Air Terjun Banyu Nget Trenggalek Wisata Pemandian Air Hangat

Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Jawa Timur adalah Air Terjun Banyu Nget Trenggalek. Tempat ini menawarkan beragam daya tarik bagi para wisatawan. Seperti pemandian air hangat, kawasan perkemahan, dan beberapa wahana lainnya sehingga cocok sebagai lokasi liburan.

Tentang Air Terjun Banyu Nget Trenggalek

Air Terjun Banyu Nget Trenggalek
Source: https://travelandword.com/wp-content/uploads/2017/12/wisata-banyu-nget-trenggalek.jpg

Destinasi wisata ini berdiri di atas tanah dengan luas sekitar 7 hektar. Keberadaannya pun sudah dikembangkan dan kelola langsung oleh pihak Perhutani daerah setempat. Tidak heran jika sangat cocok bagi Anda untuk menjadikannya lokasi berlibur bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat.

Bacaan Lainnya

Ada banyak wahana seru yang siap membuat pengunjung merasakan keseruan dengan sensasi berbeda. Terlebih, tersedia pula beberapa spot wisata menarik sehingga tidak akan merasa bosan saat berlama-lama di lokasi. Konsep wisatanya sendiri berupa edukasi, alami, tantangan, dan menyenangkan.

Adapun nama Banyu Nget diambil dari air pada salah satu area telaganya. Pasalnya, karakternya cukup hangat daripada air lainnya karena mengandung panas alami. Lokasi wisata ini sendiri cukup luas. Tentunya Anda dapat menjelajahinya dengan nyaman. Suasananya pun terasa sangat asri dan tenang.

Lokasi Wisata Air Terjun Banyu Nget Trenggalek

Air Terjun Banyu Nget terletak di Desa Dukuh, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya menyediakan area wisata yang sangat rindang. Ada banyak pepohonan di sekitarnya sehingga pengunjung bisa langsung merasakan liburan di tengah hutan. Tidak heran jika lokasinya cukup populer.

Kawasan tersebut juga sudah tertata dengan rapi karena ada banyak wahana dan fasilitas tersedia. Anda dapat berkunjung setiap hari baik itu di hari libur ataupun hari biasa sesuai keinginan. Terlebih, akses menuju lokasinya pun terbilang tidak sulit. Tentunya bisa jadi kelebihan tersendiri dari wisata tersebut.

Baca juga :  Putri Maron Trenggalek, Wisata Air Terjun yang Alami

Anda bisa menemukan lokasinya dengan mudah karena masih berada dalam satu jalur menuju Pantai Prigi, Gua Lowo, hingga Pantai Karanggongso. Tidak hanya itu, jalanan menuju tempatnya pun cukup mulus. Hanya saja terdapat beberapa tanjakan sehingga pastikan berkendara secara hati-hati agar aman.

Rute Menuju Lokasi Wisata Banyu Nget

Air Terjun Banyu Nget Trenggalek
Source: https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/AV2ZutOyCyc/maxresdefault.jpg

Untuk berkunjung ke Banyu Nget, Anda dapat menempuh perjalanan dengan rute yang cukup mudah. Berawal dari Kota Trenggalek, pengunjung bisa mengarahkan kendaraan mereka menuju jalur utama. Yakni searah dengan Pantai Prigi di kawasan timur pesisir selatan daerah Trenggalek.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan jarak sekitar 3 km. Sebelum tiba di lokasi pantai, maka Anda akan melalui jalur menurun dan menanjak. Lalu temukan pertigaan Pasar Desa Sawan setelah itu belok ke arah kanan atau barat. Selanjutnya jalan terus hingga sampai ke wisata Banyu Nget sehingga cukup mudah rutenya.

Adapun jarak tempunya hanya sekitar 1.5 km saja sehingga Anda sudah tiba di area parkir tempat wisata ini. Destinasi wisata ini sudah tersedia namanya sehingga tidak sulit menemukannya. Tepatnya di tengah taman bunga berwarna-warni. Pengunjung bisa langsung menikmati berbagai keseruan di lokasinya.

Harga Tiket Masuk Wisata Banyu Nget

Air Terjun Banyu Nget Trenggalek
Source: https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/AV2ZutOyCyc/maxresdefault.jpg

Ketika ingin berkunjung ke wisata Banyu Nget, Anda tidak perlu menyiapkan biaya terlalu banyak. Pasalnya, harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 5.000 saja per pengunjung. Tentu harga tersebut sangat terjangkau untuk semua kalangan. Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin berlibur dengan budget hemat.

Anda dapat berkunjung setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 35 km saja baik dari Trenggalek maupun Tulungagung. Anda bisa menempuh perjalanan baik itu menggunakan sepeda motor maupun mobil. Terlebih ada banyak aktivitas menarik di wisata ini.

Seperti kolam air hangat alami sehingga sensasi liburan akan terasa begitu berbeda dari biasanya. Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlibur ke tempat ini dengan pengalaman berbeda. Lokasinya pun tidak pernah sepi oleh pengunjung karena begitu populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar kota.

Daya Tarik dan Keindahan Air Terjun Banyu Nget Trenggalek

Ada banyak daya tarik yang bisa Anda termukan di wisata satu ini. Adapun daya tarik utamanya berupa area pemandingan alami dengan air hangat. Tentu tidak heran jika ada banyak wisatawan ingin berkunjung. Lokasinya juga cukup kekinian dan keren karena ada banyak spot foto menarik. Di bawah ini selengkapnya:

1. Melihat Air Terjun Goa Grojok

Ketika masuk ke pintu wisatanya, Anda akan menemukan jembatan gantung. Tentu perlu melewatinya agar bisa menyebrangi sungai kemudian menuju lokasi Banyu Nget itu sendiri. Masyarakat menyebutnya dengan nama Jembatan Kangen. Pastikan melewatinya dengan hati-hati.

Sedangkan daya tarik pertama yang dapat Anda nikmati di lokasi wisata ini yaitu Air Terjun Goa Grojok. Pengunjung dapat melihat langsung pemandangan air terjun alami dengan suasana sangat menyegarkan. Terlebih, fasilitas di sekitarnya juga sudah cukup lengkap. Seperti gazebo untuk beristirahat hingga kamar mandi.

2. Pemandian Alami Banyu Nget

Air Terjun Banyu Nget Trenggalek
Source: https://republikwisata.com/wp-content/uploads/2020/10/Air-Terjun-Banyu-Nget.jpg

Setiap pengunjung yang sudah tiba di lokasi dapat mendaki ke tempat lebih tinggi untuk menjumpai Kedung Banyu Nget. Kolam air tersebut sebagiannya mampu memancarkan air bersuhu hangat. Tidak heran jika menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Airnya pun muncul dari sudut bebatuan langsung secara alami.

Hanya saja, pengunjung perlu terlebih dahulu mengitari kolamnya agar bisa menemukan spot air hangat tersebut. Jika airnya dalam keadaan penuh maka bisa mencapai kedalaman hingga 3 meter. Setiap wisatawan dapat mencoba berendam di pemandian tersebut tanpa perlu khawatir dikenakan biaya.

3. Menikmati Air Terjun Urang Kambu

Source: https://wisata.memontum.com/wp-content/uploads/sites/9/2017/12/Libur-Panjang-Wana-Wisata-Banyu-Nget-Masih-Sepi-Pengunjung.jpg

Anda juga dapat menemukan spot wisata lainnya yakni Air Terjun Urang Kambu. Ketinggiannya sendiri mencapai 30 meter dengan kedalaman kolam air hingga 3 meter. Sangat cocok untuk menikmati suasana dengan kesegaran alami pegunungan. Keindahannya juga semakin lengkap dengan adanya bebatuan di bawahnya.

Pengunjung bisa melihat langsung keindahan kolam air berwarna biru kehijauan. Tentu dapat pula bermain di sekitar air terjun tersebut sehingga langsung merasakan sensasi kesegaran aliran airnya. Terlebih, sudah ada penyewaan pelampung jadi tidak perlu ragu apabila ingin bermain air ataupun berenang.

4. Mencoba Wahana Sepeda Terbang

Meskipun destinasi utama dari wisata ini berupa air terjun, akan tetapi ada banyak wahana menarik yang sudah pengelola siapkan bagi para pengunjung. Salah satunya yaitu wahana sepeda terbang. Anda dapat merasakan sendiri sensasi mengayuh sepeda dengan ketinggian tertentu sehingga sangat menantang.

Anda juga bisa menemukan beberapa spot foto menarik dan kekinian di sekitarnya. Sangat cocok apabila ingin mengabadikan momen saat berlibur idi tempat ini. Seperti jembatan gantung, taman bunga, batu payung, dan lainnya. Pengunjung juga bisa berburu wisata buah durian lokal engan cita rasa sangat lezat.

Baca juga : Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek dengan Berbagai Keunikan

Itu tadi beberapa pesona keindahan dari wisata Air Terjun Banyu Nget Trenggalek. Anda dapat merasakan langsung panorama air terjun yang masih alami dengan memancarkan air hangat. Jika ingin lebih seru dan menantang, cobalah wahana sepeda terbang agar liburan semakin terasa berbeda sensasinya.