Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo, Wisata Alam Kediri dari Ketinggian

Wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo adalah salah satu objek keindahan alam yang berada di Kabupaten Kediri. Tempat ini menawarkan berbagai panorama alam dan bisa Anda nikmati dari ketinggian. Salah satu ciri khasnya adalah udara sejuk khas dari pegunungan.

Informasi Umum Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo

Informasi Umum Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 700 mdpl. Wisata alam ini menawarkan pemandangan pegunungan yang begitu indah mulai dari hutan, sawah hingga bukit hijau di sekitarnya. Menarik lagi apabila Anda menikmati view ketika malam hari.

Bacaan Lainnya

1. Lokasi Bukit Gandrung

Sesuai dengan namanya, Bukit Gandrung ini berlokasi di Desa Medowo Kec. Kandangan Kab. Kediri Jawa Timur. Mungkin awalnya hanya beberapa warga lokal dan pengunjung asli Kediri saja yang penasaran dengan tempat ini. Namun lama kelamaan juga bertambah wisatawan dari luar Kediri.

Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Kediri sehingga bagi Anda yang bukan warga asli Kediri, maka harus mengetahui rute perjalanannya terlebih dahulu agar tidak tersesat. Cara paling aman adalah dengan mengajak saudara atau teman lain asli Kediri sehingga lebih terasa nyaman.

2. Jam Buka Bukit Gandrung

2.         Jam Buka Bukit Gandrung
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Anda bisa berkunjung ke Bukit Gandrung setiap harinya karena tempat wisata satu ini memang buka mulai dari Senin sampai Minggu. Bagi calon pengunjung yang harus bekerja di weekday, maka dapat mengunjunginya di hari Sabtu atau Minggu meskipun cukup banyak wisatawan pada waktu weekend.

Untuk jam bukanya sendiri, Bukit Gandrung ini bisa Anda kunjungi mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Tempat wisata tersebut memang sudah dapat dikunjungi di waktu yang sangat pagi sehingga memungkinkan Anda untuk dapat mengunjunginya ketika cuaca belum begitu terik dan masih sejuk.

3. Harga Tiket Masuk

Sama seperti wisata alam yang ada di Kediri lainnya, harga tiket masuk di Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo ini pun sangatlah murah. Anda hanya perlu menyiapkan HTM seharga Rp 8 ribu per orang saja baik untuk anak-anak maupun orang tua karena memiliki tarif sama.

Apabila Anda membawa rombongan keluarga dengan banyak orang, maka bisa mempersiapkan uang tiket masuk terlebih dahulu agar memudahkan petugas karcis memeriksanya. Jangan lupa juga dengan tarif parkir kendaraan yakni Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu pada kendaraan roda empat.

4. Rute Menuju ke Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo

4.         Rute Menuju ke Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo
Source : https://jatimsmart.id/

Sebenarnya ada dua rute perjalanan yang bisa Anda pilih untuk menuju ke Bukit Gandrung yakni dari Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang. Calon pengunjung dapat memilih sesuai dengan jarak terdekatnya ketika mereka berangkat sehingga mendapatkan waktu perjalanan paling singkat.

Apabila Anda memilih rute perjalanan dari Kabupaten Kediri, maka bisa langsung menuju ke Kecamatan Kandangan. Selanjutnya di pertigaan pasar Kandangan ambil belok kanan ke Desa Medowo. Jika sudah sampai di pusat desa Medowo, tinggal ikuti petunjuk arahnya saja berada di sisi kanan.

5. Transportasi Perjalanan

Bukit Gandrung Tanggulasi memang masih kental dengan kawasan pedesaan dan perbukitan, namun bukan berarti akses jalannya sulit untuk Anda akses. Pasalnya sampai saat ini pihak setempat sudah memperbaikinya agar memudahkan perjalanan dari para pengunjung untuk menuju ke tempat wisata.

Ini artinya, Anda bisa menaiki baik kendaraan roda dua maupun empat karena jalannya sudah cukup lebar sehingga tidak masalah apabila menggunakan mobil. Hal ini juga tetap disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing wisatawan untuk menuju ke Bukit Dhoho Indah.

