Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek dan Daya Tariknya

Air Terjun Kali Anjlok merupakan pilihan terbaik apabila Anda ingin berwisata dengan suasana tenang dan jauh dari keramaian. Tempat ini termasuk cukup jarang dikunjungi wisatawan akan tetapi pesona keindahannya begitu luar biasa. Air terjunnya memiliki kesegaran alami sehingga cocok untuk berlibur.

Informasi Umum Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek

Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2019/10/Air-Terjun-Kali-Anjlok.jpg

Termasuk salah satu wisata alam yang berupa air terjun dengan luas area sekitar 1.200 km2. Lokasinya sendiri memang jauh dari keramaian sehingga sangat cocok apabila Anda ingin menikmati liburan untuk melepas lelah setelah padatnya aktivitas. Udara sekitarnya juga masih sangat khas dengan pegunungan.

Bacaan Lainnya

Anda bisa melihat pemandangan di sekeliling air terjun yang sangat mengagumkan. Kebanyakan dikelilingi oleh pepohonan kayu rimbun dan meneduhkan mata. Lokasinya sangat cocok juga Anda jadikan sebagai tempat berlibur terutama bagi pecinta tantangan. Pasalnya, selama perjalanan perlu menyiapkan tenaga ekstra.

Pengunjung harus melewati jalan naik turun dan berkelok. Anda dapat mengunjungi lokasinya saat musim hujan tiba. Hal ini karena volume air sekitar air terjun akan meningkat sehingga sangat tepat untuk seru-seruan seperti berenang ataupun bermain air. Terlebih sudah tersedia pula area untuk berkemah.

Baca juga : Air Terjun Kedung Panas Trenggalek Wisata Penuh Tantangan

Alamat Wisata Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek

Kunjungi destinasi wisata Air Terjun Kali Anjlok di Dusun Krajan, Desa Pucunganak, Kec. Tugu, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini sendiri hanya memiliki jarak sekitar 30 km dari pusat kotanya. Adapun jarak tempuh selama di perjalanan tersebut memerlukan waktu sekitar 1 jam 3 menit.

Baik itu ketika Anda menggunakan motor maupun mobil. Anda bisa menuju lokasi melalui Jalan Raya Gandusari. Akan tetapi dapat pula melalui Jalan Nasional III. Saat sudah sampai ke lokasinya, maka setiap pengunjung perlu menelusuri jalan setapak terlebih dahulu. Tentu perlu berhati-hati karena termasuk turunan.

Anda juga akan menemukan tanjakan yang cukup berliku sehingga pastikan pelan-pelan. Tempat wisatanya sendiri terbilang cukup jauh dari rumah-rumah warga setempat. Lokasinya pun terbilang cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga cocok untuk mendapatkan rasa nyaman dan tenang saat liburan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kali Anjlok

Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek
Source: https://infoseputartrenggalek.com/wp-content/uploads/2021/12/FB_IMG_1638669377928.jpg

Destinasi air terjun yang masih alami ini dapat Anda kunjungi secara gratis. Tentu akan semakin puas berlibur karena tidak perlu khawatir terhalang oleh biaya tiket masuknya. Pengunjung dapat datang ke lokasi kapan saja karena tempat ini terbuka setiap hari selama 24 jam penuh.

Akan tetapi, terdapat biaya parkir kendaraannya. Sayangnya, fasilitas yang tersedia di wisata tersebut terbilang masih cukup minim. Hanya tersedia beberapa area untuk perkemahan dan lahan parkir. Apabila tidak ingin kelaparan maka ada baiknya Anda membawa bekal baik makanan atau minuman sendiri.

Hal ini karena masih belum banyak warga yang berjualan di area tersebut. Tentu hal ini menjadi ciri khas dari wisata ini karena terbilang sangat alami. Anda akan merasakan kesejukan air terjun dengan pemandangan indahnya. Tentu sangat cocok bagi pecinta alam sejati apabila ingin berlibur bersama.

Daya Tarik Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek

Terdapat banyak daya tarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke wisata Air Terjun Kali Anjlok. Walaupun lokasinya masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan akan tetapi pesona keindahannya begitu luar biasa. Tentu tidak ada salahnya mengunjunginya. Di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Menyusuri Jalan Setapak yang Menantang

Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek
Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/04/22/13/03/path-1345721_1280.jpg

Setiap pengunjung yang ingin menuju lokasi air terjun terlebih dahulu harus menyusuri jalan setapak. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap wisatawan mengingat jalan tersebut tidak terlalu mulus. Yaitu cukup terjal dan licin sehingga wajib untuk berhati-hati dan tidak tergesa-gesa saat berjalan.

Lokasi ini sendiri sangat cocok bagi kaum remaja maupun para pecinta alam. Pengunjung bisa merasakan sendiri sensasi menantang saat menyusuri jalan sebelum melihat air terjun. Dengan area jalan yang cukup menantang tersebut, maka tidak disarankan bagi Anda untuk mengajak anak-anak karena cukup berbahaya.

2. Menikmati Pepohonan Rimbun

Anda dapat menemukan banyak pepohonan rimbun di sepanjang jalan menuju lokasi. Tidak hanya itu, di sekeliling air terjunnya juga memiliki banyak pohon sehingga menjadikan suasana alam sekitar semakin teduh dan sejuk. Tidak heran jika tempat wisata ini sangat cocok untuk melepas penat dari perkotaan.

Anda bisa merasakan langsung betapa segarnya udara di sekitar lokasinya. Pemandangan air terjunnya pun menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung. Anda juga bisa mengambil gambar di sekitar pepohonan rimbun sehingga bisa jadi pengalaman tersendiri ketika berlibur.

3. Melihat Keindahan Air Terjun Alami

Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/11/15/13/27/river-2951997_1280.jpg

Air Terjun Kali Anjlok memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda bisa melihat langsung derasnya air yang jauh dari ketinggian di sekitar tebing bebatuan. Tentu akan terasa sangat menyegarkan jika menikmati panorama alam tersebut secara langsung. Pengunjung bisa merasakan percikan air terjun menyegarkan.

Suasana alam di sekitar juga masih alami karena jarang terjamah. Akan tetapi pastikan menikmati keindahan airnya dengan hati-hati karena lokasinya cukup licin. Sangat cocok sebagai destinasi wisata yang cukup menantang bagi pengunjung karena memang penuh dengan tantangan saat ingin melihatnya.

4. Berenang Hingga Bermain Air

Tentu akan kurang rasanya apabila Anda tidak merasakan kesegaran air terjun secara langsung di tempat ini. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk bermain air di sekitar lokasinya agar suasana liburan semakin terasa seru. Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu untuk berenang agar lebih menyenangkan.

Sangat dianjurkan pula untuk membawa perlengkapan renang sendiri seperti baju ganti, ban pelampung, dan lainnya. Pasalnya, tempat wisata ini tidak menyediakan jasa sewa keperluan renang sehingga pastikan Anda menyiapkannya sendiri dari rumah. Tentu akan semakin memuaskan menghabiskan waktu disini.

5. Berfoto dengan Latar Belakang Air Terjun

Saat tiba di lokasi, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan Anda dengan mengambil gambar. Cukup manfaatkan kamera dari ponsel masing-masing saja untuk memotret keindahan alam yang ada di sekitar air terjun. Tempat wisata ini sendiri masih benar-benar terjaga dan asri sehingga sayang jika melewatkannya.

Anda bisa mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat saat berlibur di air terjun tersebut. Terlebih di sekitar wisatanya juga ada banyak pohon tumbuh sehingga bisa jadi latar belakang menarik selain air terjunnya sendiri untuk berfoto.

6. Berkemah

Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2014/11/27/18/36/tent-548022_1280.jpg

Air Terjun Kali Anjlok juga sudah menyediakan area khusus bagi para wisatawan yang ingin berkemah di sekitar lokasi. Tentu hal ini menjadi daya tarik lain dari tempat tersebut agar bisa lebih lama menikmati suasana alam di sekitarnya. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa persiapan kemah dari rumah.

Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk membawa bekal sendiri. Pasalnya, wisata ini masih belum menyediakan warung-warung yang menjual makanan ataupun minuman. Tentu akan semakin seru dan nyaman jika menikmati pemandangan sekitar sambil berkemah dan menikmati makanan dari rumah.

Baca juga : Gunung Gemblung Trenggalek, Menikmati Keindahan Alam dari Ketinggian

Itu tadi informasi lengkap mengenai destinasi wisata alam Air Terjun Kali Anjlok Trenggalek. Tempat wisata ini menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan. Anda bisa melihat langsung pesona air terjun di tengah-tengah pepohonan rindang dan asri. Terlebih, tidak ada biaya tiket masuk sehingga cocok untuk berhemat.