk saja ke Desain Interior. Pilihan seni kreatif ini memang memberi nuansa lain agar generasi muda memaksimalkan kreativitas mereka.

Fakultas Teknik

Tujuan dari fakultas ini antara lain untuk memiliki kemampuan manajerial dan kompetensi bidang rekayasa dan keteknikkan. Selain itu mampu mengembangkan jaringan kemitraan lebih luaas dengan berbagai kalangan.

Terdapat 5 pilihan ketika kamu tertarik dengan Fakultas Teknik, yaitu:

  • Program Studi Teknik Arsitektur yang meliputi banyak faktor yaitu prinsip perancangan material, komunikasi arsitektur dan lain-lain.
  • Program Studi Teknik Industri dengan permodelan sistem, ergonomi, sistem produksi dan masih banyak lagi.
  • Program Studi Teknik Mesin terakreditasi B dengan konstruksi mesin, elemen mesin, elektronika dan motor listrik serta masih banyak lagi.
  • Teknik Elektro yang mencakup termodinamika material, material polimer dan lain-lain.
  • Teknik Sipil cakupannya adalah termodinamika material, material polimer, manajemen dan ekonomi kerekayasaan dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui Jurusan Universitas Mercu Buana dalam fakultas ini sangat berkualitas dengan dua hak paten karya mahasiswanya. Dua hak paten tersebut adalah Auto Wheel Lock Unit dan Automatic Clutch Unit.

Dari sini bisa dilihat bagaimana perkembangan kampusnya memang bagus sekali. Jurusan bidang studi dengan banyak pilihan dan kamu pilih yang sesuai minat.

Fakultas Ilmu Komputer

Komputer sekarang ini menjadi hal penting karena semua serba online dan terkait internet. Mempelajari ilmu komputer secara detail dapat dijadikan pilihan program studi yang menarik. Selain itu banyak hal baru dalam ilmu ini yang cepat sekali perkembangannya.

  • Teknik Informatika yang mencakup mobile programming, teknologi pusat data dan masih banyak lagi.
  • Sistem Informasi yang terkait dengan sistem operasi, sistem pengambilan keputusan, mobile e commerce dan masih banyak lagi.

Begitu banyak pilihan dapat kamu ambil yang sesuai dengan minatmu. Dengan begitu dapat lebih mudah membuka wawasan mana yang sekiranya membuatmu memiliki prospek ke depan lebih baik dari sekarang.

Pascasarjana

Selain jenjang S1 terdapat Pascasarjana yang dapat dikjadikan pilihan kelanjutan studi. Terdapat 7 program studi yang dapat dipilih, yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Elektro, Magister Tenik Sipil, Magister Teknik Mesin dan Magister Teknik Industri.

Masih ada lagi magister di bidang ekonomi yakitu Magister Akuntansi. Jenjang Pascasarjana untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di kemudian hari setelah menyelesaikan sarjana.

Secara kualitas tak perlu diragukan lagi karena memang mumpuni. Masing-masing program studi menarik pada minatnya masing-masing. Kelengkapan jurusan Universitas Mercu Buana dengan akreditasi A atau B menunjukkan bahwa universitas ini memang bagus dalam banyak bidang.

Untuk kamu yang memiliki prestasi, dapat pula mengajukan beasiswa jika diinginkan. Program beasiswa yang dapat kamu peroleh dengan berbagai syarat tertentu. Jika memenuhi syarat maka beasiswa bisa didapatkan untuk kurun waktu tertentu.

Adapun lokasi kampus terbagi dalam 3 kampus utama yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Kampus 1), Jakarta Pusat (Kampus 2) dan Jatisampurna, Bekasi (Kampus 3). Tergantung fakultas mana yang akan dimasuki kamu tinggal menyesuaikan lokasinya.

Ulasan lengkap tentang Jurusan Universitas Mercu Buana telah kamu ketahui, mana yang paling menarik perhatianmu? Dengan memilih universitas tepat maka semangat belajar akan meningkat pesat dan kesuksesan dapat diraih dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.