Kampung Inggris Pare
Beranda Tempat Wisata 7+ Keindahan Air Terjun Watu Lapis Lumajang

7+ Keindahan Air Terjun Watu Lapis Lumajang

Lagi-lagi Lumajang menyediakan destinasi wisata alam berupa air terjun yang sangat menarik karena pesona keindahan alamnya, yaitu Air Terjun Watu Lapis. Ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga supaya bisa mendapat pengalaman baru.

Informasi Umum Air Terjun Watu Lapis

Informasi Umum Air Terjun Watu Lapis
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Air-Terjun-Watu-Lapis-di-Lumajang-Jawa-Timur.jpg

Air Terjun Watu Lapis ini memiliki julukan tersendiri yang sangat terkenal di telinga masyarakat, yakni Air Terjun 7 Bidadari yang lengkap dengan legenda, sejarah, hingga misterinya. Sedangkan pengambilan nama ini dari sebuah legenda karena pesona keindahan air terjunnya yang tiada duanya.

Di sini, Anda bisa sejenak melepaskan rasa penat setelah melakukan aktivitas padat sehari-harinya sambil bersantai menikmati hangatnya kopi dan udara segar yang menerpa wajah. Setelah kembali ke rumah, pikiran pun akan terasa lebih segar, sehingga lebih siap menghadapi hari yang penuh aktivitas.

Selain itu, tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena trekkingnya tidak terlalu curam dan ekstrim. Disamping itu, kondisi kolam air terjunnya juga tidak dalam. Jadi wisatawan bisa menikmati kesegaran air di area ini sambil menyegarkan tubuh setelah melakukan perjalanan panjang.

Jam Buka Air Terjun Watu Lapis

Jam Buka Air Terjun Watu Lapis
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/2020/11/Trekking-Menuju-Air-Terjun-Batu-Lapis.jpg

Informasi berikutnya yang harus wisatawan ketahui sebelum berkunjung ke sebuah tempat wisata adalah jam operasionalnya agar dapat menentukan kapan waktu kunjungan yang tepat. Jam buka dari Air Terjun Watu Lapis ini dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB dan buka selama 7 hari mulai Senin sampai Minggu.

Namun, sangat dianjurkan untuk berkunjung di pagi dan siang hari agar selama perjalanan langit masih terang, sehingga dapat meminimalisir terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Setelah itu, pulanglah sebelum terlalu malam karena khawatir jalanan semakin licin apalagi penerangannya tidak terlalu mendukung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Watu Lapis

Harga Tiket Masuk
Source: https://www.pesisir.net/wp-content/uploads/2022/08/Air-Terjun-Watu-Lapis.jpg

Saat mengunjungi tempat wisata, hal yang harus wisatawan ketahui adalah harga tiket masuknya. Apalagi jika ingin membawa seluruh anggota keluarga, maka perlu mempersiapkan budget yang pas agar tidak terkendala selama proses pembayaran nantinya.

Untuk bisa melihat keindahan alam air terjun ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang. Selain itu, mereka juga harus membayar biaya retribusi parkir kendaraan dengan tarif Rp2.000 per unit. Tentu itu merupakan nominal yang sangat terjangkau dan tidak menghabiskan banyak dana.

Sekarang, Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tanpa harus terkendala biaya tiket masuk. Sekali-kali membawa mereka ke destinasi wisata alam untuk sekadar melepas penat dan menjalin hubungan yang semakin erat juga hangat.

Fasilitas di Air Terjun Watu Lapis

Fasilitas di Air Terjun Watu Lapis
Source: https://t-2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Air-Terjun-Watu-Lapis.jpg

Untuk fasilitasnya, belum terlalu banyak yang pengelola sediakan. Jadi, jika Anda ingin berkunjung kesini, pastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik, seperti perbekalan (makanan dan minuman), obat-obatan, kamera, dan lain sebagainya serta jangan terlalu banyak membawa barang-barang.

Mengapa? Karena khawatir nantinya Anda akan kesulitan selama perjalanan karena bawaan terlalu banyak. Selain itu, jika membawa camilan atau makanan ringan, pastikan membawa kembali sampah kemasannya dan jangan membuangnya sembarangan agar tempat ini tetap terjaga kebersihannya.

Supaya bisa menyimpan dan mengambil gambar dalam jumlah yang banyak, Anda dapat membawa kamera. Apalagi ini merupakan liburan yang dihadiri oleh anggota keluarga. Jadi, harus banyak kenangan tersimpan. Selain itu, agar hasil gambarnya lebih bagus serta cerah.

Kegiatan di Terjun Watu Lapis

Kegiatan di Terjun Watu Lapis
Source: https://direktoripariwisata.id/imgunit/6650.jpg

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata air terjun satu ini, mulai dari menikmati pemandangan alam di sekitarnya, berburu foto di spot cantik, hingga menambah wawasan menarik mengenai air terjun indah ini. Berikut informasi lebih jelas mengenai daftar kegiatan-kegiatan tersebut!

1. Wisata Edukasi

Siapa sangka jika di tempat wisata ini wisatawan bisa menambah wawasan mengenai alam? Apalagi jika membawa anak-anak. Secara tidak langsung, sebagai orang tua, Anda dapat mengajarkan kepada mereka untuk selalu menjaga kelestarian alam dan kebersihannya agar terus lestari juga bersih.

Selain itu, jalur trekking yang tidak terlalu sulit akan sangat memungkinkan bagi orang tua untuk membawa buah hati mereka berlibur ke tempat ini. Jadi, jangan hanya menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan di tempat biasa-biasa saja. Sekali-kali bawalah mereka ke alam supaya lebih mengenal tempat seperti ini.

2. Menikmati Keindahan

Kegiatan yang sudah pasti akan Anda lakukan jika berkunjung kesini adalah bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar air terjun. Kawasan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini akan membuat siapapun terpesona. Apalagi di sekelilingnya ada banyak pepohonan hijau nan rindang.

Selain itu, karena area kolamnya tidak terlalu dalam, jadi wisatawan bisa berenang dan bermain air di area tersebut. Kondisi airnya jernih, bersih, serta menyegarkan, sehingga dapat membuat tubuh terasa lebih segar setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk mencapai kawasan wisata ini.

3. Berburu Foto

Kegiatan berikutnya yang bisa Anda lakukan bersama keluarga adalah berburu foto. Liburan tanpa berfoto pasti akan terasa kurang karena tidak ada kenangan yang tersimpan saat sudah kembali ke rumah. Selain itu, spot foto di air terjun ini juga cantik, jadi wisatawan dapat menjadikannya sebagai latar belakang.

Apalagi jika mengunggahnya di laman akun sosial media, pastinya tampilan akun akan terlihat lebih cantik juga estetik. Tidak hanya itu, secara tidak langsung Anda juga mempromosikan keindahan tempat tersebut supaya lebih banyak lagi pengunjung yang datang untuk berkunjung.

Alamat Menuju Air Terjun Watu Lapis

Sebelum melakukan kunjungan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu lokasi di mana air terjun tersebut berada agar bisa mencari tahu rute hingga aksesnya dan supaya dapat mempersiapkan segala kebutuhan. Air Terjun Watu Lapis ini berada di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akses menuju tempat ini sudah sangat bagus, namun pengunjung disarankan untuk menggunakan roda dua saja karena jalannya tidak mampu memuat mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Rute Menuju Air Terjun Watu Lapis

Rute Menuju Air Terjun Watu Lapis
Source: https://goo.gl/maps/sxTySpbK4scC9R2t8

Rute menuju tempat wisata alam air terjun ini sendiri tidaklah terlalu jauh jika Anda bergerak dari pusat kota Lumajang. Walaupun begitu, tidak sedikit wisatawan yang bingung dan khawatir terkendala selama perjalanan, seperti tersesat, apalagi bagi pengunjung yang berasal dari luar kota.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, Anda bisa menggunakan fitur GPS yang ada di mobil. Caranya yakni dengan menentukan tujuan yang akan ditempuh. Nantinya muncul rute secara lengkap menuju destinasi tersebut. Jadi, pengguna hanya perlu mengikuti arah panah yang terdapat pada layar.

Setelah sampai di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, tenang saja trekking menuju tempat ini tidak terlalu ekstrim dan fasilitas yang tersedia sudah cukup bagus. Untuk jaraknya dari alun-alun Lumajang menuju destinasi ini adalah 27.6 km, waktu tempuh sekitar 43 menit.

Itu tadi informasi mengenai keindahan wisata alam Air Terjun Watu Lapis yang berada di Lumajang dan bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pastikan keadaan tubuh tetap fit sebelum berkunjung guna menghindari kendala saat perjalanan.

Iklan