Air Terjun Dolo Kediri, Wisata Besuki Kediri Kental dengan Mitosnya

Bagi Anda warga asli Kediri atau wisatawan yang ingin mencoba berwisata di Kediri, maka salah satu wisata alam tidak boleh terlewatkan adalah Air Terjun Dolo. Kawasan ini memiliki panorama sangat indah khas seperti Gunung Wilis sehingga menjadi daya tarik dari para pengunjung di sana.

Lokasi Air Terjun Dolo

Lokasi Air Terjun Dolo
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Lokasi Air Terjun Dolo tepatnya di kawasan Wisata Besuki yang berada di Desa Jugo, Dusun Besuki Kecamatan Mojo Kediri Jawa Timur. Lokasinya memang cukup jauh dari perkotaan sekitar 30 kilometer sehingga Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menuju ke sana.

Bacaan Lainnya

Lokasi Air Terjun Dolo adalah di kawasan wisata Besuki dimana dekat dengan beberapa objek wisata lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa berwisata ke tempat wisata lainnya. Pasalnya ada banyak air terjun di sekitarnya dan jaraknya pun tidak terlalu jauh dari lokasi utamanya.

Perlu Anda tahu bahwa Air Terjun Dolo memang merupakan wisata alam sehingga lebih banyak objek alamnya daripada properti buatan. Hal ini menjadi anugerah tersendiri atas lokasinya di Besuki karena tidak terpisahkan dari Gunung Wilis sebagai gunung legendaris di Kediri.

Rute Menuju Air Terjun Dolo

Rute Menuju Air Terjun Dolo
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Bagi beberapa pengunjung sebelumnya, mereka mengaku bahwa perjalanan menuju ke Air Terjun Dolo sangatlah menyenangkan. Pasalnya selama di jalan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu segar.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang menyegarkan, akses jalannya pun juga sudah bagus. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan jenis motor maupun mobil. Jadi bukan masalah lagi apabila ingin mengajak rombongan keluarga untuk melepas penat di Air Terjun Dolo.

Jarak Air Terjun Dolo dari Kota Kediri sekitar 30 kilometer. Anda bisa menempuh perjalanan dari pusat kota rata-rata 1 sampai 1,5 jam tergantung dengan kondisi jalanan. Tidak perlu kebut-kebutan, nikmati saja perjalanannya karena banyak pemandangan alam menarik. Berikut ada tiga cara menuju ke sana:

  • Lewat Pasar Muning: Anda bisa berangkat dari Pasar Muning menuju ke selatan sampai ke pertigaan Kecamatan Mojo. Selanjutnya ikuti saja arah menuju ke Besuki dan ikuti petunjuk ke Air Terjun Dolo
  • Lewat Terminal Taman Kota: Anda juga bisa berangkat dari terminal Taman Kota kemudian lurus ke barat hingga di pertigaan Kedak. Ambillah jalan ke kiri sampai bertemu pertigaan lagi lalu ambil arah ke kanan.
  • Lewat Gereja Pohsarang: Anda bisa berangkat dari Gereja Pohsarang sepatnya di pintu masuk gereja akan ada pertigaan Pohsarang atau pertigaan Badak. Belok ke kiri kemudian pilih arah kanan ketika menemui pertigaan lagi ketika jalan naik. Ikuti arah jalan saja hingga menuju ke arah Besuki.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Source : https://travelspromo.com/

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Dolo maka perlu mengetahui jam buka, harga tiket masuk dan juga apa saja fasilitas di dalamnya. Tentu saja hal ini harus Anda ketahui oleh semua calon pengunjung agar mereka bisa memperkirakan jam berangkat agar tetap nyaman selama di sana.

1. Jam Buka

Sebagai salah satu wisata alam, tentu saja jam bukanya akan dibatasi tidak bisa hingga malam hari. Hal ini tentunya demi menjaga keamanan dari para pengunjung sekaligus menghindarkan dari berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Selain itu, Air Terjun Dolo juga dikelilingi oleh kawasan hutan.

Air Terjun Dolo buka mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore setiap hari baik weekday maupun weekend. Dengan begitu, Anda bisa berangkat sekitar pukul 7 pagi agar tidak terlalu banyak pengunjung yang sudah datang di sana. Tentu akan terasa lebih memanjakan diri apabila suasana masih sepi.

2. Harga Tiket Masuk atau HTM

Harga Tiket Masuk atau HTM
Source : https://sikidang.com/

Untuk harga tiket masuknya sendiri, Anda pun tidak perlu khawatir karena di Air Terjun Dolo sendiri biaya masuknya hanya Rp 5 ribu saja per orangnya. Tentu saja tarif tersebut terdengar begitu terjangkau dengan berbagai pemandangan alam yang sangat sejuk dan rindang.

Sementara tiket parkir motornya pun saat ini juga tidak terlalu mahal karena hanya sebesar Rp 4 ribu saja per unitnya. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat maka harga tiket parkirnya adalah Rp 8 ribu saja. Jadi jangan khawatir apabila ingin membawa mobil bersama dengan keluarga besar.

3. Fasilitas Wisata

Ada beberapa fasilitas wisata di Air Terjun Dolo ini akan memanjakan diri Anda selama berkunjung ke sini. Pihak pengelola tentunya sudah mempersiapkannya demi menunjang kenyamanan bagi wisatawan bahkan juga cocok menjadi wisata alam bersifat edukatif untuk keluarga dan buah hati.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Dolo antara lain toilet, mushola, area parkir luas, arena permainan anak, kantin dan deretan rumah makan. Anda bisa sekaligus mencari kuliner khas Kediri di sini karena tersedia berbagai opsi makanan di tempat wisata.

Info dan Tips Berkunjung ke Air Terjun Dolo

Info dan Tips Berkunjung ke Air Terjun Dolo
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Air Terjun Dolo, pastinya berharap besar akan menjumpai berbagai jenis keindahan alam di sana. Namun sebelumnya, perhatikan beberapa info dan tips berikut ini agar tetap nyaman selama di perjalanan hingga sampai di kawasan wisatanya.

1. Tips Perjalanan

Lebih baik bagi Anda untuk memilih rute menuju ke Air Terjun Dolo dengan memilih rute dari Pasar Muning. Hal ini karena jalanannya cukup lebar, tidak banyak berlubang dan sudah mendapat perbaikan. Pengunjung tidak akan kesulitan dan tetap merasa aman selama berkendara dengan hati-hati.

Sementara untuk dari Gereja Pohsarang lebih rawan kerusakan karena longsoran berasal dari tebing. Apabila Anda terpaksa memilih rute satu ini, wajib berhati-hati. Jalur perjalanan akan berbelok-belok dan cukup menanjak khas pegunungan sehingga penting memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

2. Menaiki Ratusan Anak Tangga

Perjuangan untuk sampai di air terjun ternyata tidak berhenti di perjalanan saja, ternyata Anda harus menaklukkan hingga ratusan anak tangga. Bahkan jaraknya pun bisa lebih dari 1 kilometer sehingga sangat menguras tenaga.

Pastikan untuk membawa air minum yang cukup agar tidak merasa kelelahan ketika jalan kaki. Sepanjang perjalanan menuruni anak tangga, Anda akan dimanjakan dengan lebatnya pepohonan dan lereng hutan sebagai teman terbaiknya.

3. Larangan Wisatawan

Larangan Wisatawan
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Ada beberapa mitos yang beredar di warga sekitar sehingga sebagai wisatawan harus memperhatikannya. Konon katanya, di sebelah kanan air terjun terdapat pohon besar dimana di atasnya tergantung benda mistis.

Ada beberapa pantangan yang harus Anda patuhi mulai dari tidak boleh bersiul, tepuk tangan, bersenda gurau berlebihan, mengambil hasil alam terlalu banyak hingga menancapkan semua benda tajam ke tanah ketika sedang berkemah.

Itulah tadi berbagai informasi menarik mengenai Air Terjun Dolo mulai dari harga tiket masuk, rute perjalanan hingga pantangan selama di sana. Anda harus tetap berhati-hati karena air terjun satu ini masih kental dengan berbagai mitosnya.