Liburan ke alam terbuka tentu saja menjadi keinginan banyak orang, sebab pemandangannya cukup menyejukkan mata. Air terjun Kokok menjadi salah satu destinasi wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tidak heran jika menarik pengunjung.

Pesona Air Terjun Kokok

Pesona Air Terjun Kokok
Source : https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Air terjun biasanya menjadi salah satu tujuan wisatawan saat liburan, sebab keindahan alam bisa terlihat dengan nyata. Udaranya yang masih sejuk dan asri menjadi alasan kuat wisatawan liburan ke air terjun. Pengunjung juga bisa menikmati beragam fasilitas menarik yang tersedia pada tempat wisata.

Wisata yang satu ini terbilang masih cukup asri, sebab belum banyak terjamah pengunjung. Lokasi yang jauh dari kota serta sedikit curam, menjadi kendala bagi wisatawan saat akan mengunjungi tempat wisata.  Lokasi yang curam membuat pecinta trekking bisa memanfaatkan wisata grojokan Kokok.

Gerojokan Kokok memiliki keunikan yang tidak terdapat pada air terjun lainnya. Air yang mengalir berasal dari sungai kokok, Kec. Sawoo. Air terjun Kokok memiliki ketinggian hingga 30 meter. Gerojokan kokok memiliki 3 aliran air terjun yang mengalir dari celah bebatuan alami.

Rute Air Terjun Kokok

Rute Air Terjun Kokok
Source : https://t-2.tstatic.net/

Air terjun grojokan Kokok terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawo, Kab Ponorogo. Destinasi wisata alam air terjun, menjadi tujuan utama wisatawan yang menyukai udara sejuk. Waktu tempuh yang pengunjung perlukan dari kota Ponorogo menuju air terjun memakan waktu sekitar 1 jam.

Rute menuju lokasi wisata terbilang cukup mudah untuk kendaraan sepeda motor maupun mobil. Menariknya wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk saat mengunjungi wisata air terjun kokok. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir senilai Rp 3.000.

Wisata  air terjun buka mulai jam 07:00-17:00 WIB. Beragam aktivitas seru bisa pengunjung lakukan saat liburan ke grojokan kokok. Menariknya air yang mengalir masih cukup jernih, sehingga pengunjung tidak perlu takut saat mandi maupun bermain.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/fNFuuJQYWLBSKLxZ7 

Manfaat Air Terjun Kokok

Manfaat Air Terjun Bagi Masyarakat Sekitar
Source : https://www.mytrip.co.id/

Keberadaan grojokan kokok cukup bermanfaat bagi masyarakat sekitar, sebab terdapat lapangan pekerjaan baru. Pengunjung yang datang dari berbagai daerah, tentu saja memberikan peningkatan pada anggaran pendapatan daerah. Berikut manfaat gerojokan Kokok:

1. Aliran Sawah

Aliran gerojokan Kokok cukup deras, sehingga hal ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar memanfaatkan air terjun sebagai aliran menuju sawah, sehingga saat musim kemarau tiba tidak mempengaruhi hasil panen.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Masyarakat  memanfaatkan aliran air terjun Kokok untuk sawah, karena kondisinya masih jauh dari pencemaran. Air yang bersih dan bebas dari zat-zat kimia sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman, serta tidak membahayakan.

2. Sumber Pendapatan

Keindahan gerojokan Kokok yang menarik perhatian pengunjung, tentu saja berpengaruh bagi kehidupan masyarakat sekitar. Menariknya wisata gerojokan Kokok juga menghadirkan berbagai macam usaha baru, sehingga sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Sektor wisata air terjun yang terkelola dengan baik, tentu saja menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat mendirikan usaha yang dekat dengan lokasi wisata, sebab peluang terlirik pengunjung cukup besar.

3. Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Kondisi air yang cukup jernih dan bersih membuat masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air yang jernih tentu berguna bagi masyarakat sekitar, seperti untuk mandi hingga minum.

Debit air yang terdapat pada lokasi wisata tidak terlalu deras, sebab sebagian sudah teralihkan ke permukiman masyarakat. Air terjun yang debitnya tidak terlalu deras, justru lebih aman untuk berenang atau hanya sekedar bermain saja.

