Masa-masa liburan biasanya adalah waktu paling tepat untuk bisa menghabiskan family time dengan berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Kota Mojokerto. Apabila berkunjung ke Mojokerto, jangan lupakan untuk datangi Candi Jedong.

Sekilas Mengenai Candi Jedong dari Mojokerto

Sekilas Mengenai Candi Jedong Dari Mojokerto
Source : https://www.javatravel.net/

Mungkin sebagian orang masih belum mengenal mengenai wisata yang satu ini. Destinasi tersebut rupanya bisa menjadi pilihan menarik lainnya ketika Anda berkunjung ke kota Mojokerto. Karena memiliki konsep bangunan bersejarah, tentu membuat Kian terpukau.

Bagaimana tidak, nantinya seluruh wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai macam arsitektur menarik dan unik. Apalagi untuk lokasinya sendiri terbilang sangat asri, jadi tak akan salah apabila menjadikannya sebagai tempat liburan bersama dengan keluarga.

Kemudian, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Terjamin tak akan menguras tenaga sama sekali dan tentunya untuk bisa masuk ke sana juga terbilang cukup terjangkau. Cocok bagi para backpacker.

Informasi Penting Wisatawan yang Mau kesana

Informasi Penting
Source : https://assets.promediateknologi.com/

Memutuskan untuk mendatangi suatu wisata, maka perlu sekali memastikan apabila telah mengetahui berbagai macam informasi penting. Dengan demikian dari rumah juga sudah melakukan persiapan dengan baik.

  • Alamat lengkap : Jalan Candi Jedong, Daerah Wotanmas Jedong, Jenong Kulon, Lawang, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk : Per orang Rp3.000.
  • Jam operasional : Selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Candi Jedong

Rute Menuju Lokasi
Source : https://1001indonesia.net/

Mengenai rute dari lokasi candi tersebut maka anda dapat mengambil start dari alun-alun kota Mojokerto. Setelah itu ambillah jalur menuju Jalan mojopahit dan ketika sudah sampai ke simpang Tiga dekat jenis Coffe. Segeralah Anda berbelok ke kiri yaitu menuju Jalan Raden Wijaya.

Teruslah ikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan yang dekat dengan SMA Negeri 1 Puri. Setelahnya bisa belok kanan untuk masuk ke jalur Jayanegara lalu masuklah ke Jalan Gempol-Mojokerto. Pastikanlah Anda sampai melewati KM 25 dan putar balik dekat resto Sampoerna.

Baca Juga : 40 Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto yang Hits dan Terbaru

Saat sudah putar balik maka akan mendapati pertigaan jalan kontak dan mengharuskan Anda untuk belok kiri sampai mentok menuju pertigaan Jalan Ngoro. Bila jalur kiri lagi sampai masuk ke dalam Jalan Candi Jedong. Otomatis sudah bisa melihat dan temukan lokasi tujuannya.

Beragam Keunikan Dalam Wisata Candi Jedong

Beragam Keunikan Dalam Wisata Candi Jedong
Source : https://blog.reservasi.com/

Keunikan dalam wisata Candi Jedong sendiri betul-betul mampu merasa terpukau. Apalagi dengan harga tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Maka dari itu, pastikanlah anda memahami pula Apa saja sebetulnya keunikan dari wisata ini?.

1. Bentuk Bangunan Candi

Bangunan candi ini telah diketahui terdapat dua buah gapura dan bisa anda temukan tepat pada lokasi wisata tersebut. Pertama, punya sebutan sebagai gapura lanang atau laki-laki yang punya ketinggian sekitar 9,75 cm. Kemudian punya tulisan yaitu Brama Nora Kaya Bhumi.

Sedangkan bangunan kedua merupakan gapura wadon atau perempuan dan tingginya yaitu sekitar 7,19 m. Pada bagian sudutnya terdapat beberapa ukiran. Namun untuk kedua Candi tersebut memiliki bentuk hampir mirip seperti pada raksa, dan telah dipercaya berdiri sejak abad 14.

2. Adanya Area Taman Pada Candi

Keunikan lainnya yaitu ternyata pada masa kerajaan Majapahit terdapat sebuah taman yang terselimuti dengan rumput hias, pepohonan, bunga-bunga serta beberapa tanaman lainnya. Berkat adanya hal tersebut membuat kawasan ini semakin terlihat bersejarah.

Baca Juga : Nongkrong Asyik Bareng Teman di Paradoks Resto ‘n Cafe Mojokerto

Kemudian tentu saja udaranya sangat sejuk meskipun berada pada siang hari yang cukup terik. Apalagi lokasinya memang lumayan dekat dengan pabrik, namun bukan berarti kondisinya akan sangat panas ya.

3. Memiliki Hiasan yang Sangat Unik

Apabila Anda melihat lebih sesama lagi, sebetulnya pada bagian atas tambang pintu candi 2 ada hiasan kala bagian kepalanya. Umumnya itu akan terletak pada ambang atas pintu, jendela maupun relung. Meski hanya sebagai hiasan tapi juga pastinya memiliki makna tertentu.

Inilah kenapa, menjadi tempat paling cocok sebagai wisata edukasi untuk anak-anak sekolahan yang masih SD maupun sampai SMA. Karena pastinya bisa melihat secara langsung bagaimana sejarahnya dan peninggalan dari masa Majapahit.

4. Memiliki Suasana yang Asri

Keunikan lain yang dimiliki oleh candi satu ini adalah betul-betul memiliki suasana masih tetap asri. karena tepat berada pada lereng gunung penanggungan. Kemudian terdapat tumbuhan rimbun pada sekeliling area tersebut.

Membuat pariwisatawan selalu betah akan kesejukannya, terlebih bagi para wisatawan yang mau merefleksi pikiran dari hiruk-piruk perkotaan. Meskipun usianya sudah mencapai ratusan tahun tapi betul-betul masih terawat dengan baik pula.

Aktivitas Menarik Pada Wisata Candi Jedong

Aktivitas Menarik Pada Wisata Candi Jedong
Source : http://idsejarah.net/

Beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda coba ketika mendatangi wisata Candi Jedong ini mampu merupakan rasa penat. Karena tentu saja bersama dengan keluarga ataupun sahabat tercinta mampu membuat suasana liburan semakin menyenangkan.

1. Berjalan Mengelilingi Area Bangunan Candi

Daya tarik yang bisa Anda lakukan untuk pertama kali yaitu dengan mengelilingi kedua bangunan candi tersebut. Letaknya pun juga tak terlalu jauh dengan satu candi lainnya. Karena pastinya masih bisa dijangkau meskipun hanya dengan besaran kaki.

Karena kedua bangunan tersebut cukup berbeda, tentunya membuat para wisatawan pun merasa tertarik untuk melihat-lihat pada area sekelilingnya. Dengan demikian, bisa menjadi kenang-kenangan.

2. Ambillah Foto Pada Area Candi Sebanyak Mungkin

Biasanya, para wisatawan suka sekali mengabadikan seluruh momen-momen liburan dengan berfoto ria. Jangan lupakan untuk mengambil gambar sebanyak mungkin. Karena tentu saja hal tersebut cukup jarang terjadi karena kesibukan masing-masing.

Baca Juga : Berbelanja Dengan Nyaman di Carrefour Mojokerto

Terlebih lagi dengan keberadaan candi tersebut mampu menjadi background terbaik dengan pemandangan dari Gunung Penanggungan dari kejauhan. Alhasil, foto-foto tersebut sangat berkualitas dan bisa Anda upload ke media sosial.

3. Nikmati Waktu Santai Pada Area Taman Candi

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa candi populer asal Mojokerto ini memiliki sebuah taman kecil serta berada di dalam kawasan wisata bersejarah tersebut. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan area taman dengan tumbuhan hijau agar lebih bersantai serta tenangkan pikiran.

Karena taman dari area candi tersebut sangat-sangat Indah, kemudian bisa melihat pula pegunungan dari kejauhan. Tentu saja perpaduan ini sungguh menawan, yang pada akhirnya selalu membuat para wisatawan ingin datang kembali lain waktu.

4. Bisa Mudah Mempelajari Sejarah

Pada topik sebelumnya tadi, telah diketahui apabila candi cedono sebetulnya punya sejarah cukup panjang. Apalagi ada perkiraan jika awal berdirinya bangunan tersebut pada abad ke-14. Pastinya membuat wisatawan betul-betul menarik perhatian pelancong.

Namun, dengan adanya peninggalan situs bersejarah seperti ini sangat membantu anak-anak generasi muda untuk mengetahui bagaimana peradaban zaman kerajaan dahulu. Agar mereka mengetahui bagaimana kondisi dulu sebelum masa modern saat ini.

5. Bisa Nikmati Wisata Kuliner

Pada area luar dinasti terdapat beberapa warung makan yang cukup populer. Mereka menjual beberapa makanan ataupun minuman dengan harga terjangkau. Penghasil, cocok sekali sebagai tempat untuk menambah energi para wisatawan.

Sedangkan untuk menu-menu yang mereka tawarkan juga sudah sering Anda jumpai. Alhasil cetak rasanya pun juga cocok bagi lidah Indonesia dari daerah manapun. Meskipun juga terdapat beberapa makanan khas dari Jawa Timur.

Itulah penjelasan lengkap mengenai keseruan dan berbagai macam aktivitas ketika berkunjung ke Candi Jedong Kota Mojokerto. Semoga menjadi salah satu referensi terbaik untuk menghabiskan waktu liburan panjang.

Bagikan: