Air Terjun Kedung Panas Trenggalek Wisata Penuh Tantangan

Air Terjun Kedung Panas Trenggalek adalah pilihan tepat apabila Anda ingin berlibur sekaligus berpetualang. Destinasi wisata tersebut memiliki pesona keindahan alam yang masih sangat asri karena memang belum banyak dijamah oleh para pengunjung. Tentu suasananya sangat tenang dan nyaman.

Tentang Air Terjun Kedung Panas Trenggalek

Air Terjun Kedung Panas Trenggalek
Source: https://1.bp.blogspot.com/-yb_ICyVucMQ/WG54c_XWloI/AAAAAAAAGLA/FzScaRtrRlsSCD0zucmoMfT1cR9BeJq5ACLcB/s1600/IMG_9326937587809.jpeg

Saat memasuki musim liburan atau akhir pekan, wajib bagi Anda untuk mengunjungi berbagai wisata alam yang ada di Trenggalek. Salah satu rekomendasinya yaitu Air Terjun Kedung Panas. Lokasi air terjunnya sendiri memang jauh dari pemukiman warga sehingga membuatnya cukup kurang dikenal oleh para wisatawan.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, destinasi wisata ini masih bisa Anda jadikan tujuan apabila ingin berlibur di alam bebas dengan penuh tantangan. Pasalnya, untuk menuju ke lokasi pengunjung perlu melewati jalan setapak hingga sungai sehingga benar-benar merasakan petualangan sehingga cocok bagi pecinta alam sejati.

Anda bisa merasakan ketenangan karena memang lokasinya cukup sepi. Akan tetapi, begitu sampai ke air terjunnya tentu akan melihat langsung betapa indahnya aliran air menyegarkan tersebut. Suasana di sekitar pun cukup tenang dan nyaman. Pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk bermain air atau berenang.

Harga Tiket Masuk Lokasi Air Terjun Kedung Panas

Air Terjun Kedung Panas Trenggalek
Source: https://2.bp.blogspot.com/-g-37aC9oohs/WHjV8a9gU4I/AAAAAAAABKw/deFJgA6u5Kovmt6VN0TTGrAhLfmLoqqdwCLcB/s1600/jurug%2Bkedung%2Bpanas.jpg

Tempat wisata ini masih belum dikelola sehingga Anda dapat mengunjunginya secara gratis. Hal ini memang karena tidak ada harga tiket masuk yang ditentukan. Akan tetapi, pengunjung perlu membayar biaya parkir kendaraan mereka. Tentu saja sangat terjangkau ketika ingin liburan tetapi tetap hemat biaya.

Pesona keindahan alamnya pun terlihat sangat alami. Perlu banyak kesabaran saat ingin menemukan lokasinya karena perjalanannya memang cukup menantang. Meski begitu, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mereka bisa menjelajahi kawasan tersebut dengan suasana hijau di sekelilingnya.

Air terjunnya pun begitu jernih sehingga sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Tempat ini bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin menikmati keindahan wisata yang menyatu dengan alam. Akan tetapi, pastikan membawa perlengkapan sendiri seperti air minum karena tidak ada warga yang menjualnya di lokasi.

Baca juga : Air Terjun Banyu Nget Trenggalek Wisata Pemandian Air Hangat

Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Panas Trenggalek

Air Terjun Kedung Panas berlokasi di Kedung Panas, Kampak, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Destinasi wisata ini buka setiap hari sehingga Anda bisa datang ke tempatnya kapan saja. Baik itu di hari biasa ataupun saat akhir pekan. Hanya saja tempatnya memang masih belum dikelola secara maksimal.

Pengunjung hanya akan mendapatkan fasilitas yang cukup minim. Yaitu lahan untuk area parkir di tepi sungai, area berkemah, hingga gazebo. Selain itu, tidak ada lokasi khusus seperti toilet untuk berganti baju ketika sudah berenang. Hal ini karena lokasinya masih cukup jarang terjamah oleh para wisatawan.

Lokasinya terbilang sangat alami dengan pemandangan alam asri di sepanjang mata memandang. Anda bisa datang ke lokasi kapan saja karena selalu terbuka 24 jam. Terdapat pemandangan air terjun menyegarkan dengan pepohonan tumbuh di bagian atasnya tentu menjadi keunikan tersendiri.

Rute Menuju Wisata Air Terjun Kedung Panas

Air Terjun Kedung Panas Trenggalek
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2019/10/air-terjun-kedung-panas.jpg

Anda dapat mengunjungi wisata ini dengan lokasi yang masih cukup dekat dari pusat kota. Cukup menempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun motor. Adapun rutenya mulai dari pertigaan Ngetal menuju arah selatan sampai ke Pasar Kampak. Setelah itu, pastikan melanjutkan perjalanan ke arah barat.

Yaitu menuju Munjungan sekitar 5 km jaraknya. Jika sudah, temukan pertigaan lalu belok ke kanan sekitar 2 km. Anda bisa menitipkan kendaraan ke rumah-rumah warga. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dari jalan raya ke tepi sungai lalu menyeberanginya. Setelah itu lewati jalan setapak terlebih dahulu.

Kemudian Anda perlu menyeberangi sungai kembali. Jika sudah melakukan perjalanan beberapa ratus meter di kawasan hutan maka sudah bisa sampai ke Air Terjun Kedung Panas. Meski begitu, lokasi di sekitarnya sangat sejuk sehingga pengunjung tidak akan merasakan panas sama sekali sesuai namanya.

Kegiatan Seru di Air Terjun Kedung Panas Trenggalek

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat sudah sampai ke lokasi air terjun di daerah Kedung Panas tersebut. Tempatnya sendiri sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman sesama pecinta petualangan karena lokasinya masih alami. Agar tidak ketinggalan, langsung simak di bawah ini:

1. Menikmati Pemandangan Hijau di Sepanjang Jalan

Source: https://3.bp.blogspot.com/-8BTLG6J6pdA/WG56n6d6aFI/AAAAAAAAGLY/p2UVpRpw6iAx4hUcUZo5KolXEEnPheoJgCLcB/s1600/IMG_9809582807521.jpeg

Untuk menuju lokasi utama air terjunnya, maka Anda perlu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Tentu hal ini menjadi pengalaman cukup mengesankan karena setiap pengunjung bisa menyatu dengan alam. Nikmati sendiri pemandangan hijau di sepanjang jalan tersebut.

Anda juga akan melihat hijaunya rumput dan pepohonan di sekitar. Tidak jarang dapat mendengarkan suara burung berkicau sehingag menambah seru suasana. Pengunjung perlu sedikit masuk ke area hutan agar bisa langsung menuju lokasi air terjunnya. Akan tetapi, perlu melewati area sungai terlebih dahulu.

2. Melihat Indahnya Air Terjun Kedung Panas

Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipNpXl4O33lB0gWzLQ3LPBsmiSkTeCjSaYqBsnYj=s1600-w400

Ada baiknya Anda berkunjung menggunakan sepatu khusus agar tidak mudah tergelincir saat menyusuri jalan setapak. Meskipun perjalanan menuju lokasi terbilang cukup melelahkan, akan tetapi semuanya terbayar lunas begitu sudah sampai ke lokasi air terjunnya. Pasalnya, pemandangannya sangat indah.

Anda bisa mendengar langsung suara gemercik air jatuh ke arah bebatuan. Airnya sendiri benar-benar masih jernih khas pegunungan sehingga sangat cocok jika ingin menikmati kesegarannya. Tidak ada salahnya juga mengambil gambar untuk mengabadikan momen berlibur di area yang masih alami tersebut.

3. Bermain Air dan Berenang

Agar aktivitas berlibur semakin seru dan menyenangkan, Anda dapat bermain air di sekitar lokasi air terjun sepuasnya. Terlebih tempat wisata ini buka setiap hari sehingga bisa kapan saja datang untuk menikmati kesegaran alami dari wisata tersebut. Tentu sangat cocok sebagai lokasi liburan bersama orang-orang terdekat.

Akan tetapi, ada baiknya tidak membawa anak kecil mengingat jalanan menuju lokasinya cukup berbahaya. Terlebih pengunjung juga harus melalui sungai. Anda juga perlu membawa perlengkapan sendiri seperti makanan ataupun minuman karena tidak tersedia tempat untuk membeli jika sudah sampai di lokasi.

4. Beristirahat Sejenak di Gazebo

Walaupun memiliki fasilitas yang cukup minim, setiap pengunjung dapat memanfaatkan gazebo untuk beristirahat di sekitar lokasi. Tentu bisa semakin nyaman menikmati keindahan alam sekitar setelah lelah menelusuri jalan menuju air terjun. Jangan lupa juga sesekali mengonsumsi air agar tidak dehidrasi.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan gazebo untuk beristirahat sambil mengonsumsi bekal makanan yang sudah dibawa dari rumah sebelumnya. Tentu bisa menjadi pengalaman tersendiri karena dapat menikmati kuliner di tengah-tengah kawasan hutan yang masih sangat alami dan cukup sepi lokasinya.

Baca juga :  Gunung Gemblung Trenggalek, Menikmati Keindahan Alam dari Ketinggian

Itulah berbagai informasi mengenai destinasi wisata Air Terjun Kedung Panas Trenggalek. Lokasi ini sangat cocok bagi pecinta alam yang ingin berlibur sekaligus berpetualang dengan pemandangan asri dan nyaman. Pengunjung bisa merasakan kesegaran dan keindahan air terjun dengan keindahan mempesona.