Wana Wisata Bukit Pinus, Tempat Berwisata Seru di Jombang

Wana wisata Bukit Pinus terletak di Wonosalam Jombang yang panoramanya tidak kalah indah dengan tempat di Yogyakarta. Apalagi letaknya yang berada di dataran tinggi tentu mempengaruhi kondisi iklim yang ada di daerah tersebut. Menyuguhkan sensasi berbeda bagi wisatawan.

Wana Wisata Bukit Pinus

Wana Wisata Bukit Pinus
Source : https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com

Bingung menentukan destinasi wisata liburan mana yang cocok untuk semua kalangan. Di Jombang telatnya di daerah Wonosalam ada tempat epik bernama Bukit Pinus yang memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena lingkungannya begitu asri.

Bacaan Lainnya

Di sini Anda bisa melihat barisan pohon pinus yang berbaris rapi seolah tumbuhnya memang direncanakan. Tempat yang satu ini sengaja dikelola oleh masyarakat sebagai bentuk memanfaatkannya potensi alam yang ada.

Dari yang mulanya hanya sebuah hutan, kini bisa jadi destinasi wisata pilihan. Bagaimana tidak, sudah ada berbagai fasilitas penunjang kebutuhan pengunjung. Bahkan terdapat pula spot ciamik untuk mengambil foto keren ala model profesional.

Alamat dan Jam Buka Wisata Hutan Pinus

Alamat dan Jam Buka
Source : https://camerawisata.com

Apabila Anda ingin pergi ke Wisata Bukit Pinus maka datanglah ke Desa Carangwulung, Wonosalam Jombang. Di wilayah Jombang, Wonosalam adalah kecamatan yang berada di dataran tinggi. Terkenal sekali dengan berbagai jenis hasil kebun yang memiliki nilai jual.

Oleh sebab itu, saat menuju kesana pengunjung akan dimanjakan dengan barisan perbukitan serta landscape dataran yang penuh pepohonan hijau. Perjalanan jadi makin seru dengan hadirnya burung beterbangan melintasi awan. Anggap saja bonus yang Tuhan ciptakan bagi manusia.

Operasional bukit mulai buka setiap hari dari jam 08.00 sampai 16.00. pastikan Anda datang di waktu tersebut. Saat cuaca sedang bagus, kondisi jalan di wilayah hutan pun bisa Anda lalui dengan mudah. Namun ketika curah hujan tinggi akan cukup lembab sebab masih berupa tanah dan bebatuan.

Harga Tiket Masuk Menuju Wisata Hutan Pinus

Harga Tiket Masuk
Source : https://www.femina.co.id/

Dengan daya tarik dan berbagai aktivitas yang bisa pengunjung lakukan. Tempat wisata ini tidak memungut banyak biaya sebagai harga tiket masuk. Anda hanya perlu memberikan ongkos Rp 7500 per orang.

Meski begitu, tetap ada biaya tambahan untuk area parkir kendaraan. Rp 5000 untuk motor dan Rp 1000 bagi yang membawa mobil. Setelah itu barulah wisatawan dapat eksplor lebih jauh dan lebih dalam segala spot yang ada. Ada banyak hiasan yang bisa menjadi background foto.

Akan lebih seru lagi jika Anda datang bersama orang terkasih. Recommended untuk menjadi lokasi piknik atau camping kecil-kecilan menikmati suasana hutan berupa pepohonan pinus yang tinggi menjulang. Suasananya begitu sejuk seolah mampu menyegarkan hati serta pikiran.

Rute Menuju Wisata Bukit Pinus

Rute Menuju Wisata
Source : https://www.alodiatour.com

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menuju ke wisata Wonosalam ini pengunjung harus rela melewati jalan yang tidak sepenuhnya datar. Apalagi letaknya yang berada di dataran tinggi. Otomatis akan banyak tanjakan juga tikungan cukup ekstrim.

Meski begitu perjalanan jadi tidakterasa melelahkan dengan kenampakan kanan dan kiri. Apabila Anda memgambil arah menuju Bareng, cukup lurus mengikuti rute ke Kampoeng Djawi. Setelah itu belok kiri untuk sampai di bukit Pinus yang tepat berada di kiri jalan.

Sedangkan apabila melalui Mojoagung, dari terminal ambil jalan ke selatan. Lurus terus hingga menemukan papan penanda Agrowisata Panglungan. Ambil arah panah tersebut sampai menemukan belokan ke kiri. Setelah itu belok kanan, lokasinya ada di kanan jalan.

Ada Apa di Wana Wisata Bukit Pinus

Ada Apa di Wana Wisata Bukit Pinus
Source : https://republikseo.net

Menjadi salah satu wisata Kombang yang populer di kalangan anak muda. Bukit Pinus memang memiliki daya tariknya sendiri. Kini tempat tersebut sudah berubah menjadi lebih kece. Apalagi letaknya yang memang berada di lereng Bukit Anjasmoro. Inilah yang ada di Bukit Pinus Wonosalam.

1. Wisata Alam Hutan Yang Asri

Seperti namanya, Bukit Pinus penuh dengan tumbuhan pinus yang menawarkan keindahan alam tiada dua. Recommended untuk Anda yang menyukai wisata alam selain pantai. Jajaran hutan pinus menambah asri suasana.

Suara gemerisik dedaunan yang saling bergesekan akibat tiupan angin juga menjadi musik alami. Sesekali terdengan kicauan burung yang menambah magis suasana. Anda bisa berjalan santai atau duduk di atas potongan batang kayu yang memang disediakan oleh pengelola.

2. Menikmati Sejuknya Udara di Bukit Pinus

Wana Wisata Bukit Pinus memang memberikan sensasi liburan yang tidak biasa. Pemandangan disini sangat indah, tempatnya juga sejuk mengingat letaknya di daerah perbukitan. Saat sampai, pengunjung akan melihat pohon pinus yang tumbuh rapi dam teratur.

Karena masuk kawasan pegunungan areanya juga berbukit-bukit sekaligus menambah asri suasana. Pengunjung seperti dibawa ke ruangan hijau sebab setiap sisi tertutup oleh tinggi dan lebatnya dedaunan. Itulah kenapa tetap terasa teduh meski matahari terik.

3. Ragam Tanaman Hias

Di antara jajaran pohon yang tinggi, di bagian bawah pengelola telah menanam beragam tanaman hias. Ini tentu menambah nilai estetika dari wisata tersebut. Jenisnya cukup bervariasi mulai dari yang berbunga maupun hanya memiliki corak khas.

Bahkan model daunnya pun unik sehingga kerap membuat wisatawan penasaran mengenai tumbuhan apa itu. Ada yang daunnya melingkar hingga berbentuk hati.

4. Sepeda Gantung Menguji Adrenalin

Bosan dengan aktivitas liburan yang biasa saja. Di Bukit Pinus Anda bisa melakukan kegiatan ekstrim dengan wahana sepeda gantung. Sepeda ini terletak pada seutas tali yang tergantung beberapa meter dari permukaan tanah.

Uji keberanian Anda dengan menaiki wahana ini. Sepeda ini dicat cantik berwarna link yang bisa dinaiki oleh dua orang. Pengunjung akan terikat dengan tali pengaman. Meski begitu wahana ini mematok biaya tambahan di luar tiket masuk.

5. Sarang Burung dari Kayu

Terdapat spot foto unik yang sampai sekarang tetap menjadi primadona, yaitu sarang burung. Beda dari yang lain, sarang ini berbentuk hati. Penyusunnya terbuat dari ranting pohon yang dirangkai sedemikian rupa. Wisatawan juga dapat masuk ke dalamnya.

Letaknya ada diantara dua pohon yang saling berdekatan. Ada batasan maksimal dua orang yang bisa naik bersamaan. Tentunya hal ini berkenaan dengan keamanan dan estetika foto. Di bagian atas sarang tertulis pada papan penanda WBP Carangwulung.

6. Pemandangan Payung Warna-warni

Perlu Anda ketahui bahwa selain penampakan pohon Pinus, pengelola memberikan variasi lain berupa payung gantung warna-warni. Pengunjung bisa berswafoto di bawah naungan payung tersebut. Keberadaannya memberikan efek terang yang unik saat terkena sinar matahari.

Selain itu ada pula spot sayap kupu-kupu raksasa yang membelakangi pegunungan. Sayapnya memiliki corak yang begitu indah dengan gradasi warna estetik. wisatawan biasa berdiri di bagian tengah bergaya seperti peri. Pastikan untuk membawa kamera profesional.

Jika ingin melihat bukit dari sisi lain, ada hammock yang terikat antara dua batang pohon. Anda bisa berayun pelan sambil menatap langit biru nan menawan.

Berbagai hal mengenai Wana Wisata Bukit Pinus yang elok diatas bisa menjadi referensi menentukan destinasi liburan keluarga. Dengan harga murah pengunjung bisa menikmati keindahan alam serta wahana yang ada.