Inilah Kelebihan Berlibur ke Air Terjun Kucur Madiun

Bagi sebagian orang berkunjung ke air terjun kucur adalah salah satu cara paling tepat untuk merelaksasi pikiran. Kemudian juga jadi sarana terbaik ketika mencari udara segar yang tak bisa didapatkan saat berada pada perkotaan.

Sekilas Informasi Mengenai Air Terjun Kucur 

 

Sekilas Informasi Mengenai Air Terjun Kucur dari Kabupaten Madiun
Source : http://tempatwisataindonesia.id/

Madiun merupakan salah satu lokasi yang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam dengan kualitas yang tak kalah bagus. Ada tempat rekreasi jadi rekomendasi paling banyak yaitu Air Terjun Kucur. Selain masih sangat alami, ternyata pengelola pun juga melakukan pembaharuan.

Mengenai tempatnya sendiri berada pada Desa Padas, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Bahkan sampai saat ini saja, lokasi dari wisata ini masih berfungsi dengan baik menjadi sarana sumber air ketika musim kemarau telah tiba.

Ketika memutuskan untuk berkunjung ke sana, akan jauh lebih jika mengajak orang-orang terdekat. Sebab pastinya berlibur secara bersama-sama dengan keluarga ataupun sahabat memang jauh lebih menyenangkan daripada sendirian.

Bagaimana Rute Perjalanan ke Air Terjun Kucur

Bagaimana Rute Perjalanan ke Air Terjun Kucur
Source : https://i0.wp.com/

Jika Anda berangkat dari pusat kota ke Desa Padas maka waktu yang dibutuhkan ialah 35 menit, namun saat macet bisa melebihi waktu itu. Seluruh pengunjung hanya perlu ambil arah ke Jalan MT Haryono. Pastikan tak lupa ambil rute paling benar ya.

Baru setelah itu Anda pun tinggal lurus saja dan ambil rute ke  Jalan Geger Madiun. Hanya perlu ikuti jalur memasuki Jalan Raya Pagotan. Nantinya Anda pun menemukan toko pojok, ambil arah belok kiri dan ikuti alur jalannya hingga betul-betul menuju Desa Padas.

Namun, alangkah baiknya Anda gunakan Google Maps karena memang jauh lebih akurat. Dengan demikian seluruh pengunjung bisa lakukan perjalanan jauh dengan tenang. Tanpa takut kesasar sama sekali.

Informasi Biaya Masuk dan Jam Buka 

Informasi Biaya Masuk dan Jam Buka
Source : https://i0.wp.com/

Informasi mengenai jam operasional bahkan sampai biaya untuk memasuki destinasi wisata Air Terjun Kucur dari Kabupaten Madiun. Menjadi salah satu ulasan paling penting bagi seluruh pelancong. Dengan demikian, seluruh pengunjung bisa melakukan persiapan agar kekurangan uang.

Jam buka dari destinasi wisata ini sendiri akan memulai pada pukul 07.00 atau 08.00 pagi sampai sore hari, yakni antara pukul 16.00 hingga 17.00. Terlebih lagi ternyata tempat rekreasi tersebut bukan selama 7 hari full.

Sedangkan untuk permasalahan tidak biaya masuknya sama sekali tak ada pungutan biaya. Mengenai kendaraan roda empat seperti mobil ataupun minibus perlu membayar dengan rentang harga Rp5.000. Kemudian bagi para pengguna sepeda motor untuk tarifnya adalah Rp2.000.

Beragam Daya Tarik Wisata Alam Air Terjun Kucur

Beragam Daya Tarik Wisata Alam
Source : https://andriantw1964.files.wordpress.com/

Kemungkinan orang-orang ketika tidak mengetahui bagaimana keindahan dari suatu destinasi wisata cukup enggan untuk mendatanginya. Dengan demikian Anda perlu tahu apa saja daya tarik dari air terjun Kucur Kabupaten Madiun.

1. Pemandangannya Cukup Mempesona

Selain memiliki nama air terjun yang cukup unik, rupanya pemandangan dari pedesaan Ketika anda melakukan perjalanan menuju destinasi tersebut cukup memukau. Tentunya tidak akan pernah bisa didapatkan ketika berada pada area kota.

Bisa juga berhenti sejenak untuk berfoto ria dengan pemandangan indah dari alam pedesaan tersebut. Pastinya akan sangat menakjubkan dan menjadi gambar berkualitas bagus agar bisa di upload menuju media sosial.

2. Memiliki Mata Air Alami

Seluruh warga lokal yang dekat dengan air terjun tersebut, tentu bisa merasakan bagaimana kesegaran dari air alami berasal dari Gunung Wilis. Jika Anda ingin merasakan bagaimana kesegarannya maka berkunjung ke wisata tersebut merupakan pilihan terbaik.

Mungkin saja ketika memasuki destinasi wisata Air Terjun akan merasa kedinginan. Dengan demikian, lebih baik membawa jaket yang bisa dilepas pasang kapanpun. Apabila ingin bermain air maka bisa langsung melepasnya.

3. Punya Jalanan Setapak

Memiliki jalanan setapak merupakan salah satu keunikan tersendiri dari destinasi wisata ini. Kemudian bisa terpakai untuk orang-orang yang mau naik ke atas menuju lokasi Air Terjun Kucur. Pastikan Anda menggunakan sandal ataupun sepatu agar tidak terlalu licin.

Sangat tidak disarankan tak melepas alas kaki, karena takut jika bisa melukai telapak kaki Jika saja terkena benda-benda runcing saat menyusuri jalan setapak. Dengan demikian, Anda bersama rombongan bisa abadikan momen ini dalam kamera hp.

Daftar Fasilitas Dalam Air Terjun Kucur Madiun

Daftar Fasilitas Dalam Air Terjun Kucur Madiun
Source : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Destinasi wisata, bisa memberikan kenyamanan apabila di dalamnya juga banyak fasilitas. Air terjun Kucur dari Kabupaten Madiun sendiri telah menyiapkan banyak sekali layanan. Apa saja sebetulnya? Berikut ini merupakan ulasan singkatnya:

1. Memiliki Lahan Parkir

Lahan parkir adalah salah satu hal paling krusial ketika mendatangi beberapa tempat. Karena destinasi wisata akan mendapatkan kunjungan dari banyak orang. Alhasil pihak pengelolaan pun juga harus menyiapkan tempat untuk menaruh kendaraan dari setiap wisatawan.

Nantinya setiap jenis kendaraan akan disendirikan. Maksudnya ialah, bagian transportasi roda empat akan ada areanya sendiri. Hal sama jika untuk pengguna sepeda motor. Pastinya akan ada tempat khusus dan cara ini kian memudahkan dalam mengatur parkiran.

2. Punya Rest Area

Memiliki rest area juga jadi salah satu fasilitas terbaik yang dimiliki pada wisata Air Terjun Kucur Kabupaten Madiun. Seluruh pengunjung bisa menikmati pemandangan sembari bersantai pada tempat ini.

Bahkan biasanya kebanyakan pengunjung itu akan memakai area tersebut sebagai tempat untuk makan siang ataupun menghabiskan bekal dari rumah. Saat menyantap makanan tersebut pastinya akan jauh lebih nikmat sembari melihat kesegaran air terjun.

3. Punya Toilet yang Bersih

Kemanapun Anda pergi pastinya sangat sering sekali mencari keberadaan toilet. Mungkin ini juga alasan kenapa pihak pengelola membangun beberapa MCK untuk bisa pengunjung pakai jika memang memerlukannya ketika berada pada wahana air Kucur.

Bagaimana tidak, coba bayangkan saja jika tak ada kamar mandi pastinya sangat kesulitan untuk membersihkan diri ataupun ganti baju sehabis bermain air. Meskipun jumlahnya tak terlalu banyak, namun tentu saja masih sangat membantu

Ragam Tips Saat Main di Air Terjun

Ragam Tips Saat Main di Air Terjun
Source : https://inakoran.com/

Meski merasa sudah lakukan banyak persiapan dengan baik, namun sangat butuh beberapa tips agar tetap aman saat berada pada area air terjun. Apa saja yang perlu pengunjung lakukan? Berikut ini ialah penjelasannya:

  • Pastikan membawa alas kaki dan kokoh, agar nantinya saat melewati jalan cukup licin tak mudah terpeleset.
  • Selalu mematuhi segala macam peraturan dari pihak pengelola. Misalnya saja, ikuti arah jalan, buang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya.
  • Jangan pernah mencoba untuk menaiki bebatuan pada sekitar air terjun. Karena apabila sampai terpeleset tentu saja cukup membahayakan.
  • Perlu sekali untuk mengawasi anak-anak agar tidak terlalu dalam ketika bermain air ataupun memasuki area air terjun cukup keras.

Itulah sekilas informasi tentang bagaimana keseruan ketika memutuskan untuk berlibur ke Air Terjun Kucur dari Kabupaten Madiun. Memasukkannya ke dalam list kunjungan dan dijamin tak akan merasa kecewa sama sekali.

Tinggalkan komentar