6 Universitas Jurusan Fisioterapi Akreditasi A dan Prospek Kerja

Tertarik mempelajari anatomi tubuh manusia secara mendalam? Maka solusinya ambil jurusan Fisioterapi. Kini banyak kampus-kampus ternama di Indonesia yang menyediakan jurusan fisioterapi akreditasi A. Dengan berkuliah di jurusan fisioterapi maka peluang untuk bekerja di rumah sakit atau klinik sangat besar. Karena nyatanya banyak lembaga kesehatan yang membutuhkan jasa fisioterapis.

Fisioterapi mempelajari anatomi tubuh yang berhubungan dengan tulang, otot, dan sendi. Selain itu studi ini juga berhubungan dengan gerak tubuh manusia dan bagaimana memperbaiki disfungsi anggota gerak tubuh. Dengan memanfaatkan energi alam seperti api, air, listrik dan udara fisioterapi mampu memberikan terapi kepada pasien. Tujuannya untuk naturalitas penyembuhan pasien.

Tujuan dari profesi ini adalah untuk mengobati bagian tubuh yang cedera agar berfungsi normal. Dengan berkuliah jurusan fisioterapi tentu akan mempelajari hal-hal tersebut. Banyak kampus di Indonesia yang menawarkan program fisioterapi. Dari mulai kampus ternama nasional hingga kampus swasta. Umumnya fisioterapi masuk ke dalam cabang pendidikan khusus, profesi bidang kesehatan.

Kampus-kampus yang menawarkan program ini memiliki akreditasi yang beragam, dari mulai akreditasi A hingga yang paling buruk akreditasi C. Ini tentu membuat para calon mahasiswa kebingungan memilih kampus. Tapi tidak perlu khawatir, karena setelah ini akan ada serba-serbi  jurusan fisioterapi akreditasi A. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak artikel berikut:

6 Kampus di Indonesia Dengan Jurusan Fisioterapi Akreditasi A

Calon mahasiswa baru yang berminat di bidang keperawatan terutama fisioterapi pasti ingin berkuliah di kampus baik dan ternama. Akreditasi menjadi salah satu faktor calon mahasiswa menentukan pilihannya berkarir di dunia perkuliahan. Lantas apa saja kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan fisioterapi dengan akreditasi A? Berikut 6 daftar nama kampusnya!

1. Universitas Indonesia

Kampus pertama adalah kampus tertua di Indonesia yakni UI atau Universitas Indonesia. Sejarah kampus ini saja dulu bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan pada tahun 1849. Maka tak heran jika UI yang berlokasi di Depok jadi salah satu kampus yang menyediakan jurusan fisioterapi terbaik. Dengan akreditasi kampus dan jurusan yang A.

Kampus ini menerapkan lebih banyak praktek dibanding teori termasuk pada jurusan fisioterapi. Sehingga lulusan fisioterapi UI diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja, karena disediakan juga sertifikasi kompetisi.

2. Universitas Udayana

Kampus negeri yang paling terkenal di Bali yakni kampus Universitas Udayana juga menyediakan jurusan fisioterapi. Kampus ini kerap juga disebut sebagai Unud. Akreditasi kampus yang telah A sejak tahun 2016 bisa menjadi opsi tepat bagi para pelajar untuk berkuliah fisioterapi di Unud.

Misi Unud adalah untuk menghasilkan fisioterapi yang inovatif, modern serta mengabdi kepada masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Khususnya untuk masyarakat kawasan Pulau Dewata dan sekitarnya yang membutuhkan jasa fisioterapis untuk memanjakan turis yang bertandang ke Bali.

3. Universitas Airlangga

Salah satu kampus terbaik di Jawa Timur yakni Universitas Airlangga berlokasi di Surabaya menyediakan jurusan fisioterapi. Universitas Airlangga atau Unair merupakan salah satu kampus ternama yang menyediakan program studi di bidang keperawatan dan kedokteran terbaik di Indonesia. Persaingan untuk masuk kampus ini sangatlah ketat terutama di jurusan kesehatan atau kedokteran.

Setelah lulus dari jurusan fisioterapi Unair, mahasiswa kan mendapat gelar Ahli Madya karena fisioterapi masuk ke program vokasi. Dengan gelar ini tentunya mahasiswa akan siap bekerja tentunya di bidang medis.

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Jika sebelumnya kampus-kampus yang disebutkan adalah kampus negeri, maka Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) jadi kampus swasta yang menyediakan jurusan fisioterapi. Walaupun kampus swasta namun UMM jadi salah satu kampus dengan akreditasi A terbaik di Kota Malang. Kampus ini dikenal sebagai kampus pendidikan namun juga menyediakan jurusan fisioterapi akreditasi A.

UMM menyediakan berbagai laboratorium dengan fasilitas lengkap untuk menunjang praktik mahasiswa fisioterapi. Selain itu lulusan UMM juga memiliki peluang kerja yang luas dan bisa menjadi opsi untuk mendaftar kuliah jurusan fisioterapis.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kampus yang selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta atau biasa disingkat UMS. Kampus ini jadi salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah Nomor 1 di Indonesia. Karena akreditasi jurusan fisioterapi dan kampus UMS sudah A. Jadi untuk para calon mahasiswa yang memilih berkuliah di kampus swasta bisa memasukan UMS di daftar kampus impian.

Jurusan fisioterapi di kampus UMS telah terakreditasi sejak 2017 hingga tahun 2023. Untuk mencari informasi terkait jurusan ini dan ingin masuk fisioterapi UMS bisa mendaftar di web resmi UMS.

6. Universitas Hasanuddin

Daftar kampus ternama yang terakhir adalah Universitas Hasanuddin. JIka sebelumnya semua kampus yang disebutkan berasal dari pulau Jawa, maka kampus yang satu ini berasal Makassar, Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin atau Unhas telah terakreditasi A baik kampusnya atau jurusan fisioterapi. Dan tentu bisa jadi opsi untuk para pelajar di luar Jawa.

Berbeda dengan kampus lain jalur masuk Unhas cukup beragam. Karena selain SNMPTN dan SBMPTN, Unhas juga menyediakan seleksi lokal untuk pelajar asli Makassar dan sekitarnya. Dengan gelar S.Ft atau sarjana fisioterapis, mahasiswa lulusan Unhas diharapkan dapat bekerja di berbagai tempat sebagai terapis

Prospek Kerja Jurusan Fisioterapi di Indonesia

Mahasiswa lulusan jurusan fisioterapi cukup minim di Indonesia, namun lowongan yang dibutuhkan cukup banyak. Tentu saja ini bisa peluang yang baik untuk para pelajar yang ingin segera dapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Lantas apa saja prospek kerja jurusan fisioterapi di Indonesia? Mari simak detail penjelasannya di bawah ini!

  • Menjadi fisioterapis di lembaga klub olahraga baik nasional maupun swasta, pusat kebugaran hingga fisioterapis pribadi atlet.
  • Bekerja di lembaga pemerintahan seperti di dinas kesehatan, pusat kebugaran instansi hingga jasa fisioterapi.
  • Apabila ingin berwirausaha bisa mendirikan klinik atau praktek fisioterapis milik pribadi.
  • Jika menyukai kegiatan belajar mengajar maka bisa menjadi akademisi atau tenaga pendidik seperti dosen dibidang kesehatan, keperawatan dan fisioterapis.
  • Seorang lulusan fisioterapis juga berkesempatan untuk menjadi fisioterapis hewan. Bisa menjadi fisioterapis hewan ternak, hewan peliharaan hingga hewan peliharaan eksotis.
  • Apabila lulusan fisioterapis merasa mampu, cukup berani dan memiliki jiwa penelitian dan rasa ingin tahu yang besar. Maka bisa menjadi peneliti fisioterapi untuk mengembangkan keilmuan di dunia perawatan dan fisioterapi.
  • Dan yang terakhir tentu saja seorang fisioterapis bisa bekerja di rumah sakit terutama di unit rehabilitasi medik. Atau bisa juga menjadi tenaga fisioterapis di klinik.

Itu tadi serba-serbi terkait daftar jurusan fisioterapi akreditasi A  lengkap dengan prospek kerja fisioterapis di Indonesia. Dengan artikel ini diharapkan para pelajar Indonesia bisa memiliki opsi kampus mana yang menyediakan jurusan fisioterapi terbaik dengan akreditasi A. Tentunya dengan fasilitas-fasilitas terbaik untuk menunjang proses perkuliahan dan kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga: 10 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Selain itu artikel ini juga menyediakan prospek kerja untuk lulusan fisioterapi agar para pelajar semakin yakin berkuliah di jurusan tersebut. Yang terpenting adalah lowongan menjadi fisioterapis sangat banyak di Indonesia dan bisa menjadi peluang karir bagi mahasiswa fisioterapi. Dan jangan lupa belajar agar bisa masuk kampus terakreditasi A!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *