Ingin ke Bukit Tunggul Manik Tulungagung? Ketahui Terlebih Dahulu Beberapa Informasi Penting Ini

Berwisata merupakan kegiatan mengasyikkan yang sering dipilih untuk merefresh pikiran atau sekedar menikmati liburan dibanding harus terus-terusan di rumah. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan berkunjung ke Bukit Tunggul Manik

Bukit Tunggul Manik
Sourcse: https://i.ytimg.com/vi/Bj3RyKn2-A8/maxresdefault.jpg

Sekilas Tentang Bukit Tunggul Manik yang Harus Kamu Tahu

Destinasi wisata alam seringkali dipilih terutama bagi introvert karena dinilai dapat meredakan stres. Jika belum menemukan destinasi wisata alam dengan pemandangan memukau, coba kunjungi Bukit Tunggul Manik. 

Bacaan Lainnya

Mengapa bisa dikatakan sangat memukau alasannya karena lokasinya berada di dataran tinggi. Lokasi tepatnya berada di Pagerwojo yang memang terkenal sebagai desa di Tulungagung yang memiliki pemandangan cantik dan udara begitu sejuk. 

Sudah ada banyak orang yang berkunjung ke sana untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Umumnya, destinasi wisata tersebut akan ramai pengunjung setiap weekend, tanggal merah, libur panjang, dan hari raya Idul Fitri. 

Daya Tarik Bukit Tunggul Manik

Baik warga sekitar atau warga Tulungagung, sangat disarankan untuk singgah ke Bukit Tunggul Manik setidaknya sekali seumur hidup. Suasana yang menenangkan menjadi salah satu faktor utamanya. Mengenai alasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut:

1. Menyajikan Pemandangan Indah Khas Pegunungan

Bukit Tunggul Manik
https://pbs.twimg.com/media/EbIc-MoUYAEBOPX.jpg

Pegunungan merupakan tempat paling nyaman untuk menghabiskan waktu liburan. Alasannya karena pemandangan indah yang disajikan dapat meredakan stres serta membuat otak jauh lebih fresh sehingga tubuh lebih semangat ketika digunakan untuk bekerja. 

Berada di ketinggian 800 meter membuat orang-orang yang ada di atasnya dapat melihat secara leluasa pemandangan alam sekitar. Waktu paling disarankan untuk berkunjung yaitu saat pagi dan sore hari karena udara sekitar cenderung sejuk, tidak terlalu panas atau dingin.

2. Terdapat Spot-Spot Foto Menarik

Bukit Tunggul Manik
Source: https://cdn.nativeindonesia.com/foto/2022/09/Bukit-Tunggul-Manik.jpg

Berfoto di tempat wisata seperti hal yang wajib dilakukan. Guna memuaskan pengunjung Bukit Tunggul Manik, di sana dibangun lokasi khusus untuk membuat hasil foto lebih instagenik. Tempatnya disebar pada beberapa titik yang seluruhnya gratis digunakan berfoto. 

Tempat paling sering digunakan untuk berfoto yaitu di area yang ada banyak bebatuan buatan. Adanya batuan buatan membuat hasil foto semakin bagus, ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan rindang di sekitar bukit.

3. Terdapat Warung Penjual Makanan

Source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/2g0PceQF7CdwJj8R6gDTd9xvRtM=/1200×900/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3271679/original/014059500_1603100264-20201019-Kuliner-Nasi-Kapau-Senen-Boleh-Makan-di-Tempat-Selama-PSBB-Transisi-Jakarta-4.jpg

Menikmati suasana indah di Bukit Tunggul Manik rasanya kurang jika hanya menghabiskan waktu selama satu atau dua jam saja. Beradalah di sana setidaknya setengah hari supaya dapat mengeksplor sampai puas mulai dari spot foto, keindahan alam, dan spot-spot terbaik. 

Apabila lelah berkeliling, kamu tinggal singgah di warung yang telah disediakan.  Menunya sendiri ada banyak termasuk makanan khas Tulungagung sendiri. Selain itu, disediakan juga minuman menyegarkan seperti halnya air mineral, es teh, dan minuman kemasan lainnya.

4. Akses Menuju ke Sana Cukup Mudah

Source: https://tsoimageprod.azureedge.net/sys-master-hybrismedia/h50/hc0/8834856878110/klasifikasi-jalan-raya-menurut-bina-marga.jpg

Meski berada di ketinggian, tetapi jalan menuju Bukit Tunggul Manik sudah cukup bagus. Tidak perlu lagi khawatir kendaraan mudah rusak akibat melalui jalan berbatu ataupun berlubang selama di perjalanan. 

Selama di perjalanan, jangan takut khawatir akan merasa bosan karena pemandangan sekitar yang indah membuat siapa saja terkagum-kagum. Pastikan untuk membawa camilan dan minuman agar tidak merasa lapar atau haus hingga sampai lokasi. 

Jam Buka Bukit Tunggul Manik

Setiap harinya, Bukit Tunggul Manik buka dari pukul 07.00 – 20.00. Para pengunjung bisa dengan leluasa menghabiskan waktu di sana tanpa khawatir akan diusir oleh pihak pengelola. Oleh karenanya sebaiknya ajak keluarga atau teman supaya suasana lebih ramai. 

Sebab berada di ketinggian, pemandangan Bukit Tunggul manik semakin indah pada waktu-waktu tertentu misalnya saja saat pagi, sore, dan malam hari. Pastikan memilih salah satu dari tiga waktu tersebut untuk memandang keindahan alam sekitar. 

Khusus untuk yang ingin jogging, usahakan berkunjung saat pagi hari. Udara yang masih segar dapat mengembalikan semangat dan meringankan stres. Gunakan sepatu olahraga supaya bergerak dengan leluasa tanpa takut tergelincir.  

Tiket masuk Bukit Tunggul Manik

Bisa dibilang Bukit Tunggul Manik merupakan destinasi wisata yang murah meriah. Tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk menikmati seluruh fasilitas yang disediakan. Mengenai harga tiket masuknya tergantung dari usia wisatawan. 

Wisatawan dewasa bisa masuk ke Bukit Tunggul Manik dengan mempersiapkan dana Rp10.000. Sedangkan untuk wisatawan anak-anak, tiketnya dibanderol jauh lebih murah yaitu Rp5.000 saja.

Namun perlu diingat, harga tiket masuk yang disebutkan sewaktu-waktu dapat naik. Sebelum melakukan kunjungan, usahakan terlebih dahulu mencari harga tiket masuk terupdatenya agar uang yang dibawa tidak sampai kekurangan. 

Fasilitas Bukit Tunggul Manik

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata kebanyak, di tempat ini juga terdapat fasilitas umum yang memadai. Seluruh fasilitasnya dirawat dengan baik oleh pihak pengelola agar nyaman dan aman digunakan oleh setiap pengunjung. 

Fasilitas yang dimaksud berupa toilet yang bersih, tempat parkir aman, dan tempat beristirahat. Ada beragam olahan yang tersedia di tempat istirahat termasuk mie berbagai rasa, camilan, minuman dingin, dan makanan khas Tulungagung.

Setelah kelelahan berjalan-jalan, tidak perlu turun bukit untuk mendapatkan makanan atau minuman. Cukup beli apa saja yang diinginkan di tempat makan yang dibangun di sana. Kapan lagi bisa menikmati hidangan mengenyangkan sambil melihat pemandangan indah perbukitan. 

Lokasi Bukit Tunggul Manik

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata alamnya. Bukan hanya satul, ada banyak sekali wisata alam di sana dengan pemandangan indah dan tentu saja menakjubkan. 

Wisata alam yang direkomendasikan serta patut dikunjungi adalah Bukit Tunggul Manik. Lokasinya ada di Jl. Raya Pagerwojo, Krajan, Kradinan, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66262. 

Berada di sana akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa tenang dan damai. Bahkan tidak sedikit yang bilang bahwa sangat betah berlama-lama berada di Bukit Tunggul Manik. Apalagi saat berkunjung bersama teman dan keluarga besar. 

Rute Menuju Bukit Tunggal Manik

Bagi yang berasal dari luar kota, harus mengetahui rute menuju Bukit Tunggul Manik. Pertama-tama, kamu harus melalui Jl. Raya Kleponan – Tiudan. Lanjutkan perjalanan menu Jl. Wilis yang diperkirakan membutuhkan waktu 14 menit dari Jl. Kleponan. 

Kemudikan kendaraan belok kiri, teruskan ke Jl. Sidomulyo 650 m. Selanjutnya belok kir lagi sebelum mengambil arah belok kanan. Setelah itu teruskan ke Jl. Raya Kleponan – Tiudan 1,2 km, jangan lupa belok kiri lalu belok kanan ke Jl. Nglegok.

Belok kiri untuk tetap di Jl. Nglegok, selanjutnya pilih belok kanan hingga sampai ke Jl. Raya Pagerwojo di Kradinan. Khusus untuk yang masih kebingungan membaca rute tersebut, silakan melihat panduan di Google Maps.

Berkunjung ke Bukit Tunggul Manik merupakan pilihan tepat untuk yang ingin menenangkan diri. Pilih hari biasa jika memang tidak ingin terganggu dengan suara-suara pengunjung lain agar semakin tenang dan tubuh kembali bugar.