Rekomendasi 20 Pekerjaan Untuk Lulusan SMA Yang Bisa Dipilih

Bagi sebagian orang, lulus SMA dan langsung bekerja adalah salah satu pilihan untuk menyongsong masa depan. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengisi waktu selama menunda kuliah, faktor ekonomi maupun alasan lainnya. Banyak sekali pekerjaan untuk lulusan SMA yang dapat dilakukan.

20 pekerjaan untuk lulusan sma

Beberapa pekerjaan tersebut bahkan memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan sebagian pekerjaan lain untuk lulusan sarjana. Namun, tentunya tingginya pendapatan tersebut harus diikuti pula dengan keahlian yang dimiliki. Berikut adalah rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMA yang perlu diketahui:

1. Customer Service

Untuk rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMA yang pertama adalah sebagai customer service. Diketahui, banyak sekali perusahaan yang menerima karyawan lulusan SMA pada posisi ini. Pekerjaan ini akan menugaskan pekerjanya untuk melayani keluhan klien, menjelaskan prosedur perusahaan dan memberikan informasi terkait perusahaan kepada klien.

Gaji yang didapatkan pada pekerjaan ini berbeda-beda tergantung dari jenis perusahaan dan lokasi pekerjaan tersebut. Meskipun terlihat biasa, customer service tentu membutuhkan keahlian tertentu. Misalnya saja kemampuan untuk menjelaskan secara tepat, jelas dan juga ringkas, mampu mendengarkan keluhan dari klien dan sabar menangani para klien tersebut.

2. Sales Marketing

Berikutnya, jenis pekerjaan untuk lulusan SMA   yang bisa dipilih adalah sales marketing. Diketahui, pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang suka berbicara dan bertemu dengan banyak orang. Sebagai sales marketing, pekerja akan diberikan tanggung jawab berupa mempromosikan dan juga menjual barang ataupun jasa milik perusahaan.

Nantinya, akan ada pula batas target dan juga performa yang harus dicapai. Apabila pekerja berhasil memenuhi target tersebut bahkan berhasil melampauinya serta memiliki performa yang terus meningkat maka bukan tidak mungkin perusahaan akan memberikan reward dan juga kenaikan jabatan.

Di beberapa perusahaan, khususnya otomotif biasanya memiliki gaji yang fantastis apabila pekerja berhasil menjual kendaraan tertentu. Selain itu, keunggulan lain dari pekerjaan ini adalah pekerja akan mendapatkan jaringan yang luas dan mengenal banyak orang dengan karakter berbeda-beda. Bukan tidak mungkin ada sebagian yang akan memberikan manfaat untuk bekerjasama di kemudian hari.

3. Guru Bimbel

Apabila memiliki prestasi yang mumpuni saat masih bersekolah maka pekerjaan untuk lulusan SMA yang bisa dilakukan adalah menjadi guru bimbel. Pekerjaan dari guru bimbel ini adalah mengajarkan pelajaran tertentu yang dikuasai kepada murid-murid yang ada di bawahnya. Misalnya mengajar bimbel MTK untuk anak SD, mengajarkan Bahasa Inggris khusus untuk siswa SMP dan sebagainya.

Untuk melakukan pekerjaan ini, pekerja bisa mendaftar melalui lembaga khusus di bidang ini. Selain itu, pekerja juga bisa membuka bimbel secara pribadi. Dengan demikian, selain mendapatkan uang dari hasil pekerjaan tersebut, pekerja juga tetap bisa mengasah kemampuan berpikirnya dengan mengajarkan ilmu kepada orang lain.

4. Agen Asuransi

Selanjutnya, menjadi agen asuransi juga bisa dijadikan pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA. Pekerjaan ini sebenarnya mirip dengan sales marketing yaitu menawarkan sesuatu. Sebagai agen asuransi, pekerja diharuskan untuk menawarkan produk asuransi kepada orang lain. Nantinya, bekerja akan mendapatkan komisi apabila berhasil mendapatkan klien baru selain gaji pokok tentunya.

Sebagai agen asuransi, pekerja harus mengetahui jenis-jenis produk asuransi yang ditawarkannya. Selain itu, pekerja juga harus bisa menjelaskan manfaat dari asuransi tersebut beserta informasi penting lainnya.

5. Content Writer

Lebih lanjut, pekerjaan untuk lulusan SMA yang direkomendasikan berikutnya adalah content writer atau penulis konten. Pekerjaan ini sangat cocok dilakukan apabila memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik. Sebagai content writer, pekerja harus mengetahui bagaimana cara penulisan konten yang baik sehingga dapat dijangkau oleh banyak orang.

Kemudian, pekerja juga harus memiliki pengetahuan yang luas karena jenis konten yang akan ditulis berbeda-beda. Lalu, pekerja juga perlu mengetahui dasar-dasar SEO sehingga content yang ditulisnya mampu berada di tingkat teratas mesin pencarian.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, calon pekerja hendaknya melamar di berbagai platform online yang membuka lowongan di bidang ini. Biasanya, content writer tidak dibatasi dengan jenis pendidikan namun kemampuannya dalam menulis. Adapun gaji dari content writer bervariasi tergantung dari tingkatan kemampuan dan jenis tulisannya.

Selain mendaftar pada perusahaan, pekerja content writer juga dapat bekerja secara mandiri. Caranya yaitu dengan mendaftar di berbagai platform pekerja lepas dan menawarkan jasa untuk menulis konten sesuai yang diinginkan klien.

6. Copywriter

Kemudian, pekerjaan selanjutnya yang dapat dicoba oleh lulusan SMA adalah copywriter. Pekerjaan ini sedikit mirip dengan pekerjaan yang sebelumnya yaitu content writer namun tetap memiliki perbedaan. Copywriter biasa dipakai dalam bidang penjualan atau dalam naskah iklan. Contoh dari copywriter ini adalah iklan yang muncul di televisi, baliho, media sosial dan masih banyak yang lainnya.

Diketahui, gaji dari copywriter ini cukup besar. Hal ini tentunya tergantung dari seberapa ahli pekerja mengerjakan pekerjaan ini. Untuk menjadi seorang copywriter, pekerja diharuskan memiliki portofolio mengenai kepenulisan terlebih dahulu. Calon pekerja tentunya harus terus mengasah tulisannya hingga semakin meningkat untuk mendapatkan gaji yang besar.

7. Content Creator

Lalu, pekerjaan untuk lulusan SMA lainnya adalah sebagai content creator atau pembuat konten. Untuk membuat konten, pekerja bisa memilih jenis edukasi, hiburan kecantikan dan lainnya sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Nantinya, pekerja dapat memperlihatkan konten yang dibuatnya melalui berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube dan lainnya.

Pekerjaan content creator ini dapat dilakukan dengan cara melamar di perusahaan yang membuka lowongan ataupun bekerja mandiri. Apabila memutuskan bekerja mandiri, pekerja bisa saja mendapatkan uang dari adsense ataupun kerjasama dengan brand tertentu. Bukan tidak mungkin menjadi content creator akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan pekerjaan lainnya.

8. Admin Media Sosial

Saat ini, penggunaan media sosial sebagai sarana informasi maupun interaksi sangat massif dan berpengaruh. Admin media sosial pun semakin dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan. Adapun tugas dari admin media sosial adalah mengelola media milik perusahaan tersebut. Contohnya adalah melakukan posting, membalas komentar dan pesan, membuat caption dan lainnya.

Sebagai admin, pekerja juga akan memiliki tanggung jawab untuk memperlihatkan citra perusahaan dengan benar melalui media sosial. Pada kondisi tertentu, perusahaan akan semakin dikenal dan disukai karena tanggapan admin media sosial yang menarik dalam berbalas komentar dengan para warganet.

9. Data Entry

Selanjutnya pekerjaan untuk lulusan SMA  juga bisa mendaftar pekerjaan sebagai data entry. Di sini, pekerja bertugas untuk memasukkan berbagai data-data milik perusahaan ke dalam sistem nya. Dalam melakukan pekerjaan ini, tentunya dibutuhkan ketelitian yang tinggi dan juga kesabaran. Hal ini dikarenakan, sebagai data entry, pekerja diharuskan memasukkan banyak sekali data dan tidak boleh ada yang salah maupun terlewat.

Jika ada suatu kesalahan, maka nantinya akan berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Untuk bekerja pada bidang ini, calon pekerja bisa mendaftar sebagai staff data entry di berbagai perusahaan yang membuka lowongan di bidang ini.

10. ABK

Jika calon pekerja ingin bekerja di lautan dan menjelajahi banyak tempat maka pekerjaan ini dapat menjadi pilihannya. Lulusan SMA biasanya diperbolehkan untuk melamar sebagai ABK atau anak buah kapal di maskapai pelayaran tertentu. Nantinya, akan banyak posisi yang bisa diisi sesuai dengan keahliannya. Contohnya saja sebagai koki, kelasi, pelayan dan lainnya.

Keunggulan dari pekerjaan ini adalah, pekerja dapat mengunjungi berbagai tempat sesuai tempat singgah dari kapal tersebut. Lalu, pekerja juga bisa jalan-jalan secara gratis di banyak kota yang disinggahinya tersebut. Selain itu, gajinya pun cukup besar.

Namun, untuk menjadi ABK, pekerja harus tahan berada di lautan dalam waktu yang lama. Pekerja juga tidak boleh mabuk laut saat bekerja pada bidang ini.

11. Penjaga Toko

Berikutnya, pekerjaan untuk lulusan SMA yang dapat dicoba yaitu sebagai penjaga toko. Banyak sekali toko di berbagai supermarket besar maupun toko kecil yang membutuhkan penjaga toko. Di sini, pekerja akan bertugas untuk menjaga toko tersebut, melayani pembeli dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembeli.

Biasanya, akan ada shift tertentu sesuai dengan pembagian jadwalnya. Selain menjaga toko dan melayani pembeli, pekerja juga bertugas untuk bertanggung jawab pada hasil penjualan saat shift tersebut. Kadangkala, pekerja juga harus menghitung hasil jualan pada hari tersebut dan juga merapikan toko kembali.

12. Model

Jika memiliki tubuh yang tinggi dan juga proporsional maka bisa mendaftar sebagai model. Diketahui, untuk menjadi seorang model tidak harus melanjutkan pendidikan ke Universitas terlebih dahulu.

Karena itulah, model adalah jenis pekerjaan untuk lulusan SMA yang dapat dicoba. Sebagai seorang model, pekerja diharuskan untuk mampu berpose dengan baik dan sesuai dengan jenis brand yang dibawakannya.

Kemudian, untuk model runaway juga diperlukan kemampuan untuk berjalan dengan percaya diri di atas panggung dengan banyak penonton yang melihat. Saat menampilkan peragaan busana tertentu, model juga diharuskan untuk bersikap profesional dan mampu menjalankan pekerjaan dengan baik sesuai dengan tema yang diberikan.

Untuk menjadi model, selain memiliki badan yang proporsional juga perlu ditunjang dengan kemampuan berpose supaya tidak monoton. Lalu, model pun harus terus berlatih catwalk supaya penampilan terlihat memukau.

13. Operator Produksi

Bekerja di pabrik juga dapat dilakukan oleh lulusan SMA. Banyak sekali pekerjaan pabrik yang bisa dijalankan, salah satunya adalah sebagai operator produksi. Gaji untuk seorang operator produksi terbilang cukup tinggi dikarenakan pekerja memiliki tanggungjawab yang besar dalam menjaga dan juga menjalankan mesin-mesin produksi milik perusahaan.

Karena gajinya yang cukup bagus maka pekerjaan ini juga memiliki banyak saingan yang ingin bekerja. Untuk itu, diperlukan skill yang mumpuni supaya berhasil masuk sebagai staff operator produksi di perusahaan tertentu.

14. Pramugari

Menjadi pramugari merupakan impian bagi sebagian perempuan. Untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan maka diperlukan berbagai kemampuan untuk menunjang pekerjaan tersebut. Contohnya saja, pramugari harus memiliki tinggi minimal tertentu supaya dapat membantu penumpang memasukkan barang ke dalam kabin pesawat.

Lalu, pramugari juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa lainnya supaya dapat berkomunikasi dengan para penumpang. Meski demikian, di beberapa maskapai tertentu juga ada lowongan pramugari untuk lulusan SMA. Dengan demikian, para lulusan yang memiliki kemampuan dan sesuai dengan persyaratan yang ada maka bisa mendaftar pada pekerjaan tersebut.

Keunggulan dari pekerjaan ini yaitu pekerja dapat jalan-jalan secara gratis ke berbagai kota transit bahkan Negara lain. Selain itu, gaji dan tunjangan yang diberikan pun sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

15. Petugas Listrik

Menjadi petugas di bidang listrik juga bisa dijadikan pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA. Namun, untuk bekerja sebagai petugas listrik haruslah memiliki kemampuan mengenai listrik dan juga benda elektronik. Meski demikian, pekerja yang berhasil masuk di bidang pekerjaan ini juga akan mendapatkan pelatihan sebelum terjun ke lapangan secara langsung.

15. PNS

Setiap tahun, biasanya pemerintah akan memberikan kesempatan kepada warganya yang memenuhi syarat untuk mengikuti ujian sebagai pegawai negeri sipil. Selain dapat diikuti oleh lulusan universitas, tes ini juga dapat diikuti oleh lulusan dari SMA pada posisi tertentu misalnya penjaga tahanan. Untuk berhasil diangkat sebagai PNS, pendaftar harus mengikuti serangkaian tes yang cukup banyak dan lama.

Supaya dapat lolos ke tahap berikutnya, pendaftar harus belajar supaya dapat menjawab soal-soal tes yang diberikan. Nantinya, akan ada pula tes lanjutan misalnya wawancara ataupun fisik sesuai dengan posisi dan kebijakan masing-masing kementerian yang dipilihnya.

Setelah lulus serangkaian tes, pendaftar akan dipekerjakan di lokasi tertentu sesuai dengan yang dipilihnya ataupun dipindah ke lokasi lainnya. Meski demikian, pendaftar tersebut tidak serta merta langsung diangkat sebagai PNS namun masih memerlukan waktu tertentu.

16. Petugas Bank

Pada bank tertentu, menjadi petugas juga bisa dilakukan oleh lulusan SMA. Biasanya, pekerja akan bertugas untuk mencari nasabah supaya dapat menabung di bank tersebut ataupun menggunakan bank tersebut untuk keperluan lain. Selain itu, kadangkala, pekerja juga akan dipekerjakan di bagian frontliner untuk melayani para klien yang datang dan mengarahkannya.

Untuk melamar sebagai petugas bank, pelamar hendaknya memiliki kemampuan sesuai dengan syarat yang diberikan. Selain itu, pelamar juga harus mengikuti ketentuan dari perusahaan tersebut. Lalu, gaji sebagai petugas bank pun cukup baik dan sesuai dengan pekerjaan yang dijalankannya. Untuk itu, banyak sekali saingan yang ingin masuk ke bank tertentu sebagai pekerja.

17. Asisten Pilot

Menjadi asisten pilot adalah rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMA selanjutnya. Untuk menjadi seorang asisten pilot maka diperlukan seleksi yang ketat. Sebelum itu, pendaftar juga harus mengikuti pendidikan lanjutan khusus sebagai asisten pilot ini. Adapun lama pendidikan biasanya selama beberapa bulan.

Setelah lulus dari pendidikan tersebut, calon asisten pilot dapat langsung bekerja di penerbangan tertentu. Namun, calon asisten juga bisa mendaftar di penerbangan lainnya yang sesuai dengan skill dan juga memenuhi persyaratan yang diberikan.

18. Polisi

Kemudian, menjadi seorang polisi juga dapat dilakukan oleh lulusan SMA. Sebelum menjadi polisi, pelamar akan diberikan serangkaian tes seperti tes fisik dan juga kemampuan lainnya.  Namun, untuk menjadi polisi, kebanyakan pelamar harus mengikuti pendidikan polisi selama beberapa waktu terlebih dahulu.

Tentunya, dalam pendidikan tersebut calon polisi akan dilatih secara lebih intensif. Setelah berhasil lulus dalam pendidikan polisi tersebut, para siswa akan mendapatkan gelar tertentu dan akan ditugaskan di unit yang sesuai.

19. Pekerja Salon

Berikutnya, pekerjaan untuk lulusan SMA  bisa pula bekerja di berbagai salon rambut ataupun salon kecantikan. Biasanya, untuk dapat bekerja di bidang ini, calon pekerja diharuskan untuk memiliki pengetahuan dasar dalam bidang yang akan dilakukannya. Selanjutnya, apabila telah memenuhi persyaratan akan diadakan training singkat kepada para pekerja supaya dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Nantinya, pekerja salon akan bertugas sebagai pemotong rambut, merawat rambut, melakukan perawatan tubuh dan juga wajah para klien yang datang. Untuk gajinya sendiri bervariasi, tergantung dari jenis salonnya dan juga keahlian dari pekerja tersebut.

20. Pengusaha

pekerjaan untuk lulusan SMA   selanjutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan SMA adalah terjun di dunia usaha. Pekerjaan ini tidak dibatasi dengan tingkat pendidikan karena bisa bekerja secara mandiri. Meski demikian, sebagai pengusaha diperlukan kemampuan untuk mengelola keuangan dan juga melihat peluang yang ada.

Selain itu, pengusaha juga harus rajin dan tidak takut untuk gagal. Bisa saja, hasil usaha yang dijalankan tersebut memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan bekerja pada perusahaan milik orang lain.

Demikianlah rekomendasi beberapa pekerjaan untuk lulusan SMA yang dapat dilakukan. Selain daftar tersebut tentunya masih banyak lagi pekerjaan lain yang bisa dicoba. Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tentunya harus memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mendaftar banyak pekerjaan sekaligus akan memberikan peluang lebih banyak untuk memperoleh pekerjaan.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar