Adigang adigung lan adiguna kerap didengar dan dijadikan sebagai wejangan. Jika ini orang tua atau zaman dahulu, pasti tahu Pengertian adigang adigung adiguna dan makna di dalamnya. Namun berbeda dengan masa kini yang sudah sedikit berbeda. 

Bahasa Jawa seperti ini saat ini sudah mulai jarang digunakan di kalangan anak muda. Sehingga saat mendengar atau mendapatkan pertanyaan terkait dengan makanan sedikit bingung dan bahkan tidak paham. Padahal ini merupakan kata pepatah Jawa. 

Untuk menjawab rasa penasaran, maka di bawah ini pun akan dijelaskan mengenai makna dari kalimat tersebut. Juga mengetahui pengertian yang lebih kompleks dari setiap kata dalam adigang adigung dan Adiguna. Jadi terus simak dan jangan lewatkan penjelasannya. 

Pengertian Adigang Adigung Adiguna

Pengertian Dari Adigang Adigung Adiguna

Pertama yang akan dibahas adalah Pengertian adigang adigung adiguna untuk digali lebih lanjut. Dimana biasanya kalimat ini diucapkan dengan tambahan aja di bagian awalnya. Sehingga akan menjadi susunan kalimat berupa aja adigang adigung adiguna. 

Bagi yang belum paham, tiga suku kata tersebut merupakan bahasa Jawa yang dikategorikan ke dalam nasihat. Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa manusia di muka bumi tidak boleh bersifat sombong. Ini menjadi bagian dari keragaman peribahasa Jawa. 

Dulunya kata, kalimat dengan tiga suku kata tersebut adalah merupakan suatu nasihat bagi orang-orang yang mempunyai kekuasaan. Kalimat ini juga berupa tuturan verbal yang dijadikan cerminan sebagai keinginan untuk memiliki sifat rendah hati. Sehingga tidak akan sombong. 

Juga dapat menggambarkan suatu rasa yang tidak ingin menyakiti perasaan orang lain. Baik itu dari segi ucapan maupun tindakan. Diharapkan dengan tuturan tersebut maka orang yang mendengar akan dapat bertumbuh dengan sifat yang rendah hati. 

Dalam peribahasa ini, sifat sombong diumpamakan sebagai kidang yang mengandalkan kekuatannya, ini disebut dengan adigung. Kemudian sifat gajah dengan tubuh yang besar, tidak ada yang menandingi dirinya dinamakan adigung. Lalu ular yang mengandalkan bisanya, atau Adiguna. 

Arti Kata Adigang Adigung Adiguna

Tadi sudah dibahas mengenai Pengertian adigang adigung adiguna, maka kali ini akan dibahas artinya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kalimat tersebut terdiri dari tiga suku kata, dan memiliki makna yang berbeda. Jadi kali ini pun akan diuraikan. 

1. Adigang

Pertama yang akan dibahas adalah mengenai arti kata adigang menurut filosofi Jawa. Secara harfiah adigang memiliki makna orang yang memiliki kelebihan, kekuatan dan juga kekuasaan. Maka dari itu nasihat ini sering digunakan untuk orang besar. 

Seseorang tersebut memiliki kendali yang ada di lingkungan masyarakat. Adigang juga bisa dianggap seseorang yang memiliki watak yang membanggakan kekuatannya. Pada pengertian tadi digambar seperti hewan gajah, namun ada pula yang mengumpamakan dengan kijang.

2. Adiguna

Kemudian untuk yang kedua adalah Adiguna. Arti dari kata ini adalah seseorang yang memiliki kekuasaan, keluhuran moyang, pangkat, derajat hingga keturunan keraton. Sifat seperti ini digambarkan seperti gajah. 

Di mana badan yang dimiliki sangat besar, kemudian ketika bertengkar dirinya akan selalu menang. Kemudian yang terakhir adalah bahwa tidak ada yang bisa menandingi betapa besar dirinya. Ini yang akhirnya disebut dengan Adiguna. 

Pada tahap ini pasti sudah paham dengan penjelasan di atas tadi. Bahwasanya adigung merupakan salah satu jenis sifat yang membanggakan kekuatan dan kebesaran yang dimiliki. Terlebih dirinya memiliki garis keturunan yang baik yang sering dibanggakan. 

3. Adiguna 

Kemudian arti kata terakhir yang akan dibahas kali ini adalah Adiguna. Adiguna merupakan sifat seseorang yang mengandalkan kepintaran dan juga kecerdasan otak. Sifat ini digambarkan seperti ular dimana dirinya menggambarkan kepintarannya. 

Maksud dari kata tersebut adalah, seperti yang diketahui bahwa hewan ular memiliki tubuh yang ringkih. Tidak memiliki tanduk atau kaki untuk menyerang. Namun dirinya mampu mengandalkan bisa yang bisa membahayakan orang di sekitarnya. 

Orang-orang Yang Dinamakan Dengan Adigang Adigung Adiguna

Kemudian harus paham juga bahwa Pengertian adigang adigung adiguna tak hanya dimiliki oleh satu orang saja namun dari orang bisa memiliki salah satu sifat tersebut. Tentu karena mungkin dirinya hanya memiliki kepintaran atau kekuatan fisik saja.

1. Orang Yang Memiliki Sifat Adigang

Pertama yang akan dibahas kali ini adalah mengenai sosok yang bisa menggambarkan tentang seseorang yang memiliki sifat ini. Hanya dengan gambaran seperti di atas kadang masih kesulitan dalam menerka. Maka dari itu kali ini akan disertakan contohnya. 

Orang seperti ini kadang sering bertindak sesuai dengan keinginannya saja, namun tanpa memikirkan perasaan orang lain. Sehingga banyak yang merasa sakit hati terhadap orang seperti ini. Kalau orang seperti apa adigang?

Dalam penjelasan di atas, adigang adalah orang yang membanggakan kekuatan yang dimiliki. Di lingkungan masyarakat, adigang bisa didapatkan pada seseorang yang menjadi preman atau penjahat. Dirinya mengandalkan kekuatan dan kemampuan untuk menakuti orang lain. 

2. Orang Yang Memiliki Sifat Adigung

Kemudian untuk yang kedua adalah adalah seseorang yang memiliki sifat adigung. Tadi dibatas sudah digambarkan bahwa orang ini memiliki kekuasaan. Dirinya juga memiliki garis keturunan yang baik, atau dirinya juga memiliki pangkat. 

Dari kalimat tersebut tentu siapa yang seharusnya mendapatkan nasihat seperti. Sebab pada dasarnya sifat seperti ini umumnya ditemukan pada seseorang yang punya kekuasaan. Juga mempunyai kedudukan yang besar di lingkungan masyarakat. 

Misalnya adalah orang kaya yang memiliki kekuasaan dan kekayaan yang melimpah. Atau seseorang yang punya kekuasaan seperti pejabat atau pegawai pemerintahan. Seharusnya orang-orang tersebut rendah diri karena diberikan amanah di dalamnya. 

3. Orang Yang Memiliki Sifat Adiguna

Kemudian yang terakhir adalah sifat Adiguna yang dikibarkan seperti ular. Diri sendiri memiliki otak yang cukup pintar. Atau dengan kata lain orang tersebut pandai dalam menyombongkan kepintaran yang dimiliki. 

Namun dirinya hanya sekedar sombong saja, namun tidak mau membagikan ilmu yang dimiliki. Padahal seharusnya menjadi seseorang yang pintar seharusnya tidak boleh sombong. Lalu bersedia membagikan ilmu yang dimiliki. 

Makna Nasihat Aja Adigang Adigung Adiguna

Aja atau dalam bahasa Jawa dibaca Ojo yang bisa diartikan sebagai jangan Adigang Adigung Adiguna. Ini merupakan salah satu nasehat Jawa yang seru digunakan untuk seseorang agar menjalani kehidupan yang baik. Seperti penjelasan berikut. 

Dengan nasihat tersebut, diharapkan seseorang akan dapat bersikap rendah hati, juga hidup sederhana dan tidak takabur dengan apa yang dimiliki. Sebab karena bagaimanapun kadang manusia suka luput dengan apa yang dimiliki saat ini. 

Demikian adalah Pengertian adigang adigung adiguna untuk dipahami dan dipelajari. Menjadi salah satu kalimat dengan penuh filosofi di dalamnya kadang tak mudah dipahami oleh anak zaman sekarang. Namun setidaknya dengan ini akan sedikit paham.

Sudah dijelaskan juga mengenai dari tiga kata tersebut secara satu per satu. Sehingga akan lebih paham dengan arti di dalamnya dan bukan sekedar makna. Sampai sini tentu sudah paham bukan dengan makna dari nasihat aja adigang adigung adiguna?

Bagikan: