Lumajang ternyata tidak hanya menyediakan kawasan wisata alam yang sudah sangat terkenal saja, namun juga yang masih tersembunyi dan belum terjamah oleh banyak orang, salah satunya adalah Antrukan Menjangan Senduro ini yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga.

Informasi Umum Antrukan Menjangan Senduro

Informasi Umum
Source: https://direktoripariwisata.id/imgunit/6677.jpg

Bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa alam dan keasriannya yang masih terjaga dengan baik, mungkin Antrukan Menjangan Senduro ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Dengan berkunjung kesini, Anda dapat menikmati waktu liburan tanpa harus terganggu wisatawan lainnya.

Dengan tingkat keramaian yang belum seberapa ini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas, seperti duduk santai, bermain air, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Selain itu, tidak sedikit pengunjung menjadikannya sebagai destinasi yang dapat membantu mereka menghilangkan rasa penat sejenak.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang lumayan, yakni sekitar 80 meter, sedangkan di sekelilingnya dipenuhi pepohonan rimbun. Tidak hanya itu saja, trekking menuju air terjun ini juga menjadi salah satu wahana berpetualang yang mengasyikkan serta mampu membuat wisatawan lebih dekat dengan alam.

Jam Buka Antrukan Menjangan Senduro

Jam Buka Antrukan Menjangan Senduro
Source: https://www.gotravelly.com/blog/wp-content/uploads/2021/01/air-terjun-antrukan-menjangan.jpg

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan kunjungan adalah mengetahui jam buka dari tempat wisata tersebut. Antrukan Menjaga Senduro sendiri beroperasional selama 24 jam dan buka setiap hari. Jadi, wisatawan bisa berkunjung kapanpun mereka mau.

Namun, lebih baik berkunjung di pagi dan siang hari karena rute atau trekking menuju tempat ini cukup sulit. Dengan melakukan kunjungan di waktu yang tepat, Anda bisa melihat jalan secara baik karena pencahayaan alami masih terlihat sempurna, sehingga tidak akan menyulitkan selama perjalanan.

Selain itu, pulanglah saat sudah hampir sore untuk menghindari trekking yang lebih sulit lagi. Pastikan untuk memperhatikan barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal di kawasan air terjun yang nantinya akan menyusahkan Anda karena harus kembali ke tempat semula.

Harga Tiket Masuk Antrukan Menjangan Senduro

Harga Tiket Masuk
Source: https://4.bp.blogspot.com/-D9nJk7IAaJ4/Va9GhXAYGxI/AAAAAAAAEnc/zS_TCyRMfLs/s1600/P_20150721_081756-01_20150722140216051_20150722140242808.jpg

Karena masih tidak terkelola dengan baik, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Mungkin Anda hanya harus membayar biaya retribusi parkir kendaraan di lahan parkir warga setempat.

Ketentuan biaya parkir tersebut biasanya tergantung kendaraan yang Anda bawa, semakin besar kendaraannya maka semakin tinggi juga biaya retribusi parkirnya. Jadi, sebaiknya siapkan uang receh saja, berkisar antara Rp2.000 sampai Rp5.000.

Sebelum berkunjung, pastikan kondisi badan tetap fit agar dapat melakukan aktivitas selama liburan dengan lancar dan meminimalisir kejadian yang dapat menghambat kegiatan tersebut.

Fasilitas di Antrukan Menjangan Senduro

Fasilitas di Antrukan Menjangan Senduro
Source: https://www.wartabromo.com/wp-content/uploads/WhatsApp-Image-2019-06-07-at-6.22.25-AM.jpeg

Tempat wisata ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun warga setempat, jadi Anda jangan mengharapkan fasilitas yang memadai dan mendukung saat berkunjung kesini. Mungkin fasilitas-fasilitas umum seperti toilet juga mushola ada sebelum wisatawan masuk ke kawasan air terjun.

Oleh karena itu, jika berkunjung kesini jangan lupa membawa perbekalan secukupnya, seperti makanan dan minuman ringan agar tidak terlalu memberatkan tas saat membawanya. Apalagi harus melewati trekking yang lumayang ekstrim untuk bisa sampai ke kawasan wisata air terjun ini.

Selain itu, jika Anda berencana untuk memakan bekal bawaan di tempat ini, jangan lupa membuang sampahnya di tempat yang seharusnya. Kalau tidak ada, bawa sampah tersebut pulang supaya kawasan wisata tetap terjaga kebersihannya. Jangan lupa juga membawa keperluan pribadi, seperti obat-obatan.

