Spot Keren di Air Terjun Widodaren Ponorogo

Liburan ke alam terbuka biasanya menjadi pilihan beberapa pengunjung. Menikmati keindahan alam sambil melakukan aktivitas seru, bisa pengunjung dapatkan ketika liburan ke alam terbuka. Air terjun widodaren menjadi salah satu destinasi kabupaten Ponorogo yang memiliki daya tarik kuat.

Sejarah Sundan Widodaren

Sejarah Sundan Widodaren
Source : https://i.ytimg.com/

Air terjun atau sundan Widodaren merupakan wisata alam Ponorogo yang memiliki keunikan. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa air terjun sering menjadi tempat mandi para bidadari. Hal ini lah yang membuat curug atau sundan memiliki nama air terjun widodaren.

Bacaan Lainnya

Pengunjung yang liburan ke sundan Widodaren dapat mengunjungi beberapa wisata lainnya seperti air tiga rasa, tirta husada dan masih banyak lagi. Udara dingin khas kecamatan Ngebel, bisa pengunjung nikmati saat mengisi waktu liburan ke tempat tersebut.

Masyarakat sekitar dan juga pihak pengelola wisata selalu menjaga kelestarian air terjun, sebab banyak pengunjung yang berenang ataupun berendam. Airnya yang jernih bisa pengunjung manfaatkan untuk berenang atau hanya bermain-main.

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Widodaren

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Widodaren
Source : https://dolanngebel.com/

Lokasi wisata yang jauh dari perkotaan, membuat banyak pengunjung dari luar kota memanfaatkannya untuk liburan atau menghilangkan stres. Hamparan sawah yang hijau juga bisa pengunjung temui sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan daerah kota saat liburan ke air terjun widodaren, sebab lokasinya berada pada atas bukit. Pemandangan alam yang indah dan mempesona membuat pengunjung selalu tertarik terhadap wisata ini, terlebih udaranya cukup segar.

Selengkapnya >> Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Debit air yang cukup deras saat musim hujan, sehingga pengunjung harus waspada. Air yang cukup jernih dan bebas kaporit menjadi salah satu daya tarik pada destinasi wisata tersebut. Gemercik air dan pohon yang menjulang tinggi menambahkan kesan eksotis pada sundan Widodaren.

Informasi Tambahan Air Terjun Widodaren

Informasi Tambahan Air Terjun Widodaren
Source : https://i.ytimg.com/

Pengunjung yang berasal dari luar kota, terkadang merasa bingung untuk menemui lokasi wisata ini. Beragam informasi harus pengunjung ketahui sebelum mengunjungi sundan Widodaren. Berikut informasi tambahan terkait destinasi wisata tersebut:

  • Alamat : Ds. Tritis, Kec. Ngebel, Kab.Ponorogo
  • Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08:00-17:00 WIB
  • Harga tiket : Gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/3oEKTLvEWgCLZczL9

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Widodaren

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Widodaren
Source : https://s.kaskus.id/

Pengunjung yang memulai perjalanan wisata dari alun-alun kota Ponorogo memerlukan waktu sekitar 1 jam. Start perjalanan dari kecamatan Ngebel bisa pengunjung lanjutkan ke arah pasar pabrik terus lurus. Papan petunjuk bisa Anda manfaatkan untuk menemukan lokasi air terjun widodaren.

Lokasi wisata yang berada sekitar telaga Ngebel membuat sundan Widodaren sering menjadi pilihan pengunjung saat akan berenang sambil menikmati keindahan alam. Menariknya jalur menuju lokasi saat ini cukup mudah, sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil.

Baca Juga : Wisata Kolam Beji Sirah di Ponorogo

Hamparan sawah yang hijau menjadi salah satu daya tarik wisata ini. Menariknya pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru saat liburan. Tarif menuju lokasi yang tidak berbayar atau gratis membuat wisata ini sering menjadi tempat untuk test bela diri.

Daya Tarik Air Terjun Widodaren

Daya Tarik Air Terjun Widodaren
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Sundan Widodaren merupakan air terjun yang memiliki pesona cukup tinggi. Menariknya wisata ini menjadi salah satu air terjun yang Ponorogo yang selalu ramai pengunjung. Berikut dua tarik yang terdapat pada wisata sundan widodaren:

1. Airnya Jernih

Aliran air yang mengalir pada sundan widodaren sangar jernih, sehingga aman untuk berenang ataupun mandi. Menariknya air yang terdapat pada tempat wisata juga sering masyarakat manfaatkan untuk mengaliri sawah, sebab debitnya cukup deras.

Air yang bebas dari zat-zat berbahaya membuat wisata sundan widodaren selalu ramai pengunjung. Masyarakat sekitar lokasi wisata juga memperhatikan kebersihan air, agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung saat liburan.

2. Pemandangan alam Memukau

Liburan ke air terjun Ngebel seringkali menjadi pilihan beberapa pengunjung, sebab keindahan alamnya cukup memukau. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil menikmati keindahan alam. Menariknya Anda juga bisa mendokumentasikan momen liburan dengan bagus.

Keindahan alam yang eksotis sebab kondisinya masih alami dan belum rusak akibat aktivitas manusia. Daya tarik yang kuat juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar, sebab banyak usaha mulai berkembang atau bahkan bermunculan.

3. Gratis

Tarif masuk menuju lokasi wisata tidak berbayar atau gratis, sehingga hal ini cukup terjangkau oleh semua kalangan. Keindahan alam yang memukau serta tarif masuk gratis menjadi alasan kuat pengunjung memilih sundan widodaren sebagai tempat liburan.

Baca Juga : Wisata Pemandian Air Panas Tirto Husada Ponorogo

Pengunjung yang berasal dari luar kota biasanya mengunjungi lokasi wisata untuk berenang atau bahkan mandi. Akses menuju tempat wisata juga cukup mudah sehingga pengunjung tidak perlu takut saat liburan ke sundan widodaren.

4. Hamparan Sawah

Pengunjung yang berasal dari luar kota pasti akan terpukau dengan hamparan sawah milik warga. Hamparan sawah yang melebar luas menambah keindahan alam sekitar air terjun widodaren, menariknya pengunjung juga bisa memanfaatkan hal ini sebagai spot foto.

Hamparan sawah yang berwarna hijau atau bahkan kuning membuat udara sekitar lokasi semakin sejuk. Beragam jenis hewan bisa pengunjung temui sepanjang perjalanan, sebab Ngebel terkenal sebagai daerah ramah lingkungan dan bebas dari polusi atau pencemaran lingkungan.

Aktivitas Seru Air Terjun Widodaren

Aktivitas Seru
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Beragam aktivitas seru bisa pengunjung lakukan saat berada pada lokasi wisata sundan widodaren.Lokasi wisata yang cukup aman dan tidak berbahaya membuat banyak pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti:

1. Renang

Air yang mengalir dengan deras bisa pengunjung manfaatkan untuk berenang. Pemandangan eksotis bisa pengunjung nikmati sambil berenang atau sekedar mandi air. Pengunjung yang tidak bisa berenang tetap bisa berkunjung ke sundan widodaren, sebab dapat duduk pada bebatuan.

Renang menjadi salah satu aktivitas yang baik untuk kesehatan tubuh, terlebih jika airnya tidak kotor. Masyarakat sekitar yang bisa mengelola wisata dengan baik mampu menarik perhatian banyak pengunjung, sebab kondisi alam dalam kondisi alami dan tidak tercemari.

2. Trekking

Lokasi wisata yang berada pada atas bukit, membuat pengunjung harus jalan kaki untuk menuju sundan Widodaren. Jalan kaki atau sering terkenal dengan sebutan trekking, menjadi salah satu kegiatan yang banyak pemuda lakukan.

Beragam manfaat bisa pengunjung dapatkan ketika melakukan aktivitas trekking, salah satunya trekking. Lelah akibat melakukan trekking akan terbayarkan ketika pengunjung sudah sampai ke tempat wisata, sebab pemandangannya cukup mempesona.

3. Berburu Spot Foto

Keindahan alam yang terdapat pada sekitar lokasi bisa pengunjung manfaatkan sebagai spot foto. Kondisi alam yang masih cukup alami bisa menjadi Background foto liburan, sehingga hasil ya bisa aesthetic. Destinasi wisata yang cukup alami sering menjadi tujuan pengunjung untuk objek fotografi.

Berburu spot foto menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan, sebab hasil dokumentasi liburan akan terlihat menarik. Beragam fasilitas yang terdapat pada tempat wisata bisa pengunjung gunakan sebagai spot foto.

Daya tarik yang kuat, serta tarif masuk terjangkau menjadi alasan utama tempat wisata selalu ramai pengunjung. Keindahan alam yang terdapat pada tempat wisata sering menjadi buah bibir pada kalangan masyarakat, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung mendatangi air terjun widodaren.