Peninggalan Bersejarah di Candi Songgoriti Batu

Bukan hanya tempat wisata yang menawarkan kesenangan atau hiburan saja, kota Batu juga memiliki kawasan liburan untuk mengenal budaya Indonesia dan peninggalan bersejarah dari kerajaan yang dulu pernah berjaya di Nusantara, tempat tersebut adalah Candi Songgoriti.

Candi Songgoriti

Candi Songgoriti
Source : http://www.malangkab.go.id/

Candi Songgoriti adalah sebuah situs peninggalan Kerajaan Singosari pada abad ke-10. Tempat wisata ini berada tepat di bawah Gunung Banyak. Jadi, tidak heran jika suasana dan hawanya sedikit dingin serta menusuk tulang. Apalagi bagi mereka yang belum terbiasa mengunjungi tempat ini.

Di sini, Anda bukan hanya bisa menikmati keindahan alam di sekitar Candi saja, namun juga dapat melakukan berbagai aktivitas menantang karena sudah terdapat banyak wahana. Pengelola di tempat ini juga menyediakan bermacam fasilitas untuk membuat pengunjung merasa nyaman berlibur.

Walaupun hawanya cukup dingin, Anda tetap merasa nyaman berlama-lama di tempat ini karena di tengah-tengah bangunan candi ada sumber mata air panas yang akan menghangatkan sekitarnya. Selain itu, pengalaman berlibur ke tempat ini tidak mudah terlupakan karena banyak kegiatan dilakukan.

Informasi Mengenai Candi Songgoriti

Informasi Mengenai Candi Songgoriti
Source : https://gotripina.com/

Informasi yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke tempat wisata ini berkaitan dengan lokasi wisata, jam buka, hingga tiket masuknya. Berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

  • Lokasi wisata: Jl. Songgoriti Batu Malang, Kelurahan Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: Setiap hari, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.
  • Tiket masuk:
  • Weekdays: Rp10.000
  • Weekend: Rp15.000

Ini merupakan tiket masuk saja, jika Anda ingin menikmati seluruh fasilitas yang ada di dalam tempat wisata, maka harus mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp250.000. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, dapat mengunjungi situs website resmi dari tempat wisata.

Rute Perjalanan Menuju Candi Songgoriti

Rute Perjalanan Menuju Candi Songgoriti
Source : https://www.javatravel.net/

Akses jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah serta beraspal semuanya. Lokasinya tepat berada di perempatan yang merupakan perpotongan antara Jalan Arumdalu dan Songgoriti. Jika memulai perjalanan melalui alun-alun pusat kota Batu,  langsung saja menuju arah Jalan Gajah Mada.

Setelah itu, lurus terus hingga sampai di Jalan Trunojoyo. Dari situ, Anda bisa belok ke Jalan Songgroti hingga menemukan sebuah perempatan dan Gapura sebagai penanda bahwa sudah sampai di tempat wisata. Di sekitar tempat ini juga terdapat banyak destinasi wisata.

Jika bosan mengunjungi Candi, Anda dapat melanjutkan aktivitas berlibur ke Museum Topeng, Kusuma Agrowisata, dan masih banyak lainnya. Jadi, jangan khawatir akan kehabisan kegiatan kalau berkunjung ke kota Batu karena memang sudah menjadi kawasan wisata untuk menghabiskan waktu liburan.

Syarat Pengunjung Candi Songgoriti

Syarat Pengunjung Candi Songgoriti
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Sebenarnya tidak ada syarat khusus yang harus pengunjung penuhi jika ingin berlibur ke tempat ini. Namun, karena sedang berada di tengah pandemi dan tempat liburan rawan keramaian, maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk menjaga diri. Berikut ulasan mengenai hal tersebut!

  • Wisatawan wajib memiliki sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan 5 M untuk menjaga diri dari kerumunan selama berada di area wisata.

Selain itu, pengunjung juga sangat dianjurkan untuk membawa kebutuhan pribadinya, seperti obat-obatan. Tujuannya agar tidak ada kendala selama melakukan liburan atau berkegiatan di sekitar tempat wisata nantinya.

Fasilitas di Candi Songgoriti

Fasilitas
Source : https://www.javatravel.net/

Fasilitas di tempat wisata ini sudah sangat memadai dan akan mencukupi pengunjung ketika berkunjung untuk berlibur. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti toilet, mushola, serta lahan parkir yang cukup luas bagi wisatawan agar lebih leluasa memarkirkan kendaraannya.

Selain itu, ada juga warung yang menyediakan beragam jenis makanan sesuai pilihan pengunjung. Jadi, sudah dipastikan saat liburan, Anda tidak akan merasa lapar dan energi pun dapat terisi kembali. Untuk harganya sendiri, semua sangatlah terjangkau, jadi jangan khawatir menghabiskan banyak uang.

Di sini juga tersedia tempat untuk Anda berbelanja oleh-oleh untuk sanak saudara atau teman. Tempat ini menyediakan beragam produk yang dapat pengunjung pilih dan tentunya khas dari kota Batu. Mulai dari souvenir hingga jajanan khas dari kota Malang.

Wahana di Candi Songgoriti

Wahana
Source : http://assets.kompasiana.com/

Wahana di area wisata ini cukup banyak dan tentunya akan memuaskan liburan Anda selama berada di kota Batu. Mulai dari kegiatan menantang hingga bersantai menikmati suasana di sekitar tempat wisata tersebut. Daripada penasaran, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Paralayang Songgoriti

Menikmati pemandangan kota Batu dan sekitarnya dari ketinggian bisa Anda jadikan solusi untuk menikmati liburan yang lebih menantang. Di sini, tersedia wahana paralayang yang dapat pengunjung coba. Bahkan, saking populernya area ini seringkali dijadikan sebagai tempat mengadakan kejuaraan.

Jadi, tak heran jika banyak perolahraga paralayang melakukan latihannya di tempat ini. Walaupun begitu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi terbang di atas ketinggian dengan aman karena setiap penerbangan sudah ada partner tandem profesional. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir lagi.

2. Downhill Songgoriti

Kegiatan selanjutnya yang dapat Anda lakukan selama berada di area wisata ini adalah Downhill Songgoriti. Lokasi untuk melakukan aktivitas ini berada di Bukit Klemuk. Spot ini sangat cocok bagi mereka yang suka dengan kegiatan menantang serta memacu adrenalin.

Ada dua track yang tersedia dan semuanya siap untuk menguji nyali para penantangnya. Track pertama berfungsi sebagai tempat melakukan kejuaraan downhill nasional, sehingga sudah banyak event menggunakan spot ini. Sedangkan track kedua memiliki rute lebih menantang serta ekstrim, hanya bagi profesional.

3. Candi Songgoriti

Rekreasi sambil belajar bisa menjadi tema yang patut diusung saat waktu liburan datang. Candi Songgoriti merupakan sebuah peninggalan dari Kerajaan Singosari pada abad ke-19. Nama dari Songgoriti sendiri memiliki filosofi tertentu karena letaknya berada tepat di kaki Gunung Banyak.

Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dari pegunungan dan hawa segar di sekitarnya. Area ini juga sangat luas, sehingga akan ada banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan. Uniknya lagi, di tengah candi ini terdapat mata air panas keluar dari bawah.

4. Pemandian Air Panas Tirta Nirwana

Kota Batu terletak di ketinggian, sehingga tak heran jika hawanya cukup dingin bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan hawa tersebut. Untuk menghangatkan suhu tubuh dari dinginnya cuaca di sekitar, Anda bisa menikmati pemandian air panas bernama Tirta Nirwana.

Pemandian ini berlokasi di kelurahan Songgokerto. Air di dalam kolam pemandian memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit karena berasal dari belerang alami. Sumber airnya sendiri berada di bawah candi. Menikmati hangatnya kolam di tengah cuaca dingin menjadi solusi tepat mendapatkan liburan seru.

Itu tadi informasi berkaitan dengan tempat wisata Candi Songgoriti yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat masa liburan datang. Selain itu, ini juga dapat menjadi wadah edukasi bagi anak-anak untuk mengenal kebudayaan Indonesia dengan cara mempelajari keberadaan Candi ini.

Tinggalkan komentar