Aktivitas Seru di Air Terjun Kokok

Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan
Source : https://www.mytrip.co.id/

Beragam aktivitas seru bisa pengunjung lakukan saat liburan ke air aktivitas seru bisa pengunjung lakukan, sebab sektor wisata cukup mendukung.Berikut aktivitas yang bisa pengunjung lakukan saat mengunjungi gerojokan Kokok :

1. Trekking

Pengunjung dapat melakukan trekking saat akan menuju lokasi wisata, sebab jalannya tidak mendukung penggunaan kendaraan. Trekking bisa pengunjung lakukan sekitar 700 meter sebelum menuju lokasi wisata. Wisata gerojokan Kokok sangat cocok untuk seseorang yang menyukai aktivitas trekking

Baca Juga : Wisata Gunung Beruk Ponorogo

Lokasi wisata yang sedikit curam membuat aktivitas trekking lebih tertantang. Trekking seru biasanya menjadi alasan penting pengunjung luar kota mendatangi wisata gerojokan Kokok, terlebih banyak aktivitas lainnya yang bisa wisatawan lakukan.

2. Berenang

Debit air yang tidak terlalu deras membuat pengunjung bisa berenang saat mengunjungi wisata gerojokan Kokok. Aliran air yang jernih dan tidak deras cukup aman untuk berenang, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil bermain.

Berenang juga menjadi aktivitas yang membuat tubuh lebih sehat dan kuat, terlebih aliran air jernih dan tidak deras. Liburan akan terasa menyenangkan bila seseorang bisa memanfaatkan dengan melakukan aktivitas seru seperti, trekking dan juga berenang.

3. Berburu Spot Foto

Spot foto yang tersedia pada wisata gerojokan Kokok tentu saja menarik, sebab pengunjung bisa memanfaatkan alam untuk background dokumentasi. Momen liburan pasti menjadi hal yang menyenangkan bagi semua orang, sehingga perlu terdokumentasikan dengan baik.

Pengunjung bisa menjadikan air terjun sebagai background foto, terlebih pemandangan alamnya cukup mendukung. Dokumentasi momen liburan yang terabadikan dengan baik, tentu saja memberikan rasa puas bagi seseorang. Spot foto menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kualitas dokumentasi.

4. Outbound

Pengunjung juga bisa melakukan outbound saat mengunjungi air terjun kokok, wisata ini cukup mendukung kegiatan tersebut. Menariknya pengunjung juga bisa belajar sambil bermain saat mengunjungi wisata gerojokan Kokok, sehingga tidak heran jika pengunjung rela datang jauh-jauh.

Lokasi wisata yang cukup luas membuat pengunjung lebih nyaman, sebab tidak perlu berdesakan dengan wisatawan lainnya. Beragam organisasi memanfaatkan lokasi wisata ini untuk melakukan outbound, sebab tempatnya cukup mendukung kegiatan.

5. Camping

Lokasi menuju wisata memiliki juga cukup luas, sehingga cocok untuk camping. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sembari melakukan camping. Aktivitas camping bisa membuat liburan lebih menyenangkan, sebab waktu bersama keluarga cukup lama.

Baca Juga : Wisata Bukit Teletubbies Gunung Masjid Ponorogo

Camping seru bisa pengunjung lakukan bersama dengan keluarga atau orang terdekat. Menariknya biaya yang harus pengunjung bayar relatif murah, sehingga liburan akan terasa menyenangkan. Liburan yang menyenangkan akan mudah terkenang, oleh karena itu banyak pengunjung mengunjungi wisata ini.

6. Terapi

Air terjun biasanya masyarakat manfaatkan sebagai media terapi. Hal ini terjadi lantaran air terjun memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, sehingga masyarakat sering menggunakan sebagai media terapi untuk menghilangkan penyakit.

Beragam penyakit biasanya bisa hilang saat melakukan terapi ke berbagai air terjun. Penyakit yang bisa hilang melalui air terjun yaitu, gatal, rematik hingga asam urat. Budaya terapi masih cukup kental pada kalangan masyarakat, sehingga tidak heran jika tradisi terkenal hingga berbagai wilayah.

Informasi terkait grojokan kokok, bisa pengunjung jadikan referensi ketika akan mengisi waktu liburan ke alam terbuka. Menariknya pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal hanya untuk liburan, alasan inilah yang membuat banyak orang mengunjungi air terjun Kokok.

Bagikan: