Temukan Keseruan di Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun kota Batu merupakan ikon tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun luar. Karena untuk menikmati semua fasilitas di dalamnya, mereka tidak dikenakan biaya sedikitpun. Bahkan, banyak aktivitas menarik dan menyenangkan dapat dilakukan di tempat ini bersama keluarga.

Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu
Source : https://media.suara.com/

Alun-alun kota Batu adalah sebuah tempat yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan santai bersama keluarga dengan budget tipis. Karena, untuk memasuki tempat ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, sebab gratis, namun hanya mengeluarkan uang saat parkir kendaraan.

Walaupun gratis, banyak kegiatan dapat pengunjung lakukan, mulai dari berwisata kuliner hingga menikmati beberapa wahana yang tersedia. Suasana dingin nan sejuknya akan membuat liburan menjadi tak terlupakan. Selain itu, tempat ini juga sangat strategis karena dekat tempat wisata lain.

Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini, pengunjung sangat dianjurkan supaya mengunjunginya saat malam hari, karena cahaya lampunya akan mempercantik tampilan tempat ini. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Batu, jangan melewatkan tempat ini agar dapat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Informasi Mengenai Alun-Alun Kota Batu

Informasi Mengenai Alun-Alun Kota Batu
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Sebelum mengunjungi tempat ini, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui beberapa informasinya. Berikut deretan informasi yang harus pengunjung ketahui!

  • Lokasi wisata: Jl. Diponegoro, Desa Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: 24 jam beroperasi.
  • Tiket masuk: Tidak dipungut biaya/gratis.

Pengunjung hanya perlu membayar makanan yang mereka beli di sekitar alun-alun. Selain itu, harganya juga sangat bersahabat, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang apabila berkunjung ke tempat ini nantinya.

Rute Perjalanan ke Alun-Alun Kota Batu

Rute Perjalanan ke Alun-Alun Kota Batu
Source : https://gotripina.com/

Karena merupakan sebuah tempat yang terkenal di kota Batu, untuk mencapai alun-alun, Anda tidak perlu takut tersesat. Selain itu, akses jalannya juga sudah sangat bagus karena beraspal semua. Agar lebih mudah mengikuti rutenya, pengunjung bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Wisata alun-alun berada di samping “Tugu Apel” yang merupakan ikon buah dari kota Batu. Selain itu, Anda juga bisa menuju tempat wisata lain seperti Batu Night Spectacular, Batu Love Garden, hingga Museum Angkut. Seperti yang sudah diketahui kalau kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata cantik.

Syarat Pengunjung Alun-Alun Kota Batu

Syarat Pengunjung Alun-Alun Kota Batu
Source : https://cdf.orami.co.id/

Sebenarnya, tidak ada syarat-syarat tertentu bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini. Namun, karena berada di tengah pandemi, jadi harus tetap menjaga diri. Berikut beberapa persyaratan tersebut!

  • Pengunjung harus menjaga protokol kesehatan selama berada di area alun-alun.
  • Pengunjung harus membuang sampah di tempatnya agar alun-alun tidak kotor.

Fasilitas di Alun-Alun Kota Batu

Fasilitas
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Walaupun hanya sekadar alun-alun, tempat ini sudah menyediakan banyak fasilitas yang akan membantu menunjang kebutuhan dari wisatawan atau pengunjung. Mulai dari toilet, lahan parkir kendaraan dua dan roda empat.

Selain itu, terdapat banyak fasilitas-fasilitas lain untuk membuat aktivitas selama liburan tidak terlalu membosankan. Jika Anda membawa anak-anak kesini, pasti akan sangat senang, karena ada berbagai macam wahana yang bisa membuat liburan mereka menjadi lebih berwarna dan tidak membosankan.

Kegiatan yang Ada di Alun-Alun Kota Batu

Kegiatan yang Ada
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Selama liburan, harus ada banyak kegiatan yang harus dilakukan agar liburan tidak membosankan. Untuk bisa menikmati waktu berlibur, di sini terdapat banyak aktivitas dapat pengunjung lakukan. Berikut ini beberapa kegiatan-kegiatan tersebut!

1. Wisata Kuliner

Jika Anda merasa lapar setelah melakukan perjalanan atau berbagai aktivitas padat sehari-harinya, sebaiknya kunjungi alun-alun ini. Semua orang bisa merasakan bermacam hidangan yang dapat menggugah selera dan tentunya mengenyangkan dengan harga sangat terjangkau.

Di sini, ada banyak makanan khas Malang yang akan membuat pengalaman berwisata kuliner menjadi lebih lengkap. Menu hidangan tersebut, seperti sosis bakar, seafood, sate, soto, bakso, dan masih banyak lainnya. Untuk minumannya sendiri, Anda bisa menemukan susu, kopi, jahe, serta minuman café.

2. Pasar Laron

Kurang puas dengan hidangan yang tersaji di tempat ini? Mungkin Anda bisa bergerak sedikit menuju beberapa spot di sekitar alun-alun. Di sini, wisatawan bisa menemukan berbagai olahan dengan cita rasa khas dari kota Batu. Bahkan, banyak sekali gerai-gerai yang menawarkan beragam masakan.

Anda bisa memilih berbagai jenis makanan yang sesuai dengan kantong. Tidak hanya hidangan untuk disantap, wisatawan dapat membeli berbagai macam aksesoris sebagai oleh-oleh. Walaupun pinggiran tidak perlu khawatir karena tempatnya juga sangat nyaman dan bersih,

3. Mobil Hias dan Kelinci Hias

Mobil hias dan kelinci hias merupakan salah satu wahana yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling alun-alun. Kedua kendaraan ini dapat pengunjung sewa. Supaya bisa menaikinya, wisatawan bisa meminta ke petugas setempat. Kemudian, membayar biaya menaiki kendaraan tersebut.

Di kendaraan ini, Anda akan mendengar lagu yang bisa membangkitkan suasana. Pastinya kegiatan ini dapat memberi pengalaman liburan lebih menyenangkan. Apalagi lampu-lampu dalam kendaraan membuat tempatnya indah dan estetik. Oleh karena itu, sebaiknya menaikinya saat malam hari tiba.

4. Air Mancur

Suasana nyaman memang menjadi salah satu alasan mengapa alun-alun ini memiliki banyak pengunjung. Di area tertentu, alun-alun ini menyediakan air mancur yang dapat menjadi wahana bermain bagi anak-anak atau pengunjung lain. Airnya keluar secara tiba-tiba meluncur ke atas.

Jika tidak berhati-hati, maka air tersebut bisa membasahi baju. Oleh karena itu, kalau ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa pakaian ganti agar lebih leluasa bermain air. Ini akan menjadi liburan tak terlupakan, seru, dan juga mengasyikkan karena banyak kegiatan bisa Anda lakukan.

5. Wahana Bermain Anak

Alun-alun ini menyediakan banyak wahana bermain bagi anak-anak selain air mancur tadi. Wahana tersebut berupa play ground yang memang khusus untuk anak-anak pengunjung. Mulai dari perosotan, kembatan, di area khusus, jadi tidak akan mengganggu wisatawan lain.

Selain itu, ada beberapa miniatur yang akan membuat taman bermain tersebut terlihat lebih cantik.  Disamping itu, play ground ini juga sangat aman, bahkan orang tua hanya perlu mengawasi anak mereka saat bermain saja. Saat mengunjungi area ini, pasti anak-anak merasa senang nantinya.

6. Bianglala

Bianglala adalah salah satu wahana yang banyak memiliki peminat. Dari sini, wisatawan bisa melihat keindahan kota Batu secara langsung dari atas ketinggian. Wahana ini memiliki 17 kabin dan semuanya sudah lengkap dengan pengamannya, sehingga pengunjung pun tidak perlu khawatir jika menaikinya.

Selain itu, alun-alun kota Batu merupakan satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki wahana bianglala permanen. Itulah mengapa pemerintah berusaha memberikan fasilitas ini kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkannya untuk melakukan berbagai kegiatan penting.

Itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata Alun-Alun kota Batu yang dapat pengunjung kunjungi ketika liburan datang bersama keluarga atau melepas penat setelah melakukan perjalanan jauh. Tempat ini akan semakin cantik jika Anda mengunjunginya saat malam hari, jadi pastikan untuk menentukan waktu secara tepat.

Tinggalkan komentar