Belanda menjadi salah satu negara di Eropa paling favorit menempuh pendidikan oleh pelajar di Indonesia ataupun seluruh dunia. Setiap tahun ribuan pendaftar mencari beasiswa dan mendaftar ke berbagai universitas terbaik di Belanda. Belanda termasuk terkenal dengan sistem pendidikannya yang bagus.

Belanda mempunyai sistem belajar yang lebih mengedepankan praktek sehingga keilmuan yang didapatkan bisa lebih digunakan di dunia kerja. Kualitas pengajar yang mendukung juga menjadi faktor negara ini dituju oleh banyak pelajar internasional maupun non internasional.

Universitas Terbaik di Belanda

7 Universitas Terbaik di Belanda yang Menerima Mahasiswa Asing 2023

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Belanda tahun 2023.

1. Utrecht University

Utrecht University atau Universitas Utrecht terletak di daerah Utrecht, Belanda. Universitas ini telah cukup lama berdiri sejak tahun 1636. Hal ini menjadikan Utrecht University salah satu universitas tertua dan terbaik di Belanda.

Sekitar lebih dari 1500 pelajar dari Internasional memilih Utrecht University sebagai destinasi tempat menempuh pendidikan. Universitas ini juga terdapat opsi bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama yang memudahkan pelajar dari luar Belanda.

Salah satu ciri khas dari Utrecht University memiliki Fakultas ilmu Social and Behavioural Science. Fakultas tersebut merupakan satu-satunya di dunia dan tidak ada di universitas lainnya. Ilmu sosial interdisipliner, antropologi budaya, ilmu pendidikan, ilmu pedagogik, psikologi, dan sosiologi adalah ilmu yang diajarkan sekaligus di fakultas tersebut.

2. University of Amsterdam

Universitas Amsterdam atau University of Amsterdam adalah universitas yang berlokasi di Amsterdam. Universitas Amsterdam merupakan universitas tertua di Belanda setelah Utrecht, Erasmus, dan Leiden.

Tercatat Universitas Amsterdam merupakan peringkat ke-50 universitas terbaik di dunia dan peringkat ke 17 universitas terbaik di Eropa. Terdapat total 7 fakultas di Universitas Amsterdam. Setiap fakultas tersebut juga menyediakan program pascasarjana atau master.

Total pendaftar setiap tahun Universitas Amsterdam adalah lebih dari 30.000 pelamaran setiap masa penerimaan mahasiswa baru. Banyak minat siswa Internasional menyebabkan Universitas Amsterdam membuka opsi kelas berbahasa inggris di beberapa fakultas mulai tahun 2020.

Hal yang cukup berbeda dan unik dari Universitas Amsterdam ini adalah memiliki museum pribadi. Total lima museum dimiliki oleh universitas ini. Salah satu museum yang dimiliki oleh Universitas Amsterdam bernama Rijksmuseum.

3. Universitas Twente

Twente University merupakan universitas teknik negeri di Belanda. Universitas tersebut berlokasi di Enschede, salah satu kota di Belanda. Dikenal sejak dulu sebagai universitas terbaik dan masuk peringkat ke-10 universitas terbaik di Belanda. Berbagai tokoh terkenal di dunia pendidikan banyak yang menempuh pendidikan di Universitas Twente.

Total terdapat 5 fakultas teknik yang disediakan oleh Universitas Twente. 5 Fakultas yang disediakan semua difokuskan untuk teknik dan teknologi pengembangan keilmuan jurusan. Administrasi Publik Eropa, Administrasi Bisnis Internasional, Teknik, dan Teknologi Kesehatan dan Biomedis adalah 5 fakultas yang terdapat di Universitas Twente.

Universitas Twente mengubah sistem pembelajaran dari bahasa Belanda menjadi bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama per tahun 2020. Faktor ini yang menjadikan Universitas Twente menjadi destinasi menempuh pendidikan oleh pelajar internasional di seluruh dunia.

4. Universitas Teknologi Delft

TU Delft atau Universitas Teknologi Delft merupakan universitas teknik swasta yang memiliki jumlah fakultas teknik terbanyak di Belanda. Total 5000 lebih mahasiswa Internasional setiap tahun mendaftar pada salah satu universitas terbaik di Belanda ini.

Universitas Teknologi Delft ini awalnya diperuntukan khusus untuk mendidik insinyur di bidang sipil Belanda pada zaman Hindia Belanda timur lalu. Pada akhirnya membuka berbagai jurusan lain dan dibuka secara resmi untuk umum setelah zaman penjajahan selesai.

Universitas Teknologi Delft merupakan satu dari universitas di Belanda yang memiliki cukup banyak fasilitas terkait laboratorium dengan peralatan yang canggih. Akses menuju universitas pun tidak sulit sehingga bisa diakses oleh transportasi.

Total perjalanan menuju Universitas dari pusat kota Delft adalah 5 menit. Berbagai metode transportasi disediakan oleh pihak kampus karena sebelumnya terjadi pemindahan lokasi universitas. Awalnya, Universitas Teknologi Delft terletak di tengah kota.

Pemindahan lokasi gedung Universitas Teknologi ini dikarenakan kota Delft yang dulu sepi semakin padat penduduk. Demi menjaga fokus dan suasana belajar di Universitas Teknologi Delft ini akhirnya dipindah ke area yang lebih terpencil.

5. Wageningen University & Research (Universitas dan Pusat Penelitian Wageningen)

Wageningen adalah salah satu universitas terbaik di Belanda yang terkenal karena jurusan ilmu sains seperti pengolahan pangan. Universitas dan Pusat Penelitian Wageningen adalah salah satu universitas terbaik untuk para pelajar yang ingin melanjutkan spesialisasi ilmu sains ilmu alam dan humaniora sosial.

Total fakultas dan jurusan yang ada di Universitas dan Pusat Penelitian Wageningen  adalah 40 dan semuanya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahan. 29 program master menggunakan bahasa Inggris dan alumni hanya perlu mengejar dua tahun untuk lulus dari program master atau pascasarjana ini.

Setiap tahun terdapat 10,000 mahasiswa pendaftar yang mengejar gelar sarjana atau pascasarjana pada Universitas dan Pusat Penelitian Wageningen. Total mahasiswa yang juga mengambil kualifikasi sertifikasi profesional pada universitas ini adalah 20% atau 2000 setiap tahunnya dari seluruh penjuru dunia.

Wageningen mendapatkan peringkat Universitas terbaik ke-3 di Belanda pada tahun 2023 berdasarkan QS World University Rankings by Subject. Peringkat ini merupakan peringkat tertinggi Wageningen selama beberapa tahun terakhir setelah biasanya berada di peringkat 10 besar. Hal ini menunjukkan peningkatan kualitas di universitas Wageningen dan wajib dijadikan destinasi universitas.

6. Leiden University

Universitas Leiden adalah salah satu universitas tertua setelah Utrecht dan Erasmus. Universitas Leiden didirikan pada tahun 1575. Leiden University atau Universitas Leiden ini mengedepankan riset dan penelitian pada seluruh fakultas dan jurusan. Hal ini dikarenakan universitas mempunyai visi agar lulusan dari universitas mampu bersaing di persaingan global yang ketat.

Nama-nama terkenal seperti Albert Einstein dan Enrico Fermi merupakan alumni dari universitas Leiden ini. Bahkan ahli filsuf terkenal dan terkemuka seperti Descartes dan Spinoza pernah berkuliah disini pada zaman dulu. Anggota dan turunan dari kerajaan Belanda juga menempuh bangku kuliah di universitas yang telah melahirkan 16 peraih penghargaan nobel ini.

Total lebih dari 200 gelar sarjana dan pascasarjana secara akademik ditawarkan untuk mahasiswa internasional luar Belanda. Inovasi dan penemuan berharga banyak ditemukan oleh para peneliti di Universitas Leiden ini. Kegiatan belajar mengajar yang unik menjadi pertimbangan para mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Universitas Leiden ini.

7. Erasmus University Rotterdam

Universitas Erasmus terletak di Rotterdam. Nama Erasmus diambil dari nama seorang ahli teologi dan ahli humanis terkenal Desiderius Erasmus Roterodamus. Erasmus banyak menghasilkan paham teologi yang terkenal pada abad ke-15.

Universitas Erasmus Rotterdam ini berdiri sejak 1913 sebagai sekolah perdagangan hingga berubah sepenuhnya menjadi universitas pada 1973. Prestasi peringkat ke-1 di QS World University Rankings by Subject didapatkan oleh Universitas ini.

Total lebih 6,000 pelajar dari seluruh penjuru dunia ditambah dari dalam negara Belanda itu sendiri mendaftar ke Universitas Erasmus. 4 Fakultas yang terkenal diincar oleh pelajar internasional adalah keuangan, kesehatan, tata bidang kelola, dan budaya.

Sekian daftar 7 universitas terbaik di Belanda pada tahun 2023. Setiap tahun semua universitas tadi menyediakan berbagai beasiswa untuk pelajar internasional termasuk Indonesia. Bagi para pelajar yang mencari akses dan informasi mengenai beasiswa dapat ditemukan di Kedutaan Belanda.

Bagikan: