Air Terjun Serondo Seweru? Pasti Bikin Penasaran!

Madiun yang merupakan salah satu kawasan dengan memiliki sebutan kota gadis ternyata memiliki banyak sekali objek wisata air terjun punya view menarik. Salah satunya yaitu Air Terjun Sorondo Seweru. Mungkin bagi beberapa orang dari luar kota masih merasa asing dengan destinasi ini.

Sejarah Singkat Dari Air Terjun Seweru Madiun 

Sejarah Singkat Dari Air Terjun Seweru Madiun
Source : https://nusantaranews.co/

Awal mula kemunculan dari air terjun ini sebetulnya ditemukan oleh warga setempat kurang lebih sekitar 25 tahun lalu. Terdapat sebuah legenda yang bukan lagi rahasia yaitu seseorang bernama Mbah Malem telah dianiaya kemudian mayatnya dibuang pada daerah tersebut.

Legenda Mbah Malem sendiri memang telah diketahui oleh warga setempat sejak satu abad lalu. Akan tetapi masyarakatnya tak pernah menyangka jika terdapat air terjun. Sedangkan ketinggiannya sendiri sekitar 30 meter, jadi sangat cantik apabila melihatnya dari kejauhan.

Akhirnya pemerintah dari Kabupaten Madiun pun juga telah menjadikan air terjun tersebut sebagai objek wisata. Dengan mengandalkan kealamiannya, tentu saja ini merupakan hal-hal yang paling banyak dicari oleh wisatawan dari kota.

Baca Juga : 28 Tempat Wisata di Kabupaten Madiun Paling Keren

Alamat Lengkap Dari Wisata Air Terjun Serondo Seweru

Alamat Lengkap Dari Wisata Air Terjun Serondo Seweru
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Bagi sebagian calon pengunjung yang memang belum pernah mendatangi destinasi wisata ini pastinya membutuhkan alamat lengkapnya bukan? Karena terkadang meski rutenya belum diketahui dengan baik namun ketika alamatnya telah dikantongi, pastinya meminimalisir kesasar.

Air terjun sorondo suweru bertempatkan pada dusun Semeru, Desa kare, kecamatan kari Kabupaten Madiun Jawa timur. Apabila melihat dari alamat tersebut memang bertempatkan pada lereng gunung Wilis.

Sedangkan untuk jaraknya sendiri apabila dari alun-alun kota Madiun yaitu antara 20 km. Sedangkan jika dari arah timur kota Madiun sekitar 50 km. Dengan demikian tergantung Anda ingin menggunakan jalan mana.

Penjelasan Rute Terbaik Ke Lokasi Menuju Air Terjun Serondo Seweru

Penjelasan Rute Terbaik Ke Lokasi Menuju Air Terjun Serondo Seweru
Source : https://bisniswisata.co.id/

Setelah mengetahui alamat lengkap dari wisata Air Terjun Serondo Seweru, maka berikut ini merupakan informasi dari rutenya. Jika para pengunjung menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Maka dari kota Madiun bisa menuju arah dungus kecamatan Wungu.

Setelah itu berlanjut menuju arah timur yaitu ke kecamatan kare, jalan terus hingga menemukan pertigaan sebelum adanya perkebunan. Ambil arah kiri jalan nantinya para pengunjung bisa menemukan petunjuk untuk bisa menuju lokasi air terjunnya.

Lanjutkan saja perjalanan sampai menuju pintu masuk air terjun dan memarkirkan kendaraan di sana. Namun para pengunjung harus berjalan kaki hingga ke lokasi dengan menyusuri jalan setapak dengan panjang 1 km.

Baca Juga : Wisata Gunung Kendil dan Keeksotisannya

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Serondo Seweru Madiun

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Serondo Seweru Madiun
Source : https://pagguci.com/

Sebelum Anda mendatangi destinasi wisata Air Terjun ini pastikan sudah memahami jam operasionalnya beserta harga tiket masuknya. Sebetulnya untuk waktu bukanya iyalah dari pukul 08.00 pagi hingga 4 sore.

Kemudian untuk biaya masuk menuju Air Terjun Serondo Seweru Madiun untuk perorang adalah Rp2.000. namun nantinya untuk parkir kendaraan pun juga akan ditarik budget. Cukup terjangkau yaitu Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 khusus mobil.

Daya Tarik Dari Wisata Alam Air Terjun Serondo Seweru Madiun

Daya Tarik Dari Wisata Alam
Source : https://www.tripadvisor.co.id/

Apabila melihat kepopuleran dari air terjun ini tentu sangat penasaran apa sebetulnya yang menjadi daya tariknya. Dengan demikian sebelum mendatangi destinasi wisata tersebut maka alangkah baiknya mengetahui beberapa hal-hal menarik dari air terjun Serondo Seweru ini.

1. Melakukan Perjalanan Dengan Jalan Kaki Ke Air Terjun

Seperti penjelasannya sebelumnya, setelah para pengunjung memarkirkan kendaraannya maka harus berjalan kaki menuju objek dari air terjun tersebut. Meskipun cukup melelahkan, namun sebetulnya ini juga menjadi keunikan tersendiri.

Apalagi jika berjalan kaki tersebut bersama dengan rombongan atau pengunjung lainnya tentu tidak akan merasa takut atau cemas. Terlebih juga terdapat jalan setapak, dan secara khusus untuk wisatawan. Namun pastikan hati-hati karena jalanannya cukup licin.

Baca Juga : Mau Tahu Indahnya Hutan Pinus Nongko Ijo?

2. Bisa Mengunjungi Beberapa Perkebunan

Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang ingin berkunjung ke air terjun ini adalah karena pada area sekitarnya memiliki banyak perkebunan titik pertama yaitu kebun apel, lalu ada kebun jeruk cengkeh bahkan sampai taman bunga.

Karena memang jaraknya tidak terlalu jauh, secara otomatis sehabis keluar dari area air terjun bisa langsung mampir ke area perkebunan tersebut. Dengan demikian Anda juga bisa memperoleh spot foto terbaik dan menarik.

3. Masih Belum Tereksplor Oleh Banyak Orang

Memang betul adanya apabila air terjun ini bersembunyi pada balik pegunungan bahkan perkebunan kopi cukup besar. Alhasil banyak orang masih belum tahu atau mengeksplor area tersebut. Namun pastinya ketika sudah mendatangi destinasi wisata ini akan berdetak kagum.

Ketika perjalanan semakin dekat, para pengunjung bisa dengan jelas mendengar gemuruh dari air terjun ataupun aliran sungai. Dengan ini saja pikiran pun sudah perlahan-lahan lebih fresh karena mampu hilangkan penat seketika.

4. Keadaan Sekeliling Air Terjun Yang Mempesona

Karena air terjun tersebut terbilang cukup tinggi, kemudian keberadaan dari sekelilingnya yang sangat memunculkan seperti banyaknya batu alam besar. Secara otomatis membuat mata dan pikiran juga segar.

Nantinya para pengunjung bisa leluasa untuk berfoto ria, bermain air ataupun memang hanya ingin sekedar bersantai dengan menikmati sejuknya udara. Dengan pepohonan rindang pada area sekitarnya tentu membuat area tersebut tak panas sama sekali.

Ragam Fasilitas Pada Air Terjun Seweru

Ragam Fasilitas
Source : http://mazmuzie.blogspot.com/

Anda memutuskan untuk datang ke tempat ini maka pastinya akan menemukan banyak sekali fasilitas yang sangat menunjang. Pihak pengelola sendiri memang menyediakan sedemikian rupa agar tidak mengecewakan seluruh wisatawan dari luar kota hingga mancanegara.

1. Memiliki Tempat Parkir Dan Toilet Umum

Membawa kendaraan pribadi bahkan sampai bus pariwisata, maka tidak perlu cemas karena masalah parkir sudah bisa teratasi dengan baik. Lahannya memang luas dan muat untuk beberapa kendaraan besar hingga ratusan mobil.

Apalagi area air terjun ini juga memiliki toilet umum pada beberapa titik lokasi. Dengan demikian para pengunjung bisa lebih leluasa jika ingin mencuci tangan ataupun sekedar membersihkan tubuh ketika sehabis bermain air.

2. Punya Lokasi Penginapan Dan Kantin

Pada wilayah yang masih sekitar area air terjun Anda akan menemukan banyak sekali lokasi penginapan dengan harga bervariasi. Namun sebetulnya untuk biayanya juga tak terlalu mahal dan tentunya sangat nyaman untuk keluarga.

Bahkan, untuk para pengunjung yang memang tidak sempat menyiapkan bekal makanan ataupun minuman bisa mendatangi kantin ataupun tempat untuk makan. Banyak sekali warung menyediakan snack beserta masakan-masakan lezat dengan harga terjangkau.

3. Terdapat Area Untuk Berkemah dan Mushola

Bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota, namun tak mau menyewa tempat penginapan maka bisa bawa saja perawatan kemah dari rumah. Sebab pada area ini memang terdapat khusus untuk berkemah jadi akan lebih seru sekali apabila kegiatan ini terealisasikan bersama rombongan.

Apalagi tak perlu khawatir tentang masalah musholanya, karena terdapat tempat ibadah pada area air terjun tersebut. Wisatawan umat muslim dapat lebih leluasa ketika ingin melaksanakan sholat setiap waktunya.

Itulah sekilas informasi tentang Air Terjun Serondo Seweru yang tentu saja dapat menjadi salah satu destinasi Terbaik bersama keluarga ataupun sahabat. Jadi ketika berada di kota Madiun, jangan lupa untuk mengunjungi wisata ini.

 

Tinggalkan komentar