Surabaya terkenal memiliki banyak sekali taman yang dipenuhi dengan area hijau rerumputan, salah satunya yang populer adalah Air Taman Prestasi. Sesuai dengan namanya, tempat ini menampung beberapa replica dari prestasi yang pernah diraih oleh kota Surabaya dari waktu ke waktu.

Informasi Umum Air Taman Prestasi

Informasi Umum
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2022/06/08/sungai-kalimas-surabaya-1.jpeg?w=1200

Sebelum berkunjung kesini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu informasi umumnya. Tempat ini menjadi tujuan wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan lokal maupun luar apabila berkunjung ke kota Surabaya. Luasnya sendiri kurang lebih 6.000 meter dan terbentang sepanjang sungai Kalimas.

Wisatawan dapat melihat panorama indah di sekitar sungai dan menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di taman. Tempat ini juga cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Bahkan, banyak orang menjadikannya sebagai tempat merelaksasikan rasa penat sejenak.

Bukan hanya itu saja, tempat ini juga menyediakan berbagai kegiatan menarik yang akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, wisatawan baru bisa mengenal kota Surabaya lebih jauh melalui replica prestasi-prestasi tadi.

Jam Buka Air Taman Prestasi

Jam Buka
Source: https://lh5.googleusercontent.com/p/AF1QipPdiaZdhuhvTZL_qe1vz1QY42RsUqVAWVyA4b7l=w650-h400-k-no

Informasi berikutnya yang perlu pengunjung ketahui jika ingin berkunjung kesini adalah jam operasional tempat wisata. Air Taman Prestasi sendiri dibagi menjadi dua bagian, pertama dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, kemudian jam 16.00 – 21.00 WIB.

Jadi, Anda bisa menentukan waktu kunjungan, ingin di malam atau siang hari. Namun, sebaiknya berkunjung di malam hari agar suasana malam terasa lebih nyaman dengan pemandangan indah di sekitarnya. Selain itu, di siang hari cuaca lebih terik dan khawatir akan mengganggu aktivitas.

Harga Tiket Masuk Air Taman Prestasi

Harga Tiket Masuk
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/01/20220108-110320-compress1-28598b7784be39d2a0e7a69c686d02c1-021ae7a426e76f28724579cf89143f00.jpg

Selanjutnya, informasi mengenai harga tiket masuk yang harus pengunjung bayarkan jika ingin masuk ke kawasan wisata. Sebenarnya, pengunjung tidak dikenakan biaya sedikit pun kalau ingin menghabiskan waktu liburan di sini alias gratis.

Jadi, Anda bisa mengajak keluarga besar untuk berkunjung kesini. Walaupun begitu, ada beberapa fasilitas atau wahana yang membutuhkan biaya pembayaran jika pengunjung ingin menggunakannya, seperti perahu yang mengajak wisatawan berkeliling Sungai Kalimas.

Fasilitas di Air Taman Prestasi

Fasilitas di Air Taman Prestasi
Source: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/cdn.orbit/wp-content/uploads/2021/12/22082544/covprest.png

Meskipun hanya sebuah taman, tempat ini sudah menyediakan cukup banyak fasilitas beragam dan menarik yang dapat membantu membuat liburan pengunjung menjadi lebih menyenangkan dan seru. Fasilitas keren tersebut seperti taman, perahu, dan spot foto menarik.

Jika kesini, jangan lupa juga membawa kamera apalagi kalau berkunjung di malam hari. Suasana dan keindahan alamnya harus diabadikan secara keseluruhan. Selain itu, sediakanlah kebutuhan pribadi sebelum berangkat, seperti bekal apabila perlu, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Air Taman Prestasi

Daya Tarik Air Taman Prestasi
Source: https://sewabussurabaya.com/wp-content/uploads/2020/02/wisata-air-taman-prestasi-surabaya.jpg

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat para wisatawan luar maupun lokal. Sama halnya dengan Air Taman Prestasi ini yang keunikannya tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

1. Monumen Pesawat Bomber

Daya tarik pertama yang mampu menarik perhatian pengunjung adalah keberadaan Monumen Pesawat Bomber B-16 Intruder. Monument ini diresmikan pada tanggal 19 Juli 2016 oleh Bambang Dwi Hartono yang merupakan Walikota Surabaya periode 2000 – 2010 pada waktu itu.

Sesuai dengan namanya, monumen ini merupakan sebuah pesawat terbang yang masih utuh. Selain itu, terdapat prasasti yang berisi jasa dari pesawat bagi NKRI. Dengan begitu, wisatawan bisa mempelajari mengenai sejarah bangsa melalui monumen tersebut.

2. Arena Bermain Anak

Jika Anda membawa anak-anak kesini dan bingung mengenai fasilitasnya, tenang saja. Taman ini sudah menyediakan area bermain bagi si kecil agar mereka juga bisa menikmati hari libur akhir pekannya. Selain itu, sarananya juga sangat beragam, jadi mereka tidak akan cepat bosan berada di sini.

Adapun beberapa sarana tersebut, seperti seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, monkey bar, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mengawasi mereka tanpa perlu khawatir terjadi kendala karena semuanya terjamin aman bagi anak-anak.

3. Panggung Terbuka

Tempat wisata ini sangat-sangat mendukung aktivitas para pengunjungnya. Anda bisa bersantai sambil ngobrol hangat dengan keluarga di area Panggung Terbuka. Terkadang, kawasan ini berguna sebagai tempat pertunjukan apabila ada acara tertentu yang dilaksanakan di taman ini.

Jika tidak ada, kebanyakan pengunjung memanfaatkannya sebagai tempat duduk untuk mengobrol. Luasnya sendiri sekitar 15 meter. Di sini, wisatawan bisa juga menyantap kuliner atau bekal yang mereka bawa dari rumah. Jadi, kesannya sedang melakukan piknik kecil-kecilan di sekitar taman.

4. Wisata Air

Daya tarik selanjutnya dari tempat ini adalah wisata airnya. Di sini terdapat wahana perahu yang bisa pengunjung naiki untuk melewati sungai Kalimas yang cukup panjang. Untuk tiketnya sendiri hanya Rp4.000 saja. Rutenya melewati sungai hingga jembatan dan kembali ke arah taman.

Anda bisa mencoba wisata air ini di sore hari karena akan ada banyak lampu warna warni yang menghiasi sepanjang aliran sungai. Namun, sebelum menaiki wahana ini, pengunjung harus tahu terlebih dahulu jadwal operasinya. Senin – Jumat dari jam 08.00 – 15.00 WIB, Sabtu 08.00 – 21.00 WIB, dan Minggu 07.20 – 21.00 WIB.

5. Spot Foto Instagramable

Di sini juga terdapat banyak spot foto instagramable yang akan membuat akun sosial media Anda terlihat menarik. Bukan hanya itu saja, latar belakang foto di tempat ini juga bagus-bagus dan indah. Apalagi jika berkunjung di sore hingga malam hari.

Salah satu spot foto terfavorit pengunjung adalah terowongan yang berada di taman. Oleh karena itu, jika berkunjung kesini jangan lupa membawa kamera agar bisa mengambil banyak foto bersama keluarga maupun teman.

Alamat Menuju Air Taman Prestasi

Air Taman Prestasi ini berada di Jl. Ketabang Kali No.6, Genteng, Surabaya. Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus dan memadai serta bisa dilalui dengan berbagai jenis kendaraan, baik roda empat atau dua, maupun transportasi umum.

Rute Menuju Air Taman Prestasi

Rute Menuju Air Taman Prestasi
Source: https://goo.gl/maps/RaWmY22TqVKDqtsV7

Bagi pengunjung luar kota yang belum terlalu familiar dengan seluk beluk kota Surabaya pasti kesusahan menemukan rute yang tepat menuju tempat wisata ini. Oleh sebab itu, agar tidak tersesat selama perjalanan, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps di smartphone atau fitur GPS di mobil.

Cara kerja keduanya sama dan sangat mudah, Anda hanya perlu menentukan lokasi atau titik berada, lalu mengatur tujuannya. Secara otomatis, kedua alat tersebut akan menunjukkan rute tercepat serta akurat yang perlu Anda tempuh. Dengan ini, tidak perlu khawatir lagi terjadi kendala.

Jika bergerak menggunakan kendaraan pribadi dari Tugu Pahlawan menuju tempat ini, jarak tempuhnya adalah 3.3 km dengan waktu tempuh sekitar 9 menit menggunakan mobil. Jadi, tidak perlu jauh-jauh lagi kalau ingin berpindah tempat dari Tugu Pahlawan ke kawasan wisata ini.

Demikianlah informasi berkaitan dengan wisata alam di tengah kota yang bernama Air Taman Prestasi Surabaya. Jangan lupa berkunjung kesini jika sedang berada di Surabaya. Nikmati keindahan alam disekitarnya untuk melepaskan rasa penat beraktivitas.

Bagikan: