Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek dengan Berbagai Keunikan

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek termasuk salah satu wisata alam yang paling indah di Jawa Timur. Anda bisa merasakan langsung segarnya suasana di lingkungan sekitar dengan derasnya aliran air. Terdapat area tebing bebatuan memanjang sehingga menambah pesona keindahan alamnya.

Tentang Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
Source: https://1.bp.blogspot.com/-vl8_9Es6P5s/V_Gt7kvlS0I/AAAAAAAABAY/uelvqZwOiMkKO7jIWlLRMzvbnTmBZOGIACLcB/s640/grobogan%2Bsewu%2Btrenggalek.jpg

Wisata Air Terjun Grobogan Sewu memiliki keindahan pemandangan tiada duanya. Anda akan melihat langsung kejernihan aliran air derasnya dengan suasana yang sangat menyegarkan dan nyaman. Ada banyak akar-akar pohon di sekitar lokasi sehingga menambah suasana alam semakin mempesona.

Bacaan Lainnya

Masyarakat setempat percaya bahwa ketika mandi di dalam air terjun tersebut dapat menjadikan seseorang awet muda. Tidak heran jika ada banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung baik warga lokal maupun luar kota. Memiliki nama Grojogan Sewu karena air yang mengalir berasal dari sela-sela karang.

Kemudian bermuara ke dasarnya yang berupa batu berwarna putih. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama air terjun tersebut tetapi juga bisa langsung merasakan kesegaran airnya. Tentu sangat cocok untuk mendapatkan tempat berfoto menarik dengan latar belakang air terjun menawan.

Baca juga : Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek dan Daya Tariknya

Lokasi Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
Source https://2.bp.blogspot.com/-s5IUHMdTtiM/V_GujDk7a4I/AAAAAAAABAg/2Rc9oB9DO28MrEHkDeV04c33c0BuIG8xQCLcB/s1600/grobogan%2Bsewu%2Btrenggalek%2B2.jpg

Anda dapat mengunjungi destinasi wisata yang masih alami satu ini di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Kebanyakan orang mengenalnya dengan nama Air Terjun Pantai Pelang karena memang lokasinya cukup dekat satu sama lain sehingga jangan terlewat berkunjung.

Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 10 meter. Air yang mengalir tentunya terlihat cukup panjang dengan banyak pepohonan tumbuh di sekitarnya. Terdapat pula akar-akar pohon melintang di area air terjun menembus bebatuan. Seolah-olah terlihat ingin menghalangi aliran airnya ke arah bawah.

Pada bagian bawah tebing air terjun juga terdapat lubang-lubang kecil yang mirip seperti gua. Anda juga dapat menemukan cahaya sinar matahari menembus pohon-pohon di sekitar air terjun sehingga menambah suasananya terasa sangat menyatu dengan alam. Sangat cocok untuk merilekskan pikiran.

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Grobogan Sewu

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
Source: https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/2022/11/11/2347819804.jpg

Untuk mencapai wisata Air Terjun Grobogan Sewu, setiap pengunjung dapat melalui rute perjalanan yang cukup mudah. Lokasinya pun terbilang cukup dekat dengan Pantai Pelang Trenggalek dengan arah sama. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam sehingga perlu bersabar.

Untuk rutenya ikut saja ke Jl. Raya Jarakan – Karangan dengan jarak hingga 5 km. Setelah itu belok ke kiri. Lanjutkan perjalanannya sejauh 12 km. Lalu ambil Jl. Dongko – Karangan. Perjalanan tersebut memerlukan jarak sekitar 8 km lalu beralih ke Jl. Panglima Sudirman terdapat kantor pos kemudian belok kanan.

Ambil Jl. Panggul – Dongko lalu masuk ke Jl. Dongko – Kampak. Setelah itu menuju Jl. Waluh Towo dilanjutkan belok ke kiri Jl. Diponegoro di pertigaan belok kanan ke Mt. Haryono kemudian belok kiri sampai masuk ke Pantai Pelang. Anda dapat jalan ke arah barat sekitar 300 meter hingga menemukan air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Source: https://i0.wp.com/bosmeal.com/wp-content/uploads/2022/11/Pantai-Pelang-Info-Gambar-Foto-Objek-Wisata-Air-Terjun-Pantai-Pelang-Trenggalek.jpg?resize=750%2C480&ssl=1

Berkunjung ke wisata Air Terjun Grobogan Sewu tidak akan membuat kantong Anda menjadi menipis. Pasalnya, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000 saja per orangnya. Tentu saja nominal tersebut terbilang sangat terjangkau. Sangat cocok ketika ingin liburan secara rombongan.

Anda dapat berkunjung setiap hari karena destinasi wisata ini selalu buka termasuk di hari libur dengan jam operasional 24 jam penuh. Destinasi wisata tersebut juga sudah memiliki banyak fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari mushola, kamar mandi, hingga toilet sehingga semakin nyaman dan betah berlibur.

Terdapat pula papan peringatan yang ada di sekitarnya untuk memberikan informasi kepada para pengunjung agar tetap berhati-hati saat bermain di air terjun karena cukup licin. Anda dapat mengunjungi lokasi ini di musim penghujan maupun kemarau. Tentu sangat cocok menjadi pilihan ketika waktu libur tiba.

Pesona Keindahan Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Destinasi wisata ini memiliki banyak pesona keindahan yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Terlebih untuk menuju lokasi juga terbilang cukup mudah sehingga sangat cocok sebagai tujuan berlibur saat pergi ke Trenggalek. Agar lebih jelas, simak beberapa daya tarik selengkapnya di bawah ini:

1. Keindahan Air Terjun yang Sangat Alami

Source: https://anomharya.com/wp-content/uploads/IMG_0317.jpg

Air Terjun Grobogan menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami. Oleh sebab itu, ketika Anda sudah sampai di lokasi pastikan tetap menjaga kebersihan di sekitarnya. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Nikmati sendiri kesegaran air terjun di lokasi tersebut.

Belum lagi dengan udara khas pegunungan yang sangat terasa sejuk dan nyaman. Membuat siapa saja yang berada di lokasi akan betah berlama-lama menghabiskan waktu. Aliran air terjunnya pun begitu deras dengan keadaan air bersih. Tidak heran jika ada banyak orang ingin melihatnya secara langsung.

2. Sensasi Sejuk dari Guyuran Air Terjun

Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/02/08/dev-air-terjun-pantai-pelang-kesejukan-ala-trenggalek_169.png?w=600&q=90

Wisata air terjun ini memang sangat cocok bagi setiap pengunjung yang ingin langsung menikmati sensasi sejuk dari guyuran airnya. Tentu saja menambah keseruan saat berlibur baik di hari biasa maupun akhir pekan. Terlebih, mitos di masyarakat setempat dapat menjadikan seseorang awet muda saat mandi di lokasi ini.

Anda juga dapat mengabadikan momen seru tersebut memakai kamera ponsel masing-masing. Ambil gambar dengan latar belakang keindahan air terjun tentu menjadi pengalaman paling mengesankan selama berlibur. Terlebih lokasinya sendiri masih benar-benar alami dan asri bebas dari hiruk pikuk perkotaan.

3. Melihat Tebing Bebatuan Berwarna Putih

Anda juga dapat melihat air terjun yang mengalir begitu deras di atas tebing bebatuan berwarna agak putih. Tentu saja hal ini menjadi keunikan tersendiri dibandingkan dengan destinasi wisata air terjun lainnya. Oleh sebab itu, jangan sampai terlewat untuk mengabadikan momen tersebut karena memang terlihat sangat indah.

Pengunjung bisa merasakan kesegaran air terjun dengan keindahan tebing bebatuan di sekitarnya. Meskipun lokasinya masih jarang dikunjungi oleh wisatawan akan tetapi pemandangannya benar-benar menyegarkan mata. Sangat cocok apabila ingin merilekskan pikiran setelah lelah dengan rutinitas pekerjaan.

4. Bermain Air dan Berenang

Setiap pengunjung juga dapat menghabiskan waktu di sekitar air terjun dengan cara bermain air ataupun berenang. Tentu bisa jadi pilihan menarik apabila ingin menghabiskan waktu luang ataupun mengisi hari libur. Anda juga dapat mengajak keluarga ataupun sahabat untuk berkunjung dan menikmati wisatanya.

Akan tetapi, pastikan tetap berhati-hati saat berada di lokasi mengingat bebatuan di sekitarnya cukup licin. Pastikan Anda juga membawa baju ganti agar tidak kedingingan setelah bermain air dan berenang. Membawa bekal seperti minuman juga cukup disarankan agar tidak kehausan saat seru-seruan.

Baca juga : Menjelajah Alam di Kedung Sewu Jombang

Itu tadi berbagai pesona keindahan yang dapat Anda jumpai di wisata Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek. Tentu sangat cocok menjadikannya pilihan ketika ingin berlibur dengan pemandangan alam sejuk dan mengagumkan. Terlebih, ada banyak keunikan tersedia di air terjun tersebut sehingga beda dari lainnya.