Apa Saja yang Menarik di Bukit Gandrung?

Apa Saja yang Menarik di Bukit Gandrung?
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Sesuai dengan namanya, Wisata Bukit Gandrung akan menawarkan keindahan alam berupa kawasan perbukitan, hutan dan pedesaan. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disana sehingga menjadi opsi wisata bersama keluarga. Lantas apa saja objek wisata di sini?

1. Spot Foto Keren

Bagi Anda yang memiliki hobi untuk berfoto, maka jangan khawatir untuk berkunjung ke Bukit Gandrung. Hal ini karena tempat wisata satu ini memang memiliki banyak sekali spot foto instagramable dan keren. Mulai dari objek berupa rumah segitiga, rumah bobit sampai gardu pandang.

Salah satu spot foto yang paling menarik adalah pengunjung bisa mengambil gambar di gardu pandang. Objek satu ini berupa pohon buatan sangat besar dengan pemandangan perbukitan sebagai latar belakangnya. Untuk menaikinya, Anda bisa melewati tangga masuk dan terowongan maksimal 5 orang.

2. Wahana Permainan yang Seru

2.         Wahana Permainan yang Seru
Source : https://majalahbuser.com/

Tidak hanya memiliki spot foto yang keren saja, ternyata di Bukit Dhoho  Indah juga memiliki koleksi wahana permainan. Untuk menambah keseruan, Anda bisa mencobanya berbagai jenis objek wahana tersebut. Namun jika tertarik menggunakannya, harus menambah tarif seperti di bawah ini:

  • Flying Fox Rp 25 ribu
  • Sewa ATV Rp 15 ribu
  • Outbound Rp 15 ribu

3. Kolam Renang

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan di Bukit Dhoho Indah sembari dengan berenang, maka di tempat wisata satu ini pun memiliki objek kolam renang. Pengunjung bisa menggunakan objek satu ini tanpa menambah tarif bayarnya.

Bukit Dhoho Indah menawarkan kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak. Jadi apabila Anda ingin berenang bersama sang buah hati, maka BDI juga menjadi opsi yang recommended. Terlebih jika hendak menikmati waktu bersama keluarga maupun pasangan.

4. Camping Ground

Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Bukit Dhoho Indah maka bisa memanfaatkan area camping ground di sini. Pasalnya cukup banyak pengunjung mendirikan tenda di sekitar BDI karena mereka ingin menikmati suasana bermalam dengan nuansa pegunungan dengan tarif terjangkau.

Namun tetap saja Anda harus berangkat sesuai dengan jam buka dari Bukit Dhoho Indah. Jangan khawatir apabila perbekalan yang dibawa masih kurang karena di BDI sendiri juga menawarkan berbagai makanan dan minuman ringan dari café dan warung sekitar untuk menambah kenyamanan pengunjung.

5. Fasilitas Lengkap di Bukit Dhoho Indah

5.         Fasilitas Lengkap di Bukit Dhoho Indah
Source : https://suryaradio.com/

Bukan hanya menawarkan pemandangan alam saja yang indah, namun di Bukit Dhoho Indah pun juga menyediakan fasilitas secara lengkap. Hal ini pengelola lakukan demi menunjang rasa nyaman pengunjung. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir lapar atau bingung cari tempat sholat.

Fasilitas dan sarana yang tersedia di Bukit Dhoho Indah antara lain gazebo, mushola, area parkir luas, warung makan hingga toilet. Anda bisa memanfaatkan fasilitas di BDI untuk beribadah, membersihkan diri setelah berenang, mengisi perut kosong hingga sekedar bersantai bersama rombongan di gazebo. 

Bukit Dhoho Indah (BDI) menjadi salah satu opsi wisata alam yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. BDI pun sudah terkenal bagi wisatawan di luar Kediri sehingga sangat disayangkan apabila warga lokal justru melewatkan keindahan dari pemandangan alam khas perbukitan tersebut.