Daya Tarik Antrukan Menjangan Senduro

Daya Tarik Antrukan Menjangan Senduro
Source: https://lh5.googleusercontent.com/p/AF1QipO8wIhh44i0eMW5bPabuxBRZXGWkW5PhMzXyGfh=w650-h400-k-no

Sama halnya dengan tempat wisata lain yang memiliki daya tarik tersendiri, tempat ini juga mempunyai keunikan yang mampu menarik minat wisatawan, baik lokal maupun luar. Untuk mengetahui informasi mengenai daya tarik tersebut, simak ulasan beberapa poin di bawah ini!

1. Air Terjun Tinggi

Antrukan Menjangan Senduro ini memiliki air terjun dengan ketinggian yang lumayan, yakni sekitar 80 m dengan aliran air yang sedang. Suara deburannya akan membuat pikiran terasa lebih rileks serta mampu sejenak membantu menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas padat sehari-harinya.

Tidak hanya itu saja, di samping kiri kanan air terjun juga dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang bisa membuat Anda merasa sedang berada di sebuah dunia dongeng. Keindahan dari air terjun ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tidak sedikit wisatawan menjadikannya sebagai destinasi yang harus dikunjungi.

2. Bebatuan Cantik

Jalanan yang tidak rata dengan bebatuan besar nan cantik yang berada di sekitar aliran air terjun membuat pemandangan indah di tempat ini semakin memancar. Anda bisa duduk santai sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya dan merasakan kesegaran air serta angin yang menerpa wajah.

Di sini, Anda juga bisa menyesap kopi sambil berbincang hangat dengan teman atau anggota keluarga. Selain itu, batu-batu tersebut dapat wisatawan gunakan sebagai tempat mengambil gambar dengan background atau latar belakang air terjun yang cantik dan estetik.

3. Aliran Sungai Jernih

Daya tarik berikutnya saat berkunjung kesini adalah keindahan aliran sungainya. Perjalanan menuju kawasan wisata air terjun ini cukup sulit karena pengunjung harus melewati sungai. Di sungai tersebut, aliran airnya sangat jernih sehingga selama perjalanan Anda tidak akan merasa kelelahan.

Bukan hanya itu saja, di sepanjang jalan pengunjung akan melihat pepohonan yang rimbun dan siap menjadi peneduh di tengah teriknya matahari. Selain itu, Anda juga bisa berburu banyak foto dengan latar belakang alam sangat cantik serta indah yang dapat membuat akun sosial media terlihat menarik.

Alamat Menuju Antrukan Menjangan Senduro

Untuk menghindari kendala saat berkunjung, maka pengunjung harus mengetahui informasi mengenai lokasi tempat wisata air terjun ini berada. Antrukan Menjangan Senduro sendiri berada di Krajan, Wonocepokoayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Aksesnya lumayan bagus untuk menuju kesini. Namun pengunjung sangat disarankan berkunjung menggunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah dan nyaman. Lalu, memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang sudah tersedia.

Rute Menuju Antrukan Menjangan Senduro

Rute Menuju Antrukan Menjangan Senduro
Source: https://goo.gl/maps/TbxZ7Aca6MEmUf3B9

Bagi wisatawan luar kota, pasti sedikit bingung mencari tahu tentang rute menuju kawasan wisata ini. Selain itu, tidak sedikit dari mereka khawatir mengalami kendala atau masalah selama perjalanan, seperti tersesat. Oleh karena itu, jangan lupa membawa smartphone sebagai alat untuk membantu menunjukkan rute.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps dan tentukan destinasi atau tujuan dari perjalanan tersebut. Nantinya, secara otomatis sistem akan memberikan informasi secara lengkap mengenai rute yang harus pengguna lalui dengan mengikuti arah panah yang ada.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa meminimalisir risiko tersesat selama perjalanan. Sedangkan jarak dari alun-alun Lumajang menuju kawasan wisata antrukan ini adalah 29.3 km dengan waktu tempuh sekitar 52 menit tergantung kondisi jalan pada saat itu dan kecepatan berkendara pengunjung.

Itu tadi informasi mengenai keindahan destinasi wisata alam Antrukan Menjangan Senduro Lumajang yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata menambah pengalaman berpetualang yang baru. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara jelas dan detail kepada pembaca.

Bagikan: