Batu Secret Zoo Kota Batu: Melihat Berbagai Koleksi Satwa

Kota Batu sangat terkenal dengan tempat wisata dengan banyak koleksi satwa di dalamnya, salah satunya adalah Batu Secret Zoo. Ini bisa menjadi destinasi yang cocok apabila mengunjunginya bersama keluarga terutama anak-anak karena dapat menjadi wadah edukasi mengenal berbagai jenis hewan.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo
Source : https://myeatandtravelstory.files.wordpress.com/

Batu Secret Zoo adalah tujuan wisata populer yang mencakup museum hewan, hotel bergaya pohon bernama Pohon Inn, dan Museum Satwa. Kebun binatang adalah rumah bagi berbagai spesies. Swant toh, terowongan berdinding kaca, merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di sini.

Di sinilah wisatawan dapat melihat berbagai makhluk Afrika yang sangat besar. Ada LCD interaktif yang memuat informasi dan aktivitas tentang hewan. Makhluk Afrika yang lebih kecil seperti marmut, meerkat, dan lainnya dapat ditemukan di kampung Afrika.

Ini menjadi tempat liburan paling penting dan menyenangkan bagi Anda dan keluarga ketika hendak berlibur. Selain itu, ini bisa menjadi wadah edukasi anak-anak agar mereka mengenal berbagai macam jenis hewan. Ditambah lagi, mereka juga dapat meningkatkan rasa cinta terhadap satwa.

Informasi Umum Batu Secret Zoo

Informasi Umum Batu Secret Zoo
Source : https://asset.kompas.com/

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa informasi penting mengenai Batu Secret Zoo ini. Berikut beberapa ulasan tentang informasi-informasi tersebut, diantaranya!

  • Lokasi wisata: Jl. Oro-oro Ombo No.9, Desa Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB
  • Tiket:
  • Tiket masuk weekday: Rp75.000
  • Tiket masuk weekend: Rp105.000

Perubahan tiket bisa berlangsung kapan saja. Untuk mengetahui informasi tersebut, sebaiknya kunjungi langsung website official dari tempat wisata ini. Selain itu, anak dengan tinggi di atas 85 cm sudah wajib memiliki tiket masuk sendiri.

Rute Perjalanan Batu Secret Zoo

Rute Perjalanan Batu Secret Zoo
Source : https://dailyhotels.id/

Jika Anda bergerak atau memulai perjalanan dari Kota Malang, maka akan menempuh jarak sekitar 18 km. Selain itu, akses jalannya juga sangat mudah dan bagus. Di sepanjang perjalanan, wisatawan bisa melihat petunjuk jalan untuk memudahkan mereka mengarahkan kendaraannya ke tempat wisata.

Jika hendak menggunakan kendaraan umum, maka pastikan terlebih dahulu menuju ke Terminal Arjosari. Setelah itu, naiklah angkutan ke arah Terminal Landungsari. Di sana Anda harus berganti kendaraan umum lagi berkode BL. Nantinya, angkutan akan membawa wisatawan ke tempat wisata.

Syarat Pengunjung Batu Secret Zoo

Syarat Pengunjung
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Di masa pandemi seperti ini, tentu syarat-syarat yang harus pengunjung penuhi pun semakin bertambah. Selain itu, syarat-syarat ini harus terpenuhi agar nanti tidak ada masalah ketika hendak berkunjung atau berada di area tempat wisata. Berikut beberapa persyaratan mengenai kunjungan tersebut, yakni:

  • Pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan 5 M selama berada di area tempat wisata.
  • Pengunjung harus memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.
  • Anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun boleh masuk asalkan orang tua sudah melakukan vaksinasi dosis 1.

Fasilitas Batu Secret Zoo

Fasilitas
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Untuk menunjang keperluan, kebutuhan, dan kenyamanan pengunjung pengelola tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawan yang datang. Mulai dari area parkir luas yang mampu menampung kendaraan para pengunjung, mushola, toilet, food court, minimarket, dan toko souvenir.

Selain itu, pengelola juga menyediakan penyewaan e-bike bagi Anda yang ingin berkeliling area tempat wisata tanpa harus khawatir kelelahan. Mengelilingi lokasi ini akan lebih menyenangkan apabila menggunakan sepeda.

Wahana Batu Secret Zoo

Wahana
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Harga tiket yang lumayan besar itu tentu sudah sangat sepadan dengan berbagai wahana di dalamnya. Anda akan dimanjakan dengan bermacam fasilitas di tempat wisata ini. Berikut ini deretan wahana-wahana utama yang tersedia, yakni:

1. Fantastic Akuarium

Wahana pertama yang bisa Anda temukan di Batu Secret Zoo adalah Fantastic Akuarium. Berbagai jenis ikan air laut juga tawar dengan ukuran kecil hingga besar seperti ikan hiu. Ini akan memberi pengalaman baru selama liburan bahkan dapat melihat secara langsung penampilan dari ikan hiu itu sendiri.

Selain itu, saat memasuki area ini, Anda akan masuk ke dalam lorong yang di setiap sampingnya merupakan kaca tembus pandang. Ini memberi kesan pengunjung berada di sebuah akuarium kapal selam. Tentu tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot selfie menarik juga estetik untuk diunggah.

2. Area Safari Farm

Wahan selanjutnya yakni Area Safari Farm. Di sini Anda dan keluarga bisa melihat  berbagai jenis hewan ternak menggunakan kereta. Pastinya aktivitas berkeliling area akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan tidak perlu repot-repot berjalan kaki mengitari tempat tersebut.

Anda juga bisa memberi makan banyak hewan ternak di sini dengan menggunakan makanan-makanan yang pengelola sudah sediakan. Adapun beberapa jenis hewan tersebut, seperti unta, llama, kuda poni, bison, dan masih banyak lainnya. Dijamin liburan akan terasa lebih seru serta menyenangkan.

3. Hipo dan Croc Garden

Melihat hewan buas secara langsung mungkin akan sedikit menyeramkan. Namun, tidak perlu khawatir, di sini Anda bisa melihat binatang buas seperti buaya dengan rasa nyaman dan aman. Selain itu, di area ini juga ada kuda nil berukuran besar. Jadi, harus berhati-hati apabila berkunjung ke area ini nantinya.

Walaupun begitu, Anda juga bisa merasa aman karena sudah ada banyak pawing yang akan menemani waktu berkeliling pengunjung selama berada di area tersebut. Untuk dapat melihat berbagai jenis hewan secara leluasa di sini, pengunjung perlu melintasi jembatan, lalu memberikan makanan ke satwa-satwa.

4. Area Birds Feeding

Bagi para pecinta burung, tidak boleh melewatkan area birds feeding ini. Terdapat berbagai jenis burung-burung cantik serta atraktif. Bukan hanya dapat melihatnya saja, wisatawan juga bisa memberi makan burung-burung tersebut. Salah satu jenis burung dengan jumlah banyak di sini adalah Sun Conure.

Burung ini bisa menirukan berbagai jenis suara yang pengunjung lontarkan. Ini sangat cocok apabila Anda membawa anak-anak karena mereka akan merasa senang dengan pengalaman liburan baru ini. Jika tertarik untuk membawa burung ke rumah, pastikan untuk menyediakan biaya tambahan.

5. Area Savanah

Afrika terkenal dengan savanahnya yang luas dan menjadi salah satu wilayah dengan populasi satwa terbesar di dunia. Di sini Anda bisa merasakan sensasi tersebut. Tempatnya juga dibuat mirip seperti yang ada di Afrika, sehingga suasananya pun akan memberi kesan berbeda bagi para pengunjungnya.

Di sini kalian juga bisa melihat rumah berasal dari Afrika yang memiliki atap jerami dengan bangunan menggunakan kayu utuh saling berjajar satu sama lainnya. Selain itu, terdapat juga beberapa pernak-pernik cantik khas negara tersebut yang berupa patung, gantungan kunci, dan juga pahatan.

Itu tadi ulasan lengkap mengenai tempat wisata Batu Secret Zoo yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengenal berbagai jenis satwa dari segala penjuru dunia. Ini menjadi tempat paling sesuai jika ingin membawa anak-anak saat liburan, karena mereka dapat sambil belajar banyak hal baru.

Tinggalkan komentar