Liburan Sepanjang Hari di Bukit Cumbri Ponorogo

Menghabiskan momen liburan menyenangkan memang terkadang menjadi harapan semua orang. Bukit Cumbri menjadi salah satu destinasi yang banyak pengunjung datangi saat berada di kabupaten Ponorogo. Pesona keindahan tidak akan habis jika Anda gunakan sebagai pembahasan atau ulasan.

Asal Usul Bukit Cumbri

Asal Usul
Source : https://blog.reservasi.com/

Bukit Cumbri menjadi perbincangan publik lantaran asal mula atau sejarah terbilang unik. Konon katanya dahulu ada seorang petani yang tengah membajak sawah. Seekor burung cumbri secara mendadak menyerang petani tersebut. Keduanya saling melawan dan bertarung agar menang.

Bacaan Lainnya

Petani kemudian menyobek urat leher dari burung yang menyebabkan mati. Burung yang mati kemudian terjatuh ke dunia dan menghasilkan sebuah bukit. Nama Cumbri sebenarnya berasal dari seekor burung tersebut. Bukit Cumbri juga mempunyai keindahan alam khas dan memukau orang.

Letaknya yang strategis membuat orang-orang rela datang dari daerah luar Ponorogo dan Wonogiri untuk menyaksikan keindahan bukit Cumbri. Perbukitan ini menyajikan keindahan alami dengan hamparan pepohonan rindang sehingga suasana tampak lebih sejuk dan segar khususnya saat pagi.

Bukit Cumbri Mulai EksisĀ 

Mulai Eksis
Source : https://jejakpiknik.com/

Masyarakat Jawa khususnya Ponorogo sendiri jarang yang menyebut wisata tersebut sebagai bukit. Kebanyakan masyarakat menyebut Cumbri sebagai gunung lantaran tinggi dan gundukan padat. Lokasi dari pariwisata mulai terekspos semenjak banyaknya postingan berlatar belakang Cumbri.

Kenampakan bukit Cumbri tidak dominasi oleh tanaman hijau nan rimbun. Mayoritas bukit hanya terdapat rumput liar dan tanaman paku, meskipun begitu keindahan tetap memukau para wisatawan. Keberadaan pohon jambu menjadi ikon dasar dari bukit Cumbri khas Wonogiri.

Cumbri mempunyai keindahan yang luar biasa dan tidak kalah memukau dengan wisata sejenisnya. Menariknya Anda bisa melihat keindahan pemandangan sekitar dari atas perbukitan sehingga fotografi lebih memukau. Ketinggian mencapai 638 mdlp sehingga keindahan sangat memukau.

Informasi Tambahan Bukit Cumbri

Informasi Tambahan Bukit Cumbri
Source : https://asset.kompas.com/

Pengunjung yang datang dari daerah Madiun, Ponorogo, Wonogiri ataupun sekitarnya kebanyakan sudah mengetahui operasional pariwisata tersebut. Anda yang berasal dari luar daerah tentu membutuhkan informasi penting terkait beberapa hal dengan kualifikasi berikut ini:

  • Alamat : Purwanto, Wonogiri, Jawa Tengah
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Lokasi Wisata di Google Map >> https://goo.gl/maps/5DGc9Q5AN2wj5bV9A

Rute Perjalanan Bukit Cumbri

Rute Perjalanan Bukit Cumbri
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Bukit Cumbri terletak pada kawasan perbatasan Ponorogo Wonogiri akses jalan menuju lokasi juga beragam. Menuju bukit terdapat pembagian rute berdasarkan asal perjalanan yaitu Solo, Wonogiri, Madiun dan Ponorogo. Anda yang berangkat dari Wonogiri sebaiknya memilih rute Ponorogo.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Pengunjung yang datang dari Solo-Wonogiri kebanyakan memilih untuk melintasi jalan Purwantoro. Kondisi jalan dari Solo hingga Wonogiri juga sudah mewadahi sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Jasa persewaan ojek baik online ataupun offline juga bisa Anda manfaatkan.

Anda yang berangkat dari Madiun dapat langsung ke Ponorogo kemudian berhenti di pagar Ukir. Rute dari Ponorogo bisa langsung menuju pager ukir. Seluruh rute perjalanan menuju lokasi sudah mewadahi sehingga aktivitas liburan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan.

Daya Tarik Bukit Cumbri

Daya Tarik Bukit Cumbri
Source : https://cdn.idntimes.com/

Wisatawan yang rela datang dari luar kota dengan menempuh jarak jauh tentu saja mempunyai alasan tertentu seperti daya tarik unggulan. Daya tarik dari bukit Cumbri memang mampu memanjakan mata wisatawan, hal itu meliputi kualifikasi sebagai berikut:

1. Kondisi Masih Asri

Daya tarik utama yang menjadikan semua orang memilih bukit Cumbri sebagai tujuan saat liburan yaitu suasana asri dan menyejukkan. Kondisi wisata masih sangat asri lantaran sisi kanan dan kiri masih banyak pepohonan rindang sebagai habitat atau tempat tinggal satwa burung dan monyet.

Baca Juga : Wisata Gunung Wilis di Ponorogo

Pohon jambu monyet yang terdapat pada lokasi juga dapat Anda jadikan sebagai patokan terkait memori liburan di Cumbri. Kondisi masih asri juga menjadikan liburan lebih bewarna terlebih jika Anda bosan dengan hingar-bingar kehidupan perkotaan yang penuh polusi dan cuaca panas.

2. Support Latihan Pendakian

Hal yang tidak kalah menarik dari wisata satu ini yaitu mampu menjadi latihan bagi Anda saat menginginkan pendakian. Kondisi ketinggian yang terbilang lumayan dapat Anda jadikan sebagai patokan sehingga kedepannya terbiasa jika akan melakukan muncak.

Seseorang yang belum terbiasa melakukan aktivitas pendakian memang harus memperbanyak latihan. Latihan itu bisa memanfaatkan keberadaan bukit Cumbri yang terkenal dengan keindahan dari atas ketinggian. Permukaan tidak rata akan membuat nyali adrenalin Anda terbangun seketika.

3. Gratis

Kegiatan berwisata tanpa memerlukan banyak biaya dan hemat sangat pas jika memilih bukit Cumbri. Gratis menjadi daya tarik unggulan dari wisata yang terletak di daerah perbatasan Ponorogo Wonogiri. Daya tarik yang gratis mampu membuat berwisata dapat pengunjung lakukan lama.

Biaya yang mungkin pengunjung keluarkan hanya meliputi ongkos perjalanan. Tiket masuk menuju lokasi juga gratis Anda hanya memerlukan biaya untuk parkir kendaraan. Menuju lokasi perbukitan juga dapat memanfaatkan adanya layanan ojek.

4. Sejarah Melegenda

Mahasiswa yang ingin melakukan penelitian lebih jauh terkait bukit juga bisa melakukannya. Sejarah terkait bukit Cumbri memang memukau bagi para wisatawan yang ingin menggali lebih dalam dari masyarakat ataupun sesepuh setempat. Sejarah melegenda Cumbri cukup terkemuka di Indonesia.

Mayoritas mahasiswa yang datang untuk melakukan penelitian akan memanfaatkan keberadaan warga sekitar bukit. Aktivitas dari warga sekitar mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, perkebunan, dan pengembala.

Aktivitas yang bisa Anda Lakukan

Aktivitas Bukit Cumbri
Source : https://asset.kompas.com/

Bukit Cumbri bisa bermanfaat bagi semua orang khususnya warga sekitar. Tidak hanya itu saja, banyak aktivitas yang dapat pengunjung lakukan saat mendatangi lokasi pariwisata. Berikut beberapa aktivitas yang kerap pengunjung lakukan:

1. Camping

Kegiatan berkemah bersama keluarga ataupun orang sekitar sangat pas jika memanfaatkan bukit Cumbri. Lahan sekitar dapat bermanfaat untuk melakukan kegiatan camping atau perkemahan. Anda juga dapat melihat sunset dan sunrise. Hal ituĀ  lebih menyenangkan dan menarik untuk Anda coba.

2. Fotografi

Keindahan yang luar biasa bisa berguna sebagai latar belakang pengambilan gambar. Kegiatan sangat penting lantaran berfungsi sebagai kenang-kenangan. Fotografi yang memanfaatkan latar belakang bukit Cumbri mampu menghasilkan keindahan memukau dan tidak kalah menawan.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Pletuk Ponorogo

3. Pendakian

Kegiatan pendakian menjadi salah satu tujuan dari kunjungan. Tidak jarang orang rela datang dari daerah lain untuk merasakan sensasi pendakian di bukit Cumbri. Keberadaan bukit juga menunjang aktivitas seseorang yang ingin melakukan belajar mendaki dengan ketinggian sedang.

4. Trekking

Penjelajahan dengan berjalan kaki turut menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan bukit. Sepanjang perjalanan Anda akan mendapati keindahan alam masih asri sehingga liburan tidak sia-sia. Trekking terbukti menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia.

5. Melihat Sunset

Penjelasan sebelumnya sempat memberikan gambaran bahwa mengunjungi bukit Cumbri bisa sambil melihat pesona sunrise. Sunset kerap mencuri perhatian wisatawan khususnya yang melakukan perkemahan atau camping.

Pesona dari bukit Cumbri yang terletak pada daerah perbatasan Ponorogo Wonogiri memang kerap menyita perhatian wisatawan. Mayoritas wisatawan rela berjalan jauh untuk menikmati keindahan dengan trekking. Rute beragam dan akses jalan mudah sangat menunjang bukit Cumbri.